Peluang Bisnis Tanpa Modal di Saat Pandemi (COVID-19)

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat ini adalah waktu yang tidak pasti bagi seluruh dunia karena adanya keadaan darurat kesehatan global yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Sementara itu, bisnis telah dipaksa untuk bertindak cepat dalam menanggapi dampak pandemi dan juga untuk membantu orang lain yang menderita melalui krisis sambil berusaha untuk tetap kokoh secara finansial.

Oleh karenanya banyak bermunculan berbagai bisnis yang berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini. Salah satu trend bisnis saat ini adalah yang memanfaatkan pendekatan dan penggunaan digitalisasi. Hampir semua platform dan teknologi yang ada dipergunakan seperti live streaming dan virtual reality untuk membentuk kembali model bisnis dan terlibat dengan konsumen dengan cara yang kreatif.

Peluang bisnis yang mempergunakan dan memanfaatkan teknologi dengan segala platform yang ada tentu akan sangat membantu. Terlebih lagi di masa- masa pandemi sekarang yang membuat interaksi sosial langsung harus dibatasi. Berikut ini beberapa ide dan peluang bisnis tanpa modal saat pandemi yang bisa Anda coba.

 

Peluang Bisnis Tanpa Modal di Saat Pandemi

Peluang Bisnis Tanpa Modal di Saat Pandemi (COVID-19)
 

Pandemi COVID-19 yang memaksa lockdown, karantina dan social distancing membuat banyak interaksi sosial, bisnis dan ekonomi menjadi terguncang hebat. Banyak bisnis baik skala besar atau kecil terpaksa harus berhenti beroperasi atau memutar otak agar dapat untuk tetap bertahan. Adapun beberapa bisnis baru juga bermunculan karena berhasil beradaptasi dengan keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi. Simak beberapa peluang bisnis tanpa modal yang bisa Anda pertimbangkan saat pandemi ini.

 

  • Dropshipping

    Dengan orang-orang yang merasa lebih aman tinggal di dalam ruangan, layanan pengiriman online berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Layanan ini sebagian besar mencakup makanan, bahan makanan, dan barang-barang farmasi, tetapi ada pasar untuk layanan yang mengirimkan berbagai komoditas. Jenis bisnis ini bisa dilakukan dengan berbagai macam skala baik itu dari pemasok lokal, nasional atau internasional. Anda juga dapat fokus untuk memulai sistem pengiriman hiperlokal yang lebih efisien dan lebih murah daripada layanan umum. Dengan bekerja hanya di area tertentu, Anda dapat memahami biaya melakukan bisnis di sana serta mempelajari klien Anda dan kebiasaan membeli mereka untuk menginformasikan bisnis Anda dengan lebih baik.

  • Pengembang aplikasi

    Virus corona membuat banyak perusahaan lengah karena tidak ada cara untuk menjalankan bisnis mereka secara online. Sekarang banyak yang berjuang untuk menemukan cara yang efisien untuk terhubung dengan pelanggan di platform digital. Sebagai pengembang aplikasi, Anda dapat membantu bisnis menyesuaikan diri dengan virus corona dan penghentian yang diakibatkannya dengan membuat aplikasi untuk membantu mereka menjangkau pelanggan. Bisnis tidak hanya membutuhkan aplikasi atau kehadiran online untuk bertahan hidup selama pandemi, mereka juga membutuhkan aplikasi untuk terus berkembang di era digital.
     

    Baca Juga :     Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

  • Jasa agen pemasaran digital

    Dengan aplikasi dan situs web yang terus-menerus baru dan berkembang, mengetahui cara memasarkan klien secara digital adalah aset yang sangat berharga. Bisnis terus mencari biro iklan yang dapat membantu mereka mengatasi kebisingan dan menonjol dari pesaing mereka secara online. Buat agensi pemasaran digital yang menawarkan pemasaran konten, media sosial, layanan SEO, iklan berbayar dan bertarget, analitik, desain web, dan konsultasi kepada klien. Jika Anda dapat memberikan jasa dan semua yang dibutuhkan untuk sebuah iklan secara online ini, maka semakin banyak klien yang bisa Anda dapatkan nantinya.

