Memahami Pro dan Kontra Infinite Scrolling

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Sebelum Anda memahami pro dan kontra dari infinite scrolling atau pengguliran tak terbatas, Anda harus memastikan apa yang dimaksud dengan infinite scrolling terlebih dahulu. Pengguliran tak terbatas atau infinite scrolling adalah teknik yang mencegah bilah gulir browser mencapai bagian bawah halaman. Sebagai gantinya, konten diperluas saat pengguna menggulir lebih jauh ke bawah halaman. Gulir tanpa batas dapat dilanjutkan atau dipersingkat dengan opsi “Muat Lebih Banyak” yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan atau keluar dari pengguliran lanjutan.

Contoh umum dari aksi pengguliran tak terbatas adalah situs media sosial populer Facebook, Twitter, dan Pinterest. Masing-masing situs ini menggunakan teknik pengguliran tak terbatas ini untuk menjaga informasi tetap terisi ke dalam umpan, sehingga situs-situs tersebut tidak ada habisnya. Teknik ini bagus untuk beberapa situs dan jenis konten, sementara itu dapat merepotkan dan membuat kesulitan bagi jenis situs yang lain. Seperti teknik desain lainnya, Anda tidak boleh melakukannya hanya karena Anda ingin mencoba sesuatu yang baru. Karena itu harus menjadi bagian strategis dari kerangka desain Anda.

 

Baca Juga :  Infinite Scrolling : Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Mengenal Apa Itu Infinite Scrolling

Memahami Pro dan Kontra Infinite Scrolling
 

Infinite Scrolling adalah teknik yang memungkinkan pengguna menggulir sebagian besar konten tanpa garis akhir yang terlihat. Teknik ini terus menyegarkan halaman saat Anda menggulirnya ke bawah. Tidak peduli seberapa bagus kedengarannya, teknik ini bukanlah solusi satu ukuran untuk semua untuk setiap situs atau aplikasi. Saat Anda menggunakan pengguliran sebagai metode utama untuk menjelajahi data, ini dapat membuat pengguna bertahan lebih lama di halaman web Anda, sehingga meningkatkan keterlibatan pengguna. Dengan popularitas media sosial, sejumlah besar data dikonsumsi. Pengguliran tak terbatas menawarkan cara yang efisien untuk menelusuri lautan informasi tanpa klik/ketuk ekstra.

Pengguliran tanpa batas hampir merupakan fitur yang harus dimiliki untuk antarmuka penemuan. Ketika pengguna tidak mencari sesuatu yang spesifik sehingga mereka perlu melihat sejumlah besar item untuk menemukan satu hal yang mereka sukai. Anda dapat mengukur manfaat pengguliran tak terbatas dengan contoh umpan berita Facebook. Pengguna tahu bahwa mereka tidak akan dapat melihat semua yang ada di umpan karena kontennya terlalu sering diperbarui. Dengan pengguliran tak terbatas, Facebook melakukan yang terbaik untuk mengekspos informasi sebanyak mungkin kepada pengguna dan mereka memindai dan mengonsumsi aliran informasi ini.

Menggulir memiliki biaya interaksi yang lebih rendah daripada mengklik/mengetuk karena roda mouse atau layar sentuh membuat pengguliran lebih cepat dan lebih mudah daripada mengklik. Plus, gulir tak terbatas dapat membuat ketagihan. Untuk konten yang berkelanjutan dan panjang, seperti tutorial, menggulir memberikan kegunaan yang lebih baik daripada mengiris teks ke beberapa layar atau halaman terpisah. Semakin kecil layarnya, semakin panjang gulirnya. Mempopulerkan penelusuran seluler adalah pendukung signifikan lain dari pengguliran panjang. Kontrol gerakan perangkat seluler membuat pengguliran menjadi intuitif dan mudah digunakan. Akibatnya, pengguna memiliki kesempatan lebih baik untuk menikmati pengalaman menjelajah.

Jika Anda memilih untuk menggunakan infinite scrolling di situs web Anda, beberapa praktik ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna :

  • Membuat rencana cadangan

    Karena pengguliran tak terbatas bergantung pada JavaScript, beberapa pengguna tidak akan dapat mengakses situs. Desainer dapat merencanakan kemungkinan ini dengan mendesain konten situs dengan pagination yang mendasarinya.

  • Pertahankan visibilitas fitur navigasi

    Jika pengguna perlu menggulir kembali melalui aliran posting yang tak ada habisnya untuk menavigasi ke halaman lain, mereka mungkin tidak akan repot. Selain itu, fungsi browser harus tetap jelas dan dapat diakses.

  • Jangan gunakan bilah gulir

    Jika Anda memilih pengguliran tak terbatas, jangan gabungkan dengan bilah gulir yang mengklaim menunjukkan kepada pengguna berapa banyak konten yang tersisa di halaman. Ini menyulitkan dan membuat tidak nyaman bagi pengguna yang percaya bahwa mereka hampir berada di akhir halaman, hanya untuk mengetahui bahwa konten terus dimuat.

  • Berikan informasi pemuatan

    Jika pengguna menemui jalan buntu pada aliran konten yang seharusnya tak terbatas, mereka mungkin menjadi bingung. Sebaiknya sertakan ikon pemuatan untuk memberitahu mereka bahwa lebih banyak konten sedang dalam proses.

