Pengertian Data : Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenis Data

Serba Serbi, Tips & Tricks / 4 | | 0

Saat ini, data dijadikan sebagai suatu keterangan hingga bahkan acuan untuk memudahkan seseorang dalam mencari maupun mengamati suatu hal. Keterangan dari data ini sendiri dapat berupa kata-kata, kalimat, simbol, angka, dan lain sebagainya. Namun, apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai data tersebut maka ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa pengertian data.

Data sendiri saat ini sudah menjadi bagian dari aktivitas keseharian manusia. Dari data tersebut, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi berdasarkan apa yang diinginkan. Terlebih data sendiri juga memiliki fungsinya yang sangat memudahkan manusia dalam memperoleh dan merangkum hasil penelitian.

Tentu ada banyak fungsi data lainnya yang sangat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas maupun pekerjaannya. Data juga banyak menjadi dasar dalam memutuskan sesuatu bahkan menargetkan pasaran. Apabila Anda masih bingung mengenai istilah data tersebut, ada baiknya simak pengertian data, definisi, fungsi, dan juga jenis-jenisnya pada ulasan di bawah ini.

 

Memahami Pengertian Data

Pengertian Data: Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenis Data
 

Bagi Anda yang bertanya-tanay apa pengertian data, data adalah merupakan sekumpulan keterangan atau fakta yang dibuat dengan simbol, angka, kata-kata, maupun kalimat. Data ini sendiri diperoleh lewat sebuah proses pencarian serta pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu. Adapun pengertian data dapat diartikan sebagai suatu kumpulan deskripsi/keterangan dasar yang berasal dari obyek maupun kejadian.

Dimana kumpulan keterangan tersebut didapatkan dari hasil pengamatan yang kemudian diolah menjadi bentuk lainnya yang lebih kompleks. Baik itu berupa database, informasi, dan lain sebagainya. Jika ditinjau secara bahasa, istilah data berasal dari bahasa Latin yakni “Datum” yang memiliki arti suatu yang diberikan. Dari istilah tersebut maka dijumpai arti data yang merupakan hasil dari pengamatan/pengukuran sebuah variable tertentu dalam bentuk warna, kata-kata, simbol, anga, atau keterangan lainnya.

Data ini sendiri masih bersifat mentah yang karena untuk itu, agar Anda memperoleh data yang baik, sangat penting untuk bersandar pada data yang memang sudah dipercaya kebenarannya, keakuratannya, ketepatan waktunya, hingga ruang lingkupnya yang luas. Selain itu, karena sifat data yang masih mentah seseorang yang membaca dan melihatnya belum dapat memperoleh suatu informasi yang utuh. Tak heran apabila dari data tersebut masih perlu dilakukan pengolahan terhadap data yang sudah diperoleh sampai data tersebut benar-benar mampu menghasilkan informasi yang bisa dipahami dengan mudah.

Baca Juga   :      Alasan Menggunakan Data Center Lokal (Indonesia) untuk Bisnis / Perusahaan

 

Berbagai Manfaat dan Fungsi Sebuah Data

Data yang Anda temukan saat ini, tentu memiliki berbagai fungsi dan manfaatnya masing-masing. Jika ditinjau secara umum, maka di bawah ini beberapa fungsi dan manfaat dari data tersebut :

 

  • Sebagai acuan kegiatan

    Manfaat dan fungsi data yang pertama adalah sebagai acuan kegiatan. Hal ini berarti adanya data tersebut bisa digunakan sebagai acuan atau toak ukur untuk membuat sebuah kegiatan tertentu yang diinginkan.

  • Sebagai dasar perencanaan

    Sebuah data dapat Anda gunakan sebagai sebuah perencanaan. Pasalnya, dala membuat suatu perencanaan sendiri sangat diperlukan parameter yang akurat. Sementara data tersebutlah yang dapat digunakan sebagai parameter sekaligus acuan dalam membuat sebuah perencanaan. Tak hanya itu, sebuah data juga dapat digunakan sebagai bahan perkiraan keadaan di waktu yang akan datang. Dengan melihat data tersebut, maka sebuah perencanaan akan lebih terarah sehingga dapat diperoleh hasil yang tepat.

  • Dasar untuk membuat keputusan

    Sebuah data juga dapat bermanfaat untuk membuat sebuah keputusan. Dari data yang ada tersebut, seseorang dapat membuat keputusan terbaik terhadap suatu permasalahan yang ada. Dengan begitu, seseorang akan dengan mudah menentukan keputusan berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

  • Sebagai bahan untuk mengevaluasi

    Selain beberapa manfaat dan fungsi data di atas, sebuah data juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Misalnya dalam sebuah lembaga atau organisasi tertentu pasti dibutuhkan suatu evaluasi dalam rangka meningkatkan kualitasnya.

