Plugin WooCommerce dan Panduan Instalnya di WordPress

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Preferensi masyarakat untuk berbelanja online semakin meningkat sejak pandemi melanda tahun lalu. Oleh karena itu tidak mengherankan kalau situs web e-commerce besar telah memperluas jangkauan dan menguatkan service mereka dan toko- toko online kecil juga bermunculan. Salah satu platform yang umum dipakai baik situs web besar dan kecil adalah WordPress yang tangguh dengan berbagai plugin pendukung.

Sebagai platform terkenal dan utama, WooCommerce yang pertama kali pada tahun 2011, ini adalah plugin WordPress gratis yang ramah pengguna. Platform biasa WordPress biasa sekalipun dapat diubah menjadi situs web e-commerce yang mumpuni dan berfungsi penuh jika menggunakan plugin WooCommerce. Belum lagi plugin ini juga hadir dengan berbagai plugin lagi yang dapat memperluas fungsionalitas situs penggunanya.

Beberapa dukungan terbaik dari WooCommerce adalah termasuk solusi pemasaran, SEO, distribusi, pajak dan lain-lain. Menariknya meski hosting dan keamanan harus tetap dibayar terpisah, WooCommerce juga bekerja di banyak perangkat tidak seperti pesaingnya Shopify. Sima penjelasan singkatnya lebih lanjut dibawah ini jika Anda ingin menggunakan plugin populer ini demi mendukung toko online Anda.

 

Manfaat Menggunakan WooCommerce untuk Bisnis Online

Plugin WooCommerce dan Panduan Instalnya di WordPress
 

WooCommerce adalah plugin e-niaga untuk WordPress sehingga membuat pembuatan dan pengelolaan toko online menjadi sederhana dan mudah dinavigasi. Dengan tingkat fleksibilitas yang wajar dan beberapa fitur penting seperti inventaris dan manajemen pajak, pembayaran yang aman, dan integrasi pengiriman membuatnya menjadi populer. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan WooCommerce untuk bisnis online.

  • Kemudahan setup dan instal

    Menginstal WooCommerce sama seperti menginstal plugin lainnya dimana pengguna dapat mengunduhnya secara gratis dari direktori plugin WordPress, yang dapat diakses dari admin WordPress. Setelah plugin diinstal, wizard menjadi panduan Anda yang akan memandu Anda melalui serangkaian pertanyaan sehingga Anda dapat mengkonfigurasi toko online Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan desain toko Anda akan tergantung pada tema yang Adan pilih sehingga sebaiknya pilih tema yang sesuai dengan toko online Anda.

  • Fleksibel dan mempunyai skalabilitas terbaik

    Pengguna dapat menggunakan plugin dan ekstensi gratis atau premium untuk dapat meningkatkan fungsionalitas toko WooCommerce mereka. Ini berarti Anda dapat menyesuaikan toko online Anda agar sesuai dengan semua kebutuhan Anda. WooCommerce yang memiliki banyak plugin resmi yang tersedia di situs web mereka, akan memungkikan panggunanya dalam mendapatkan akses ke fitur manajemen toko, opsi pembayaran, alat pemasaran, alat pengiriman, dan banyak lagi. Anda juga dapat menjelajahi repository WordPress untuk lebih banyak lagi plugin yang kompatibel dengan WooCommerce.

  • Mempunyai opsi pengiriman

    Situs web e-commerce saat ini tidak hanya handal dalam menawarkan banyak produk atau mengkhususkan diri dalam ceruk penjualan tertentu, tetapi juga harus mempunyai alur pengiriman yang cepat dan aman. Faktor ini adalah faktor krusial karena pelanggan akan menilai toko online Anda dari poin ini. WooCommerce menawarkan opsi pengiriman bawaan yang berbeda untuk memenuhi semua kebutuhan sehingga pelanggan di toko Anda dapat memilih dari pengiriman lokal, tarif tetap, pengiriman internasional, atau pengambilan lokal.
    Ada juga opsi untuk menyembunyikan tarif pengiriman hingga pelanggan Anda memasukkan alamatnya. Anda dapat menambahkan fungsionalitas seperti pelacakan otomatis dan peningkatan penjualan setelah checkout menggunakan plugin.

