Peluang Bisnis Jual Kerajinan Tradisional

Diskusi / 0 | | 0

Kerajinan tangan tradisional ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan sangat menguntungkan bagi Kita jika Kita bisa memanfaatkan dan mengelola peluang tersebut dengan baik. Bisnis jual kerajinan tradisional juga memiliki banyak peminat baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tingginya peminat kerajinan tangan tradisional ini disebabkan karena uniknya hasil kerajinan tersebut dan juga keindahan yang dibawa oleh setiap kerajinan tangan tradisional tersebut. Dan berikut ini merupakan ulasan mengenai peluang bisnis jual kerajinan tradisional untuk Anda yang berniat terjun ke dunia bisnis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Persaingan Dalam Berbisnis

Kelebihan Bisnis Jual Kerajinan Tradisional

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa bisnis jual kerajinan tradisional ini telah memiliki banyak penggemar ataupun peminat yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tingginya peminat ini berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri itu sendiri dan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan serta menjanjikan bagi Kita.

Ada beberapa kelebihan bisnis jual kerajinan tradisional :

1. Tingginya permintaan pasar

Tingginya permintaan pasar menjadi kelebihan pertama dari bisnis jual kerajinan tradisional ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya permintaan yang tinggi tersebut tidak hanya hadir dari dalam negeri saja, akan tetapi juga dari luar negeri yang tertarik dengan budaya Indonesia yang tercermin dalam kerajinan tradisionalnya.

Selain itu, estetika atau nilai keindahan yang ada pada kerajinan tradisional tersebut juga menjadi nilai plus tersendiri mengapa kerajinan tradisional sangat digemari oleh banyak orang.

2. Peluang ekspor ke luar negeri terbuka lebar

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, dengan permintaan yang tinggi, kerajinan tangan tradisional Indonesia juga berpeluang untuk mendapatkan tempat yang luas di pasar luar negeri. Sehingga bisa menjadi salah satu peluang bisnis ekspor yang sangat menjanjikan.

Dan kabar baiknya lagi masih sangat sedikit pelaku dunia bisnis yang melirik kerajinan tradisional sebagai komoditi untuk di jadikan komoditi ekspor. Inilah yang bisa Anda manfaatkan dan juga coba perjuangkan.

3. Turut melestarikan budaya

Selain menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan, bisnis jual kerajinan tradisional juga memberikan dampak yang baik terhadap pelestarian budaya bangsa. Selain meraup keuntungan di bidang ekonomi, dengan menjual kerajinan tradisional Anda juga telah turut berkontribusi melestarikannya hingga tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Baca Juga : Cara Supaya Pelanggan Tertarik dengan Produk Anda

5 Contoh Kerajinan Tradisional untuk Bisnis

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari bisnis jual kerajinan tradisional berikut ini merupakan 5 contoh kerajinan tradisional yang bisa Anda jadikan peluang bisnis :

1. Kerajinan anyaman bambu

Kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu seperti kipas tangan, topi, tempat tisu, lampu hias, dan sebagainya merupakan salah satu contoh barang yang sangat baik untuk dijadikan komoditi bisnis jual kerajinan tradisional. Kerajinan anyaman bambu ini juga telah memiliki tempat tersendiri di pasar Internasional.

Daerah-daerah di Jawa Barat seperti Tasikmalaya dan juga Garut menjadi salah satu tempat banyaknya pengrajin kerajinan anyaman bambu ini. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu daerah pemasok kerajinan anyaman bambu untuk dijual kembali.

2. Kerajinan wayang

Selain menjadi cerminan dari budaya Indonesia yang sangat kaya, kerajinan wayang juga bisa menjadi komoditi bisnis jual kerajinan tradisional yang sangat berpotensi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Banyak kerajinan wayang yang terbuat dari bahan kulit di ekspor hingga ke luar negeri.

Selain itu keindahan yang tergambar dalam wayang juga menjadi alasan lain mengapa wayang ini sangat digemari oleh banyak orang sebagai bentuk kerajinan tangan tradisional yang bernilai tinggi.

3. Kerajinan dari batik

Batik merupakan salah satu ikon paling terkenal dari kebudayaan Indonesia. Keindahan dan keaslian batik yang mampu mencerminkan budaya Indonesia yang kaya menjadi daya tarik tersendiri dari batik itu sendiri. Bisnis jual kerajinan tradisional dengan batik juga telah mendapatkan pasarnya sendiri di negara-negara lain seperti negara-negara di Benua Asia bahkan hingga Benua Eropa.

Banyak contoh pengrajin batik yang telah berhasil melebarkan sayap mereka ke kancah Internasional. Tentunya dengan kerja keras dan juga kreativitas yang tidak ada habisnya. Yogyakarta, Solo, dan Surakarta menjadi salah satu tempat dengan kerajinan batik yang sangat banyak. Tidak hanya di olah menjadi kain dan pakaian saja, akan tetapi sudah mulai menyebar dalam bentuk lain seperti tas, dompet, dan juga sepatu dengan motif batik.

4. Kerajinan ukiran kayu

Jepara menjadi salah satu daerah yang sangat lekat dengan kerajinan ukiran kayunya yang sangat indah. Ukiran kayu memang membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi ketika membuatnya, dan karena tingkat kerumitannya yang sangat tinggi itulah, kerajinan ukiran kayu ini sangat bernilai tinggi untuk dijadikan komoditi bisnis jual kerajinan tradisional.

5. Gerabah

Gerabah atau keramik yang terbuat dari tanah liat, seperti kuali, wajan, dan sebagainya juga menjadi salah satu komoditi andalan bisnis jual kerajinan tradisional yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Gerabah memang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai perkakas dapur tradisional zaman dulu. Akan tetapi, saat ini gerabah dimanfaatkan karena segi estetika dan keunikannya saja. Anda bisa menemukan banyak contoh gerabah dengan berbagai bentuk di pasar tradisional.

Layanan Pembuatan Website IDcloudhost

Maka itulah ulasan mengenai kelebihan dan 5 contoh komoditi untuk bisnis jual kerajinan tradisional yang bisa Anda jadikan referensi dan juga peluang bisnis yang menjanjikan. Memang semua bisnis pasti mengandung kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk dari bisnis ini. Namun, jangan mudah menyerah dan terus bekerja keras agar bisnis yang Anda jalankan bisa selalu sukses.

Related Post :

popup image