Perbedaan OS Marshmallow VS Nougat pada Android

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Saat kamu ingin membeli handphone baru, tentu saja kamu mengecek spec yang dimiliki calon handphone yang akan kamu bawa pulang. Mulai dari RAM, memori, OS, kamera, dan mencari keunggulan jejeran handphone yang di sodorkan. Terutama saat kamu memilih untuk menggunakan Android kamu akan menanyakan, “ini OS nya sudah apa?”. Kebanyakan Handphone keluaran terbaru memiliki OS Marhsmallow atau Nougat, tetapi tidak banyak yang mengetahui perbedaan kedua OS tersebut.

OS Android 6.0 marshmallow dan android 7.0 Nougat keduanya OS yang diluncurkan oleh Google. Perbedaan dari kedua OS ini yaitu Multi Window, doze mode, direct replay, bundled notification, dan quick setting. Yuk, lihat lebih mendalam lagi.

Multi window

Pada android Nougat, pengguna lebih dimanjakan lagi dengan fitur multi-window atau bisa di sebut opsi dua layar. Dengan fitur multi window ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi pada android 2 sekaligus secara bersamaan tanpa harus meminimize salah satu program yang dibuka. Fitur ini sudah ada pada OS Marhsmallow juga, namun pada OS Nougat fitur ini lebih di sempurnakan.

Direct Reply

Fitur direct reply ini merupakan fitur android yang menampilan notifikasi pesan pada android baik itu inbox, chatting, atau pesan dimana kamu bisa langsung membalas notifikasi yang masuk hanya dengan mengklik notifikasi pada layar android. FItur ini juga sudah ada pada OS versi Marshmallow, namun pada versi Nougat fitur ini lebih di perbaiki lag.

Doze mode

Untuk fitur doze mode ini sendiri merupakan fitur yang sangat membantu bagi pengguna android saat kehabisan daya handphone yang di miliki. Doze mode ini merupakan fitur penghemat daya baterai pada android pada smartphone. Sama seperti fitur lainnya, fitur doze mode juga sudah ada pada versi Marshmallow namun di sempurnakan lagi pada versi Nougat. Ketika kondisi baterai kamu melemah fitur doze mode ini akan langsung menghilangkan beberapa kinerja smartphone kamu yang membuat baterai kamu semakin melemah.

Bundled Notification

Untuk yang satu ini merupakan fitur terbaru dari versi Nougat. Saat kamu sedang menggunakan smartphone kamu, datang notifikasi pesan dari 5 orang berbeda namun hanya akan menampilkan satu notifikasi saja mengatakan kamu memiliki pesan dari 5 orang dari suatu aplikasi. Dan pada vitur ini kamu hanya perlu membuka notifikasi saja tanpa harus repot membuka aplikasinya.

Quick Setting

Quick setting termasuk fitur terbaru yang ada di versi Nougat. Fitur ini membantu dan memudahkan kamu dalam menyesuaikan beberapa aplikasi dalam satu kotak atau bisa menyesuaikan aplikasi apa saja yang sering kamu buka dalam satu kotak tersebut.

Itulah sedikit dari perbandingan OS versi Marshmallow dan OS versi Nougat, semoga bermanfaat.

Related Post :