Panduan Memilih WordPress Hosting 2022 - IDCloudHost

Panduan Memilih WordPress Hosting 2022

Promo IDCloudHost

Panduan Memilih WordPress Hosting
 

Bagi pemilik website, memiliki layanan hosting yang dapat diandalkan dan sesuai dengan kebutuhan tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana caranya memilih hosting 2022 yang sesuai untuk website Anda yang membutuhkan WordPress hosting.
Dalam membangun website, banyak orang menggunakan WordPress. WordPress memang terkenal sebagai layanan Content Management System (CMS) yang memiliki sangat banyak pengguna dari seluruh dunia. Hal ini tentunya karena WordPress sangat user-friendly.

Selain itu, platform CMS ini juga memudahkan Anda dalam membuat konten-konten yang SEO-friendly. Banyak perusahaan, media dan organisasi besar menggunakan WordPress untuk website mereka. Beberapa di antaranya adalah CNN, Time, Vogue, Spotify Newsroom, bahkan The White House.
Apakah Anda merupakan salah satu pengguna WordPress? Semua keunggulannya bisa Anda dapatkan dengan mudah jika menggunakan layanan yang tepat. Apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memilih WordPress Hosting yang tepat untuk website Anda? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini, ya.

Baca Juga : Cara Membuat Skor Site Health WordPress Menjadi 100

Kriteria WordPress Hosting yang Baik

Jika tak ingin salah memilih layanan WordPress Hosting, Anda sebaiknya memahami kebutuhan website Anda terlebih dahulu. Namun, secara umum ada beberapa kriteria yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih hosting 2022, yakni:

1. Performa Server

Biasanya performa sebuah server berhubungan dengan kecepatan akses, storage, bandwith, dan berbagai hal lain yang mendukung website Anda berjalan secara baik dan efektif. Performa yang buruk tentunya akan menghambat kinerja website Anda.

2. Ketersediaan Tim Support

Sebagai pelanggan, tak jarang kita membutuhkan layanan support ketika mengalami kendala dalam menggunakan layanan. Karena itulah, adanya bantuan tim support yang mumpuni menjadi salah satu kriteria yang harus Anda pertimbangkan dalam memiih WordPress Hosting. Misalnya, pilihlah layanan yang memiliki tim support yang beroperasi 24/7 via Live Chat, email, dan telepon.

3. Keamanan Website

Maraknya cybercrime tentu membuat Anda harus lebih memperhatikan keamanan website. Pencurian data, baik milik Anda maupun milik pengunjung, adalah hal yang harus dihindari. Pilihlah layanan yang menyediakan proteksi malware dan DDoS, juga mendukung SSL baik gratis maupun berbayar.

4. Skalabilitas

Sebagai seorang pemilik website atau blog, Anda tentunya ingin website Anda terus berkembang. Memiliki lebih banyak konten dan pengunjung membuat Anda juga harus meng-upgrade layanan Anda agar tetap sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah penyedia layanan hosting yang dapat memudahkan Anda untuk terus meng-upgrade paket-paket yang untuk menyesuaikan perkembangan website.

Baca Juga Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

Tips Memilih WordPress Hosting

Sebelumnya, kita telah mengetahui apa saja kriteria dari WordPress hosting yang baik. Setelah itu, apa yang harus Anda lakukan agar tidak salah pilih hosting? Simak tips selengkapnya, ya.

1. Memastikan Spesifikasi Layanan Sesuai dengan Kebutuhan

Mencari WordPress Hosting yang sesuai dengan kebutuhan merupakan hal penting dalam memilih hosting 2022. Misalnya, jika Anda adalah seorang blogger pemula, maka Anda belum perlu untuk membeli layanan yang menawarkan sumber daya server yang besar, bukan?

Sebaliknya, jika Anda memiliki website dengan konten yang sangat banyak dan traffic yang tinggi. Layanan dengan spesifikasi tinggi dan storage yang besar akan jauh lebih cocok untuk Anda.
Lihat dan pelajari terlebih dahulu apa yang ditawarkan oleh layanan tersebut. Jika masih ragu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan tim support untuk memilih paket yang tepat bagi Anda.

