Plugin WooCommerce : Rekomendasi Plugin Terbaik Bagi Bisnis Online

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Di era digitalisasi ini, semua sektor kehidupan masyarakat telah banyak mengalami pergeseran dan perubahan yang signifikan. Seperti munculnya ribuan bisnis e-commerce dan toko online baru setiap tahunnya di seluruh dunia, yang jelas akan memerlukan dukungan platform dasar penunjang situs web belanja online mereka. Tidak hanya lebih teliti memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan tetapi juga menyesuaikan banyak hal termasuk plugin sebagai salah satu pendukungnya.

Brand dan bisnis bisa memilih menggunakan platform yang sudah di hosting seperti Shopify atau bisa menggunakan WordPress yang merupakan platform gratis cukup terkenal yang telah menjadi dasar bagi banyak situs web terkemuka. Semua ini harus Anda pikirkan matang- matang dengan tim Anda, karena setiap pilihan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jika Anda menggunakan WordPress, tidak hanya dapat digunakan secara gratis tetapi juga, platform ini mempunyai banyak pilihan plugin pendukung. Salah satu plugin yang terkenal yang di khususkan untuk bisnis online adalah WooCommerce yang telah menurut Nexecces telah digunakan oleh 2,3 juta toko e-commerce seluruh dunia pada 2018 lalu. Data ini tentu terus meningkat mengingat plugin WooCommerce sangat ramah bagi pedagang e-commerce baru dan pemula karena menggabungkan kemudahan penggunaan dengan kekuatan, fleksibilitas, dan fitur yang luar biasa yang bisa diandalkan.

 

Mengenal dan Memahami Plugin WooCommerce

Plugin WooCommerce : Rekomendasi Plugin Terbaik Bagi Bisnis Online
 

Merupakan plugin yang sangat populer, WooCommerce adalah untuk menjual produk dan layanan. Secara khusus, membantu bisnis dalam membuatnya lebih terjangkau dan mudah untuk diakses. Penggunanya dapat menggunakan plugin ini untuk menjual produk digital dan fisik, mengelola inventaris dan pengiriman, menerima pembayaran yang aman, dan mengurutkan pajak secara otomatis. Anda selaku pengguna juga akan memegang kendali 100% atas semua data Anda, ada dukungan untuk perangkat seluler, dan potensi untuk menskalakan situs Anda hingga tidak terbatas.

Sejauh ini, WooCommerce merupakan plugin e-commerce yang dirancang terbaik dan terpopuler untuk WordPress. Faktanya menurut data, sekarang ini WooCommerce menjadi solusi e-commerce paling populer di semua situs web, mendukung 42% situs web perbelanjaan online dan terus bertambah karena pertumbuhan dari semua toko online di seluruh dunia.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

 

Fitur- Fitur Terbaik WooCommerce yang Mendukung E-Commerce

Sebagai plugin yang mengkhususkan diri dalam membantu situs web belanja online atau e-commerce, WooCommerce hadir dengan serangkaian fitur luar biasa dibandingkan dengan plugin atau layanan lainnya yang serupa. Berikut adalah beberapa pilihan fitur- fitur yang membuat WooCommerce menjadi pilihan yang tepat digunakan untuk mendukung e-commerce.

  • Anda dapat menjual segala jenis produk yang Anda suka baik secara fisik, digital, atau bahkan afiliasi.
  • Penjual dapat menambahkan produk dan gambar tanpa batas.
  • Penjual dapat menambahkan kategori, tag, dan atribut –termasuk ukuran atau warna ke produk apa pun agar lebih mudah ditemukan dan dicari.
  • Tampilkan peringkat dan ulasan produk di halaman produk, termasuk label ‘Pemilik Terverifikasi/Verified Owner’ agar penjual dapat meyakinkan calon pelanggan mereka.
  • Sesuaikan lokasi toko dengan mata uang, bahasa, dan unit pengukuran.
  • Penyortiran dan pemfilteran produk memungkinkan pelanggan mengurutkan produk berdasarkan popularitas, kebaruan, peringkat, harga, atau atribut.
  • Sematkan produk dan checkout di halaman mana pun.
  • Lokasi geografis otomatis mendeteksi alamat pelanggan untuk menyederhanakan perhitungan pengiriman dan pajak.
  • Pilih cara Anda ingin memproses pembayaran. Anda bisa menggunakan penyedia populer seperti OVO, GoPay, PayPal, kartu kredit, transfer bank langsung, cek, atau Cash on Delivery (COD).
  • Anda juga dapat menentukan pilihan opsi pengiriman dan batasi opsi berdasarkan lokasi pelanggan.
  • Kelola pesanan dan pelanggan dengan pengembalian uang sekali klik, akun pelanggan, dan pembayaran tamu.

 

Baca Juga  :   Plugin untuk Visitor Counter Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Faktor yang Membuat Plugin WooCommerce Terkenal

Plugin WooCommerce : Rekomendasi Plugin Terbaik Bagi Bisnis Online
 

Dapat digunakan untuk banyak jenis bisnis online online ukuran besar dan kecil dalam berbagai cara, membuat plugin WooCommerce menjadi sangat populer. Berikut adalah beberapa faktor yang paling penting yang membuat WooCommerce menjadi terkenal dan umum digunakan.

