Profesi Android Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Penggunaan smartphone kini sudah meluas hampir di segala penjuru dunia dan semakin tahun semakin meningkat. Bahkan negara Indonesia menduduki peringkat kelima dunia akan penggunaan benda canggih ini. Namun, penggunaannya memiliki sisi positif dan negative dan salah satu hal positifnya adalah terciptanya sebuah pekerjaan baru, yakni profesi Android developer.

Terciptanya profesi satu ini menjawab sulitnya lapangan pekerjaan di negara yang kaya penduduk ini. Sebagai peluang pekerjaan baru, profesi Android developer ini menarik perhatian para anak muda yang berbakat di dunia IT maupun programmer. Kondisi demikian tidak mengherankan lagi, karena keberadaan IT sangat meyakinkan di era serba digital saat ini mengingat profesi yang menggeluti dunia teknologi informasi ini terlihat sangat menjanjikan, bukan hanya dalam bayangan sebagaimana dahulu.

Selain itu, perasaan menyenangkan dan rasa puas akan dirasakan karena bisa dikerjakan secara fleksibel, penghasilan yang didapatkan cukup tinggi dan kebutuhan pasar sangatlah besar. Namun, perlu diketahui bahwa menjadi Android developer tidaklah semudah sebagaimana yang dibayangkan, melainkan harus mengikuti job deskripsi, melaksanakan tugas yang banyak, memenuhi kualifikasi serta memiliki tanggung jawab. Dibawah ini akan dibahas mengenai job deskripsi, tugas, kualifikasi, dan tanggung jawab dari profesi Android developer.

 

Job Deskripsi dari Android Developer

Profesi Android Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

Perlu diketahui bahwa profesi Android developer adalah pekerjaan yang bergerak di bidang pembuatan aplikasi yang nantinya dapat dioperasikan baik di smartphone maupun tablet. Atau pengertian lain adalah terkait dengan software developer yang mempunyai spesialisasi untuk membuat rancangan aplikasi di Android. Sebagaimana jenis profesi yang lain, Android developer juga memiliki job deskripsi guna menghindari kerugian yang ditimbulkan di akhirnya.

Beberapa job deskripsi dari profesi Android developer antara lain :

 

  • Membuat desain terkait aplikasi yang canggih untuk platform Android.
  • Melakukan pekerjaan berdasarkan dengan sumber data eksternal dan API.
  • Mengetes kode unit yang ada untuk ketahanan, ternasuk kehandalan umum serta kegunaan.
  • Melakukan evaluasi dan penyelesain bug serta meningkatkan kinerja dari aplikasi yang dirancang.
  • Untuk memaksimalkan efisiensi pengembangan aplikasi dilakukan dengan menerapkan teknologi baru.
  • Melakukan penerjemahan baik desain maupun wireframes ke dalam kode dengan kualitas yang paling baik
  • Memastikan kinerja yang baik dari aplikasi tersebut, dilihat dari kualitasnya maupun respon yang muncul.

 

Selain beberapa job deskripsi di atas, Android developer juga harus membantu merahasiakan kode (menjaga kualitasnya), organisasi, serta otomatisasi.

 

Baca Juga :     Daftar Website Membuat Aplikasi Android Online dengan Mudah dan Gratis

 

Kualifikasi dari Android Developer

Ketika seseorang melamar pekerjaan sebagai android developer, hendaknya yang bersangkutan telah memahami paling tidaknya garis besar dari kualifikasi menjadi android developer tadi. Bidang pekerjaan ini mempunyai tuntutan spesifik yang berbeda dari bidang kebanyakan. Hal yang dimaksud tersebut adalah skill (kemampuan) dan kualifikasi dari profesi berikut sebagaimana tercantumkan di bawah ini :

 

  • Seorang Android developer harus memiliki background (latar belakang) engineering, computer science atau semisalnya yang saling berhubungan atau menunjang.
  • Seorang Android developer memiliki pengalaman yang berkaitan dengan software development serta kemampuan dalam pengembangan Android (memiliki pengalaman sebelumnya di bidang ini)
  • Android developer memiliki pemahaman mengenai Android SDK.
  • Seorang Android developer hendaknya telah memiliki setidaknya sebuah aplikasi Android buatan sendiri dan telah di-publish di market.
  • Telah berpengalaman kerja remote melalui JSON maupun REST.
  • Telah menguasai beberapa pengetahuan diantaranya pengetahuan dasar arsitek, dan teknologi terbaru.
  • Dalam pengembangan aplikasi mobile, Android developer harus siap untuk memahami siklus kerja.
  • Telah berpengalaman dan mempunyai pengetahuan mengenai software bahasa pemrograman yang meliputi : XML, Java, Android Studio, Android SDK, C / C ++, APIs, Adobe Action Script, dan MYSQL Databases.

