Perbedaan Website dan Aplikasi: Fungsi dan Manfaatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Semua yang berselancar di dunia maya pasti pernah mengunjungi situs website, hanya saja sebagian justru tidak menyadari bahwa yang mereka kunjungi itu adalah website. Situs website sendiri bisa diartikan sebagai sebuah atau sekumpulan halaman web yang bisa diakses oleh publik dan berkaitan satu sama lain dalam domain, situs ini biasanya dimiliki oleh orang pribadi atau perusahaan.

Sedang aplikasi merupakan perangkat lunak yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, sebab smartphone maupun komputer pasti memiliki aplikasi. Apalagi dalam smartphone yang notabene isinya aplikasi, sudah dimiliki oleh banyak orang di dunia. Tidak memandang usia, bahkan anak usia kanak-kanak sudah menggunakan gadget dan tidak sedikit yang mahir menggunakan beberapa aplikasi yang ada.

Seringkali keduanya keliru dalam membedakannya, bahkan tak jarang ada yang menganggap keduanya sama. Sehingga untuk mengetahui perbedaan keduanya Anda bisa membaca artikel ini sampai habis, dan mengetahui perbedaan dan fungsi serta manfaat dari website dan aplikasi.

 

Pengertian Apa Itu Website

Situs web memiliki variasi yang hampir tidak ada habisnya, termasuk situs untuk tujuan pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan sebagainya. Halaman-halaman dalam situs web biasanya merupakan campuran teks dan media lain. Meskipun demikian, tidak ada aturan yang mengatur bentuk situs web, namun, banyak situs mengikuti pola standar beranda yang tertaut ke kategori dan konten lain di dalam situs web.

Homepage atau hanya “home” mewakili halaman utama dari situs itu sendiri. Seringkali, beranda adalah semacam “hub” dari mana semua halaman lain dapat diakses. Halaman web internal tempat beberapa halaman lainnya ditautkan dalam struktur yang koheren seperti kategori topik tertentu disebut “halaman induk”. Setiap halaman adalah satu dokumen HTML, dan semuanya terhubung melalui hyperlink atau hanya “link” yang dapat digabungkan dalam bilah navigasi untuk kemudahan penggunaan.

Bilah navigasi ditampilkan di setiap laman, bukan hanya beranda, dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat berpindah ke seluruh struktur situs web utama. Bagian penting lainnya dari kebanyakan situs web adalah footer, yang merupakan bagian berulang yang ditemukan di bagian bawah setiap halaman. Biasanya footer berisi tautan eksternal yang menunjuk ke situs web serupa dan sumber daya eksternal lainnya, bersama dengan info penting lainnya seperti penafian, tautan ke persyaratan layanan, kebijakan privasi dan halaman kontak, serta alamat fisik perusahaan yang memiliki situs tersebut. Situs web di hosting di server, dan memerlukan browser web seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer untuk dikunjungi baik di komputer atau perangkat seluler. Sebuah situs web dapat diakses secara langsung dengan memasukkan alamat URL-nya atau dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google atau mesin pencari lainnya.

 

Baca Juga  :    Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi

 

Mengenal Pengertian Aplikasi

Perbedaan Website dan Aplikasi: Fungsi dan Manfaatnya
 

Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android, yang menawarkan layanan aplikasi. Aplikasi sendiri adalah dasar dari ekonomi seluler. Sejak kedatangan iPhone pada 2007 dan App Store pada 2008, aplikasi telah menjadi cara utama pengguna memasuki revolusi ponsel cerdas atau smartphone.

Selain itu, aplikasi telah membantu menciptakan sejumlah industri multi-miliar dolar. Misalnya, game seluler sekarang menghasilkan pendapatan lebih dari $ 30 miliar per tahun, sementara aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook secara besar-besaran berkontribusi pada pendapatan multi-miliar dolar mereka setiap kuartal.

Peningkatan popularitas besar-besaran ini berdampak langsung bagi pengiklan. Penggunaannya yang meluas membuat penggunaan seluler sebagai saluran periklanan utama menjadi semakin penting bagi perusahaan. Baik perusahaan menghasilkan bisnis melalui aplikasi atau iklan di perangkat seluler, aplikasi telah menjadikan iklan seluler sebagai industri yang berharga dalam skala global. Disamping itu, aplikasi seluler juga penting karena keserbagunaannya yang bisa membantu banyak kemudahan dalam kehidupan masyarakat.

