Pentingnya Nameserver dan DNS pada Layanan Web Hosting Terbaik

Informasi / 0 | | 0

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa web hosting memegang peranan sangat penting dalam pengelolaan website yang telah kita miliki. Singkatnya, web hosting merupakan sebuah layanan yang disediakan suatu perusahaan untuk membantu kita mengelola dan memonitor website yang kita miliki.

Memilih layanan web hosting terbaik akan sangat krusial serta penting bagi kita. Namun, selain itu unsur lain yang terbilang penting perannya pada suatu web dan layanan web hosting terbaik adalah Nameserver dan DNS. Dan inilah ulasan mengenai pentingnya Nameserver dan DNS pada layanan web hosting terbaik.

Apa itu Nameserver dan DNS?

Mungkin Anda sudah pernah melihat fitur nameserver ketika Anda sudah memiliki akun disuatulayanan web hosting terbaik. Namun, sudahkah Anda tau apa itu sebenarnya definisi dari nameserver? Nameserver merupakan sebuah bagian dari DNS (Domain Name System).

Baca Juga : Pengertian DNS Management

Nameserver akan disediakan oleh penyedia layanan web hosting terbaik yang berfungsi agar website kita bisa dilihat di situs web. DNS sendiri merupakan sebuah database yang berisi seperti buku telfon pada sebuah komputer. Sebelumnya perlu diketahui dahulu dan dipahami serta perlu diingat bahwa setiap website memiliki alamat IP atau IP address yang akan digunakan oleh komputer untuk melihat menuju Website yang dituju. Nah, disinilah peran dari DNS itu bekerja.

DNS bekerja untuk mengkonversikan nama domain. Maksutnya adalah merubah domain website kita ke sebuah alamat IP yang bisa dikenali oleh komputer menjadi sebuah bahasa komputer. Contohnya seperti penasihathosting.com yang akan di konversi oleh DNS menjadi alamat ip 22.231.113.64. Jika masih tetapi bingunng, singkatnya DNS merupakan sebuah alat atau sistem yang akan merubah nama domain website kita menjadi bahasa komputer atau kode yang bisa dimengerti oleh komputer.

Seberapa Pentingnya Nameserver dan DNS pada Web Hosting?

Jika kita berbicara masalah layanan web hosting terbaik, maka kita sudah bisa menebak bahwa sebuah layanan web hosting yang bisa secara komplit, lengkap, dan baik mengelola website kita dan memonitoring website kita sehingga webiste yang kita miliki akan selalu dalam keadaan yang stabil dan siap dikunjungi oleh banyak pengunjung.

Panduan Cara Mempercepat Proses Propagasi DNS

Dan ketika kita menggunakan layanan web hosting terbaik, maka biaya yang kita keluarkan untuk menggunakan layanan tersebut juga tidak bisa dianggap main-main, apalagi layanan web hosting terbaik yang perbulannya bisa mencapai 1 juta rupiah. Dengan biaya seperti itu maka kita peru untuk mendapatkan layanan yang maksimal bukan?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa salah satu unsurpenting dalam layana web hosting terbaik adalah layanan mengenai nameserver dan juga DNS. Kedua hal ini menjadi suatu yang krusial dan membentuk sebuah website kita yang stabil dan bisa secara lancar untuk selalu dikunjungi ratusan bahkan ribuan orang.

Nah bagaimana cara kerja dari nameserver dan DNS, ketika Anda mengunjungi suatu website? Berikut ini merupakan penjabarannya. Kita ambil contoh misalnya website “namasaya.com”. Tentunya untuk mengunjungi website “namasaya.com” Anda akan terlebih dahulu mengetik domain “namasaya.com” di browser yang Anda gunakan, baik Firefox, Opera, atau Google Chrome. Nah setelah itu, DNS akan bekerja untuk melihat nameserver dari domain yang Anda ketik “namasaya.com”.
Nameserver yang telah dilihat oleh DNS tersebut akan berbentuk seperti ns1.yourhostdomain.com ataupun ns2.yourhostdomain.com. Kedua nemaserver ini biasanya diberikan oleh penyedia layanan web hosting terbaik yang telah Anda pilih sebelumnya. Dan ketika nameserver sudah telihat otomatis pada waktu itu juga nameserver tersebut akan aktif.

Kemudian, mesin browser yang Anda gunakan seperti Firefox, Opera, atau Google Chrome akan menggunakan nameserver yang telah aktif tersebut umtuk melihat alamat IP atau IP address dari “namasaya.com”, website yang ingin Anda kunjungi dan lihat.
Setelah itu, browser Anda akan mendapatkan respon berupa kode matematik atau bahasa komputer seperti “22.231.113.64” dari DNS yang telah merubah namesever ns1.yourhostdomain.com ke dalam bahsa komputer itu tadi. Kemudian, browser yang Anda gunakan akan mengirim permintaan atas alamat IP atau IP address “22.231.113.64”.

Dan dengan alamat IP atau IP address “22.231.113.64” ini, halaman website yang Anda minta akan muncul. Kemudian, server dari layanan web hosting terbaik dari “namasaya.com” akan mengirimkan halaman website yang diminta yaitu, “namasaya.com” ke mesin browser Anda.

Proses yang terlihat rumit tersebut sebenarnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 detik saja, sangat cepat bukan? Dan inilah yang membuat pengunjung website Anda tidak akan merada atau bahkan mengetahui nameserver yang Anda gunakan. Mereka hanya akan mengetahui nameserver yang Anda gunakan ketika ada atau terjadi suatu kesalahan saja.

Panduan Cara Setting DNS Melalui cPanel

Memang umumnya, dalam banyak kasus yang terjadi Anda tidak perlu untuk mengetahui apa nameserver yang Anda gunakan pada website Anda. Akan tetapi jika Anda mendaftarkan domain Anda dan memiliki layanan web hosting terbaik ditempat yang berbeda, tidak di tempat yang sama, Anda perlu untuk merubah pengaturan nameserver domain Anda.

Merubah pengaturan ini bertujuan agar domain Anda bisa mengarah ke akun web hosting Anda. Perubah nameserver ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu, 24 – 48 jam. Namun, seringkali hanya membutuhkan waktu 4-9 jam saja.
Memang memakan waktu yang lama karena setiap server dari DNS akan mengupdate informasi perubahan nameserver ini ke seluruh server yang ada di Dunia. Juga jangan pernah membagikan mengnai nameserver Anda ke siapapun. Hal ini karena dapat menyebabkan permasalahan.

Related Post :

popup image