Perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia dan Peluangnya di Tahun 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat mengubah banyak hal, termasuk dalam segi pola pikir dan gaya hidup yang ikut berubah. Pesatnya perkembangan itu juga berpengaruh pada ekonomi masyarakat, secara tidak langsung mereka dituntut untuk bisa bergerak aktif dan kreatif untuk mendukung penghasilan mereka sendiri.

Kondisi perekonomian ini juga berpengaruh dalam ide-ide yang muncul dalam menjalankan bisnis, maka tidak heran jika banyak sekali ide yang muncul beberapa tahun belakangan dalam dunia bisnis. Contohnya pada tren kedai kopi yang semakin marak, hampir di beberapa titik di suatu daerah ada saja kedai kopi dengan konsep yang sedikit berbeda.

Jika Anda senang memikirkan ide-ide kreatif untuk membuat produk-produk bisnis, berinovasi dan menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya. Bisa dikatakan Anda cocok jika terjun ke dunia ekonomi kreatif yang semakin marak di Indonesia, mengingat perkembangan dunia yang semakin dinamis menuntut manusia untuk menjadi kreatif dan inovatif untuk melakukan segala kegiatan ekonomi.

 

Mengenal Apa Itu Ekonomi Kreatif

Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengidentifikasikan informasi dan kreativitas dengan banyak mengandalkan ide- ide juga pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi paling utama. Konsep ini kemudian didukung dengan adanya keberadaan industri kreatif sebagai wadah nyatanya.

Dengan adanya Ekonomi Kreatif terbukti banyak membantu pertumbuhan ekonomi karena banyaknya pengusaha kreatif yang berhasil menuangkan ide dan kreativitas mereka serta mendapatkan dukungan pemerintah. Hasil melonjaknya ekonomi membuat banyak negara mendukung para pelaku sektor kreatif dan berharap Ekonomi Kreatif akan menjadi salah satu pilar pemasukkan dan perekonomian negara tersebut.

 

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia dan Peluangnya di Tahun 2021
 

Ada beberapa hal yang mencirikan ekonomi kreatif, berikut ulasannya.

 

  • Kreasi Intelektual

    Ciri satu ini erat hubungannya dengan ide dan inovasi, sehingga produk yang dihasilkan pun umumnya unik, orisinil, serta menginspirasi banyak orang.

  • Penyediaan Produk

    Bisnis kreatif umumnya menyediakan banyak jenis produk termasuk juga produk langsung dan tak langsung, produk langsung merupakan produk yang bisa dilihat dan juga dibeli secara fisik. Sedangkan produk tak langsung akan berbentuk jasa atau industri online.

  • Berdasarkan Ide

    Nyawa dari industri kreatif tentunya adalah ide, akan sangat sulit untuk berkembang hingga menjadi sektor penting dalam kehidupan perekonomian Indonesia jika industri kreatif tidak memiliki ide. Sehingga ide memiliki peran penting dalam jalannya ekonomi kreatif seseorang.

 

Baca Juga  :     Tantangan UMKM di Indonesia pada Tahun 2021 yang Perlu diketahui

 

Contoh Usaha Ekonomi Kreatif

Banyak usaha yang bisa dijalankan menggunakan konsep ekonomi kreatif, lantas apa saja contoh usaha tersebut. Berikut ulasannya.

 

  1. Advertising (Periklanan)

    Membuat sebuah iklan tentu membutuhkan orang yang memiliki ide kreatif, sebab iklan yang menarik akan bisa menggaet konsumen. Bidang periklanan ini bisa jadi ajang untuk pelaku ekonomi kreatif menunjukkan kemampuannya, selain membutuhkan ide-ide kreatif yang dituangkan dalam media iklan Anda juga tetap harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Iklan bisa diletakkan dalam media elektronik seperti pada telepon pintar, televisi, media cetak hingga ke media sosial, masuknya konsep ekonomi kreatif ke dalam iklan akan menghasilkan iklan yang terlihat berbeda dan menarik.

  2. Arsitektur

    Konsep pada ekonomi kreatif juga bisa diterapkan dalam bidang pembangunan atau arsitektur, zaman sekarang banyak sekali peminat dari kosep hunian unik dan kreatif sehingga ide-ide kreatif yang ada bisa dijadikan ajang untuk mengembangkan usaha dalam ekonomi kreatif. Konsep ekonomi kreatif ini tidak hanya berlaku pada hunian tempat tinggal saja, tetapi juga pada perencanaan kota, pembangunan taman kota, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bisa dibilang bahwa konsep ekonomi kreatif bisa masuk ke semua bidang arsitektur.

  3. Pasar Barang Seni

    Seni tentu berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif, kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Konsep ekonomi kreatif bisa ditambahkan oleh para seniman dalam kehidupan sehari-harinya, entah itu saat lelang atau mengadakan pameran seni.

  4. Craft (Kerajinan)

    Kerajinan umumnya dibuat dengan cara yang tradisional, umumnya jumlah yang dihasilkan tidak banyak hanya sesuai dengan kebutuhan. Sumber daya manusia dalam hal ini juga mempertimbangkan dari segi kualitas produk yang dihasilkan, sehingga sumber daya yang terpilih haruslah memiliki kemampuan dan ide yang kreatif agar kerajinan yang dihasilkan akan terus memiliki kualitas yang bagus.

