Pendahuluan

Webmail merupakan salah satu fasilitas hosting yng berfungsi untuk memanage email. Anda dapat mengaksesnya melalui web browser. Setelah anda membuat email pada cPanel, maka anda dapat mengirim email, mengetahui inbox dan sent item. Keuntungan yang anda dapat yaitu anda dengan mudah dapat membuka email dari mana saja. Tidak perlu setting apapun dan tidak perlu melakukan instalasi lainnya.

Tutorial : Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Cpanel

 

Cara Mengakses atau Login Webmail

Adapun langkah langkah login di Webmail yaitu :

    1. Masuk ke http://www.namadomain.com/webmail kemuadian isi Email dan Password akun email yang anda buat dari domain anda

 

    1. Setelah masuk, maka akan ada 3 pilihan interface untuk membuka email. Yaitu Horde, Roundcube dan Squirrel Mail. Berikut penjelasannya :
        • Horde : memiliki fitur dan desain yang lebuh menarik namun lebih berat.

       

        • Roundcube : Secara fitur tidak selengkap dengan Horde tetapi secara desain masih lebih baik dari Squirrel Mail dan aksesnya lebih cepat dari pada Horde.

       

        • Squirrel Mail : Desain interfacenya sangatlah sederhana dan dari segi fitur tidak selengkap Horde. Namun dari ketiga interface ini, Squirrel Mail aksesnya lebih cepat.

       

 

  1. Anda dapat klik Set as default agar pada saat pertama kali login, interface tersebut langsung terbuka tanpa harus memilih dahulu.

 

Penutup

Webmail merupakan salah satu fasilitas gosting yang berfungsi untuk memanage email. Anda dapat mengaksesnya melalui web browser. Melalui Webmail anda dapat mengakses email dari domain anda sendiri dengan mudah. Tanpa harus setting apapun dan tanpa harus melakukan instalasi apapun.