2. Memastikan Ketersediaan Tim Support

Tips yang satu ini harus Anda pikirkan dalam memilih hosting 2022. Bantuan yang cepat dari penyedia layanan hosting pilihan akan memudahkan Anda dalam menangani masalah.
Dalam menjalankan sebuah website, kita pasti pernah menemui masalah. Mulai dari website yang down, atau adanya error yang membuat website sulit diakses.

Layanan hosting yang ideal adalah yang memiliki tim customer support 24 jam penuh. Tidak hanya ketersediaannya saja yang penting, tapi mereka juga harus ahli dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi. Selain itu, akan lebih baik jika mereka bisa dihubungi lewat berbagai channel. Mulai dari live chat, tiket bantuan, email, hingga WhatsApp.

3. Harga

Tidak bisa dipungkiri, harga adalah salah satu hal yang kita perhatikan sebelum membeli sesuatu. Layanan yang murah tentu menguntungkan bagi Anda, baik yang pemula, ataupun yang sudah memiliki website cukup besar.

Namun, kita harus selalu ingat bahwa harga biasanya sebanding dengan kualitas layanan yang kita gunakan. Dalam memilih layanan hosting, Anda bisa membandingkan harga tiap paket dari berbagai penyedia layanan hosting. Biasanya, paket yang memiliki spesifikasi tinggi seperti Cloud VPS biasanya lebih mahal dibandingkan WordPress Hosting yang lebih sederhana.

Namun, tak jarang penyedia layanan hosting juga memberikan berbagai promo dan diskon di mana Anda bisa mendapatkan potongan harga untuk layanan yang berkualitas. Pilihlah layanan hosting terbaik dengan harga yang tetap terjangkau.

4. Memeriksa Performa Server dan Keamanannya

Performa server dan keamanan adalah hal penting dalam memilih hosting 2022. Pilihlah penyedia yang juga mendukung layanan keamanan data Anda, serta mengutamakan keamanan dalam layanan mereka pula. Jangan ragu bertanya kepada tim support tentang apakah mereka bersedia membantu jika terjadi masalah seputar keamanan website Anda.

Selain itu, performa server juga penting untuk menjadi pertimbangan. Pelajari teknologi server, kecepatan processor, serta kapasitasnya sebelum memutuskan untuk membeli layanan WordPress Hosting.

5. Memeriksa Review dan Testimoni Pelanggan

Jika Anda sudah melakukan semua tips di atas, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan pendapat dari customer lain agar semakin yakin dengan pilihan Anda.
Salah satu yang dapat Anda lakukan dalam memilih hosting 2022 adalah melihat review dan testimoni dari pelanggan lain. Biasanya, review ini dapat Anda temui di blog, media sosial, atau forum-forum terkait website dan teknologi.

Selain itu, ada juga penyedia layanan hosting yang mencantumkan siapa saja klien yang sudah mempercayakan websitenya kepada mereka. Anda bisa langsung mengecek website layanan hosting tersebut untuk mengetahuinya.

Selanjutnya, pertimbangkan kelebihdan dan kekurangan yang Anda dapat dari review tersebut. Jika sudah yakin, Anda bisa langsung membeli layanan hosting pilihan Anda tanpa ragu!

Baca Juga : Cara Melakukan Order WordPress Hosting

Penutup

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih hosting 2022. Jika Anda ingin mendapatkan layanan yang tepat sesuai kriteria di atas, Anda tak perlu repot mencari ke mana-mana. Karena IDCloudHost memiliki layanan WordPress Hosting berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 5.000,-/bulan.

WordPress hosting IDCloudHost adalah layanan yang memungkinkan Anda menggunakan fitur-fitur WordPress secara cepat dan instan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menginstall dan mengkonfigurasikan website Anda dari awal, sehingga akan lebih mudah pula bagi Anda untuk memaksimalkan semua potensi yang ada pada WordPress.

Selain itu, tersedia juga berbagai paket layanan hosting hingga Cloud VPS agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk memilih layanan WordPress hosting terbaik untuk website Anda?

Related Articles

Apa itu UML : Pengertian dan Sejarahnya
Mengenal Apa itu Agile : Pengertian dan Manfaatnya
Apa itu Bootstrap : Pengertian dan Sejarahnya
10+ Rekomendasi Plugin WordPress di Tahun 2022
Cara Menghilangkan Powered by WordPress