Pengertian Komunikasi : Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Tips & Tricknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Manusia merupakan makhluk sosial yang sangat membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Dalam kehidupan sehar-hari, manusia pasti akan melakukan interaksi dengan orang lain baik dengan keluarga, teman, tetangga hingga rekan kerja. Saat melakukan interaksi manusia harus melakukan komunikasi dua arah supaya bisa saling mengerti informasi yang sedang disampaikan. Jika komunikasi hanya dilakukan satu arah saja, kemungkinan hanya ada satu pihak saja yang memahami informasi yang disampaikan. Untuk itulah komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memahami pengertian komunikasi.

Sekarang ini bangsa Indonesia sedang berada pada era yang justru cenderung anti komunikasi. Hal tersebut bisa terlihat dari penggunaan sosial media yang sering disalahgunakan untuk menyamapaikan hal-hal bersifat negatif. Banyak pengguna sosial media dengan mudahnya menumpahkan opini negatif dan amarah mereka melalui sosial media. Lebih parahnya lagi, opini yang disampaikan di sosial media tersebut juga mengabaikan perasaan orang lain yang membacanya. Fenomena ini ternyata menyimpang dari pengertian komunikasi yang sesungguhnya.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan komunikasi secara tepat dan mudah dimengerti adalah salah satu cara berinteraksi yang benar. Dengan mempunyai keterampilan komunikasi yang baik, maka akan memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Selain itu, Anda juga akan sangat terbantu dalam melakukan berbagai aktivitas maupun pekerjaan. Namun sebaiknya Anda harus selalu berupaya meningkatkan keterampilan komunikasi supaya memudahkan Anda saat berinteraksi dengan lebih banyak orang.

 

Mengenal Pengertian Komunikasi

 

Pengertian Komunikasi : Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Tips & Tricknya
 

Selama ini Anda pasti sering mendengar dan mengucapkan kata komunikasi. Namun tidak semua dari Anda memahami betul pengertian komunikasi secara lebih jelas. Perlu Anda ketahui bahwa komunikasi merupakan sebuah proses dalam penyampaikan informasi baik berupa pesan, gagasan maupun ide dari satu pihak ke pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan melalui lisan dan verbal sehingga bisa dimengerti oleh dua belah pihak.

Selain memakai bahasa verbal, komunikasi juga bisa dilakukan memakai bahasa isyarat seperti gesture tubuh, tersenyum, menggelengkan kepala dan sebagainya. Selain itu, pengertian komunikasi juga bisa diartikan sebagai jalannya proses yang mana seseorang atau kelompok menciptakan dan memakai sejumlah informasi supaya saling terhubung dengan lingkungan sekitarnya. Komunikasi dapat terjadi jika ada interaksi antara dua orang atau lebih diwaktu yang sama dan terdapat pesan yang disampaikan. Saat ini komunikasi tidak hanya bisa dilakukan secara tatap muka langsung, tetapi bisa dilakukan melalui smartphone.

 

Fungsi Komunikasi

 

Sesudah memahami pengertian komunikasi, selanjutnya Anda perlu memahami fungsi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa fungsi komunikasi antara lain :

 

  1. Sebagai Informasi

    Fungsi komunikasi yang pertama yaitu sebagai informasi. Dimana komunikasi menyajikan sebuah informasi yang dibutuhkan oleh setiap individu atau kelompok dalam mengambil sebuah keputusan serta meneruskan data untuk menilai beberapa pilihan sebelum akhirnya diputuskan.

  2. Sebagai Kendali

    Komunikasi juga berfungsi sebagai kendali yang berarti komunikasi tersebut berperan penting untuk mengontrol perilaku manusia baik secara perorangan maupun kelompok melalui beberapa cara yang wajib untuk dipatuhi semua pihak.

  3. Sebagai Motivasi

    Komunikasi juga memiliki fungsi sebagai motivasi karena komunikasi dapat menjadi suatu motivasi melalui penjelasan yang dilakukan para motivator. Semakin Pandai seseorang mengkomunikasikan suatu hal positif tentu akan sebaik jiwa motivatornya.

 

 

Baca Juga : Contoh Surat Tugas : Fungsi, Manfaat dan Prosedur Lengkapnya 

 

Manfaat Penting Komunikasi

 

Pengertian Komunikasi : Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Tips & Tricknya
 

Sesuai yang dijelaskan dalam pengertian komunikasi, bahwa dengan melakukan komunikasi maka Anda bisa mengetahui berbagai informasi yang bermanfaat bagi kehidupan Anda. Selain itu, komunikasi juga memiliki manfaat penting antara lain sebagai berikut:

 

  • Memahami dan memahami semua informasi yang dibutuhkan.
  • Komunikasi dapat mempererat tali persaudaraan baik antar pribadi, golongan, kelompok, bangsa maupun negara.
  • Dengan berkomunikasi, Anda bisa mengetahui kebijakan dan peraturan perundang-undangan.
  • Komunikasi sangat penting bagi organisasi dalam melakukan serta menciptakan kerjasama yang baik.
  • Komunikasi dilakukan sebagai proses sosial berwarga negara.

