PPC (Pay-Per-Click) Advertising : Cara Kerja dan Tips Menjalankan Kampanyenya

Business, Marketing / 0 | | 0

Perkembangan teknologi yang cepat membuat berbagai hal dalam kehidupan berubah. Beberapa aspek yang sebelumnya menggunakan pendekatan tradisional atau kuno kini perlahan mencari cara untuk memanfaatkan perkembangan teknologi agar membuahkan hasil yang lebih baik tidak terkecuali marketing. Dahulu, marketing yang dilakukan oleh perusahaan atau perseorangan cenderung simpel yang lebih berfokus pada menyampaikan informasi produk saja kepada calon pembeli.

Kini, marketing memperhatikan berbagai aspek, dan menggunakan berbagai platform yang ada. Iklan yang biasanya hanya muncul di koran, televisi atau radio kini beralih ke sosial media. Pendekatan yang sebelumnya hanya menyampaikan informasi kepada pembeli, sekarang memperhatikan faktor pendukung lain seperti review, dan sebagainya. Pertumbuhan ekonomi juga mendukung pertumbuhan dan konsumsi pembeli akan suatu produk.

Salah advertising yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan dan perseorangan adalah PPC. PPC merupakan singkatan dari Pay-Per-Click. Tujuan dari mengiklankan barang/jasa seperti ini adalah agar produk Anda mendapatkan trafik dan membangun brand awareness. PPC juga bergantung pada seberapa besar budget yang Anda punya. Karena itu, sebelum memilih kampanye menggunakan PPC, Anda perlu mengetahui cara kerja dan tips menjalankan kampanye iklan Anda agar lebih tertarget.

 

Memahami Beragam Manfaat Dari Penggunaan Iklan Pay-Per-Click

PPC (Pay-Per-Click) Advertising : Cara Kerja dan Tips Menjalankan Kampanyenya
 

Sebagai bagian pemasaran digital masa kini, Pay-Per-Click Advertising menawarkan banyak sekali manfaat terutama jika iklan yang Anda tampilkan bisa mencapai target audiens dengan biaya yang lebih terjangkau. Salah satu manfaatnya adalah budget yang bisa Anda atur setiap harinya dan sesuai dengan kemampuan bisnis Anda. Berikut penjelasan manfaat dari penggunaan PPC advertising.

  • Pemasar dapat mengatur budget sesuai dengan keinginan dan kemampuan

    Anda bisa mengatur budget Anda dengan sangat akurat sesuai dengan kebutuhan karena periklanan PPC fleksibel dengan memberikan ada kebebasan untuk mengatur berapa budget maksimum yang dipakai per harinya. Bahkan di beberapa penyedia jasa iklan, Anda bisa memulai iklan PPC dengan biaya yang sangat rendah. PPC bisa menyesuaikan besaran budget yang dimiliki oleh perusahaan atau perorangan dan memaksimalkannya dalam setiap kampanye.

  • Iklan yang dapat diatur untuk ditampilkan dimana saja

    Ketika Anda memilih untuk menggunakan PPC, Anda bisa memilih dimana iklan tersebut akan ditampilkan. Ada banyak sekali platform dan pemilihannya menyesuaikan dengan strategi marketing Anda. Jika Anda tertarik dengan salah satu platform dan lokasi saja, Anda bisa fokus pada platform tersebut baik maupun ketika Anda ingin iklan tersebar ke banyak platform serta lokasi.

  • Iklan  akan mendapatkan visibilitas yang tertarget dan relevan

    Metode PPC dapat membuat iklan Anda bisa muncul di situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna, sehingga positioning dan visibilitas iklan lebih tinggi dan lebih baik. Beberapa situs diantaranya adalah mesin pencari dan media sosial.

  • Lebih hemat biaya

    Berbeda dengan model iklan lain, jika Anda menggunakan PPC, Anda hanya membayar ketika pengunjung mengunjungi situs Anda. Model iklan lain mewajibkan setiap iklan yang ditampilkan harus dibayar, meskipun tidak ada jaminan mengenai efektivitas dari iklan tersebut. Namun dengan PPC Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dengan pengunjung yang sedikit. Terutama bagi pebisnis dengan budget yang terbatas, model PPC sangat bermanfaat untuk menghemat biaya periklanan dan pengeluaran menyesuaikan dengan performa iklan Anda.

 

Baca Juga  :     Tips Digital Marketing Terbaik 2022

 

Memahami Cara Kerja PPC

Sebagai salah satu pemasaran yang sangat populer di zaman modern ini, PPC sangat umum digunakan dan karenanya pula maka PPC memiliki cara kerja yang berbeda di setiap platformnya. Berikut adalah cara kerja PPC di beberapa platform yang sering dan umum digunakan.

