Cara Convert PDF to Word Secara Online Mudah & Praktis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Semua dokumen online saat ini sangat mudah di buat dan juga disimpan. Salah satu format yang umum digunakan adalah dengan menyimpannya sebagai PDF (Portable Document Format). Mungkin juga PDF menjadi format file yang sangat terkenal saat ini karena kepraktisannya.

Format file serbaguna yang dibuat oleh Adobe ini akan memberikan cara mudah dan andal untuk menyajikan serta bertukar dokumen. Bahkan file ini sangat sesuai digunakan oleh perangkat lunak, perangkat keras, atau sistem operasi apa saja yang digunakan oleh pemilik dokumen.

Tapi bagaimana jika sebaliknya, Anda ingin mengubah atau melakukan convert PDF to Word? Ingin mengubah dokumen dalam format PDF ke Word? Mari simak cara yang bisa Anda coba langsung jika Anda ingin melakukan konversi dokumen Anda.

 

Memahami Apa Itu PDF (Portable Document Format)

Cara Convert PDF to Word Secara Online Mudah & Praktis
 

 

PDF (Portable Document Format) adalah format file yang telah mampu menyatukan semua elemen dokumen cetak sebagai gambar elektronik yang dapat Anda lihat, navigasikan, cetak, atau teruskan ke orang lain. Adapun file PDF ini dibuat menggunakan Adobe Acrobat , Acrobat Capture, atau produk serupa.

Untuk melihat dan menggunakan file, Anda memerlukan Acrobat Reader gratis, yang dapat Anda unduh dengan mudah. Setelah Anda mengunduh Reader, aplikasi ini akan mulai secara otomatis setiap kali Anda ingin melihat file PDF. File PDF sangat berguna untuk dokumen seperti artikel majalah, brosur produk, atau pamflet di mana Anda ingin mempertahankan tampilan grafis asli secara online.

Biasanya file PDF berisi satu atau lebih gambar halaman, yang masing-masing dapat Anda perbesar atau perkecil selain juga halaman dapat dibuat menjadi maju dan mundur. Ada banyak alasan dan tujuan dalam membuat dokumen dan file dalam format PDF seperti diantaranya :

  • Pengembangan desain grafis di mana anggota tim bekerja dari jarak jauh dan perlu mengeksplorasi ide-ide desain secara online
  • Sebagai e-book dengan opsi lain buku versi cetak
  • Distribusi online dokumen cetak apa pun yang Anda ingin pertahankan tampilan cetaknya

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Giveaway, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Cara Convert PDF to Word Secara Online

Umumnya PDF lebih dekat dengan produk Adobe, tapi ternyata ada banyak juga cara lain jika Anda ingin Convert PDF to Word, mengubah PDF ke dalam format Word. Dibawah ini beberapa cara mudah dengan berbagai opsi yang bisa Anda coba sendiri.

 

Cara Convert PDF to Word dengan DocsFly

DocFly memungkinkan Anda mengonversi file PDF ke Word dengan cepat, mudah, dan sepenuhnya online. Tidak perlu lagi repot, konversi PDF ke Word yang dapat diedit hanya dalam beberapa langkah. Pelajari cara mengkonversi PDF ke Dokumen Word dengan DocFly dengan mengikuti langkah-langkah bawah :

  • Unggah file PDF Anda – Seret file PDF Anda ke dropzone yang ada di laman DocFly, atau klik Unggah untuk memilih file dari komputer Anda.
  • Konversi PDF ke Word – Pada button atau kotak yang ada, klik dan unggah file Anda.
  • Unduh file Anda – Dapatkan 3 unduhan gratis file DOC Anda. Jika Anda mendaftar untuk berlangganan bulanan atau tahunan untuk unduhan tak terbatas.

