Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan internet untuk melakukan pemasaran. Mulai dari UMKM, startup, hingga para freelancer banyak menggunakan media sosial dan landing page untuk berbagai keperluan. Salah satu yang menjadi alasan adalah untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Untuk membuat website yang lebih profesional, Anda bisa membuat landing page dan melakukan custom domain website instan Anda.

Dengan membuat landing page atau bio link, Anda akan lebih mudah memenuhi permintaan lebih banyak konsumen. Landing page tersebut dapat Anda gunakan untuk memberikan penawaran khusus, mengarahkan pendaftaran event, dan nantinya dapat Anda sebarkan melalui iklan. Sementara itu, bio link dapat Anda cantumkan di media sosial untuk mengarahkan calon pelanggan yang ingin melihat channel marketing lainnya milik Anda.

Saat ini, Anda bisa menggunakan Website Instan IDCloudHost untuk semua kebutuhan tersebut. Tanpa perlu skill coding, siapapun bisa membuat landing page dan bio link sendiri dengan berbagai template menarik yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa mengubah domainnya sesuia keinginan. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Website Instan IDCloudHost?

Website Instan adalah layanan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat website yang praktis, mudah, dan cepat. Dengan menggunakan Website Instan, Anda dapat memilih ratusan template menarik yang siap pakai sesuai kebutuhan bisnis Anda. Layanan ini memungkinkan Anda untuk membuat landing page atau bio link.

Anda tidak membutuhkan kemampuan coding sama sekali untuk menggunakan layanan ini. Karena website instan dapat dideploy dengan muduah tanpa memerlukan banyak konfigurasi. Tampilan template dapat Anda ubah menggunakan elementor yang memiliki sistem drag and drop untuk setiap elemen website.

Selain itu, website instan juga terintegrasi dengan berbagai tools yang mendukung kegiatan marketing Anda seperti Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, juga media sosial lainnya. Website Instan IDCloudHost juga memiliki keamanan yang baik dengan dukungan firewall yang melindungi website Anda dari malware dan serangan siber lainnya.

Order Domain di IDCloudHost

Untuk melakukan custom domain di Website Instan IDCloudHost, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membeli domain terlebih dahulu. Berikut cara yang Anda lakukan.

1. Masuk ke halaman order domain IDCloudHost dan masukkan nama domain yang ingin Anda gunakan. Klik Check untuk memeriksa apakah alamat domain tersebut sudah tersedia atau belum.


2. Setelah memastikan domain yang Anda inginkan tersedia, scroll ke bawah dan klik Continue.


3. Checklist pada pilihan DNS Management, lalu klik Continue.


4. Isi semua data yang diminta, kemudian pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, checklist pada I have read and agree to the terms of service dan klik Checkout.


5. Domain Anda siap digunakan!

Konfigurasi Domain di Wall.id

Jika Anda telah memiliki domain IDCloudHost dan membeli layanan website instan, Anda dapat melakukan custom domain guna membuat bisnis Anda tampak lebih professional. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk custom domain di Website Instan:

1. Masuk ke halaman wall.id kemudian klik login di pojok kanan atas halaman.


2. Setelah halaman login muncul, masukkan email dan password Anda. Kemudian, klik Log In.


3. Pada halaman dashboard, website Anda akan ditampilkan pada bagian My Active Sites. Klik simbol tiga titik di sebelah kanan halaman, kemudian klik Manage Site.


4. Selanjutnya, klik menu Custom Domains. Jika sudah tampil halaman custom domain seperti ini, klik Add Domain.


5. Masukkan domain yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Add Domain.


6. Anda hanya perlu melakukan konfigurasi di client area IDCloudHost dan menunggu pengecekan DNS selesai dilakukan.

Konfigurasi DNS di Client Area IDCloudHost

Setelah melakukan konfigurasi custom domain di website instan, selanjutnya Anda harus mengkonfigurasi DNS di Client Area IDCloudHost. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan:

1. Masuk ke Client Area IDCloudHost, masukkan email serta password Anda dan klik Login.

2. Pada menu yang terletak di bagian atas, klik Domain > My Domains.


3. Pilih domain yang sebelumnya ingin Anda tambahkan di website instan. Setelah itu, klik simbol tiga titik di sebelah kanan halaman dan pilih Manage Domain.


4. Selanjutnya, halaman berikut akan tampil. Klik DNS Management.


5. Pada DNS Manager, klik Add Record.


6. Tambahkan A Record. Isi Host dengan @ dan RDATA diganti menjadi 103.171.85.109. TTL tetap 14400. Setelah semuanya diatur seperti gambar di bawah ini, klik Add Record.


7. Custom domain selesai! Setelah proses DNS checking di website instan selesai, Anda bisa mengakses landing page atau bio link yang sudah Anda buat dengan domain yang baru.

Penutup

Demikianlah cara custom domain untuk website instan IDCloudHost. Menggunakan domain yang sesuai dengan brand tentunya membuat website Anda terlihat lebih profesional dan tentunya lebih mudah mendapatkan kepercayaan calon pelanggan. Coba layanan Website Instan IDCloudHost sekarang dan buat landing page untuk bisnis Anda dengan mudah!