 

Baca Juga :  Kumpulan Template Blogger Premium untuk Blog dan Website

 

Pro dan Kontra Infinite Scrolling

Memahami Pro dan Kontra Infinite Scrolling
 

Adapun pro dan kontra dari infinite scrolling yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya pada situs web Anda adalah sebagai berikut :

  1. Pro

    Pengalaman pengguna
    Agar pemirsa tetap terlibat, infinite scrolling menciptakan pengalaman menonton yang lebih kompulsif daripada pagination. Dengan menatap layar lebih lama, informasi dapat lebih mudah dicerna. Waktu muat halaman sama pentingnya saat menentukan format yang sesuai untuk interaksi pengguna yang dioptimalkan. Administrator harus mempertimbangkan apakah konten yang ditambahkan ke halaman yang sudah ada atau halaman yang dimuat ulang dimuat lebih cepat. Bergantung pada penempatan konten, gulir tak terbatas melebihi pagination untuk situasi di mana daftar konten lebih rendah pada halaman artinya penyegaran terus-menerus dengan pagination akan menghambat UX yang lancar. Selain itu, perusahaan seperti Facebook, Tumblr, atau Instagram sebenarnya dapat memonetisasi pemirsa mereka dengan pengalaman menonton yang lebih lama. Dengan menggunakan algoritma, perusahaan ini menarik iklan yang diselingi di seluruh konten tanpa merusak ritme atau aliran UX.

    Bagus untuk layar sentuh dan seluler
    Gulir tanpa batas dapat menciptakan perasaan yang lebih mulus bagi pengguna, terutama di perangkat seluler. Mengusap adalah tujuan perangkat seluler dibuat. Pagination dapat membatasi eksplorasi dalam hal waktu buka, yang merupakan motivasi umum bagi pengguna di tablet dan seluler. Slot iklan juga dapat digunakan di area yang lebih tepat juga pada gulir tak terbatas.

    Dibuat untuk visual
    Pengguliran tanpa batas dibuat untuk situs web visual. Anda dapat menampilkan gambar dalam jumlah tak terbatas dalam gaya Pinterest. Tidak ada batasan jumlah gambar atau ukuran gambar atau bentuk gambar. Semuanya dapat menyatu seperti puzzle raksasa untuk memberikan estetika yang menarik. Visual dapat dikombinasikan dengan elemen lain seperti teks, warna, atau alat UI untuk lebih melibatkan pengguna. Situs web yang paling sering menggunakan pengguliran tak terbatas adalah situs web yang menyertakan konten yang sangat visual. Portofolio desain dan foto serta konten situs berbagi foto adalah situs web umum yang menggunakan gulir tak terbatas. Konten umum lainnya adalah agregasi, seperti Tumblr dan beberapa situs e-commerce.

    Memudahkan penjelajahan
    Setiap pengguna tahu cara menggulir. Pengguliran tak terbatas adalah teknik navigasi paling sederhana. Pindah ke bawah halaman, dan lebih banyak konten akan muncul. Anda tidak perlu khawatir tentang pengguna yang meninggalkan situs Anda karena mereka tidak mengerti cara kerjanya.

Baca Juga :  4 Alasan Mengapa Networking Penting Untuk Mengembangkan Karir

  1. Kontra

    Akses informasi
    Informasi spesifik dapat lebih menantang untuk diakses dengan gulir tak terbatas. Misalnya, pengguna akan kesulitan jika ingin mengetahui alamat perusahaan, tetapi footernya sulit dijangkau. Selain itu, Rasio pentalan akan turun setelah mengadopsi pengguliran tanpa batas. Secara bersamaan, pagination sama dengan lebih banyak tampilan halaman, yang dapat menghasilkan laba atas investasi jika iklan diterapkan.

    Menurunkan SEO
    Gulir tak terbatas terkenal menurunkan peringkat SEO di pencarian Google karena memperlakukan halaman sebagai konten tunggal, yang berarti bot google tidak memuat lebih banyak dan karenanya mengabaikan banyak konten. Ini, pada akhirnya, menurunkan peringkat SEO karena ada lebih sedikit konten untuk ditambahkan ke peringkat.

    Waktu muat dan masalah kerusakan
    Terkadang pengguliran tak terbatas macet dan lambat. Itu hanya dapat berhenti bekerja jika pengguna benar-benar menggulir tanpa batas.

    Desain berulang
    Salah satu perangkap terbesar dari pengguliran tak terbatas adalah begitu banyak situs yang menggunakan teknik ini terlihat sama. Begitu banyak dari mereka memiliki garis besar yang terlihat seperti Pinterest. Untuk dampak yang paling besar, Anda perlu menciptakan sesuatu yang menjadi milik Anda. Menggunakan pengguliran tak terbatas karena “semua orang melakukannya” pada akhirnya tidak akan membantu Anda.

Baca Juga :  Sensory Marketing : Definisi dan 5 Indra Utamanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Seperti halnya tren desain web, pengguliran tak terbatas dapat digunakan untuk tujuan yang baik atau buruk. Itu semua tergantung pada tujuan Anda. Situs berorientasi penjualan dan situs yang mengharapkan pengguna untuk terlibat dengan konten harus berpikir dengan hati-hati sebelum menggunakan pengguliran tak terbatas. Penggunaan tren ini secara sembarangan pada akhirnya akan menyebabkan pengguna melepaskan diri, mengalahkan tujuannya.

Menggunakan atau tidak menggunakan infinite scrolling dalam proyek Anda dapat menjadi keputusan besar. Ini trendi dan menyenangkan serta memberikan beberapa kelebihan yang berbeda, tetapi juga dapat menghadirkan tantangan bagi desainer dan pengguna. Ada baiknya menimbang masing-masing pro dan kontra sebelum Anda mulai.

Related Post :

popup image