  • Mempunyai fitur pendukung toko online terbaik

    Tidak mengherankan kalau plugin ini populer karena WooCommerce dikemas dengan semua fitur yang Anda butuhkan untuk menjalankan toko online yang sukses. Berikut adalah beberapa fitur yang mampu mendukung toko online mencapai produktivitas tertinggi mereka :
    a) Penggunanya dapat menjual produk atau layanan apa pun
    b) Mememungkinkan Anda untuk menambahkan atribut, tag, dan kategori produk
    c) Pengguna juga dapat menambahkan ulasan produk ke produk mereka
    d) Juga memungkinkan pengunjung toko Anda untuk memfilter produk berdasarkan jenis produk, peringkat bintang, popularitas keseluruhan, dan banyak lagi
    e) Memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan beberapa penyedia pembayaran seperti PayPal, kartu kredit, cash on delivery dan pembayaran lokal lainnya semisal GoPay, OVO dan lain- lain
    f) Sangat mudah untuk menyesuaikan tata letak menggunakan tema
    g) Memungkinkan Anda untuk memperluas fungsionalitas toko Anda menggunakan plugin

 

Baca Juga :    Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website

 

Panduan Instal WooCommerce di WordPress

Sama seperti plugin WordPress lainnya, WooCommerce dapat diinstal dan dihapus. Instalasi penuh dan konfigurasi WooCommerce di situs Anda adalah langkah opsional tambahan untuk membantu penyiapan penuh yang tersedia di Setup wizard. Hanya saja jangan lupa untuk meninjau persyaratan server sebelum instalasi atau Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakan WooCommerce. Dengan mengaktifkan WooCommerce, beberapa item ditambahkan ke situs Anda agar berfungsi dengan baik, yakni :

  • Item menu baru, jenis pos kustom, dan taksonomi untuk pesanan, produk, dan lainnya.
  • Widget dan kode pendek baru.
  • Peran pengguna untuk manajer toko dan pelanggan.

 

Baca Juga  :    Daftar Template Website Terbaik & SEO Friendly di Tahun 2021

 

Menonaktifkan dan menghapus plugin yang diinstal tidak menghapus data apa pun di database situs Anda meski memerlukan langkah destruktif tambahan. Berikutnya adalah melakukan instalasi melalui admin WordPress. Jika Anda memiliki situs yang sudah ada dan ingin menginstal WooCommerce, menggunakan Admin WordPress adalah opsi yang paling mudah karena cara ini lebih praktis dan instant. Ikuti langkah untuk menginstal WooCommerce dengan panduan :

  • Di WordPress, buka Plugin > Tambah Baru.
  • Cari WooCommerce.
  • Klik Instal Sekarang.
  • Klik Activate Now dan Anda siap untuk WooCommerce Wizard.

 

Saat WooCommerce diaktifkan untuk pertama kalinya, pengaturan Wizard kemudian WooCommerce akan menjadi layar berikutnya yang Anda lihat setelah mengklik “Aktifkan”. Ini membantu Anda mengatur dan mengkonfigurasi situs Anda dengan segala fungsionalitas yang ditawarkan dan dimiliki WooCommerce.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

 

Alternatif dan Pesaing WooCommerce

Plugin WooCommerce dan Panduan Instalnya di WordPress
 

Meski lebih banyak situs web e-commerce besar dan kecil memilih menggunakan WooCommerce bukan berarti plugin ini tidak mempunyai kompetitiro yang tidak kalah populernya. Sejatinya WooCommerce sendiri juga memiliki banyak pesaing yang dapat berkisar dari perangkat lunak sumber terbuka gratis hingga solusi tingkat perusahaan besar. Jika Anda tidak ingin menggunakan atau berpindah ke WooCommerce yang berada dibawah naungan WordPress, maka berikut opsi bait itu non atau juga masih termasuk bagian WordPress yang bisa Anda pertimbangkan :

  • iThemes Exchange (Plugin WordPress gratis)
  • WP e-Commerce (Plugin WordPress gratis)
  • Ecwid
  • Magento
  • Shopify

 

Baca Juga  :   Plugin untuk Visitor Counter Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Banyak situs web e-commerce akhirnya memutuskan untuk pindah dan menggunakan WooCommerce dimana proses untuk perpindahan ini tidaklah terlalu rumit. Meski bisa saja ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan tetapi dengan bantuan dan bimbingan seorang profesional Anda harus dapat melakukan transisi jika Anda adalah pemilik situs web belanja online yang belum terlalu mahir. Intinya adalah untuk memeriksa apakah data dapat dengan mudah diekspor dari platform e-commerce Anda saat ini. Jika tidak, pendekatan yang lebih praktis dan disesuaikan untuk migrasi akan diperlukan.

Bagi Anda yang memindahkan data Anda menggunakan WooCommerce ini, Anda ingin memastikan bahwa sebanyak mungkin riwayat pesanan, data pelanggan, dan produk Anda disimpan dalam transisi. Jika Anda ingin menggunakan alat canggih WooCommerce di situs baru atau untuk migrasi, Anda bisa menggunakan bantuan profesional. Semoga bisnis Anda bisa beroperasi lebih lancar dengan menggunakan plugin WooCommerce ini.

Related Post :