Trend Analysis : Pengertian dan Strategi Sukses Terbaiknya

Business, Marketing / 1 | | 2

Sebuah bisnis tidak dapat beroperasional begitu saja, diperlukan adanya riset mengenai apa saja yang sekiranya dapat membantu pemasaran yang tertarget. Salah satu caranya adalah dengan trend analysis atau analisis trend untuk mengetahui perkembangan yang terjadi.

Trend analysis sendiri merupakan strategi yang digunakan dalam membuat prediksi masa depan berdasarkan data historis. Strategi ini memungkinkan untuk membandingkan titik data selama periode waktu tertentu dan mengidentifikasi tren naik, tren turun, dan stagnasi yang mungkin saja terjadi.

Mari cari tahu lebih lanjut tentang trend analysis, pengertian dan strategi sukses terbaiknya.

 

Memahami Pengertian Apa Itu Trend Analysis

Trend analysis adalah proses penelitian dengan melihat tren saat ini untuk memprediksi tren masa depan dan dianggap sebagai bentuk analisis komparatif. Tekni ini dapat mencakup upaya untuk menentukan apakah tren pasar saat ini, seperti keuntungan di sektor pasar tertentu, kemungkinan akan berlanjut, serta apakah tren di satu area pasar dapat menghasilkan tren di area lain.

Meskipun analisis tren mungkin melibatkan sejumlah besar data yang bisa saja terkumpul tanpa relevansi, tidak ada jaminan bahwa hasilnya akan benar. Sedangkan untuk mulai menganalisis data yang berlaku, perlu ditentukan terlebih dahulu segmen pasar mana yang akan dianalisis. Pastikan Anda fokus melihat trend sesuai dengan industri bisnis Anda agar upaya pemasaran Anda nanti menjadi relevan.

 

Baca Juga :     Apa itu Analisis Data : Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, dan Contohnya

 

Contoh Umum Penerapan Trend Analysis

Trend Analysis : Pengertian dan Strategi Sukses Terbaiknya
 

Secara singkat, trend analysis merupakan teknik yang digunakan dalam analisis teknis yang mencoba memprediksi pergerakan harga saham di masa depan berdasarkan data tren yang baru saja diamati. Strategi ini pada pendekatannya menggunakan data historis, seperti pergerakan harga dan volume perdagangan, untuk memperkirakan arah sentimen pasar jangka panjang.

Berikut beberapa contoh yang bisa Anda lihat dari menerapkan trend analysis bagi bisnis dan perusahaan :

  • Memeriksa pola penjualan untuk melihat apakah penjualan menurun karena pelanggan atau produk atau wilayah penjualan tertentu
  • Memeriksa klaim laporan pengeluaran untuk bukti klaim penipuan.
  • Memeriksa apa saja baris pengeluaran untuk mengetahui apakah ada pengeluaran yang tidak biasa dalam suatu periode pelaporan yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut
  • Membuat perkiraan pendapatan dan pengeluaran item baris ke masa depan untuk penganggaran untuk memperkirakan hasil di masa depan.

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce dan Toko Online

 

Strategi Sukses Terbaik Trend Analysis

Mereka yang menggunakan dan mengeluarkan trend biasanya mencoba mengisolasi dan mengekstrak keuntungan dari tren tersebut. Karenanya da banyak strategi perdagangan tren yang berbeda menggunakan berbagai indikator teknis seperti :

  • Pergerakan rata- rata atau moving average

    Strategi ini akan memperlihatkan posisi pembelian ketika rata-rata pergerakan jangka pendek melintasi di atas rata-rata pergerakan jangka panjang. Cara ini juga mencatat apa saja yang memasuki posisi pendek saat rata-rata pergerakan jangka pendek melintasi di bawah rata-rata pergerakan jangka panjang.

  • Trendlines & Chart Patterns

    Strategi ini melibatkan memasukkan posisi buy ketika keamanan sedang tren lebih tinggi dan menempatkan stop-loss di bawah level support trendline utama. Jika saham mulai berbalik arah, posisi keluar untuk mendapatkan keuntungan.

  • Momentum indicator

    Strategi ini melibatkan masuk ke posisi buy saat sekuritas sedang tren dengan momentum kuat dan keluar dari posisi long saat sekuritas kehilangan momentum. Seringkali, indeks kekuatan relatif atau relative strength index (RSI) digunakan dalam strategi ini.