 

Cara Convert PDF to Word PDF to DOC

Konverter PDF ke DOC online gratis ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file PDF sebagai dokumen yang dapat diedit dalam format Microsoft Word DOC, hingga juga memastikan kualitas yang lebih baik daripada banyak konverter lainnya. Untuk melakukan konversi, Anda bisa mengunjungi laman pdf2doc lebih dulu kemudian ikuti cara ini :

  • Klik tombol UPLOAD FILES dan pilih hingga 20 file PDF yang ingin Anda konversi.
  • Tunggu hingga proses konversi selesai.
  • Unduh hasilnya baik file demi file atau klik tombol UNDUH SEMUA untuk mendapatkan semuanya sekaligus dalam arsip ZIP.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Mind Mapping, Teknik dan Cara Membuatnya

 

Cara Convert PDF to Word dengan Adobe

Siapa yang tidak tahu kalau sebagai penemu format file PDF, Adobe memastikan konverter Acrobat PDF ke Word sekaligus juga mempertahankan pemformatan dokumen Anda. Saat Anda menggunakan alat konversi online dari Adobe, maka font, gambar, dan perataan Anda akan terlihat seperti yang ada di Mac dan Windows. File yang dikonversi adalah dokumen Word yang dapat diedit yang dapat Anda gunakan langsung di Microsoft Word. Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk mengubah PDF menjadi dokumen Microsoft Word :

  • Klik tombol Pilih file di atas, atau seret dan jatuhkan PDF ke zona pelepasan.
  • Pilih PDF yang ingin Anda konversi ke format file DOCX.
  • Dari sini Acrobat akan secara otomatis mengkonversi file dari PDF ke dokumen Word.
  • Unduh dokumen Word yang dikonversi atau masuk untuk membagikannya.

 

Tiga opsi di atas adalah editor PDF yang sangat terkenal jika Anda ingin mengubah format PDF Anda baik menjadikannya dalam format Word atau sebaliknya. Hanya saja jika Anda ingin menggunakan editor, Anda harus mempertimbangkan bagian mana dari file PDF Anda yang perlu diubah.

Jika Anda hanya mencoba menambahkan informasi Anda ke formulir secara digital, Anda hanya memerlukan editor dasar yang mendukung penyisipan teks secara cepat. Namun, jika Anda perlu mengubah konten PDF secara substansial, Anda memerlukan editor PDF yang lebih canggih yang dapat membuat modifikasi pada teks atau gambar yang sudah disimpan dalam file. Dalam beberapa kasus, terutama jika Anda ingin mengubah hampir semua konten file Anda, mungkin lebih baik menggunakan program konverter PDF ke Word.

 

Baca Juga  :    5 Aplikasi Penghasil Uang yang Legit Terbaru 2022

 

Cara dan Tips Menggabungkan File/Dokumen PDF Secara Online

Cara Convert PDF to Word Secara Online Mudah & Praktis
 

Lalu bagaimana jika Anda ingin menggabungkan semua file PDF Anda secara online? Cara online yang mudah dan cepat tanpa harus mengunduh dan menginstalnya adalah dengan menggunakan aplikasi SODA PDF online dengan mengunjungi laman web mereka dan langsung menerapkan 3 langkah cepat ini :

  • Pilih file untuk digabungkan

    Pilih file dengan cara seret dan lepas untuk mengupload dokumen langsung dari komputer Anda, atau mengupload file dari layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

  • Sesuaikan urutan file

    Setelah file diunggah ke sistem kami, ubah urutan dokumen PDF Anda dan susun sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Kirim file melalui email

    Setelah Anda menggabungkan PDF, Anda dapat mengirimkannya langsung ke email Anda atau mengunduh file ke komputer Anda dan melihatnya langsung di browser Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Terbaru 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Tidak mengherankan kalau PDF adalah format baca yang paling banyak digunakan karena format ini sangat nyaman dan rapi. Selain itu PDF juga banyak digunakan dalam membuat kompilasi dokumen- dokumen penting. Menggabungkan beberapa PDF akan banyak membantu produktivitas karena efisien dan praktis.

Daripada membuat sebuah file yang berisi dokumen Word, Excel, dan gambar yang harus dibuka satu persatu, membuat kompilasi semuanya dalam satu tempat akan menjadi lebih mudah. Anda tidak akan kehilangan dokumen maupun kebingungan dalam menyatukan dokumen yang sama- sama relevan.

Begitu juga jika Anda menggunakan format ini untuk membuat e-book, mengingat format ini mendukung format gambar, banyak penulis e-book yang mengandalkannya. Tapi jika Anda ingin melakukan editing pada dokumen dan file Anda, silahkan pertimbangkan cara mengubah PDF kembali menjadi Word seperti cara diatas.

 

 

 

Related Post :