  • Google PPC Ads

    Mungkin ini adalah jenis PPC yang sangat populer dan menjadi pilihan nomor satu bagi banyak pemasar. Dalam suatu kampanye PPC di Google Ads, Anda akan membayar sejumlah uang dengan nominal sesuka Anda agar Google menaruh iklan di bagian atas pencarian. Ketika seseorang mengklik iklan tersebut Anda akan membayar biaya per klik yang juga disebut sebagai Cost Per Click/CPC dari budget yang sudah Anda berikan. Ketika budget tersebut habis, maka Google akan menghilangkan iklan Anda hingga Anda menambahkan budget lagi.

  • Search Ads

    Search Ads dari Google merupakan salah satu periklanan PPC yang dikenal oleh banyak orang. Iklan ditampilkan di atas pencarian Google sesuai dengan yang pengguna cari sehingga ketika pengguna mengetik kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasa Anda, iklan Anda bisa menjadi hal pertama yang pengguna lihat, dan dengan model PPC Anda hanya perlu membayar iklan yang diklik.

  • PPC dengan memanfaatkan platform Sosial Media

    Selain Google Ads yang bisa menjangkau banyak audiens, Anda bisa mempertimbangkan menaruh iklan di platform sosial media yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Contohnya, Facebook memiliki lebih dari 1,55 milyar pengguna dan sejak Facebook juga memiliki Instagram, iklan dapat muncul di kedua kedua platform terkenal ini.

 

Baca Juga  :      Memahami Istilah Digital Marketing Untuk Bisnis Online 2022 (SEM, SEF, SERP, SEO, SEA, SMM)

 

Tips Kampanye dengan Menggunakan PPC

PPC (Pay-Per-Click) Advertising : Cara Kerja dan Tips Menjalankan Kampanyenya
 

Sebelum dan ketika menjalankan kampanye, Anda bisa menentukan beberapa hal dan poin agar menunjang kampanye Anda berjalan dengan lancar. Berikut adalah daftar tips yang dapat dipertimbangkan sebelum dan selama kampanye dilaksanakan.

  • Tentukan dan persiapkan budget

    Budget PPC Anda adalah penentu seberapa besar biaya yang Anda bisa keluarkan untuk mendapatkan penempatan iklan. Di Google Ads, Anda akan mengatur budget harian. Sedangkan platform seperti Twitter dan Facebook Anda perlu memilih increments seperti apa yang hendak dibayar.

  • Gunakan Geo-Targeting

    Ketika membuat kampanye PPC, setiap uang yang Anda keluarkan akan sangat berharga. Maka Anda harus mengambil sebanyak mungkin keuntungan dari iklan yang Anda jalankan. Karenanya, fitur targeting Google wajib Anda coba, terutama menargetkan pembeli di area spesifik tertentu.

  • Pilih Match Type yang sesuai

    Saat mempersiapkan kampanye iklan, ada 4 match type untuk dipilih yaitu exact match dimana pencari mengetik kata kunci yang sesuai dengan kata kunci di iklan Anda. Broad Match sendiri adalah bagaimana Google akan menentukan bahwa pencarian relevan dengan kata kunci yang Anda pilih. Phrase Match dimana kata kunci yang Anda pilih harus muncul dengan urutan yang sama dengan permintaan pencarian yang nanti Broad Match Modifier akan menentukan urutan dari campuran frasa dan board yang sesuai di Google.

 

Baca Juga  :     Mengenal dan Memahami Pentingnya Marketing Strategy Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh hingga menyebabkan berbagai strategi marketing berubah, dari yang awalnya cenderung kuno hingga menjadi modern. Juga periklanan yang semulanya lewat media seperti TV, radio dan koran beralih ke platform sosial media atau mesin pencari. Karena perkembangan ini, muncul cara beriklan yang dinamakan PPC atau Pay-Per-Click yang dapat mencapai banyak platform digital.

Tidak seperti model iklan yang biasa, PPC adalah model iklan dimana Anda membayar sesuai dengan banyaknya kunjungan ke website Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa rugi jika iklan tidak memiliki performa yang baik. Ketika Anda hendak meluncurkan kampanye dengan PPC, Anda akan mempertimbangkan banyak hal seperti budget pendanaan, pemilihan platform dan besarnya budget. Meskipun begitu tetap dibutuhkan sebuah persiapan yang matang agar kampanye berjalan dengan lancar.

 

 

 

Related Post :

popup image