 

Berbagai skill dan kualifikasi profesi Android developer di atas setidaknya harus bisa dipenuhi atau dimiliki untuk dapat menjadikan Anda seorang android developer yang profesional. Ini dikarenakan tingginya permintaan akan profesi ini baik di dalam negeri mau pun di luar negeri yang senantiasa haus akan inovasi baru begitu juga mereka yang bekerja didalamnya.

Terlebih dari itu skill yang demikian akan berbanding lurus dengan besaran gaji yang diterima. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari profesi Android developer yakni karier yang sangat menantang. Bidang pekerjaan yang satu ini memiliki kemudahan yang cukup menantang karena rata-rata perusahaan tidak mengharuskan karyawannya kerja ketat pada jam 9 hingga jam 5 sore tetapi tetap harus menjaga kualitas sehingga hasil dari proyek dan pekerjaan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Baca Juga :      Kumpulan Emulator Android Terbaik untuk PC & Laptop di 2020

 

Tugas dan Tanggung jawab dari Android Developer

Profesi Android Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

 

Menjadi seorang berprofesi Android developer setidaknya wajib mempunyai pemahaman yang luas mengenai bahasa pemrograman serta pengalaman juga. Pasalnya profesi pekerjaannya di perusahaan besar secara in-house ataupun dalam app development agency yang dengan demikian membuat android developer memiliki banyak tugas dan tanggung jawab.

Di antara tugas dan tanggung jawab dari seorang Android developer, berikut ini adalah beberapa diantaranya yang perlu untuk diketahui :

 

  • Membuat rancangan dan membangun aplikasi untuk Android

    Dalam melakukan hal ini dibutuhkan dedikasi yang tinggi dengan mengerahkan banyak tenaga dan waktu. Ketelitian dan perhatian yang lebih sangat dibutuhkan agar terhindar dari kesalahan dan dapat berjalan dengan lancar.

  • Melakukan kolaborasi dengan tim lain

    Kerjasama yang bagus dan skill komunikasi yang baik sangat dibutuhkan dalam hal ini. Mengingat sebuah aplikasi yang dibangun akan membutuhkan banyak komponen yang kompleks dan tentu saja individu- individu yang bergabung di dalamnya untuk menciptakan aplikasi tersebut agar bisa digunakan.

  • Bekerja dengan API dan sumber data eksternal

    Android developer harus menganalisis data yang didapatkannya secara teliti sebelum melakukan perancangan aplikasi. Skill critical thinking sangat dibutuhkan untuk melakukan implementasi data pada proyek yang dijalankan.

  • Melakukan perbaikan bug dalam aplikasi yang telah dirancang

    Ketika aplikasi selesai dirancang serta peluncurannya sampai pada public, selanjutnya Android developer harus siap memperbaiki jikalau ada user yang melaporkan terjadinya bug. Pengujian ulang juga perlu dilakukan sebelum dikembalikan pada public lagi.

  • Melakukan pencarian, evaluasi serta implementasi teknologi baru

    Android developer harus memiliki skill adaptasi dengan perubahan lingkungan yang terus terjadi. Bisa dikatakan harus selalu up to date terhadap trend aplikasi karena setiap aplikasi akan mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga :      Cara Submit / Mendaftarkan Aplikasi Android di Google Play Store untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Beberapa tugas dan tanggung jawab di atas harus dilaksanakan oleh profesi Android developer semaksimal mungkin karena kesempatan berkarir profesi ini sangatlah luas. Ulasan di atas menjelaskan segala sesuatu mengenai profesi Android developer serta prospek kerjanya yang sangat menjanjikan. Tak dapat dipungkiri setiap dari hampir semua orang saat ini sudah mengenal bahkan memiliki Android dan menjalankan beragam aplikasi untuk beragam kebutuhan pula.

Setiap orang yang mempunyai Android juga mempunyai tujuan penggunaan yang berbeda baik itu terhadap aplikasi yang mereka unduh dan gunakan tadi. Bahkan hampir semua sektor kehidupan kini menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi- aplikasi yang membantu manusia dalam menjalankan kehidupan dan menghemat waktu maupun sumber daya. Maka dari itu, android developer tidak hanya mampu menciptakan aplikasi yang fungsional namun harusnya juga jeli melihat trend dan kebutuhan dunia akan aplikasi apa saja yang sekiranya akan membantu mereka.

Related Post :

popup image