Plugin untuk Visitor Counter Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Visitor counter merupakan menu atau tools yang banyak digunakan oleh pengguna website untuk menghitung seberapa banyak pengunjung dengan IP unik yang mengunjungi website milik Anda, selain itu juga terdapat tampilan yang mencantumkan jumlah halaman yang dibuka dalam hitungan hari, minggu bahkan mulai dari awal website tersebut diluncurkan. Biasanya visitor counter ini telah ada dan dimasukkan oleh tempat hosting atau blogging Anda secara otomatis, setiap visitor counter biasanya memiliki cara kerjanya masing-masing.

Secara umum visitor counter bekerja dengan menggunakan algoritma unik namun rumit untuk menghitung pengunjung dan hits sebuah website, ada yang penghitungannya mulai dari 7 sampai 10 detik pada tiap halaman web. Ada pula yang langsung menghitungnya tanpa melihat seberapa lama pengunjung berada di website Anda, bahkan tak jarang ada plugin visitor counter yang menghitung hits berdasarkan asal negara menggunakan IP pengunjung tersebut. Semua itu balik lagi kepada jenis plugin visitor yang Anda gunakan, karena setiap plugin tentu memiliki keunggulannya masing-masing.

Visitor counter bisa dibedakan menjadi fast counter dan slow counter jika berdasarkan dari lamanya pengunjung berada di halaman web, penghitungan pada fast counter yaitu hits dihitung saat itu juga. Sedangkan untuk slow counter, dengan minimal waktu pengunjung berada pada website dan telah ditetapkan sebelumnya. Jika dilihat sekilas fast counter bisa dinilai baik sebab mampu menghitung jumlah secara langsung, namun keduanya menghasilkan persepsi yang berbeda. Fast counter menghitung pengunjung tanpa mempedulikan apakah pengunjung tersebut benar-benar berada dalam website Anda atau hanya salah klik, sedangkan pada slow counter akan terhitung jika setiap IP unik milik pengunjung berada lebih lama dalam website dan kemungkinan besar mereka membaca isi dari website tersebut.

 

Plugin-plugin untuk Visitor Counter

Plugin untuk Visitor Counter Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Visitor Counter memiliki banyak plugin dengan berbagai keunggulannya masing-masing, Anda perlu menyesuaikan dengan fitur yang ingin Anda terapkan pada website, berikut beberapa plugin tersebut.

 

  1. WP Visitor Statistics

    Plugin satu ini akan membantu Anda dalam melakukan pelacakan pengunjung yang masuk ke dalam website, informasi yang ditampilkannya berupa tipe browser yang digunakan, lokasi, sistem operasi, IP Address hingga sumber referensi dari awal ia masuk. Fitur yang dimilikinya tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang proses dalam mengoptimasi data internal yang bisa dijadikan patokan untuk menentukan lokasi server atau data center yang paling bagus, hingga mampu melihat tipe konten yang dicari orang. Plugin ini tersedia secara gratis dan berbayar, Anda tinggal masuk ke dashboard admin WordPress dan masuk ke menu plugin untuk mencari plugin tersebut.

  2. Page Visit Counter

    dari sekian banyak developer yang menghadirkan plugin visitor counter, plugin satu ini berhasil menandinginya dengan penawaran berupa impresi pengguna. Tampilan yang diberikan pada Anda sangatlah intuitif, mudah dikustomisasi dan ramah pengguna, Anda perlu memeriksa hal ini di check box pada halaman pengaturan setelah melakukan aktivasi. Perbedaan yang cukup tampak pada plugin satu ini adanya kemampuan pencarian yang didasarkan pada judul halaman serta fasilitas untuk melihat tanggal artikel dipublikasikan. Ada fitur block IP tertentu untuk Anda yang memiliki admin lebih dari satu orang, hingga saat admin tersebut melakukan kunjungan tidak dihitung sebagai visitor organik.
     

    Baca Juga : Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

  3. WPS Visitor Counter Plugin

    Menjadi plugin visitor terbaik saat ini yang membantu pemiliknya untuk menampilkan jumlah pengunjung yang berhasil dihitung, bahkan beberapa blogger memanfaatkan ini sebagai ajang pamer kelihaian dalam mengelola website miliknya. Berbeda pula dengan publisher yang menjadikan kesempatan ini sebagai cara paling ampuh untuk menarik banyak advertiser, data yang bisa ditampilkan oleh plugin ini berupa jumlah user dalam hitungan perhari, jumlah pengunjung di hari sebelumnya, jumlah pengunjung dalam 7 hari hingga jumlah total keseluruhan pengunjung. Selain itu, ada juga tampilan yang bisa Anda lihat yaitu jumlah user aktif yang sedang berada dalam website dalam waktu bersamaan secara keseluruhan, lengkap dengan data IP Address, informasi browser yang digunakan, sistem operasi, dan lokasi negara pengguna tersebut.

