Peluang Bisnis Setelah Pandemi (COVID-19) Berakhir

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sejak WHO meresmikan bahwa COVID-19 sebagai pandemi dunia dan telah menghancurkan banyak ekonomis global hampir tanpa terkecuali, mengakibatkan banyak bisnis hancur. Tidak hanya bisnis dan usaha skala besar, tentunya bisnis skala kecil juga mendapatkan dampak yang besar. Belum lagi timbulnya banyak pengangguran diakibatkan oleh pemutusan kontrak kerja.

Ada banyak bantuan pemerintah dari masing- masing negara yang mengalami dampak buruk pandemi ini salah satunya Indonesia. Mengingat begitu banyak yang bersiap untuk redundansi, tentu masuk akal untuk mulai memikirkan kehidupan baru Anda sekarang. Bagi banyak orang pula, ini berarti mereka harus memikirkan ide bisnis baru yang bisa beradaptasi.

Namun, dunia telah berubah sejak adanya pemberlakukan karantina dan social distancing yang mempercepat banyak tren yang diperkirakan akan terjadi selama lima tahun ke depan. Yakni peningkatan bekerja dari rumah, perjalanan udara sekali lagi menjadi barang mewah karena masalah lingkungan, belanja lokal, streaming menyalip bioskop, meningkatkan ekonomi hijau, dll. Sehingga banyak dari tren ini yang tidak kunjung hilang dan memberi pula ide peluang bisnis baru setelah pandemi berakhir nanti.

 

Peluang Bisnis Setelah Pandemi

Peluang Bisnis Setelah Pandemi (COVID-19) Berakhir
 

Dengan adanya pandemi yang memukul jatuh perekonomian dunia dan memaksa orang- orang untuk menghentikan kegiatan mereka, mengakibatkan banyak hal buruk. Mulai dari meningkatnya pengangguran, bangkrutnya bisnis dan hal lainya. Tetapi tidak berarti manusia sebagai makhluk yang mampu beradaptasi dengan cepat harus menyerah. Berikut ini beberapa peluang dan ide bisnis setelah pandemi mereda atau berakhir.

 

  • Online Reseller

    Bagi mereka yang tertarik dengan pakaian atau penjualan mungkin ingin mempertimbangkan untuk memulai bisnis pengecer atau reseller online. Meskipun membutuhkan banyak waktu dan dedikasi serta peka terhadap mode, ini adalah ide bagus yang dapat Anda mulai sebagai bisnis sampingan dan berubah menjadi bisnis penjualan kembali penuh waktu. Anda dapat memulai dengan menggunakan situs web toko online untuk menjual pakaian yang tidak Anda inginkan, yang akhirnya mungkin dapat diperluas ke situs web penjualan milik Anda sendiri.

  • Mengajar  Kelas atau Les Online

    Permintaan akan pendidikan online telah membuka kemungkinan yang luas bagi para wirausahawan untuk memulai usaha sendiri. Karena ini adalah ide bisnis online, Anda dapat memilih subjek apa pun yang Anda kuasai dan ajarkan kursus di mana pun lokasi Anda. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan lanjutan dalam mata pelajaran tertentu, Anda selalu dapat mempertimbangkan untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing online kepada siswa yang membutuhkannya.

  • Jasa Kurir Medis

    Jika Anda memiliki kendaraan yang andal dan keterampilan manajemen waktu yang baik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat layanan kurir Anda sendiri, lebih khususnya lagi yakni layanan kurir medis. Sebagai pengemudi, Anda bertanggung jawab untuk mengangkut barang-barang medis seperti spesimen laboratorium, obat resep, dan peralatan. Industri perawatan kesehatan berkembang, yang sangat bagus untuk stabilitas pekerjaan layanan kurir medis. Anda dapat memulai bisnis kurir Anda sendiri atau menyewa pengemudi lain untuk bekerja untuk Anda.
     

    Baca Juga  :   Dampak Pandemi (COVID-19) Terhadap Bisnis UKM dan Startup

  • Pengembang Aplikasi

    Apabila Anda berpengetahuan luas dan berpengalaman dalam bidang teknologi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan karir dalam pengembangan aplikasi. Smartphone telah menjadi aksesori sehari-hari bagi banyak orang yang meningkatkan permintaan akan aplikasi seluler. Demikian pula, perangkat lunak realitas virtual telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, sehingga ada juga permintaan untuk pengembangan aplikasi VR.