 

Manfaat indikator dapat menyederhanakan informasi harga, serta memberikan sinyal perdagangan tren atau memperingatkan pembalikan. Selain itu, indikator juga dapat digunakan pada semua kerangka waktu, dan memiliki variabel yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan preferensi spesifik masing-masing bisnis maupun trader yang menggunakannya.

 

Baca Juga  :    Mengenal Manfaat Menggunakan Database Marketing Untuk Bisnis

 

Hubungan dan Manfaat Antara Trend Analysis dan Data Survei

Trend Analysis : Pengertian dan Strategi Sukses Terbaiknya
 

Dengan adanya trend analysis akan membantu menampilkan ringkasan data jangka panjang. Metode ini digunakan untuk menyelidiki variabilitas pada titik waktu yang berbeda dan menangkap bagaimana pelanggan dan pasar merespon dari waktu ke waktu.

Selain itu, teknik ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi waktu terbaik untuk permintaan di pasar dan juga mengidentifikasi fase permintaan rendah untuk mengambil tindakan yang sesuai. Berikut hubungan dan manfaat antara trend analysis dan data survei yang bisa bermanfaat pada bisnis :

  • Membangun strategi yang tertarget

    Analisis tren membantu dalam memprediksi pendatang bisnis baru, dan memungkinkan perusahaan mengembangkan strategi untuk mempertahankan posisi industri bisnis yang menerapkannya. Menganalisis tren dapat membantu membidik produk baru yang akan diluncurkan.
    Misalnya, jika laporan tren menunjukkan bahwa milenial lebih suka menonton konten daripada platform OTT daripada membaca koran, maka Anda dapat meluncurkan iklan di platform ini. Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran pemasaran Anda dengan beralih dari media tradisional seperti TV dan surat kabar ke situs OTT.

  • Umpan balik bagi bisnis

    Survei berisi apa saja yang Anda ingin ketahui dari target pasar Anda dan melihat apakah upaya pemasaran Anda telah efektif atau tidak. Selain itu, tentu saja cara ini akan membantu dalam mengidentifikasi area di mana bisnis berkinerja baik dan menduplikasi strategi untuk ekspansi bisnis.

  • Memperluas ekspansi bisnis

    Cara ini dapat memfasilitasi bisnis dan organisasi untuk membuat keputusan strategis untuk memperluas bisnis mereka. Mengidentifikasi pola dalam tren konsumen akan membantu Anda menemukan area pasar baru untuk memperluas bisnis Anda. Misalnya, jika Anda melihat bahwa permintaan di daerah atau negara tertentu terus meningkat, Anda dapat merencanakan untuk menargetkan lokasi tertentu secara lebih kuat dan fokus.

  • Menjadi indikator analisis perubahan

    Jika Anda mempunyai keraguan akan bisnis yang tidak sesuai prediksi, maka cara ini berperan sebagai indikator untuk mengidentifikasi area bisnis yang berkinerja buruk. Umumnya sebagian besar bisnis melakukan survei kepuasan pelanggan untuk mengidentifikasi promotor, pasif, dan kesalahan.

 

Jika ada peningkatan tajam dalam jumlah pasif dan kekurangan, bisnis mungkin memiliki kekhawatiran dengan kualitas produk, layanan, pengiriman, atau dukungan pelanggan. Apabila Anda telah mengidentifikasi area peningkatan setelah analisis data, dan mengerjakannya, jangan lupa juga untuk melakukan survei serta ukur perubahan hasilnya dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Sukses Menggunakan Go-To-Marketing Strategy

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari waktu ke waktu tren selalu berubah mengikuti perkembangan teknologi dan inovasi. Tren juga mempengaruhi bagaimana masyarakat, terutama dalam konteks bisnis, pelanggan dalam menjalani hidup mereka. Jadi bisa dikatakan bahwa secara umum analisis tren sangat berharga bagi investor dan pemilik bisnis.

Mempertimbangkan ketersediaan data saat ini, nilai analisis tren tidak dapat dipisahkan dari keputusan berbasis data, terutama saat memanfaatkan data alternatif. Adapun data alternatif memungkinkan Anda untuk melakukan analisis yang lebih mendalam, yang pada gilirannya mengakali bagian dari pesaing Anda yang tidak menggunakan data eksternal untuk keuntungan mereka.

Analisis tren berbasis data yang di dapat dari survei juga merupakan cara yang bagus untuk mengantisipasi peristiwa masa depan yang dapat meningkatkan kecerdasan investasi Anda dan menemukan peluang bisnis yang lebih baik.
 

Related Post :