  5. Desain

    Sumber daya manusia yang kreatif pasti dibutuhkan dalam bidang satu ini, untuk mendesain sebuah produk, desain interior, dan lainnya akan sangat dibutuhkan kreativitas dalam pembuatannya.

 

Baca Juga   :    Peluang dan Ide Bisnis di Tahun 2021 Saat Pandemi (COVID-19)

 

Manfaat dari Ekonomi Kreatif

Perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia dan Peluangnya di Tahun 2021
 

Berikut ulasan terkait beberapa manfaat yang diberikan dengan adanya Ekonomi kreatif.

  • Menciptakan lapangan kerja.
  • Membentuk masyarakat menjadi lebih kreatif.
  • Membantu mengurangi angka pengangguran.
  • Meningkatkan inovasi yang berada di berbagai bidang.
  • Terciptanya kompetisi bisnis yang sehat.

 

Peluang Usaha Kreatif Tahun 2021

Bisnis dan peluang di tiap tahunnya tidaklah jauh berbeda, apalagi jika dihubungkan dengan ekonomi kreatif. Para pelakunya pastilah orang-orang dengan ide kreatif yang tinggi, sehingga mereka bisa memodifikasi peluang yang ada dan ditambahkan dengan strategi kreatif lain untuk tetap memberikan pembaruan pada bisnis mereka. Namun terkadang alasan utama orang tidak juga memulai bisnis adalah tidak adanya peluang usaha kreatif yang cocok baginya, serta takut dengan minimnya jumlah pelanggan. Ditambah dengan kondisi covid saat ini yang bisa menghambat segala peluang ekonomi yang ada, berikut beberapa peluang yang cukup menjanjikan untuk Anda.

 

  1. Menjual Secara Online

    Peluang satu ini bisa jadi bahan referensi Anda untuk memulai berbisnis, produk kreatif yang Anda buat bisa dijualkan dengan cara online tanpa membutuhkan biaya yang besar untuk menyewa toko, menyebarkan flyer, dan hal lain yang membutuhkan pengeluaran besar. Menjual secara online bisa Anda manfaatkan berbagai platform penjualan online yang cukup efektif untuk pebisnis pemula, bekali penjualan tersebut dengan strategi yang baik.

  2. Menjadi Dropshipper

    Jika menjual produk secara online mengharuskan untuk stok barang dan itu memberatkan Anda, bisa coba dengan menjadi seorang dropshipper. Pekerjaan satu ini dilakukan dengan menawarkan barang milik orang-orang atau toko tanpa harus melakukan penyetokkan terlebih dahulu, tapi perlu diingat untuk memilih distributor yang kredibilitas bagus.

  3. Influencer dan Afiliasi

    Ide menjadi influencer mungkin sedikit membutuhkan effort mengingat Anda harus membangun personal branding dan memiliki akun dengan jumlah pengikut yang banyak terlebih dahulu, namun jika sudah berhasil melewati langkah awal tersebut jaringan bisnis yang dimiliki akan sangat bagus. Karena akan ada banyak brand yang menggunakan jasa Anda untuk mempromosikan produk mereka.

  4. Usaha Katering Makanan

    Usaha satu ini juga cukup menjanjikan, mengingat tidak perlunya Anda membangun tempat yang luas tetapi bisa hanya dilakukan di rumah. Usaha rumahan satu ini dibutuhkan keahlian memasak bagi sumber daya manusianya, karena makanan tentu penilaian langsung diterima dari konsumen Anda.

  5. Jasa Laundry

    Jenis pekerjaan satu ini juga bisa dilakukan hanya di rumah saja, namun untuk meningkatkan profit dari usaha Anda tentu juga perlunya untuk mempertimbangkan sisi lokasinya. Misalkan dengan membuka usaha laundry di sekitaran kampus yang notabene mahasiswanya berasal dari luar daerah, sehingga harus menyewa tempat tinggal atau kost dan menggunakan jasa Anda untuk mencuci pakaian mereka.

  6. Content Writer

    Anda menyukai dunia tulis menulis mungkin bisa menyalurkan bakat dan hobi Anda tersebut menjadi peluang usaha yang bagus, misalnya dengan menjadi penulis blog atau content writer yang belakangan banyak dibutuhkan. Selain itu masih banyak website yang menyediakan peluang tersebut untuk Anda memanfaatkan bakat tersebut.

 

Baca Juga  :    Mengenal Ekonomi Kreatif, Ciri- Ciri dan Perkembangannya di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisnis yang berjalan dengan baik adalah impian semua orang, sehingga banyak orang membutuhkan pengetahuan seperti apa kunci bisnis yang baik. Anda sebagai pelaku kreatif pemula harus pandai memanfaatkan peluang, jangan mudah menyerah saat usaha yang dilakukan gagal. Sehingga perlunya pemahaman terkait ekonomi kreatif, manfaatnya, jenis usahanya, dan lainnya.

Ke semua pembahasan tersebut sudah dibahas di atas, setelah memahami dasar-dasar dari ekonomi kreatif Anda bisa mulai menjalankan bisnis Anda. Jangan lupa untuk melakukan pembukuan pada bisnis yang sedang dijalankan, sebab pembukuan terkait pengeluaran, pemasukan, modal, catatan keuangan lain yang tidak tertata dengan baik dan tidak sesuai dengan pembiayaan yang terjadi tentu bisa berdampak pada bisnis Anda kedepannya.

Related Post :