Cara Membuat Database MariaDB di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost - IDCloudHost

Cara Membuat Database MariaDB di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost

Cara Membuat Database MariaDB di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost

DBaaS

Pendahuluan

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai membuat Database (MariaDB) pada Cloud VPS IDCloudHost. Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Layanan DBaaS. Database merupakan salah satu bagian penting dalam pengembangan website dan aplikasi. Dalam panduan kali ini kita akan menginformasikan bagaimana Cara Membuat Database (MariaDB) di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost. Seperti yang kita ketahui, bahwa MariaDB merupakan salah satu database yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna saat ini. MariaDB adalah relational database management system (DBMS) open source yang merupakan pengganti drop-in yang kompatibel.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Database dan Komponen Didalamnya

Mengenal DBaaS

DBaaS merupakan kepanjangan dari Database As a Service yang merupakan sebuah platform jangka panjang bagi transformasi teknologi yang akan mampu menyediakan database dalam ranah digital.Layanan Cloud Computing ini sudah ada di Cloud VPS IDCloudHost dan menyediakan berbagai layanan untuk akses tanpa perlu menyiapkan perangkat keras dan fisik atau melakukan konfigruasi untuk kinerja.

Database as a Service
Semua tugas administrasi dan pemeliharaan ditangani oleh penyedia layanan sehingga semua pengguna atau pemilik aplikasi tinggal menggunakan database. Layanan database berbasis cloud mampu menyediakan apapun kebutuhan Anda kapan dan dimanapun kemampuan dibutuhkan.

Pengguna bisa mengakses bagian database (skema) atau bahkan keseluruhan database yang komplit. Entreprise juga bisa menggunakan layanan ini sebagai pusat data untuk pelanggannya.

Layanan AutoBackup Memudahkan

Anda juga tidak perlu khawatir. IDCloudHost juga menghadirkan kemudahan kepada pengguna dengan Sistem AutoBackup (Backup Otomatis) yang memberikan keleluasaan pengguna untuk fokus pada development . Backup yang kita lakukan setiap hari. Pengguna juga dapat melakukan restore backup database lama yang pengguna miliki.

Baca Juga : Cara Menggunakan MINIO untuk Menghubungkan Object Storage IDCloudHost

Cara Membuat Database (MariaDB) pada DBaaS

Berikut ini adalah Cara Membuat Database (MariaDB) pada DBaaS Cloud VPS IDCloudHost

1. Login ke halaman https://console.idcloudhost.com/ lalu pilih pada menu Service,

 

Database MariaDB
 

2. Selanjutkan kita pada menu Services kita Klik New,

 

Cara Membuat Database (MariaDB) di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost
 

3. Selanjutnya kita pilih spesifikasi service yang kita inginkan dan memberi nama pada service tersebut lalu klik Create,

 

Instal DBaaS Cloud VPS IDCloudHost
 

4. Pada proses ini service kita sedang rebuild, pada contoh ini kita akan mengakses service database kita melalui vm yang kita miliki, pada contoh ini kita menggunakan Sistem Operasi Ubuntu 20.04, kita bisa klik menu SSH pada vm kita dana melakukan login,

 

Cara Membuat Database (MariaDB) di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost
 

Pada terminal kita switch ke root dan install mysql-client

sudo su
apt install mysql-client

5. Jika mysql client sudah terinstal kita bisa login ke service mysql kita dengan parameter yang telah kita informasikan pada service kita dengan melakukan klik pada Flags pada deskripsi Connections Details,  Anda akan melihat  dan ditampilkan parameter koneksi ke service tersebut, selanjutnya kita bisa lakukan copy dan melakukan paste pada SSH/terminal VM kita.

 

Cara Membuat Database (MariaDB) di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost
 

6. Setelah terkoneksi kita bisa melakukan manage pada database kita seperti membuat database dan hal lainnya, untuk membuat database kitab isa lakukan perintah berikut:

create database namadatabase ;

untuk mengecek database apa saja yang kita miliki kitab isa lakukan perintah :

show databases;

Cara Membuat Database (MariaDB) di DBaaS Cloud VPS IDCloudHost
 

 

Baca Juga : Cara Akses Layanan MariaDB dari Aplikasi HeidiSQL

Penutup

Database berbasis Cloud pada era Cloud Technology memang sangat kita butuhkan saat ini. Keberadaan DBaaS sangat membantu berbagai kebutuhan kita dalam digitalisasi lebih praktis dan fleksibel dalam mengakses data di berbagai kebutuhan. Salah satu yang paling sering digunakan belakangan ini adalah Database MariaDB.

IDCloudHost akan terus mengembangkan Layanan berbasis Cloud yakni Cloud VPS agar dapat kita gunakan dalam berbagai kebutuhan yang memudahkan segala kebutuhan digital Anda. Selain One Click Deploy, Fitur Autobackup tentunya akan sangat membantu. Anda tentunya bisa fokus dalam pengembangan produk dan kebutuhan digital keseharian Anda.

Apabila anda memiliki masukan, saran, tanggapan dan kendala. Anda dapat menghubungi Tim Support IDCloudHost kami yang siap 24/7 untuk membantu kebutuhan Anda. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image