Pengertian Domain Web.ID : Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Kegunaan

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Tidak sedikit pengguna internet yang belum paham dengan website, web hosting, domain name, dan sejumlah unsur yang lain. Ketika mencari sebuah informasi di internet, sudah pasti pengguna akan diarahkan ke sebuah alamat atau link, misalnya www.namawebsite.com.

Website tersebut dibuka menggunakan sebuah program penjelahah yang berada di komputer atau smartphone. Kemudian program penjelajah yang sering digunakan diantaranya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera.

 

Pengertian Domain Web.id

 

Domain name merupakan sebuah alamat unik atau link yang ada di internet dalam mengidentifikasi sebuah website. Biasanya, pengguna menyebutnya dengan alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di internet. Sedangkan dengan domain sendiri diperjualbelikan di internet secara bebas oleh penyedia pendaftaran domain. Sewa dari domain sendiri biasanya selama setahun.

Setelah membeli domain dan didaftarkan oleh penyedia jasa, pengguna kemudian disediakan sebuah kontrol panel dalam mengelola administrasi. Apabila pengguna tidak memperpanjang sewa, maka domain tersebut dilepas ketersediaanya untuk umum. Selain itu, nama domain memiliki identifikasi akhiran yang memiliki tujuan khusus. Seperti sebuah kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Salah satu contohnya adalah domain web.id. Domain web.id sendiri ditujukan untuk umum yang melakukan semua kegiatan di internet.

Baca Juga:  Contoh Website Company Profile yang Profesional dan Kekinian

 

Sejarah Domain Web.id

Seperti diketahui, domain web.id menjadi top level domain dengan kode negara Indonesia. Domain tesebut diluncurkan pada 1 September 2005. Pada awalnya, domain .id memiliki kerja sajam dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI) dan berkolaborasi dengan pengelola domain .id, yakni ccTLD-ID. Akan tetapi, dikarenakan keduannya mendapati sebuah masalah pada 1 Mei 2007. Akhirnya pada 16 September 2014 domain.id dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

PANDI sendiri merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh komunitas teknologi informasi Indonesia. Sehingga, kini PANDI menjadi badan hukum yang mengatur dalam pengelolaan domain .id. Bahkan dalam mengelola domain tersebut, PANDI telah mendapat persetujuan dari ICANN (Internet of Assigned Name and Number).

Semua ekstensi yang berada di Indonesia yang memakai domain .id dikelola penuh oleh PANDI. Hal ini membuat ektensi domain tersebut tidak bisa digunakan dengan sembarangan. Sehingga, pendaftar harus memenuhi sejumlah syarat dan mendapat persetujuan dari usahan yang terkait. Beberapa ekstensi dari domain id diantaranya adalah .ac.id, .biz.id, .co.id, .desa.id, .or.id, .net.id, .web.id, .my.id, .sch.id, .go.id, .mil.id, dan war.net.id.

Khusus pada web.id, ekstensi ini bisa digunakan untuk berbagai jenis website. Mulai dari kebutuhan personal atau institusi. Sedangkan dengan pendaftaranya juga sangat mudah. Salah satunya dengan melampirkan salinan KTP (Update Terbaru tidak perlu KTP atau identitas lainnya)

Baca Juga:  Apa itu Domain : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

 

Fitur Domain Web.id

 

Sama halnya dengan ektensi lain, domain web.id bisa digunakan untuk berbagai jenis website. Mulai dari kepentingan pribadi hingga lembaga. Pendaftaranya untuk personal hanya dengan melampirkan salinan KTP. Sedangkan dengan untuk lembaga, misalnya sekolah resmi, persayaratannya menggunakan Surat Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga beserta salinan KTP.
Sehingga, banyak sekali website yang menggunakan domain web.id ini. Hal ini dikarenakan keunggulan yang ditawarkan oleh domain tersebut, Kelebihan Domain Web ID adalah:

  1. Harganya murah

    Hanya dengan mengeluarkan Rp 55.000, anda bisa menggunakan web.id selama setahun.

  2. Akses blog lebih cepat

    Pada umumnya, situs web yang menggunakan server dalam negeri sangat mudah dalam membuka blog atau website dibandingkan server luar negeri.

  3. Fitur Manajemen Domain sama

    Memang harganya murah, namun fiturnya tidak sembarangan. Seperti pada umumnya, ekstensi web.id ini juga ada pengaturan DNS atau nameserver. Sehingga, bisa digunakan dalam membuat custom domain dari blogspot atau memakai hosting berbayar seperti WordPress.

  4. Kepercayaan Publik Semakin Besar.

    Dalam mendapatkan domain web.id tidak bisa sembarangan orang. Sebab, salah satu syaratnya adalah menunjukkan KTP. Hal ini yang membuat web.id bisa meminta pertanggung jawaban dari pemilik website ketika melakukan kejahatan.

 

Kesimpulan

Domain Web.id bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin menggunakan domain dengan harga terjangkau. Dengan budget yang tidak terlalu mahal, domain web.id bisa menjadi solusi untuk website personal maupun instansi yang anda miliki. Selain itu, karena domain web.id merupakan domain yang berasal dari Indonesia, membuat website anda dipercaya sebagai website asal Indonesia yang dapat dipercaya.

Sudah siap untuk menggunakan domain web.id? segera persiapkan nama yang tepat sehingga anda dapat dengan muda mengurus pendaftaran domain web.id untuk website anda. Jangan lupa untuk memilih nama yang mudah untuk diingat serta ditulis ya.

 

Related Post :

popup image