 

Perbedaan Website dan Aplikasi

Keduanya sering salah diartikan sehingga menimbulkan salah pengertian, meski sama-sama bisa diakses dengan gadget namun keduanya memiliki perbedaan. Berikut ulasan mengenai perbedaan keduanya.

 

  • Website

    Merupakan halaman web atau situs web yang berisi kumpulan informasi, biasanya website langsung bisa diakses melalui web browser.

  • Aplikasi

    Ia juga merupakan software berupa halaman web yang bisa langsung diakses menggunakan web browser, namun biasanya aplikasi bisa diakses setelah terunduh dan dipasang pada perangkatnya. Untuk pengguna iOS Anda bisa mengunduhnya pada App Store, dan unduh melalui Play Store bagi pengguna Android. Kadang kala ada aplikasi yang hanya kompatibel pada iOS, begitu pula sebaliknya hanya bisa digunakan pada Android. Anda harus cermat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Baca Juga  :   Pengertian Website : Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaat Website

 

Fungsi dari Aplikasi

Perbedaan Website dan Aplikasi: Fungsi dan Manfaatnya
 

Sesuai dengan pengertian aplikasi, fungsi aplikasi tentu tak jauh dari tujuan diciptakannya. Yakni memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai bidang kehidupan. Dari hal tersebut dapat diperoleh berbagai fungsi aplikasi untuk berbagai bidang kehidupan, diantaranya :

 

  • Bidang Ilmu Pengetahuan

    Dalam bidang yang satu ini, aplikasi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang ilmu pengetahuan. Aplikasi tersebut juga dapat dikembangkan guna membantu seseorang melakukan penelitian. Salah satu contoh penerapannya adalah aplikasi yang dapat mempertemukan siswa dengan guru atau pengajar privatnya.

  • Bidang Pendidikan

    Aplikasi ini berfungsi sebagai bahan pengajaran. Contoh penerapannya seperti Microsoft PowerPoint yang dapat menyaksikan berbagai jenis materi di bidang pendidikan yang tidak hanya sekedar tulisan saja. Akan tetapi juga dapat berupa video, audio, animasi-animasi, dan lainnya sehingga suasana belajar mengajar pun akan lebih menarik dan menyenangkan.

  • Bidang Kedokteran

    Aplikasi pada bidang kedokteran yang satu ini dapat berfungsi untuk membantu para dokter di berbagai hal. Mulai dari mendiagnosa penyakit, meracik obat, menjadwalkan perawatan, dan lain sebagainya. Saat ini sendiri sudah ada banyak aplikasi yang dikembangkan dalam bidang kedokteran.

  • Bidang Militer

    Aplikasi pada bidang militer dapat berfungsi sebagai pengontrol pesawat. Dengan begitu, tidak ada lagi pengontrolan secara manual. Alhasil, ketetapan informasi kontrol tersebut akan lebih optimal jika dibandingkan dengan melakukannya secara manual.

  • Bidang Bisnis

    Jika dilihat dari bidang bisnis, maka aplikasi dapat berfungsi sebagai alat bantu menghitung besarnya keuntungan dengan lebih cepat, mudah, dan akurat. Dengan begitu, seseorang yang menekuni bisnisnya tidak perlu menghabiskan waktu lama hanya untuk sekedar menghitung angka karena aplikasi sudah dapat menggantikan kinerjanya.

 

Fungsi dari Website

Fungsi dan manfaat sebuah situs web berbeda-beda tergantung dari kebutuhan pemilik situs web. Sebuah website bisa memiliki tujuan multi-segi dengan banyak tujuan dan sasaran situs web yang berbeda, atau bisa memiliki satu tujuan tunggal dan satu tujuan tunggal saja. Berikut ini bagian terkecil fungsi atau manfaat dari pembuatan situs- situs web:

 

  1. Menghasilkan Uang

    Tujuan paling umum dari situs web bisnis adalah menghasilkan uang karena saat ini seluruh dunia sedang online. Konsumen menjadi lebih nyaman memasukkan informasi kartu kredit mereka dan membeli barang secara online. Dimana konsumen berada adalah tujuan bisnis, karena konsumen menghabiskan sebagian besar uang mereka secara online sekarang, bisnis mulai membangun situs web untuk menargetkan pembeli ini.