  4. Visitor Traffic Real Time Statistics

    Popularitasnya yang sudah tidak diragukan lagi sebab penggunanya mencapai angka 40 ribu pengguna hingga saat ini, fitur jumlah pengguna yang aktif secara keseluruhan menjadi andalannya. Kelebihan lain yang dimilikinya berupa tampilan dashboard yang komprehensif, statistik perhitungan yang akurat, serta kemampuan menangkap query atau kata kunci yang sering digunakan pengunjung dari berbagai macam mesin pencari. Untuk mendapatkan fitur lainnya, Anda perlu membayar untuk pilihan versi pro nya.

  5. StatCounter – Free Real Time Visitor Stats

    Merupakan salah satu plugin yang memiliki jumlah pengguna lebih banyak dari plugin sebelumnya, ada lebih dari 100 ribu pengguna dengan rating kepuasan hampir mencapai angka lima. Salah satu faktor yang membuat plugin ini populer terletak pada fitur yang sangat banyak dan powerfull, Anda hanya perlu menginstal satu plugin ini saja untuk menikmati 29 fitur yang bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja dalam website. Untuk mendapatkan data statistik lengkap mulai dari data counter berdasarkan kata kunci, statistik online, page keluar, visit length, public stats hingga blocking cookies, bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mulai memilih plugin satu ini.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa itu Histats : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakanya

 

Mengenal Tampilan Visitor Counter

Plugin untuk Visitor Counter Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Ada beberapa plugin visitor counter yang memiliki menu sama secara keseluruhan, meski tetap menampilkan keunggulan yang berbeda-beda. Berikut sedikit ulasan yang biasa ada pada menu plugin visitor counter.

 

  • Visit Today

    Menu ini berisi laporan kunjungan yang terhitung pada hari ini, penghitungan disesuaikan dengan kunjungan di halaman website pada hari itu juga. Sifat laporan ini adalah harian, sehingga akan otomatis berganti sesuai dengan settingan per harinya.

  • Visit Yesterday

    Laporan pada menu ini berisi jumlah kunjungan atau akses di hari sebelumnya, jika visit today di setting 24 jam di hari tersebut makan visit yesterday adalah tampilan dari visit today yang sudah terlewat.

  • This Month

    Berisi laporan kunjungan dan akses yang terjadi dalam satu bulan berjalan, contohnya pada awal januari hingga akhir januari atau di bulan apa kunjungan itu berada. Setiap akses pengunjung itu akan masuk dalam hitungan laporan yang tersimpan selama satu bulan sebelum memasuki hitungan bulan baru, hitungan ini akan otomatis ter reset sesuai dengan settingan Anda.

  • This Year

    Tidak jauh berbeda dengan this month, hitungan menu ini masuk dalam laporan dalam jangka waktu satu tahun dan akan ter reset otomatis jika sudah melewati jangka waktu satu tahun.

  • Hits today

    Ini berisi laporan yang mengklik website Anda, semua hal yang di klik pengunjung menjadi penghitungan dan memiliki masa reset selama 24 jam berdasarkan settingan yang telah diatur sebelumnya.

  • Total Hits

    Hitungan yang masuk ke dalam menu ini adalah jumlah dari total klik yang dihitung sepanjang masa.

  • Who’s Online

    Berisi laporan atau pemberitahuan tentang siapa atau berapa jumlah user yang mengakses atau sedang mengunjungi halaman website Anda, ini terhitung secara real time atau saat itu juga.

 

Baca Juga  :   Plugin untuk Pop Up Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Visitor counter merupakan statistik pengunjung yang terdapat pada sebuah website atau blog digunakan untuk menghitung banyaknya pengunjung membuka halaman website Anda, penghitungannya bisa tiap jam, hari, minggu atau bahkan mulai dari awal website diluncurkan. Di blogger biasanya tersedia visitor counternya sendiri, namun website lainnya juga bisa menambahkan visitor counter melalui plugin yang tersedia atau meminta bantuan dari penyedia layanan website secara langsung.

Ada banyak plugin visitor counter yang bisa Anda gunakan, dari yang diberikan di atas Anda bisa tinggal menyesuaikan kebutuhan informasi dan data statistik yang diinginkan sesuai dengan website dan fitur yang ada. Sama dengan plugin lain yang bisa digunakan pada website, plugin visitor counter juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Sesuaikan plugin yang tersedia dengan budget yang Anda miliki, agar tidak mengalami kerugian. Karena website pemula, bisa saja belum membutuhkan plugin pro yang berbayar sehingga bisa Anda gunakan versi gratisnya dengan fitur yang ada.

Related Post :