WordPress merupakan salah satu CMS yang banyak digunakan oleh blogger dan pengguna lain. Tak hanya menawarkan kelengkapan fitur, WordPress juga mudah digunakan oleh kebanyakan pemula. Selain itu, WordPress juga mempunyai template/tema yang bervariasi dan mudah Anda kostumisasi.

Cara Membuat Postingan Blog di WordPress

Pada dasarnya, membuat post sama dengan membuat Page (Halaman), hanya pada pada post terdapat Categories dan Tag. Post biasanya digunakan untuk membuat artikel. Berikut ini adalah Cara Membuat Postingan Blog di WordPress :

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah login ke admin WordPress kita yaitu dengan cara menuju halaman website kita. Misalnya http://demo.idcloudhost.com/wp-admin. Masukkan username dan password Anda, kemudian klik Log In.

Setelah kita melakukan Login ke admin WordPress kita, kita akan masuk ke menu Dashboard. Setelah masuk ke menu dashboard, kita pilih menu Posts dengan cara mengarahkan kursor ke menu Posts lalu pilih Add new.

Lalu kita masukkan judul post atau artikel yang akan kita buat, misalnya “Cara Membuat Post di WordPress”.

Setelah membuat judul, lalu kita masukkan artikel yang akan kita buat.

Kita juga bisa menyisipkan gambar dengan cara pada artikel meng-klik Add media lalu pilih gambar yang di dinginkan apabila gambarnya telah di upload maka kita tinggal mencari gambar yang ada di Media Library, akan tetapi kalua tidak ada kita upload files lalu pilih gambar yang akan di upload, lauli pilih insert to post.

Kita juga bisa menambahkan Featured Image yang berada di bawah pojok sebelah kanan, fitur image berfungsi sebagai gambar thumbnail artikel yang kita buat.

Kita bisa memilih Kategori hasil postingan kita dengan mengatur Categories yang ada di sebelah kanan. Kita pilih Add New Category, lalu masukkan judul kategori yang kita inginkan.

Apabila kita telah selesai dan yakin dengan yang akan kita buat kita pilih publish.

Penutup

Demikianlah cara membuat postingan blog di WordPress. Sangat mudah, bukan? Semoga artikel ini bermanfat untuk Anda yang baru mulai menggunakan WordPress dan ingin membangun blog Anda sendiri, ya! Untuk memulai blog atau website, Anda tentunya butuh hosting yang handal untuk data-data Anda. Gunakan WordPress Hosting dari IDCloudHost yang mudah digunakan.