Pedoman Cepat dan Mudah Google News dan Persyaratannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apakah Anda merupakan seorang penulis Blogger atau berprofesi sebagai penulis? Anda tentu berharap bahwa tulisan Anda mendapat banyak kunjungan dan bisa dibaca oleh banyak orang. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan memasukan artikel Anda ke Google News karena Google News dapat membuat tulisan Anda bisa dibaca lebih banyak orang. Layanan Google News yang diluncurkan oleh Google juga untuk membantu para pengakses internet menemukan informasi yang aktual dan kredibel.

Semua orang bisa membuat tulisan tanpa perlu menjadi seorang jurnalis, Anda hanya perlu membuat tulisan yang baik dan kredibel untuk bisa masuk ke dalam Google News. Anda juga bisa menemukan pembaca yang tepat sesuai dengan topik tulisan yang Anda buat. Google News dirancang untuk situs dan blog yang mempublikasikan artikel sesuai topik dan tepat waktu. Website Anda tidak perlu berlatar belakang sebagai media yang membuat berita terbaru tetapi jika Anda secara konsisten memposting konten yang layak diberitakan, itu mungkin untuk diterima.

Banyak orang atau publisher yang mempublikasikan tulisannya di Google News, ini dikarenakan lonjakan orang yang mengakses Google News sangat banyak. Dikutip dari Similarweb, lebih dari 494 juta di seluruh dunia yang mengakses ke Google News, ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai content maker untuk meningkatkan trafik website. Kelebihan ini membuat siapa saja mempunyai peluang yang sama dan tidak hanya portal website yang terkenal saja yang bisa masuk Google News, faktanya semua orang bisa mempublikasikannya di Google News selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Apa saja ketentuan dan syarat untuk sebuah berita bisa masuk ke dalam Google News? Bagaimana cara membuat akun Google News dan cara membuat konten berita agar bisa masuk di Google News? Simak artikel berikut ini sampai tuntas untuk mengetahui semua itu.

 

Mengenal Apa Itu Google News

Pedoman Cepat dan Mudah Google News dan Persyaratannya
 

 

Google News merupakan layanan Google yang menyediakan beragam berita dari ribuan website di seluruh penjuru dunia. Menariknya layanan dari Google News ini gratis dan dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun. Anda bisa mendownload layanan ini di Playstore atau bisa langsung mengakses ke websitenya. Anda sebagai pengguna bisa langsung menikmati berita tanpa harus melakukan pendaftaran akun, tapi Anda juga bisa memilih opsi untuk masuk dengan akun Google milik Anda. Ini memungkinkan Anda akan membaca hal yang Anda tertarik karena adanya fitur personalized content.

 

Baca Juga  :    Panduan Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

 

Memahami Manfaat Google News

Anda bisa mendapatkan akses berita sesuai dengan topik, lokasi, dan sumber berita yang ingin Anda ketahui. Selain itu, sebagai pembaca yang bisa dapat informasi dengan kredibel, Anda sebagai pemilik blog atau penulis artikel bisa mendapatkan banyak keuntungan. Berikut manfaat dari Google News lainnya yang bagus bagi media dan penulis independen :

  • Membantu dalam meningkatkan SEO

    Jika situs website Anda merupakan portal berita online, Google News bisa saja menempatkan website Anda pada peringkat pertama dan teratas selama konten yang Anda sajikan bagus dan relevan dengan apa yang banyak orang-orang sedang perbincangkan dan menempatkan situs Anda pada daftar Berita Utama.

  • Meningkatkan trafik website

    Semakin banyak konten berita yang Anda buat dan relevan dengan apa yang orang-orang sedang cari, tentu saja akan menambah jumlah traffic website Anda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada lebih dari 494 juta orang mengakses Google News, ini bisa menambah kesempatan bagi situs web Anda mendapatkan banyak trafik.

  • Membangun branding yang baik

    Jika Anda bisa fokus pada pembuatan topik tertentu, maka situs web Anda tentu akan direkomendasikan oleh Google News jika ada yang mencari topik tertentu. Contohnya saja CNBC Indonesia, membuktikan bahwa jika kita sedang mencari berita terupdate, maka CNBC muncul pada halaman teratas. Anda juga bisa membangun branding tertentu, misal Anda ingin khusus membahas tentang komputer dan teknologi, maka Google News akan langsung merekomendasikan orang-orang yang sedang mencari portal berita teknologi diarahkan ke Website Anda.

 

Baca Juga  :    Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google

 

Kriteria dan Syarat untuk Masuk ke Google News

Selanjutnya Anda pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja kriteria dan syarat yang ditetapkan oleh Google untuk bisa masuk dalam tab Google News. Berikut ini merupakan kriteria dan syarat untuk masuk ke Google News.