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Surat Keterangan Waris : Pengertian, Fungsi, dan Syaratnya 

 

Tujuan Komunikasi

 

Pengertian komunikasi memiliki lingkup yang luas karena juga mencakup tujuan komunikasi. Secara singkatnya, tujuan dari komunikasi yaitu untuk menciptakan kesepahaman antara dua belah pihak. Akan tetapi terdapat beberapa tujuan komunikasi yang penting Anda pahami, antara lain sebagai berikut:

 

    1. Informasi Mudah Dipahami

      Tujuan dari komunikasi sesuai pengertian komunikasi yaitu agar hal yang disampaikan oleh komunikator bisamudah dipahami oleh komunikan. Dimana tugas seorang komunikator adalah menjelaskan pesan utama secara jelas dan sedetail mungkin. Dengan demikian komunikasi dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

    2. Memahami Sesama Individu

      Dengan berkomunikasi, maka setiap individu bisa memahami individu lain menggunakan kemampuannya untuk mendengar suatu hal yang sedang dibicarakan oleh orang lain. Atau sebagai subjek untuk menyampaikan pesan.

    3. Pesan Mudah Diterima Orang Lain

      Komunikasi bertujuan agar pesan yang disampaikan mudah diterima orang lain. Sebab komunikasi yang dipadukan pendekat persuasif merupakan cara supaya sebuah gagasan lebih mudah diterima orang lain. Penyampaian itu akan terlihat baik jika kita bisa mengkomunikasikannya dengan benar.

    4. Menggerakkan Orang Lain

      Komunikasi juga bertujuan untuk menggerakkan orang lain supaya melakukan suatu hal sesuai dengan apa yang diinginkan oleh komunikator. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan.

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Label Undangan Terisi Otomatis di Microsoft Word 

 

Tips dan Trik Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

 

Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian komunikasi, tujuan, fungsi dan manfaatnya maka bisa disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda juga harus terus meningkatkan keterampilan komunikasi melalui tips dan trik berikut ini:

 

  1. Memperhatikan Artikulasi

    Dalam berkomunikasi maka Anda harus mampu berbicara secara jelas. Dimana artikulasi setiap kata yang Anda ucapkan haruslah jelas di telinga orang lain. Bagi Anda yang merasa masih belum begitu jelas mengucapkan kata-kata saat berbicara maka Anda perlu sering berlatih berbicara secara berulang-ulang hingga kata-kata yang Anda ucapkan dapat terdengar lebih jelas.

  2. Lakukan Kontak Mata

    Agar keterampilan komunikasi Anda semakin meningkat, sebaiknya Anda selalu menjaga kontak mata ketika berbicara dengan orang lain. Namun kontak mata tersebut dilakukan secara wajar dan tidak perlu berlebihan. Untuk memulai pembicaraan, mulailah melakukan kontak mata yang diirigi dengan senyuman agar orang lain merasa nyaman dengan Anda.

  3. Menyelaraskan

    Komunikasi yang cerdas adalah komunikasi yang dapat menempatkan diri sesuai kondisi lingkungan atau orang-orang sekitar yang menjadi lawan bicara. Anda tentu tidak bisa menyamakan gaya berbicara kepada semua lawan bicara. Untuk itulah dibutuhkan penyelarasan untuk membantu Anda dalam menyampaikan keinginan sehingga lawan bicara lebih mudah memahami setiap kalimat yang Anda sampaikan.

  4. Menambahkan Bahasa Tubuh

    Supaya informasi yang Anda sampaikan mudah dipahami orang lain, cobalah untuk berkomunikasi sambil menggunakan ekspresi wajah dan bahasa tubuh. Namun pastikan ekspresi serta gaya tubuh yang Anda tunjukkan saat berkomunikasi sesuai dengan kata-kata yang Anda ucapkan.

 

Dalam melakukan interaksi dengan orang lain, maka Anda harus memahami pengertian komunikasi secara jelas. Hal ini sangat penting agar Anda senantiasa dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain. Apalagi komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindarkan Anda dari kesalahpahaman dengan orang lain.

 

Kesimpulan dan Penutup

 

Komunikasi memiliki peran yang begitu penting dalam kehidupan manusia karena dengan berkomunikasi maka seseorang akan lebih mudah menyampaikan pesan, keinginan maupun ide kepada orang lain. Sesuai pengertian komunikasi, dapat diketahui bahwa komunikasi tidak hanya bisa dilakukan secara perorangan saja tetapi juga secara kelompok.

Bagi Anda yang memiliki keinginan meningkatkan keterampilan komunikasi, sebaiknya Anda harus terus menerus berlatih berkomunikasi. Sebab keterampilan komunikasi yang baik tidak bisa diperoleh secara instan. Namun ketika Anda sudah menguasai keterampilan komunikasi dengan baik maka orang lain akan lebih mudah memahami apa yang Anda sampaikan.

 

Related Post :