 

Dalam hal inilah data yang berpean sebagai bahan untuk mengevaluasi dari hasil kinerja atau kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga maupun organisasi. Dari berbagai manfaat dan fungsi data di atas, diperoleh pula jenis-jenis data yang mungkin belum Anda ketahui. Beberapa jenis data tersebut dapat Anda ketahui di bawah ini.

Baca Juga  :     Apa itu Analisis Data : Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, dan Contohnya

 

Jenis-jenis Data Beserta Contohnya

Pengertian Data: Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenis Data
 

Setelah mengetahui apa itu pengertian data, manfaat dan fungsinya maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui juga jenis-jenis dari data itu sendiri. Dengan begitu, pengetahuan Anda mengenai data akan bertambah lagi. Lantas, apa saja jenis-jenisnya? Berikut diantaranya :

 

  • Data berdasarkan cara memperolehnya

    Jenis data pertama adalah berdasarkan cara memperolehnya. Adapun cara memperoleh data tersebut dibedakan menjadi dua, yakni:

    • Data primer

      Merupakan data yang diperoleh serta dikumpulkan secara langsung dari obyek yang sebelumnya sudah diteliti oleh sebuah organisasi maupun perorangan. Sebagai contoh:

      • 1) Data hasil survey
      • 2) Data hasil wawancara
      • 3) Data kuisioner
    • Data sekunder

      Merupakan data yang dapat Anda peroleh dari sumber lain yang sudah ada sebelumnya. Hal ini berarti dalam data sekunder seseorang tidak perlu mengumpulkan data secara langsung dari obyek yang ingin diteliti. Umumnya, data jenis ini sendiri bisa didapatkan dari penelitian-penelitian sebelumnya yang sudah jadi. Baik itu berupa tabel, grafik, maupun diagram. Sebagai contohnya:

      • Data penyakit tertentu
      • Data sensus penduduk, dan lainnya
  • Data berdasarkan sumber

    Jenis data selanjutnya adalah data berdasarkan sumber. Data jenis ini sendiri terdapat dua macam yakni:

    • Data eksternal

      Merupakan data yang didapat dari luar organisasi ataupun tempat dimana penelitian tersebut dilakukan. Umumnya, jenis data yang satu ini digunakan sebagai pembanding satu tempat dengan tempat lainnya. Misalnya data kependudukan, data jumlah siswa sekolah lain, data penjualan produk perusahaan lain, dan sebagainya.

    • Data internal

      Merupakan data yang Anda dapatkan langsung dari sebuah organisasi maupun tempat berlangsungnya penelitian itu sendiri. Misalnya data karyawan sebuah perusahaan, data kepuasan pelanggan sebuah perusahaan, dan lain sebagainya.

  • Data berdasarkan sifat

    Merupakan data yang dibedakan berdasarkan siifatnya, yakni:

    • Data kuantitatif

      Merupakan data yang diperoleh dengan melakukan survey sehingga mendapatkan jawaban yang berupa angka. Data ini sendiri bersifat lebih objektif. Dengan begitu, saat Anda melihat data atau membaca data ini tidak akan menafsirkannya dengan berbeda. Contohnya:

      • Rani berumur 34 tahun
      • Tinggi badan Alfin 168 cm
      • Suhu badan Tino 36 derajat Celcius, dan masih banyak lagi
    • Data kualitatif

      Berbeda dengan data kuantitatif yang datanya berupa angka, data kualitatif merupakan data yang lebih deskriptif. Yakni sebuah data yang tidak berbentuk angka. Umumnya data ini dibuat dengan menggunakan gambar, simbol, maupun bentuk verbal lain. Data jenis ini sendiri dapat diperoleh lewat isian kuisioner, studi literature, observasi, wawancara, dan lainnya. Tak heran apabila data jenis ini lebih bersifat objektif, sehingga saat orang membacanya pun dapat menyebabkan adanya penafsiran yang beda. Contohnya:

      • Kualitas pelayanan rumah sakit
      • Kuisioner tentang kepuasan pelanggan, dan sebagainya

Baca Juga   :     Apa itu Data Mining : Definisi, Fungsi, Metode dan Penerapannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai data yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui pengertian data, manfaat dan fungsi serta jenis-jenisnya di atas Anda tentu sudah tidak akan pusing dan kebingungan lagi saat ingin membuat sebuah data. Data ini nantinya dapat Anda jadikan sebagai fakta, perencanaan, atau keperluan lainnya yang dibutuhkan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat data berdasarkan keakuratan dan kebenarannya. Begitu pula saat ingin mengambil sebuah data dari pihak lain. Anda tetap perlu memilih data yang memang benar-benar dipercaya kebenarannya, keakuratannya, ketepatan waktunya, hingga cakupan ruang lingkupnya yang luas.

Related Post :

popup image