  • Merupakan sumber terbuka (open source)

    WooCommerce adalah plugin open source gratis, oleh karena itu banyak disukai oleh bisnis yang baru memulai bisnis mereka untuk pertama kali. Menjadi open source juga berarti terus-menerus diimprovisasi dan ditingkatkan oleh pengembang di seluruh dunia. Plugin ini sesuai dengan bisnis yang menjual barang digital seperti musik atau buku, ada plugin khusus untuk Anda. Fakta bahwa WooCommerce adalah open source juga memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk terus mengembangkan dan memperluas jumlah plugin dan ekstensi yang tersedia. WooCommerce pada dasarnya memberi Anda kendali penuh atas toko Anda dengan menawarkan berbagai opsi untuk dipilih.

  • Dapat disesuaikan (customizable)

    Kekuatan sebenarnya dari WooCommerce terletak pada bagaimana plugin ini dapat melakukan penyesuaian. WooCommerce memungkinkan pemilik situs untuk mengimprovisasi tampilan dan nuansa situs secara signifikan menggunakan banyak tema dan gaya bawaan. Ada beragam ekstensi fitur berguna yang tersedia untuk WooCommerce yang dapat Anda gunakan termasuk ekstensi gratis dan premium. Sebagian besar dari fitur ini akan membantu penggunanya dari kerepotan pengkodean yang membingungkan terutama bagi pemula untuk memasukkan fungsionalitas yang diinginkan ke situs web Anda. Dengan bantuan ekstensi ini, Anda dapat mengintegrasikan analitik, gateway pembayaran, fungsi pengiriman sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Ramah pengguna

    Karena sebagian besar situs web di seluruh dunia diberdayakan oleh WordPress, membuat menggunakan plugin juga termasuk di dalamnya. Navigasi di plugin ini juga mudah karena tidak memerlukan prosedur teknis yang rumit untuk menjalankan dan menjalankan toko online Anda. WooCommerce juga memastikan kompatibilitas beberapa perangkat terutama seluler sehingga toko online dan produk Anda ditampilkan sama baik di komputer desktop atau perangkat seluler.

  • Ramah SEO dan konten yang terintegrasi

    WooCommerce dibangun di WordPress yang mana ini juga akan membantu dalam hal SEO (Search Engine Optimization). Pengguna dapat mengedit dan mengubah konten mereka agar lebih cocok untuk SEO mereka yang pada dasarnya, pengguna juga dapat mengelola dan mengubah upaya mereka secara efektif sambil menganalisis kinerja yang lebih baik. Melalui WordPress juga, WooCommerce menawarkan toko online Anda integrasi tanpa batas dengan platform blogging paling disukai di dunia, di mana lebih dari 400 juta orang melihat sekitar 25 miliar halaman setiap bulannya.

  • Aman dan terpercaya

    Untuk menjadi platform aman dan terjamin, WooCommerce selalu mendapatkan auditor dan pembaruan rutin sehingga penggunanya dapat melakukan transaksi bisnis Anda tanpa khawatir. WooCommerce memastikan bahwa data di situs Anda secara langsung dimiliki dan dikendalikan oleh Anda selaku pemilik toko online dimana ini juga akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan Anda juga. Semua informasi pribadi yang dibagikan pelanggan di situs hanya dapat diakses oleh Anda. Selain itu, pengembang dari seluruh dunia terus bekerja pada platform WooCommerce untuk membuatnya lebih baik, yang berarti sistemnya dinamis. Pengguna yang memakai WooCommerce juga harus mematuhi PCI dan memiliki sertifikat SSL jika toko online Anda juga menerima pembayaran. Ini adalah praktik terbaik dan mengurangi kerentanan keamanan situs web dan toko online Anda.

 

Baca Juga  :   Panduan Lengkap Instalasi Plugin AMP di WordPress

 

Kesimpulan dan Penutup

Singkatnya karena WooCommerce menyediakan solusi e-commerce lengkap yang cepat, mudah digunakan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis online maka plugin ini sangat populer dan umum diunduh banyak orang. WordPress dan WooCommerce dapat memberikan pengalaman e-niaga yang cepat dan responsif untuk toko online dari semua ukuran yang menjadikannya manfaat utama dari plugin ini.

Plugin WooCommerce menawarkan kompetensi dasar dalam analisis dan pelaporan. Hadir dengan dasbor lengkap yang terdiri dari laporan pesanan, laporan penjualan, tren lalu lintas, dll. secara konsisten akan membantu pemilik toko untuk menjadi yang teratas dalam memahami perilaku pelanggan. Integrasi mulus alat analitik seperti Google Analytics atau KissMetrics juga berkontribusi dalam pemantauan kinerja toko online Anda jika Anda menggunakan plugin populer ini.

 

Related Post :