Mengenal Apa itu Perbedaan Domain dan Hosting

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Kecanggihan dan kemudahan perkembangan inovasi teknologi berdampak banyak pada kehidupan sosial saat ini. Cara manusia berkomunikasi menjadi lebih praktis, cepat dan efisien. Begitu juga kemudahan mencari informasi, melakukan pembelian online maupun hanya sekedar berselancar saja dari situs web ke situs web lainnya.

Dengan banyaknya situs web yang ada, tentu saja didukung oleh banyaknya kemudahan dalam pembuatan website itu sendiri. Mulai dari website e-commerce, website berisi panduan- panduan, website perusahaan dan bisnis, website pribadi, website portfolio dan lainnya. Setiap orang bisa membuat situs website mereka sendiri dengan berbagai latar belakang dan alasan. Karena untuk mewadahi keinginan banyak yang hendak membuat website inilah muncul banyak jasa layanan yang menyediakan domain, hosting dan server

Domain dan hosting biasanya sering dijadikan suatu kesatuan dan saling menunjang satu sama lain, tetapi sebenarnya hal ini adalah dua unit yang berbeda. Sebelum membuat situs web, Anda harus menentukan domain dan hosting sebagai tahap awal penciptaan website. Kedua hal ini bersama server ini mempunyai keterkaitan erat terlebih bagi mereka yang mempunyai website dengan skala besar.

 

Mengenal Apa itu domain

 

Nama domain adalah string identifikasi yang mendefinisikan ranah otonomi administratif, wewenang atau kendali dalam Internet. Nama domain digunakan dalam berbagai konteks jaringan dan untuk penamaan dan tujuan pengalamatan khusus aplikasi. Secara umum, nama domain mengidentifikasi domain jaringan, atau mewakili sumber daya Protokol Internet (IP), seperti komputer pribadi yang digunakan untuk mengakses Internet, komputer server yang hosting situs web, atau situs web itu sendiri atau layanan lainnya dikomunikasikan melalui internet. Pada 2017, 330,6 juta nama domain telah didaftarkan. 

Sebuah domain dibentuk oleh aturan dan prosedur Sistem Nama Domain (DNS). Setiap nama yang terdaftar dalam DNS adalah nama domain. Nama domain disusun dalam level subordinat (subdomain) dari domain root DNS, yang tidak bernama. Kumpulan nama domain tingkat pertama adalah domain tingkat atas (TLD), termasuk domain tingkat atas generik (gTLD), seperti com domain terkemuka, info, net, edu, dan org, dan kode negara atas -level domains (ccTLDs). Di bawah ini domain tingkat atas dalam hirarki DNS adalah nama domain tingkat kedua dan ketiga yang biasanya terbuka untuk reservasi oleh pengguna akhir yang ingin menghubungkan jaringan area lokal ke Internet, membuat sumber daya Internet lain yang dapat diakses publik atau menjalankan situs web.

Registrasi nama-nama domain ini biasanya dikelola oleh pendaftar nama domain yang menjual layanan mereka kepada publik. Nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat (FQDN) adalah nama domain yang sepenuhnya ditentukan dengan semua label dalam hierarki DNS, karena tidak ada bagian yang dihilangkan. Label dalam Sistem Nama Domain tidak peka huruf besar-kecil, dan karenanya dapat ditulis dalam metode huruf besar apa pun yang diinginkan, tetapi kebanyakan nama domain ditulis dalam huruf kecil dalam konteks teknis. 

Baca Juga : Tips Memilih Domain dan Hosting yang Cocok untuk Website Anda

 

Mengenal Apa itu Hosting

 

Layanan web hosting adalah jenis layanan hosting Internet yang memungkinkan individu dan organisasi untuk membuat situs web mereka dapat diakses melalui World Wide Web. Host web adalah perusahaan yang menyediakan ruang pada server yang dimiliki atau disewa untuk digunakan oleh klien, serta menyediakan konektivitas Internet, biasanya di pusat data. Penyedia jasa host web juga dapat menyediakan ruang pusat data dan konektivitas ke Internet untuk server lain yang terletak di pusat data mereka yang disebut colocation.

Hosting juga memberi pengaruh besar bagi adanya beragam fitur pada situs web dengan ruang penyimpanannya yang besar yang berbentuk file pada jaringan komputer. Rupa fisik dari sebuah hosting disebut dengan istilah server. Banyak dari kumpulan server ini mempunyai fungsi seperti perangkat PC biasa prosesor, hard disk, RAM dan lainnya. Pengguna juga dapat menyesuaikan bentuk server dengan kebutuhan mereka agar mudah untuk disimpan pada penyimpanan khusus server. Server jua selalunya aka berhubungan dengan hosting yang akan terhubung dengan pusat jaringan internet di seluruh dunia.

Baca Juga : Peningkatan Pengguna Domain .ID Meningkat dibandingkan .CO.ID

 

Perbedaan antara domain dan hosting

Meski jarang terlihat atau tidak begitu dipahami secara detil, ada beberapa perbedaan yang di antara domain dan hosting. Perbedaan- perbedaan ini dapat di lihat dari fungsi, sifat dan aspek dasar penggunaan lainya sebagai berikut :

 

  1. Fungsi

    Perbedaan mendasar di antara domain dan hosting adalah fungi, domain maupun hosting mempunyai fungsi yang sangat berbeda. Ini merupakan hal yang dapat meragukan bagai mereka yang awam namun perbedaan ini dapat terlihat jika Anda telah mengetahui lebih dalam dan seksama tentang definisinya.
     
