Kenali Apa Itu Partnership, Pengertian dan Cara Kerjanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kemitraan atau partnership dalam dunia bisnis sering dibandingkan dengan pernikahan karena ada dua pihak yang bersepakat untuk menjalin suatu kesepakatan. Biasanya partnership seperti ini untuk mencapai tujuan bersama, yakni saling mendukung dan akhirnya mendapatkan keuntungan.

Berhubung ini adalah gabungan dari dua atau beberapa pihak menjadi satu kesatuan, maka jika ada masalah tertentu, maka ini akan berimbas juga kepada pihak lainnya. Jika Anda tidak berhati- hati dalam mencari partner Anda, maka tentu ada kemungkinan perjanjian kesepakatan menjadi buruk.

Meski ada resikonya, partnership sangat umum tidak hanya dalam dunia bisnis tapi keseharian seperti Anda bermitra dengan teman Anda. Simak artikel singkat dibawah ini mengenai apa saja yang berhubungan dan partnership.

 

Pengertian Apa Itu Partnership

Dalam dunia bisnis, partnership atau kemitraan bisnis adalah hubungan yang mengikut hukum yang paling sering dibentuk oleh perjanjian tertulis antara dua atau lebih individu atau perusahaan. Mitra menginvestasikan uang mereka dalam bisnis, dan masing-masing mitra mendapat manfaat dari keuntungan apa pun dan menanggung sebagian dari kerugian apa pun.

Kemitraan sebagai bisnis seringkali harus mendaftar ke semua negara bagian di mana tempat bisnis tersebut dilakukan. Setiap negara mungkin memiliki beberapa jenis kemitraan berbeda yang karenanya sangat penting untuk mengetahui peraturan apa saja sebelum Anda menerima tawaran partnership.

 

Baca Juga  :     Kenali Pengertian, Fungsi dan Manfaat Penting Dari Inovasi

 

Cara Kerja Partnership dalam Bisnis

Kenali Apa Itu Partnership,  Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Beberapa kemitraan mencakup individu yang bekerja dalam bisnis, sementara kemitraan lainnya dapat mencakup mitra yang memiliki partisipasi terbatas dan juga tanggung jawab terbatas atas utang bisnis dan undang-undang apa pun yang menentangnya. Sebagai lawan dari korporasi, partnership bukanlah entitas yang terpisah dari pemilik individu.

Bisa dikatakan kalau kemitraan mirip dengan bisnis pemilik tunggal atau kontraktor independen karena dengan kedua jenis bisnis tersebut, bisnis tersebut tidak terpisah dari pemiliknya untuk tujuan kewajiban. Pajak penghasilan bisanya tidak dibayar oleh persekutuan dari partnership. Setelah keuntungan atau kerugian dibagi di antara para mitra, masing-masing mitra membayar pajak penghasilan atas pengembalian pajak individu mereka.

 

Baca Juga  :     Unique Selling Proposition (USP), Kenali Pengertian Serta Manfaatnya

 

Kelebihan dan Kekurangan Menjalin Partnership

Kemitraan adalah bisnis yang dimiliki bersama oleh dua atau beberapa pemilik. Ada juga partnership dalam skala kecil yang kadang tidak didaftarkan secara hukum. Tapi baik itu dicatat secara hukum atau tidak, partnership mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

 

Kelebihan Menjalin Partnership

  • Terkadang dua kepala atau lebih lebih baik dari satu, ini akan meringkan beban bisnis
  • Bisnis akan lebih mudah didirikan dan biaya awal rendah
  • Lebih banyak modal tersedia untuk bisnis
  • Anda akan memiliki kapasitas pinjaman yang lebih besar
  • Karyawan berkaliber tinggi dapat dijadikan mitra
  • Adanya peluang untuk pembagian pendapatan, keuntungan yang sangat penting karena penghematan pajak yang dihasilkan
  • Urusan bisnis mitra bersifat pribadi
  • Adanya regulasi eksternal yang terbatas
  • Kemudahan untuk mengubah struktur hukum Anda nanti jika keadaan berubah

 

Baca Juga   :      Kenali Pengertian Brainstorming, Fungsi dan Tujuannya

 

