Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil dan Untung Besar

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Selalu ada alasan kenapa kita membutuhkan tambahan penghasilan dari pekerjaan harian sebagai sumber utama. Mempunyai usaha sampingan adalah salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan tanpa harus menunggu. Usaha sampingan juga seringnya tidak mengganggu dn bebas untuk dilakukan siapa saja meski Anda adalah seorang karyawan.

Tetapi tidak bisa dipungkiri juga kita akan mengalami kendala dalam menentukan dan menjalankan usaha sampingan yang sesuai dengan kemampuan serta jadwal waktu. Banyak juga anggapan yang mengatakan bahwa sebuah usaha atau bisnis harus mempunyai modal yang besar dan solid terlebih dahulu untuk dapat berkembang dan terus maju. Tidak mengherankan kalau banyak yang mengajukan pinjaman ke bank dan instansi lainnya.

Modal pinjaman dana memang bisa dijadikan sebuah modal bisnis yang akan membantu Anda memulai usaha Anda. akan tetapi tidak semua orang dapat mengajukan pinjaman dan dipercaya untuk mendapatkan pinjaman, justru  saat ini ada banyak cara berusaha dengan modal yang minim bahkan tanpa modal sekalipun yang bisa Anda coba. Berikut adalah ide- ide peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan dari rumah dengan modal kecil dan untung besar.

 

Apa yang harus dilakukan sebelum memulai usaha

 

Melakukan usaha memang tidaklah selalu mudah dan mulus saja, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencobanya. Mempunyai modal yang besar dan mendapatkan pinjaman bantuan dana juga tidak berarti usaha tersebut akan berhasil. Namun hal- hal inilah yang menjadi tantangan yang menarik bagi sang pelaku usaha. Berikut ini adalah pertimbangan- pertimbangan yang harus Anda ketahui sebelum memulai usaha Anda :

 

  • Menentukan jenis usaha

    Dari sekian banyak jenis usaha yang ada, Anda harus menentukan dan menyesuaikan dengan ketertarikan juga minat Anda. karena jika Anda melakukan usaha bisnis yang tidak sesuai dengan minat Anda, Anda akan kesulitan dalam tetap menikmati dan melakukannya.

  • Kreativitas dan ketelitian

    Meski hanya berupa bisnis sampingan, tidak berarti bisnis ini dianggap sepele dan kecil. Setiap usaha memerlukan dan menuntut ketelitian karena usaha tersebut akan melibatkan Anda sebagai image atau branding dan para pembeli produk Anda. gunakan dan asah kemampuan kreativitas Anda untuk membantu usaha Anda berjalan lancar dan menarik lebih banyak peminat.

  • Target usaha

    Sebuah usaha tidak akan berhasil tanpa adanya target khusus spesifik yang akan membeli produk dari usaha tersebut. Pastikan Anda mempunyai target penjualan pasar agar usaha yang Anda lakukan tidak sia- sia. Contohnya adalah jika Anda menjual kosmetik, maka pastikan bahwa target pasar Anda berada dalam jangkauan penjualan Anda.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Branding dan Tips & Trick Branding untuk Bisnis Anda

Jenis- jenis usaha rumahan dengan modal kecil

Berikut ini adalah beragam jenis usaha dengan modal rendah dan memanfaatkan peralatan atau kemampuan serta kemudahan kemajuan teknologi yang bisa Anda terapkan :

  • Dropship dan reseller

    Bisnis dropship dan reseller adalah bisnis usaha yang sangat terkenal saat ini. Dengan kemajuan teknologi dan kemudahannya, membuat banyak orang berlomba- lomba melakukan bisnis ini karena tidak adanya tuntutan untuk mempunyai modal yang besar atau menyediakan tempat penjualan.Anda tidak perlu menyediakan dan mengerjakan proses penyedia atau melakukan pengiriman produk secara langsung. Pelaku bisnis ini lebih mengandalkan media sosial dan situs web pribadi untuk menjual produk mereka.
     
    Produk dipasarkan dari penjual melalui media sosial dan website, pembeli akan membeli barang yang dipilih dan meneruskan kepada proses pembayaran yang nantinya akan diteruskan penjual kepada sumber asal pengambilan produk atau supplier.
     
    Tipe bisnis ini mempunyai penggemarnya tersendiri dan telah banyak terbukti berhasil, namun jika Anda hendak mencoba bisnis yang satu ini, Anda harus lebih dulu memahami peraturan yang diterapkan penjual awal atau regulasi peraturan, spesifikasi produk dan menentukan supplier yang bisa dipercaya karena semua kualitas produk harus mampu bersaing dan akan mempunyai dampak besar pada Anda selaku dropshipper atau reseller.