  2. Menjual Produk

    Salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menjual produk fisik atau digital. Dengan menjadikan perjalanan pelanggan semudah dan semulus mungkin, bisnis terbukti telah dapat menghasilkan jutaan secara online dari menjual produk kepada pengguna online. Contoh nyatanya adalah e-commerce dan situs website affiliate.

  3. Menjual Jasa

    Di samping menjual produk, muncul pula layanan penjualan. Di sinilah situs web digunakan untuk menghasilkan kesadaran, arahan, dan penjualan online untuk layanan yang akan diberikan oleh bisnis yang memiliki situs web tersebut. Pada akhirnya, situs web memang digunakan untuk menjual layanan baik itu bisnis kecil, lokal, atau perusahaan multinasional besar, tujuan situs web bisnis ini adalah untuk meningkatkan posisi dan image brand secara online.

  4. Alternatif Hemat

    Di ujung lain dari spektrum penghasil uang adalah spektrum penghemat uang mengingat saat ini, situs web sangat murah dan relatif mudah dibuat. Pengembalian investasi untuk membuat situs web bisnis bisa sangat besar, dan menghemat uang Anda dalam jangka panjang untuk biaya overhead, tenaga penjualan, biaya kantor, dan banyak lagi. Faktor inilah membuat cara belanja konvensional seperti ke toko telah berkurang dengan ramainya pelanggan yang berbelanja online melalui website sehingga brand bisa menghemat pengeluaran menyewa toko.

  5. Membangun Kehadiran Online

    Zaman digitalisasi ini menuntut banyak brand maupun individu untuk hadir secara online maka dari itu kehadiran online sangat berpengaruh pada saat ini. Karena itu, perilaku konsumen dan brand pun turut berubah. Sebagian besar konsumen meneliti produk atau layanan secara online sebelum mereka membuat keputusan pembelian. Jadi jika sebagai pemilik bisnis kecil, jika bisnis Anda tidak dapat ditemukan secara online, Anda berpotensi kehilangan uang dalam jumlah besar. Situs web digunakan untuk mengurangi risiko ini dan membangun kehadiran online untuk bisnis kecil Anda.

  6. Branding

    Situs web adalah pusat bisnis Anda yang dengan pemikiran ini, sebagian besar bisnis menggunakannya sebagai cara untuk lebih membangun merek mereka. Mereka dapat menambahkan gambar, video, cerita, apapun yang mereka inginkan. Ini adalah cara yang bagus untuk lebih meningkatkan brand Anda dan mengkomunikasikan kepada audiens apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda perjuangkan dalam hal bisnis Anda.

  7. Hiburan

    Televisi merevolusi cara kita mencari hiburan karena sekarang kita semua memiliki televisi portabel di saku kita, masuk akal jika hiburan kita beralih ke perangkat ini. Audiens tidak lagi mengandalkan televisi dirumah untuk hiburan mereka karena dengan adanya situs- situs web hiburan, mereka tetap dapat terhibur dimana saja dan kapan saja.

 

Baca Juga   :   Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisa dikatakan bahwa website dan aplikasi adalah dua hal yang berbeda, secara fungsinya situs web adalah apa yang bisa dikerjakan dan dilakukan oleh web. Sedangkan aplikasi biasa digunakan untuk memudahkan seseorang melakukan pekerjaannya, aplikasi umumnya memiliki tutorialnya sendiri sehingga mudah untuk digunakan. Aplikasi umumnya juga lebih spesifik penggunaannya untuk kinerja tertentu, sedangkan website biasa digunakan dengan menggunakan sambungan internet secara penuh.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara offline, sehingga Anda hanya perlu memakai data seluler untuk mengunduh aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Sedangkan pada website Anda bisa menggunakannya tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu, namun aplikasi tidak bisa digunakan tanpa mengunduh dan menginstalnya di perangkat.

Related Post :