Kekurangan Menjalin Partnership

  • Tanggung jawab mitra untuk hutang bisnis tidak terbatas
  • Masing-masing bagian kemitraan bertanggung jawab atas hutang partnership yaitu, masing-masing pihak bertanggung jawab atas bagian mereka dari utang partnership serta bertanggung jawab atas semua utang itu
  • Ada risiko ketidaksepakatan dan permasalahan di antara mitra dan manajemen
  • Masing-masing mitra adalah agen kemitraan dan bertanggung jawab atas tindakan oleh mitra lainnya
  • Jika mitra bergabung atau pergi, Anda mungkin harus menilai semua aset kemitraan dan ini bisa mahal.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Prototype? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

 

4 Jenis atau Tipe Partnership dalam Bisnis

Kenali Apa Itu Partnership,  Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Menjalin kemitraan bisnis adalah cara mengatur perusahaan yang dimiliki dan kadang-kadang dijalankan oleh dua orang atau lebih atau badan. Disini mitra berbagi dalam keuntungan atau kerugian. Sebelum Anda membangun kemitraan bisnis, Anda harus menyelidiki berbagai jenis kemitraan yang tersedia dan setiap jenis partnership itu bagaimana masing-masing bekerja.

  • Kemitraan Umum/General Partnership

    Kemitraan umum adalah bentuk paling dasar dari kemitraan karena tidak memerlukan membentuk badan usaha dengan negara. Dalam kebanyakan kasus, mitra membentuk bisnis mereka dengan menandatangani perjanjian kemitraan. Kepemilikan dan keuntungan biasanya dibagi rata di antara para mitra, meskipun mereka dapat menetapkan persyaratan yang berbeda dalam perjanjian kemitraan.
    Dalam kemitraan umum, semua mitra memiliki kekuatan independen untuk mengikat bisnis dengan kontrak dan pinjaman. Setiap mitra juga memiliki kewajiban total, yang berarti mereka secara pribadi bertanggung jawab atas semua hutang bisnis dan kewajiban hukum. Jenis partnership ini mudah dibentuk dan dibubarkan yang dalam kebanyakan kasus, kemitraan bubar secara otomatis jika ada mitra yang meninggal atau bangkrut.

  • Persekutuan Terbatas/Limited partnership

    Limited partnership adalah badan usaha formal yang disahkan oleh negara. Jenis ini memiliki setidaknya satu mitra umum yang bertanggung jawab penuh atas bisnis dan satu atau lebih mitra terbatas yang menyediakan uang tetapi tidak secara aktif mengelola bisnis. Mitra terbatas berinvestasi dalam bisnis untuk keuntungan finansial dan tidak bertanggung jawab atas hutang dan kewajibannya.
    Tanggung jawab terbatas mitra diam ini berarti mitra terbatas dapat berbagi keuntungan, tetapi mereka tidak dapat kehilangan lebih dari yang telah mereka investasikan.

  • Kemitraan tanggung jawab terbatas/Limited liability partnership

    Limited liability partnership atau LLP, beroperasi seperti kemitraan umum, dengan semua mitra secara aktif mengelola bisnis, tetapi membatasi tanggung jawab mereka atas tindakan satu sama lain. Mitra tetap bertanggung jawab penuh atas hutang dan kewajiban hukum bisnis, tetapi mereka tidak bertanggung jawab atas kesalahan dan kelalaian rekan bisnis mereka.

  • Kemitraan terbatas tanggung jawab terbatas/Limited liability limited partnership

    Limited liability limited partnership (LLLP) adalah jenis kemitraan yang lebih baru yang tersedia di beberapa negara bagian. Hampir sama seperti LP, dengan setidaknya satu mitra umum yang mengelola bisnis, tetapi LLLP membatasi kewajiban mitra umum sehingga semua mitra memiliki perlindungan kewajiban.

 

Baca Juga   :     Apa Itu Branding? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Perjanjian kemitraan adalah bagian mendasar dari jenis bisnis yang ingin menjalin kerjasama. Perjanjian biasanya akan menguraikan bagaimana bisnis akan beroperasi dalam hal-hal seperti resolusi konflik atau alokasi keuntungan. Jadi bisa dikatakan kalau perjanjian adalah salah satu dokumen terpenting untuk bisnis dan dapat mengurangi banyak potensi negatif yang telah dibahas.

Misalnya, perjanjian harus merinci bagaimana kepentingan mitra di perusahaan dialihkan setelah kematian dari anggota kemitraan. Ini akan memungkinkan GP untuk terus eksis bahkan setelah salah satu mitra pergi. Selain itu, perjanjian harus mendokumentasikan kontribusi keuangan mitra dan menguraikan persentase kepemilikan di antara mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :