Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan beralihnya sistem dari offline ke online. Terutama setelah era pandemi, perkembangan teknologi memaksa sekolah dan universitas untuk beralih ke sistem digital yang lebih mudah dan fleksibel. Namun, tidak hanya sebagai solusi sementara, digitalisasi pendidikan di Indonesia juga dianggap sebagai solusi jangka panjang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Salah satu implementasi digitalisasi pendidikan di Indonesia adalah dengan penggunaan aplikasi e-rapor. Aplikasi e-rapor adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan menyajikan laporan hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK). Dalam artikel ini, Anda akan mengenal aplikasi E-Rapor SMK dan cara menginstalnya di IDCloudHost. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu E-Rapor SMK?

E-rapor adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan menyajikan laporan hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK). E-rapor biasanya terintegrasi dengan sistem manajemen sekolah yang ada, sehingga memudahkan guru dan pihak sekolah dalam mengelola dan menyajikan laporan hasil belajar siswa. Aplikasi e-rapor juga dapat membantu siswa dan orang tua dalam memantau perkembangan akademik siswa, serta memudahkan pihak sekolah dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja siswa.

Kegunaan Aplikasi E-Rapor SMK

Setelah memahami pengertiannya, Anda tentu penasaran apa saja kegunaan dari aplikasi ini. E-rapor memiliki beberapa kegunaan, di antaranya:

Memudahkan guru dalam mengelola dan menyajikan laporan hasil belajar siswa

Aplikasi e-rapor memungkinkan guru untuk mencatat dan mengelola nilai siswa secara online, sehingga tidak perlu lagi menggunakan buku cetak atau mencatat nilai secara manual.

Memudahkan siswa dan orang tua dalam memantau perkembangan akademik siswa

Aplikasi e-rapor menyediakan akses ke informasi laporan hasil belajar siswa secara online, sehingga siswa dan orang tua dapat memantau perkembangan akademik siswa secara terus-menerus.

Membantu pihak sekolah dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja siswa

Aplikasi e-rapor menyimpan data laporan hasil belajar siswa secara terintegrasi, sehingga memudahkan pihak sekolah dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja siswa secara keseluruhan.

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan laporan hasil belajar siswa

Dengan menggunakan aplikasi e-rapor, proses pengelolaan laporan hasil belajar siswa menjadi lebih cepat, tepat, dan efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Panduan Instalasi E-Rapor di Cloud VPS IDCloudHost

Jika Anda adalah pengguna layanan Cloud VPS server dari IDCloudHost, Anda bisa menginstal aplikasi E-Rapor SMK dengan mudah. Fitur one-click deploy dan app catalog yang kami miliki memungkinkan Anda untuk bisa mulai menggunakan aplikasi ini hanya dalam hitungan menit saja. Berikut langkah-langkah install E-Rapor SMK di Cloud VPS IDCloudHost.

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun pada Layanan Console IDCloudHost. Jika belum silahkan daftar dan login di halaman console IDCloudHost lalu jangan lupa deposit dan gunakan kode referal / diskon untuk mendapatkan free kreditnya.

2. Pilih menu App Catalog dari Dashboard Console Anda

3. Selanjutnya scroll kebawah sampai menemukan produk e-Rapor SMK, silakan pilih Erapor. 

4. Proses tersebut akan membuka halaman Create New Resource. Pilih App Catalog.

5. Silakan scroll ke bawah, sampai menemukan dan memastikan bahwa yang terpilih adalah e-Rapor SMK dengan versi yang sesuai.

6. Setelah itu, tentukan lokasi server, spesifikasi, Public IP dan network.

7. Jangan lupa juga mengisi, username dan password yang akan digunakan serta Resource Name yang ingin kita buat. Ini adalah langkah penting dalam proses instalasi e-Rapor SMK. 

8. Setelah VM untuk e-Rapor SMK berhasil dibuat. Kita akan mendapatkan IP Publik seperti gambar berikut. Instalasi sudah berhasil dilakukan.


9. Selamat! Proses instalasi e-Rapor SMK di IDCloudHost telah berhasil, silakan akses aplikasi e-Rapor SMK melalui browser dengan alamat IP Publik sesuai informasi pada langkah sebelumnya.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang cara instal aplikasi e-Rapor SMK di Cloud VPS murah IDCloudHost. Mudah, bukan? Semoga artikel ini mampu membantu Anda yang ingin mulai menggunakan aplikasi ini untuk manajemen sekolah yang lebih mudah.  Dengan Cloud VPS IDCloudHost Anda dapat memilih berbagai aplikasi serta OS untuk kebutuhan website dan aplikasi Anda dengan layanan cloud yang fleksibel. Gunakan e-Rapor SMK sekarang!