Update Progress Kebakaran Data Center Cyber 1

Catatan : Halaman ini akan diupdate secara berkala

 

Update #1: 2 Desember 2021 pukul 12.00 WIB

Telah terjadi insiden kebakaran (Force Majure) yang terjadi di Head Office Gedung Cyber 1 Lantai 2 pada hari ini Kamis, 2 Desember 2021 dan saat ini sedang ditangani oleh petugas pemadam kebakaran. IDCloudHost mengkonfirmasi bahwa ada sebagian kecil (Minor) pengguna IDCloudhost yang terdampak akibat insiden ini.

 

Update #2: 3 Desember 2021 pukul 10.00 WIB

Tim IDCloudHost terus berupaya untuk bisa masuk ke lokasi server yang berada di lantai 2, namun masih belum mendapatkan izin sehubungan masih dalam proses olah TKP oleh Tim Puslabfor.

Berikut ini adalah dokumentasi yang berhasil kami dapatkan mengenai keadaan Server IDcloudhost yang tidak basah atau terbakar :

Berikut ini adalah beberapa Langkah mitigasi bencana yang sedang dilakukan oleh pihak IDCloudHost :
    • Berkoordinasi intens dengan pihak data center untuk dapat melakukan proses keluar barang untuk server-server IDCloudHost
    • Melakukan treatment untuk pembersihan dan mencoba menghidupkan kembali komponen server (motherboard, power supply dan harddsisk) untuk proses recovery data
  • Memindahkan server ke datacenter lain yang tidak terdampak
  • Estimasi proses tersebut memerlukan waktu sekitar 3-7 hari terhitung sejak barang boleh dikeluarkan dari data hall Cyber DC

Dalam rangka mempercepat layanan Bapak/Ibu bisa segera up kembali tanpa perlu menunggu perkembangan di Gedung Cyber 1, kami sudah menyiapkan server di data center lain yang dapat segera digunakan. Apabila Bapak / Ibu memiliki backup data server yang terdampak maka kami dengan senang hati membantu untuk restore.

 

Update #3: 8 Desember 2021 pukul 01.15 WIB

Setelah melakukan negosiasi dengan pihak pengelola Data Center, Pemilik gedung Cyber 1, dan pihak Kepolisian, pada 8 Desember 2021 pukul 01.15 WIB kami mendapatkan konklusi untuk merelokasi seluruh server IDCloudHost ke Datacenter baru. Secara bertahap server-server kami mulai meninggalkan Gedung Cyber 1 Jakarta pada waktu tersebut.

Team kami saat ini sedang melakukan pembersihan server secara bertahap dari sisa-sisa kebakaran seperti partikel debu, APAR, kondensasi dan kelembaban perangkat untuk alasan keamanan. Setelah melalui berbagai pertimbangan, kami memutuskan untuk merelokasi server ke datacenter kami di lokasi lain yang tidak terdampak, dikarenakan opsi relokasi yang ditawarkan oleh pengelola datacenter di gedung cyber dengan lantai yang berbeda belum ada estimasi waktu yang pasti, terkait dengan kelistrikan, interkoneksi dan kesiapan provider.

Kami sudah mulai melakukan setup pada Data Center baru, dan melakukan pengecekan perangkat satu persatu untuk memastikan tidak ada kerusakan secara fisik ataupun software. Kami juga akan menyelesaikan proses relokasi dari Gedung Cyber 1 Jakarta, dan memastikan semua server sudah berada di Datacenter baru secepat mungkin agar seluruh layanan dapat kembali normal.

 

Update #4: 9 Desember 2021 pukul 11.15 WIB

Sebagian server sudah mulai terpasang pada rack di Datacenter yang baru dan terhubung dengan jaringan. Layanan Web Hosting dan Reseller Hosting yang sebelumnya berada pada Cyber Jakarta sudah kembali aktif dan normal.

 

Update #5: 9 Desember 2021 pukul 15.19 WIB

Layanan VPS Klasik 95% berhasil recovery dan kembali online. Ada hardware milik kami yang rusak, sehingga proses recovery yang dilakukan melakukan replace ke server baru.

 

Update #6: 12 Desember 2021 pukul 17.54 WIB

Sebagian layanan VPS (dibawah 5% user) masih mengalami downtime yang diakibatkan kerusakan pada hardisk. Tim masih mencoba berbagai macam upaya agar layanan kembali normal. IDCloudHost menyediakan server pengganti bagi user yang masih terdampak sambil menunggu layanan kembali aktif.

Update #7: 12 Desember 2021 pukul 22.02 WIB

Seluruh layanan VPS pada Node VPS SSD IIX berhasil dipulihkan dan kembali normal.

 

Update #8: 12 Desember 2021 pukul 22.54 WIB

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjamin kenyamanan user pasca kebakaran Gedung Cyber. IDCloudHost memutuskan untuk melakukan peremajaan perangkat server sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi kerusakan atau downtime di kemudian hari.

 

Update #9: 13 Desember 2021 pukul 19.15 WIB

Setelah melakukan proses recovery yang panjang, Kini control panel VPS Virtualizor sudah dapat di akses kembali. Kontrol VPS seperti turn on, turn off, restart dan reinstall sepenuhnya sudah kembali normal. Dari 173 VM yang terdampak kebakaran Gedung Cyber Jakarta, saat ini hanya tersisa 29 VM lagi yang perlu di recovery. Tim kami masih mengupayakan proses recovery dapat berlangsung lancar tanpa harus ada user yang kehilangan data.

 

Kompensasi Bagi Pengguna yang terdampak

IDCloudHost memberikan 1 Bulan GRATIS bagi pengguna Hosting, Server VPS, Dedicated Server, dan Colocation Server yang Terdampak kebakaran Gedung Cyber 1. Untuk pengajuan terkait ini Anda dapat melakukan claim dengan mengisi formulir berikut : https://forms.gle/SjqyXDmGNSaqW2aSA

Anda dapat melihat bagaimana visualisasi Data Center IDCloudHost yang nanti menjadi tempat baru dari Server-server dari Gedung Cyber 1 sebelumnya melalui Video dibawah ini :

Demikian informasi ini disampaikan, Jika Anda membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut terkait ini jangan ragu untuk menghubungi melalui care@idcloudhost.com atau melalui ticket yang terdapat di Client Area IDCloudhost.

Salam

IDCloudHost Team