Cegah Kehilangan Data dengan Multisite Backup!

Cegah Kehilangan Data dengan Multisite Backup!

Dalam menjalankan bisnis, website Anda pasti harus mengelola banyak data. Data tersebut merupakan informasi yang beragam jenisnya, mulai dari data internal tentang karyawan, keuangan, hingga pelanggan. Bagi kelangsungan bisnis, data adalah sesuatu yang penting dan rahasia. Karena itulah, keamanan data harus selalu terjaga. 

Demi menjaga keamanan data, Anda tentunya butuh layanan cloud untuk menyimpannya dan menjalankan website Anda. Namun, hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Mulai dari serangan hacker, malware, hingga cloud provider yang Anda gunakan mengalami gangguan yang membuat website Anda tidak bisa diakses. 

Beberapa tahun belakangan, banyak cloud provider global yang beberapa kali mengalami gangguan layanan. Sehingga, banyak pula website yang aksesnya terhambat. Bahkan, pada Februari 2023 ini salah satu cloud provider global mengalami gangguan untuk layanan mereka di Asia Tenggara. Resiko semacam ini tentu sangat merugikan dan mengancam keamanan data. 

Selain itu, serangan siber semakin marak terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Walaupun kegiatan berselancar di dunia digital tampak aman, sebenarnya bahaya serangan siber senantiasa mengincar. 

Bahkan, pada tahun 2022 terdapat lebih dari 700 juta kasus serangan siber di Indonesia. Angka tersebut naik 3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Resiko serangan siber juga diprediksi akan naik pada tahun 2023 dan bisa menimpa siapa saja, baik individu maupun website milik bisnis dan perusahaan. 

Karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan multisite backup! Multisite backup bisa menghindarkan website dari berbagai resiko kehilangan data karena hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya multisite backup bagi website Anda. Simak selengkapnya, ya. 

Apa Itu Multisite Backup?

Apa Itu Multisite Backup?

Multisite backup adalah metode backup website ke lebih dari satu lokasi cloud. Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada cloud pertama, Anda masih memiliki backup data yang aman di cloud kedua. 

Multisite backup memastikan data Anda terlindungi dengan baik dan dapat dengan mudah dipulihkan ketika terjadi kehilangan dan kerusakan data. Selain itu, dalam kasus cloud provider mengalami gangguan, Anda masih bisa menjalankan website dengan data cadangan yang sudah ada sebelumnya. 

Secara umum, multisite backup adalah hal penting dalam rencana pemulihan bencana (disaster recovery plan) demi kelangsungan bisnis Anda. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan mengalami kerugian finansial dari data yang hilang tersebut. Anda juga bisa menjadwalkan backup tersebut untuk berjalan pada waktu tertentu, atau dapat Anda jalankan manual saat Anda membutuhkannya. 

Pentingnya Multisite Backup untuk Website Perusahaan

Pentingnya Multisite Backup untuk Website Perusahaan

Banyaknya faktor yang mengancam keamanan dan kredibilitas data membuat metode multisite backup sangat penting Anda lakukan. Berikut adalah hal-hal yang menjadi manfaat melakukan multisite backup agar data-data website Anda tidak hilang begitu saja. 

Memastikan keberlangsungan bisnis

Backup yang baik membantu perusahaan untuk tetap beroperasi kapanpun. Bahkan saat terjadi bencana alam atau gangguan teknis tak terduga yang menyebabkan data atau aplikasi terhapus hingga rusak. Dengan demikian, perusahaan tidak akan terhambat dalam operasinya dan dapat tetap fokus pada kegiatan bisnis yang utama.

Mencegah kehilangan data yang krusial

Multisite backup memastikan salinan data dan aplikasi Anda tersimpan secara terus menerus, sehingga data yang hilang akibat bencana tak terduga atau gangguan teknis bisa segera dipulihkan. Dengan demikian, perusahaan tidak akan kehilangan data yang krusial dan dapat terus menjalankan bisnisnya dengan lancar.

Meningkatkan keamanan data

Multisite backup membantu Anda menyimpan data dan aplikasi di server yang terpisah dari server utama, sehingga data tidak akan terpapar risiko keamanan yang sama. Dengan demikian, perusahaan dapat terhindar dari risiko kehilangan data akibat serangan hacker atau virus. Jika salah satu server mengalami gangguan, data dengan cepat bisa dipulihkan dari server lainnya. 

Meringankan beban IT

Multisite backup membantu perusahaan dalam mengelola dan menyimpan data dan aplikasi, sehingga beban IT bisa lebih ringan. Perusahaan bisa fokus pada kegiatan utama tanpa harus memikirkan masalah teknis yang terkait dengan data dan aplikasi. Anda bisa lebih tenang karena tak perlu mengkhawatirkan masalah kehilangan data karena kendala teknis. 

Meningkatkan efisiensi operasional

Multisite backup memungkinkan perusahaan untuk mengelola data dan aplikasi secara lebih efisien, sehingga operasional perusahaan bisa lebih lancar. Dengan demikian, perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan terhindar dari kerugian jika sewaktu-waktu terjadi kehilangan data.

Solusi Cloud Provider Handal untuk Website Anda

Solusi Cloud Provider Handal untuk Website Anda

Setelah mengetahui apa itu multisite backup dan manfaatnya untuk bisnis Anda, Anda tentunya ingin memilih provider layanan cloud yang handal dan mampu menjamin keamanan data Anda. Tidak perlu bingung mencari, karena Anda bisa menggunakan IDCloudHost sebagai solusinya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan layanan IDCloudHost:

  • Tersedia berbagai layanan untuk berbagai kebutuhan digital bisnis Anda
  • Sistem keamanan terbaik untuk memberi perlindungan maksimal bagi data Anda
  • Lebih efisien secara biaya
  • Lokasi Data Center di Indonesia 
  • Sudah memiliki Data Center Tier III
  • Skalabilitas lebih mudah
  • Ketersediaan tim support 24/7
  • Tim teknis yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi
  • Sudah dipercaya oleh lebih dari 250.000+ customer

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya multisite backup bagi website bisnis Anda. Ternyata melakukan backup di dua lokasi cloud sangat penting untuk menjaga keamanan dan kredibilitas data, serta menghindarkan bisnis dari kerugian akibat masalah-masalah teknis tidak terduga. 

Memilih cloud provider yang tepat juga tak kalah pentingnya untuk memastikan website Anda selalu dapat diakses dengan lancar. Selain layanan yang handal, keamanan tingkat tinggi, dan performa server yang cepat, IDCloudHost juga memiliki berbagai layanan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Salah satunya adalah Cloud VPS yang memiliki berbagai fitur yang memberikan keleluasaan bagi Anda dan memungkinkan Anda untuk mengelola website dan aplikasi dengan mudah. Tidak hanya itu, layanan yang scalable dan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel sangat cocok untuk bisnis Anda yang selalu berkembang pesat. 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
perfect solution for your business
Subscribe here to get update
popup image