    Fungsi dasar hosting adalah menyimpan data dalam perangkat komputer yang terkoneksi dari pusat penyimpanan satu ke pusat penyimpanan lainnya di seluruh jaringan dunia. Meski tugas utamanya adalah menyimpan data tetapi penyebutannya akan berubah berbeda apabila fungsi dan penggunaannya juga ikut berubah. Hosting yang ada pada komputer umumnya tidaklah memerlukan dukungan kinerja dari server, tapi kasus ini akan menjadi berbeda ketika hosting digunakan sebagai tempat kumpul dan penyimpanan data pada suatu situs web yang kemudian disebut dengan web hosting.
     
    Sedangkan pada domain adalah memiliki fungsi dasar utama sebagai media untuk mempermudah akses penamaan suatu situs web yang akan mengerahkan pencari kepada alamat IP (IP address). Berkat adanya domain ini, perangkat akan langsung terhubung secara otomatis ke alamat server hosting. Walau kedua hal ini sangat berbeda, fungsi -fungsinya tetaplah mempunyai keterkaitan yang kuat.

  2. Bentuk fisik

    Perbedaan domain dan hosting yang juga mendasar berikutnya adalah melalui perbedaan bentuk (rupa) fisiknya. Secara umum hosting yang biasa berupa hosting pada komputer, dapat dilihat dari bentuk fisiknya yang tidak asing di kehidupan harian. Hosting pada komputer ini adalah kelompok kumpulan perangkat keras maupun perangkat lunak seperti hard disk, prosessor , hard disk dan bagian internal komputer lainnya.
     
    Bentuk hosting yang ada pada jaringan situs web akan terlihat jauh lebih besar, luas, dan tak kasat mata. Setiap yang hendak mengakses hosting web ini akan memerlukan akses dan koneksi internet yang mempunyai kecepatan tinggi dan stabil agar tidak mengalami gangguan.
     
    Sedangkan berbeda dengan hosting, bentuk domain adalah berupa tulisan URL yang akan muncul berada di setiap nama belakang setiap situs web. Domain ini yang nantinya akan memberikan, membaca dan membawa arahan serta petunjuk jika suatu situs berada di bawah naungan entitas tertentu. Kepemilikan situs web juga sangat beragam tergantung dari pilihan yang dipilih penggunanya seperti .com, .net, id. serta lain sebagainya.

  3. Tugas dan kegunaannya

    Sebagai ruang tempat penyimpanan data, hosting adalah pilihan yang tepat karena kemampuannya yang besar serta luas untuk menyimpan file data, video, gambar, dokumen dan lain sebagainya. Hosting juga mampu membuat sebuah situs web menjadi bervariasi dengan bermacam fitur- fitur mulai dari fitur yang mampu menampilkan gambar, video dan ikon- ikon.
     
    Hosting juga bertugas untuk menjaga kestabilan koneksi selama situs web diakses oleh banyak pengguna tak terbatas secara online. Tapi kemudahan akses cepat dan stabil ini juga mempunyai keterbatasan mengikut seberapa besarnya ruang pada server hosting yang disediakan setiap situs web.
     
    Secara umum pula domain mempunyai tugas serta kegunaan yang diperlukan user untuk dapat masuk mengakses server hosting. User tidak akan dapat terhubung ke sebuah jaringan ruang penyimpanan data server tanpa adanya bantuan URL domain. Situs web juga tidak dapat dikembangkan dan diluncurkan tanpa adanya domain karena tugas dasar domain tersebut adalah mengarahkan semua pencarian kepada alamat IP.

  4. Cara pengembangan domain dan hosting

    Web developer mempunyai tugas yang berbeda jika menyangkut perbedaan hosting dan hosting. Domain akan sangat mempengaruhi kegunaan sebuah server hosting begitu juga sebaliknya yaitu hosting akan membawa pengaruh pada domain. Pengaruh ini juga akan bergantung pada proses pengembangan server hosting dan domain yang digunakan.
     
    Nama akhiran domain yang biasa atau lazim dipakai dan cukup terkenal seperti .com, net atau .co.id mempunyai lebih banyak jaringan perangkat komputer yang terhubung langsung pada server hosting. Kecepatan akses setiap hosting juga dipengaruhi oleh kapasitas ruang simpan yang disediakan karen sebuah situs web akan ramai dikunjungi apabila mempunyai nama akhiran domain yang bagus juga kapasitas hosting yang besar.

Baca Juga : Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, dan Server VPS

Kesimpulan dan penutup

Domain dan hosting biasanya datang dalam paket yang mempunyai tambahan tawaran menarik lainnya di dalam bundle yang disediakan oleh jasa layanan web hosting provider seperti IDCloudHost. Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan website Anda. Situs web yang bergerak dalam bidang penjualan besar sebaiknya memakai paket yang juga mampu memenuhi kebutuhan traffic kunjung yang tinggi juga.

Anda juga harus memperhatikan pemilihan nama belakang domain Anda, pilihlah .com, .net. atau .co.id yang lebih umum dn mudah digabungkan dengan nama domain website Anda. Hindari memakai nama belakang domain yang tidak lazim dan aneh untuk menghindari website Anda terkena indeks atau dibaca sebagai situs web yang berbahaya atau spam.

Selaraskan paket hosting dan domain Anda dengan kegunaan website Anda. kebutuhan website pribadi tentu juga sangat berbeda dengan kebutuhan website bisnis, perusahaan atau website yang akan dipenuhi konten berat seperti video dan gambar. Karena setiap website nantinya akan menampilkan masing- masing karakter, kebutuhan dan penanganan yang beragama pula.

Related Post :