  • Jasa laundry

    Usaha laundry adalah usaha yang paling banyak menjamur dikarenakan kepraktisannya. Orang- orang dengan mobilitas tinggi terkadang tidak mempunyai banyak waktu lagi untuk sekedar mencuci pakaian. Inilah yang membuat bisnis usaha laundry menjadi laku karena Anda bisa melakukannya dari rumah dengan mesin cuci yang Anda punya.
     
    Anda juga bisa memanfaatkan halaman yang luas jika Anda mempunyai pekarangan. Manfaatkan mesin cuci, setrika dan pekarangan rumah Anda sebagai aset dasar untuk memulai bisnis ini. Cukup dengan membuat nama dan papan nama usaha Anda untuk memberitahu umum, Anda sudah bisa mulai berusaha.

  • Penjualan pulsa dan paket internet

    Hampir semua orang mempunyai gadget atau smartphone yang selalu dalam keadaan online. Keadaan inilah yang membuat permintaan kebutuhan pulsa dan paket internet melonjak naik. Jika Anda berniat mencoba usaha jenis ini, Anda telah menentukan langkah yang tepat. Anda bisa memulai dengan cara terkecil seperti berjualan pulsa dan paket pada lingkungan terdekat Anda semisalnya kampus, kantor maupun di perumahan.

  • Jasa penulisan artikel dan blog

    Jika Anda mempunyai bakat dan minat di bidang penulisan, Anda dapat mencoba menjual artikel Anda kepada situs web yang selalu membutuhkan suntikan artikel segar setiap harinya. Disamping itu Anda juga bisa memberdayakan website pribadi Anda untuk berbagi informasi dan menarik kunjungan pembaca.

  • Jasa pengetikan

    Ini adalah usaha yang masih berlangsung hingga sekarang dan masih diminati serta dicari banyak orang terlebih lagi mereka yang tidak mempunyai komputer atau tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan pengetikan dalam jumlah besar. Dengan bermodalkan laptop atau komputer saja Anda sudah bisa langsung terjun melakukan bisnis ini dari rumah.

  • Les private

    Tipe usaha ini juga adalah usaha yang nyaris tidak mengeluarkan modal barang sedikitpun. Jika Anda menguasai mata pelajaran tertentu dengan fasih, tidak ada salahnya membagikan bakat dan ilmu Anda dengan mengajar les privat bagi anak- anak yang mencari tutor pribadi.

  • Menjadi influencer

    Era kecanggihan teknologi membawa banyak pengaruh dan membukan banyak kesempatan kerja yang tidak disangka- sangka. Salah satunya adalah menjadi influencer atau orang- orang yang bergerak dibidang promosi barang melalui media sosial.
     
    Anda dapat menggunakan jaringan media sosial Anda seperti Instagram, Facebook, YouTube dan lainnya dan mulai berbagi informasi mengenai produk atau jasa dari produsen yang membayar Anda.

Baca Juga : Bagaimana Strategi Bisnis untuk Kesuksesan Online Anda di 2020

Kesimpulan dan penutup

Dari banyak usaha yang ditawarkan di atas Anda dapat memilah dan menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Tetapi  tidak menutup kemungkinan untuk melakukan atau mengkombinasikan beberapa jenis usaha dalam satu waktu asalkan Anda memang sanggup dan menjalankannya dengan seksama dan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Modal yang minim dan tanpa modal sekalipun tidak akan menjamin bahwa bisnis Anda tidak dapat berkembang, namun mempunyai sedikit modal dan pinjaman bisa saja memacu semangat Anda lebih kuat lagi dalam menjalankan usaha Anda. kunci usaha yang harus selalu Anda perhatikan dan pegang adalah perencanaan yang matang dan memulai usaha dengan sebuah strategi.

Jika konsep usaha dan strategi Anda telah dibidik dengan tepat, maka jangan lupa untuk menerapkan konsep- konsep pemasaran yang tepat pula. Karena apa pun usaha yang Anda lakukan dan tekuni baik dengan modal besar atau kecil sekalipun dan dimulai dari nol akan selalu mempunyai peluang untuk tetap naik dan berkembang selama Anda menunjukkan komitmen dan kerja keras dalam melakukannya.

Related Post :

popup image