  • Jasa desain grafis

    Desain grafis adalah komoditas yang banyak dicari dan digunakan untuk bisnis apa pun. Sebagian besar perusahaan ingin menonjol dengan grafik mereka, tetapi tidak memiliki kemampuan internal untuk melakukannya. Baik itu logo, grafik acara, atau materi profesional, perusahaan membutuhkan desain yang ramping dan tampak profesional. Dengan memanfaatkan media sosial yang menjadi bagian penting dari pemasaran, merek selalu akan membutuhkan grafik baru dan menarik di feed mereka agar tetap relevan. Terkadang Anda akan memiliki klien lama dan di lain waktu itu hanya akan menjadi satu proyek freelance. Terlepas dari beban kerjanya, desain grafis selalu dibutuhkan.

  • Kelas atau les bimbingan virtual

    Karena semakin banyak sekolah menjadi virtual mulai saat ini hingga mungkin di masa mendatang, pasar untuk bimbingan kelas dan virtual kemungkinan akan tumbuh. Sementara banyak orang tua membutuhkan bantuan agar anak-anak mereka menyelesaikan pekerjaan rumah dan menyelesaikan pelajaran mereka, ada juga pasar yang besar bagi siswa yang lebih tua yang membutuhkan dukungan tambahan untuk tetap fokus dan memahami materi pelajaran mereka. Mulailah agen bimbingan kelas belajar virtual dengan menentukan keahlian Anda dalam berbagai mata pelajaran dan memilih kelompok usia yang akan dipasarkan. Pertimbangkan apakah Anda ingin bekerja dengan mengajari siswa sekolah dasar, menengah, perguruan tinggi atau hanya ingin memberikan kelas singkat persiapan tes bersertifikat seperti TOEFL atau IELTS.

  • Agen belanja online

    Manfaatkan pemberlakuan social distancing yang membuat orang- orang terbatas dalam membeli barang dan berbelanja. Belum lagi stok barang yang bisa saja susah di dapatkan dari hari- hari normal sebelum adanya pandemi. Anda bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, WhatsApp atau aplikasi lainnya untuk memberitahu kepada lingkungan lokal Anda bahwa Anda bisa membantu mereka berbelanja secara online.

 

Baca Juga  :    Dampak Pandemi (COVID-19) Terhadap Bisnis UKM dan Startup

 

Tips dan Cara Berbisnis di Saat Pandemi

Peluang Bisnis Tanpa Modal di Saat Pandemi (COVID-19)
 

 

Ada beberapa tips dan cara berbisnis saat pandemi yang didapatkan dari hasil beradaptasi dengan situasi sekarang yang memungkinkan untuk dilakukan. Beberapa diantaranya adalah :

 

  • Manfaatkan semua platform online

    Di zaman yang serba canggih membuat hampir semua hal dilakukan dari perangkat pintar, smartphone, tablet dan laptop. Begitu juga bermunculannya banyak aplikasi online yang semakin mempermudah pergerakan bisnis saat ini. Oleh karenanya, persenjatai diri Anda dengan ilmu dan trend online terbaru agar dapat membantu bisnis Anda.

  • Ketahui trend bisnis saat ini

    Bisnis adalah suatu hal yang terus berkembang dan mengikuti trend dari masa ke masa sehingga memunculkan banyak peluangnya tersendiri. Anda juga bisa juga mencoba mengikuti trend bisnis saat ini agar bisnis Anda juga mempunyai peluang besar karena mengikuti trend yang tepat yang dibutuhkan saat ini.

  • Memanfaatkan e-commerce dan aplikasi

    Hampir semua bisnis dan mereka saat ini bergabung pada platform e-commerce besar atau aplikasi. Ini karena dengan begini membuat bisnis dan merek mereka lebih dikenali lagi, selain tentu saja akan membantu penjualan dan awareness dari bisnis tersebut.

 

Baca Juga  :      Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Kesimpulan dan Penutup

Banyak bisnis terkena dampak negatif dari wabah COVID-19. Pendapatan mereka turun drastis, karena penurunan permintaan, penghentian produksi, pengurangan tenaga kerja, dan banyak alasan lainnya. Di sisi lain, beberapa sektor bisnis mendapatkan pengakuan, dengan peningkatan permintaan yang tiba-tiba. Ini semestinya menginspirasi para pengusaha yang perusahaannya merugi akibat pandemi.

Pemilik bisnis perlu melakukan penyesuaian dalam bisnisnya untuk bertahan hidup. Ide bisnis baru tidak hanya membantu Anda mendapatkan penghasilan, tetapi juga memotivasi Anda untuk berharap dan berjuang untuk sukses dalam situasi apa pun. Maka dari itu, sebaiknya Anda juga bisa menyesuaikan bisnis atau mencoba peluang bisnis baru yang lebih sesuai dengan adaptasi situasi sekarang ini.

Related Post :