Pentingnya 3 Strategi Product-Led-Growth Dalam Mengembangkan Bisnis yang Sukses

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 1

Industri perangkat lunak berubah dengan kecepatan tinggi, dan bukan hanya teknologi dan pengkodean yang mengalami iterasi kilat. Cara Anda mendekati pasar, cara Anda menjual dan memikirkan produk juga telah berubah. Banyak perusahaan yang telah menyadari bahwa produk mereka akan memungkinkan mereka untuk menjalankan proses bisnis mereka dari jarak jauh melalui produk mereka. Sejalan dengan kemampuan ini, pelanggan telah menyadari bahwa mereka tidak perlu berbicara dengan tenaga penjualan untuk mengidentifikasi masalah mereka dan mendidik mereka sendiri tentang suatu produk. Ini adalah perubahan yang muncul terkait dengan perkembangan produk Software as a Service (SaaS) dan kebutuhan serta harapan pengguna.

Selain itu setiap perusahaan saat ini tentu mendambakan pertumbuhan yang efisien. Namun, bagaimana Anda mencapai tingkat pertumbuhan yang efisien meskipun pasar tampak begitu membosankan?. Apa yang Anda akan lakukan jika upaya pemasaran Anda tampaknya tidak cukup, tim penjualan Anda tidak menghasilkan banyak prospek, dan bahkan tidak ada yang melihat betapa hebatnya produk Anda?, jawabannya sederhana, Anda harus mengadopsi pendekatan berbasis produk atau yang juga disebut sebagai Product-Led-Growth dan membiarkan produk mengatur penjualan Anda.

 

Baca Juga :  Product-Led-Growth : Pengertian, Manfaat dan Matrik yang Digunakan

 

Mengenal Apa Itu Product-Led-Growth

Pentingnya 3 Strategi Product-Led-Growth Dalam Mengembangkan Bisnis yang Sukses
 

Product-led growth (PLG) adalah metodologi bisnis yang dibentuk berdasarkan pola pikir pengguna akhir. Ini sebenarnya adalah pola pikir itu sendiri. Bisnis yang dipimpin produk membangun kemampuan mereka dalam akuisisi pengguna, ekspansi, konversi, dan retensi di sekitar dan pada produk mereka. Anda dapat mulai mencapai PLG dengan memahami masalah, kebutuhan, dan harapan pengguna. Ketika Anda menemukan solusi untuk itu melalui produk swalayan Anda, pertumbuhan akan datang secara alami.

Di perusahaan yang dipimpin produk, produk Anda adalah inti dari perusahaan Anda, dan pelanggan adalah inti dari produk Anda. Sekarang PLG adalah metodologi bisnis yang dibentuk di sekitar pola pikir pengguna akhir karena dimulai dengan berempati dengan pengguna Anda dan memahami masalah, kebutuhan, dan harapan mereka. Berhasil menerapkan kerangka kerja PLG mengharuskan Anda untuk tidak hanya menyadari bahwa produk Anda adalah sumber terbaik dari pertumbuhan bisnis yang terukur dan berkelanjutan untuk perusahaan Anda, tetapi juga mengharuskan Anda untuk membuat keselarasan seluruh perusahaan di semua tim Anda di sekitar produk, dari teknik dan pengembangan untuk penjualan, manajemen, pemasaran, dan layanan pelanggan dan kesuksesan. Tim perusahaan Anda harus bekerja secara harmonis untuk mencapai pertumbuhan yang dipimpin oleh produk.

Baca Juga :  Strategi dan Kiat Menerapkan Business Process Management Bagi Bisnis/Perusahaan

Strategi pertumbuhan yang dipimpin produk, seperti namanya, adalah upaya untuk mencapai pertumbuhan melalui produk swalayan yang sebagian besar dapat menjalankan proses pemasaran, penjualan, dan purna jual dengan sendirinya. Ini adalah strategi yang bertujuan untuk menyelaraskan tim untuk mengerjakan produk agar memimpin jalan menuju pertumbuhan. Dengan kata lain, ini adalah upaya untuk membawa produk Anda ke titik di mana itu adalah produk swalayan serba bisa yang dapat menjual dirinya sendiri dan membantu Anda tumbuh.

Sekarang, ada alasan mengapa PLG dikatakan sebagai upaya untuk mencapai pertumbuhan melalui produk swalayan yang dapat menjalankan proses pemasaran, penjualan, dan purna jual dengan sendirinya untuk sebagian besar. Itu karena strategi pertumbuhan yang dipimpin produk tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menggunakan metode tradisional untuk pertumbuhan.

 

Baca Juga :  Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis

 

3 Strategi Product-Led-Growth Dalam Mengembangkan Bisnis

Pentingnya 3 Strategi Product-Led-Growth Dalam Mengembangkan Bisnis yang Sukses
 

Dalam menjalankan strategi PLG, ada 3 hal yang harus Anda perhatikan agar dapat mengembangkan bisnis Anda dengan baik.