  • Konten Harus Memenuhi Persyaratan Google

    Jika Anda ingin mempublikasikan berita Anda ke Google News, Anda harus memperhatikan apa saja persyaratan konten yang bisa masuk ke dalam Google News. Berikut persyaratan dari Google yang melarang konten- konten di bawah ini untuk mengajukan aplikasi:
    a) Konten berbahaya
    b) Praktik penipuan
    c) Konten yang melecehkan
    d) Konten yang menyebarkan kebencian
    e) Media yang dimanipulasi
    f) Konten medis
    g) Konten teroris
    h) Konten seksual vulgar
    i) Kekerasan & adegan menyeramkan
    j) Bahasa vulgar & kata-kata tidak sopan

  • Situs Mengikuti Ketentuan Google

    Bukan hanya konten yang diawasi oleh Google tapi juga situs yang Anda juga harus memenuhi persyaratan. Situs Anda bisa dilacak oleh Google Bot, ini akan dinilai bahwa situs Anda aman untuk dimasuki oleh pengunjung website. Situs Anda juga harus permanen dengan redirect minimal.

  • Perhatikan Technical Index

    Google menggunakan algoritma komputer untuk meng-crawl situs berita. Untuk membantu sistem kami mengetahui halaman web yang merupakan artikel, pastikan situs Anda mengikuti pedoman teknis ini.
    a)Halaman Rubrik Permanen
    Jika URL di rubrik berita utama Anda sering berubah, Google Berita mungkin tidak dapat memahami situs Anda. URL yang tidak permanen mencegah Google mengcrawl konten baru karena kami tidak dapat mendeteksi URL terbaru untuk di-crawl.
    b)Bahasa
    Google Berita tidak menampilkan situs dengan artikel yang menampilkan beberapa bahasa dalam satu artikel. Sistem Google mengalami masalah dalam menganalisis konten yang berisi beberapa bahasa sehingga sulit memastikan bahwa Google menampilkan konten dalam bahasa yang benar.
    c) Enkode Situs
    Untuk hasil terbaik, enkode situs Anda dalam format UTF-8. Untuk informasi selengkapnya tentang encoding, buka www(dot)w3(dot)org.

  • Penuhi Persyaratan AMP

    Jika situs Anda tampil dalam bentuk Carousel, pastikan sudah memenuhi persyaratan AMP (Accelerated Mobile Pages). Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah salah satu teknologi yang memungkinkan halaman website bisa terbuka dengan cepat di perangkat mobile. Ini dikarenakan banyak Carousel Google News yang tampil dalam bentuk AMP.

 

Baca Juga  :    Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mudah dan Cepat Daftar Google News

Pedoman Cepat dan Mudah Google News dan Persyaratannya
 

Sekarang tiba saatnya untuk mendaftarkan blog atau situs web yang Anda punya ke Google News. Berikut pedoman cepat dan mudah Google News.

  • Masuk dengan Akun Google

    Masuk ke website ini https(dot)//news(dot)google(dot)com/ dengan menggunakan akun Google milik Anda.

  • Verifikasi Website

    Jika Anda belum pernah memverifikasi website, Anda terlebih dahulu harus memverifikasinya menggunakan Google Search Console. Google News memiliki crawl nya sendiri, jadi pastikan Anda menambahkan xml sitemap pada website Anda.

  • Masuk ke Google News Publisher Center

    Sekarang Anda pada tahap akhir untuk bisa mendaftarkan Google News. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.
    1) Masuk ke https(:)//publishercenter(dot)google(dot)com/ (Publisher Center)
    2) Pilih publikasi Anda
    3) Klik ‘Google News’
    4) Klik ‘Edit’ dan kemudian ‘Content Settings’, di bawah ‘Content Settings’, klik ‘+ New section’ dan klik ‘Web’
    5) Di bawah “Section title,” masukkan judul yang ingin Anda tampilkan untuk section.
    6) Di bawah “URL,” masukan URL dari web lokasi yang termasuk artikel Anda yang ingin ditampilkan pada section.
    7) Di bawah “Akses lihat”, pilih tingkat akses untuk menentukan siapa yang dapat menemukan setiap bagian.
    8) Untuk mempelajari lebih lanjut tentang grup akses, buka Kelola akses pengguna Anda.
    9) Untuk menambahkan bagian lokasi web ke publikasi Anda, klik Tambahkan.

 

Perlu Anda ketahui bahwa Google News menampilkan halaman AMP jika tersedia. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang konten AMP di Google News, buka rendering AMP konten Umpan Anda.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business) Bagi Bisnis Kecil dan Besar

 

Kesimpulan dan Penutup

Google News merupakan layanan Google yang menyediakan beragam berita dari ribuan website di seluruh penjuru dunia. Menariknya layanan dari Google News ini gratis dan dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun. Anda bisa mendapatkan akses berita sesuai dengan topik, lokasi, dan sumber berita yang ingin Anda ketahui. Selain itu, sebagai pembaca yang bisa dapat informasi dengan kredibel, Anda sebagai pemilik blog atau penulis artikel bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Semua orang bisa membuat tulisan tanpa perlu menjadi seorang jurnalis, Anda hanya perlu membuat tulisan yang baik dan kredibel untuk bisa masuk ke dalam Google News. Banyak orang atau publisher yang mempublikasikan tulisannya di Google News, ini dikarenakan lonjakan orang yang mengakses Google News sangat banyak. Cara mendaftarkan website ke Google News cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti pedoman yang ada pada artikel ini.

Related Post :