FTP (File Transfer Protokol) server adalah protokol internet yang berjalan di lapisan aplikasi yang standart untuk pengiriman file komputer antara mesin dalam sebuah network. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal di kembangkan dan masih digunakan pada saat ini untuk mendownload dan file komputer antar klien ftp dan dan server ftp.

Ada 3 jenis tools yang dapat digunakan untuk mengakses FTP secara general :

  1. Web Browser : Walaupun tidak direkomendasikan tapi pada kenyataannya anda dapat menggunakan FTP di sebagian besar web browser anda.
  2. HTML Editor : Program HTML editor seperti adobe dreamweaver juga dapat melakukan koneksi menggunakan FTP, sehingga anda dapat melakukan editing website pada web server secara live.
  3. FTP Client : Adalah program yang memang dirancang khusus untuk melakukan koneksi FTP sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran file dari komputer lokal ke server hosting. Contoh progam FTP client adalah coreFTP (windows), cuteFTP (windows), File Zilla (windows), CyberDuck (Mac) dan lainnya. Cara ini merupakan cara yang paling direkomendasikan untuk melangsungkan hubungan FTP.