  1. Meminimalkan upaya yang diperlukan bagi pengguna baru untuk menerima nilai

    Pengguna baru harus memahami nilai produk Anda dalam hitungan menit, jika bukan detik, yang berarti Anda perlu mengurangi gesekan dalam proses pendaftaran dan memandu pengguna ke bagian produk Anda yang akan memberi mereka “aha moment”. Bagi sebagian besar perusahaan PLG, ini berarti menghilangkan hambatan biaya dan menawarkan tingkat atau uji coba gratis kepada pengguna. Meskipun memiliki risiko, memungkinkan pengguna untuk merasakan nilai produk Anda sebelum memutuskan untuk membeli mungkin merupakan cara paling ampuh untuk mempercepat pertumbuhan pengguna dan memaksimalkan jumlah orang yang bersedia membayar untuk produk Anda. Dropbox adalah contoh mapan dari sebuah perusahaan yang menggunakan model freemiumnya untuk mengonversi pelanggan yang membayar dari basis ratusan juta pengguna gratisnya untuk menghasilkan pendapatan hampir $2 miliar per tahun.

  2. Mendefinisikan kesuksesan dan menginformasikan keputusan dengan data produk

    Komponen penting dari setiap strategi PLG adalah memiliki pemahaman mendalam tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk Anda dan bagaimana hal itu berhubungan dengan kesuksesan bisnis Anda dan pengguna Anda. Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Anda telah menerapkan alat yang diperlukan untuk melacak perilaku dan menganalisis data Anda secara akurat. Setelah Anda menyiapkannya, Anda dapat mengidentifikasi peluang pertumbuhan dengan menemukan korelasi antara aktivitas tertentu dan pendapatan jangka panjang, kasus di mana keterlibatan fitur tiba-tiba menurun, atau informasi lain dari aktivitas produk. Dan saat Anda menggunakan temuan Anda untuk menginformasikan cara meningkatkan pengalaman produk Anda, Anda harus meluncurkan perubahan Anda sebagai eksperimen untuk mengukur apakah mereka memiliki efek yang diharapkan pada perilaku pengguna dan untuk memastikan bahwa tim Anda berhasil mengejar peluang yang paling berdampak.

  3. Memanfaatkan pengguna yang ada untuk menarik pengguna baru

    Hampir semua orang mengatakan mereka menginginkan pertumbuhan, tetapi bagaimana Anda benar-benar mendapatkannya? Salah satu cara paling ampuh untuk mendorong pertumbuhan eksponensial adalah dengan membangun efek jaringan yang kuat ke dalam pengalaman produk Anda sehingga pengguna menerima lebih banyak nilai saat lebih banyak orang mendaftar. Slack adalah contoh klasik pertumbuhan melalui efek jaringan yang membuat semakin banyak orang yang Anda miliki di akun tim Anda, semakin mudah untuk memusatkan komunikasi, jadi ada insentif alami untuk membawa orang-orang yang bekerja dengan Anda ke dalam platform. Jalur lain menuju pertumbuhan adalah melalui program rujukan dimana pengguna dapat membuka fitur atau meningkatkan kuota penggunaan dengan imbalan mengundang pengguna baru. Wealthfront adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan dengan program rujukan yang sangat efektif, di mana ia menawarkan uang tambahan yang dikelola secara gratis kepada setiap pengguna baru yang diundang.

 

Baca Juga :  Tips dan Cara Sukses Menggunakan Go-To-Marketing Strategy

 

Kesimpulan dan Penutup

Pertumbuhan yang dipimpin produk atau Product-Led-Growth memang dapat menjadi pengubah permainan untuk bisnis Anda jika Anda merasa memenuhi syarat untuk strategi ini. Apa yang perlu Anda ketahui untuk memahami apakah Anda memenuhi syarat atau tidak adalah dengan memutuskan apakah produk Anda akan memungkinkan jika Anda melakukannya. Misalnya jika Anda memiliki produk swalayan yang dapat memandu pengguna dalam mempelajari bagaimana mereka dapat memecahkan masalah mereka, dapat mencapai viralitas melalui praktiknya, dan dapat memberikan dukungan pelanggan yang menyenangkan, maka Anda tidak boleh menahan diri untuk mengambil langkah pertama untuk menjadi perusahaan yang dipimpin produk.

Secara keseluruhan, semua poin yang disebutkan di atas melalui proses orientasi yang sangat baik. Inilah sebabnya, setelah memiliki produk hebat yang memecahkan masalah pengguna, mengerjakan orientasi pengguna Anda adalah langkah pertama mutlak dalam mencapai pertumbuhan yang dipimpin produk atau Product-Led-Growth.

Related Post :

popup image