  • Cleaning Service

    Anda dapat dengan mudah mengubah hobi membersihkan menjadi bisnis. Dengan beberapa anggota staf, sejumlah perlengkapan kebersihan dan transportasi, Anda dapat menawarkan layanan pembersihan kepada pemilik rumah, kompleks apartemen, dan properti komersial. Layanan kebersihan adalah bisnis langsung yang membutuhkan biaya yang relatif sedikit karena Anda hanya perlu perencanaan, dedikasi, dan pemasaran agar bisnis Anda diperhatikan. Jika Anda ingin membedakan diri Anda dari layanan pembersihan lainnya, pertimbangkan untuk menambahkan opsi premium seperti waxing lantai atau pencucian eksterior dengan biaya tambahan. Layanan ini dapat menjadi faktor penentu antara layanan pembersihan baru Anda dan perusahaan berpengalaman yang memiliki daftar klien yang terlalu banyak untuk menyediakan tingkat pembersihan dari yang sudah ada.

  • Digital Marketing

    Internet tumbuh dari hari ke hari, semakin mempersulit bisnis untuk mengikuti trend ini dan memasarkan diri mereka sendiri dengan benar. Layanan pemasaran digital selalu diminati, dan banyak perusahaan kecil dan menengah lebih suka melakukan outsourcing daripada membentuk tim internal yang mahal. Jika Anda memiliki keahlian dalam SEO, pemasaran konten, bayar per klik, pengembangan web, atau manajemen media sosial, Anda dapat memiliki peluang bisnis yang memungkinkan Anda kebebasan untuk bekerja dari rumah.

  • Dropshipping

    Tidak semua perusahaan yang menjual barang menyimpannya di tempat. Dalam dropshipping, orang yang menjalankan situs e-commerce akan menggunakan pihak ketiga untuk memenuhi semua pesanan. Pihak ketiga kemungkinan adalah pengecer grosir atau entitas lain yang menjalankan gudang dan operasi pengiriman. Persediaan minimal dan alat yang diperlukan untuk dropshipping menjadikannya ide awal yang sangat bagus jika Anda khawatir tentang biaya dan ruang penyimpanan fisik.

 

Baca Juga  :     Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Tips dan Cara Berbisnis Ditengah Pandemi

Peluang Bisnis Setelah Pandemi (COVID-19) Berakhir
 

 

Meski umumnya cara berbisnis masih memakai cara yang sudah digunakan sejak dulu kala, tetapi bisnis adalah suatu hal yang cukup fleksibel dan selalu mengikuti trend terbaru. Jadi tidak mengherankan bisnis saat ini juga harus mampu beradaptasi dengan memanfaatkan semua hal yang ada seperti kemajuan teknologi dan internet. Berikut beberapa tips dan cara untuk tetap berbisnis di tengah pandemi.

 

  • Manfaatkan Media Sosial

    Hampir tidak ada satupun yang tidak menggunakan smartphone mereka untuk berselancar online dan menggunakan media sosial untuk berinteraksi. Termasuk merek, usaha, dan bisnis yang juga memanfaatkan media sosial untuk dapat memberi awareness mengenai image branding dan informasi mengenai apa yang dapat mereka tawarkan kepada calon konsumen. Maka dari itu, meskipun usaha Adan adalah usaha kecil, tetap manfaatkan media sosial untuk meraih lebih banyak pelanggan potensial.

  • Mempergunakan Jasa Influencer

    Orang- orang biasanya cenderung membeli sesuatu ketika mereka melihat yang orang yang relate dengan mereka juga mempergunakan produk yang sama. Inilah yang membuat adanya istilah influencer yang mana mereka akan membantu brand dengan mempromosikan produk dari brand tersebut dengan pendekatan yang lebih akrab tidak seperti iklan konvensional di televisi. Mungkin Anda dapat mempertimbangka cara ini untuk membuat produk Anda lebih dikenal dengan cara pendekatan yang akrab.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis pada tahun 2021, penting untuk mempertimbangkan kondisi new normal yang dijalani saat ini. Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal tentang cara orang mengkonsumsi produk dan layanan. Meskipun memulai bisnis ritel atau restoran mungkin merupakan ide bagus sebelumnya, Anda mungkin sebaiknya mempertimbangkan kembali pemikiran tersebut sampai Anda melihat bagaimana tahun depan berjalan.

Alih-alih beberapa bisnis yang dapat beradaptasi dengan pandemi akan berpeluang untuk dapat terus maju meski pandemi berakhir. Seperti mengajar kelas atau les online yang dapat menjangkau lebih jauh lagi daripada siswa yang ada di area rumah Anda. Atau jasa dan produk online lainnya yang bisa menjangkau lebih jauh lagi dan apapun itu, pastikan Anda menjalankan bisnis Anda denga perimbangan matangs erta dedikasi yang tinggi.

Related Post :