Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 4

Bagi perusahaan maupun para pelaku bisnis, website memiliki peran yang sangat penting di era digital seperti sekarang ini. Kondisi inilah yang menjadikan web developer begitu dibutuhkan untuk menciptakan website-websiter terbaik bagi para klien. Perlu Anda ketahui bahwa profesi developer saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati dan favorit terutama bagi lulusan bidang IT. Terlebih profesi satu ini menawarkan gaji yang tinggi serta jam kerja yang fleksibel sehingga sangat cocok bagi anak-anak muda milenial.

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengetahui apa itu profesi developer dimana seorang yang berprofesi sebagai developer mempunyai tanggung jawab dalam pengembang website yang bekerja untuk merancang, membuat serta memelihara situs website maupun aplikasi web. Secara lebih jelas, developer adalah seseorang yang berkaitan dengan pembuatan sebuah website. Biasanya kebanyakan developer dipekerjakan secara khusus oleh perusahaan untuk mengembangkan TI, perangkat lunak dan konsultasi komputer. Akan tetapi ada pula beberapa developer yang bekerja secara freelance yang tidak terikat oleh sebuah perusahaan.

Profesi developer website menjadi salah satu bagian dari tim IT yang berperan penting bagi perkembangan berbagai jenis perusahaan. Tugas seorang developer tentu tidak hanya seputar menciptakan website saja, melainkan juga bertanggung jawab untuk pembuatan desain, pengkodean, data hingga letak website perusahaan atau lembaga. Hadirnya developer website memang sangat membantu perusahaan dalam menciptakan website sebagai media promosi sekaligus branding.

 

Job Deskripsi Profesi Developer

Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

 

Dengan adanya profesi developer website, saat ini semakin banyak pula website-website berkualitas yang bermunculan. Hal ini berkaitan dengan developer website yang memiliki tanggung jawab membangun serta memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung dari suatu situs.

Secara lebih jelasnya, berikut job deskripsi developer website yang perlu Anda ketahui :

 

  • Membuat Situs

    Seorang developer memiliki tugas utama membangun situs melalui satu atau beberapa bahasa pemrograman. Biasanya tugas-tugas developer juga disesuaikan dengan peran mereka masing-masing sesuai permintaan klien, seperti backend, frontend dan database.

  • Menyusun Rencana Pembuatan Website

    Seorang developer perlu menyusun rencana pembuatan website sehingga dapat mengetahui apa saja instruksi di dalamnya. Hal tersebut juga bermanfaat untuk menimbang bobot setiap halaman website dalam sebuah instruksi sehingga tidak akan terjadi permasalahan nantinya. Rencana yang telah dibuat, kemudian diserahkan pada semua anggota tim dan dilanjutkan dengan pembagian tugas sesuai kemampuan masing-masing.

  • Pengetesan Situs

    Saat situs sudah diluncurkan,developer perlu melakukan pengetesan untuk mengetahui adanya masalah atau tidak pada situs saat digunakan. Biasanya pengecekan tersebut dilakukan secara rutin oleh banyak orang supaya masalah bisa ditemukan lebih cepat.

  • Membuat dan Mengetes API

    Developer juga bertugas membuat serta mengetes Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API). Dimana API merupakan protokol antara berbagai bagian yang bertujuan menyederhanakan implementasi serta pemeliharaan perangkat lunak. Selain itu, API juga dipakai sebagai perpustakaan sebuah situs yang dibangun.

  • Dokumentasi Pengerjaan

    Seorang developer perlu melakukan dokumentasi pengerjaan untuk membantu melacak segala aspek serta meningkatkan kualitas situs. Fokus utama dari dokumentasi tersebut yaitu pengembangan, pemeliharaan dan menjadi alat transfer ilmu kepada orang lain.

 

Baca Juga :     Profesi Android Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Tugas Profesi Developer

Profesi developer sebetulnya tidak berbeda jauh dengan profesi lainnya yang memiliki tugas-tugas tersendiri. Secara umum, developer website terbagi menjadi 3 divisi yang masing-masing memiliki tugas berbeda. Berikut tugas-tugas developer website yang perlu Anda ketahui :

 

  • Fronted Developer

    Divisi ini memiliki tugas mendesain tampilan depan suatu website karena Fronted Developer juga bertanggung jawab membangun bagian interface dari sisi pengguna atau user. Perlu Anda ketahui bahwa seorang fronted developer harus mampu menguasai tiga bahasa pemrograman, antara lain CSS, HTML dan JavaScripts. Selain itu, mereka juga harus menguasai keahlian lain yaitu penguasaan berbagai framework dan menguasai library.

  • Backend Developer

    Divisi backend developer memiliki tugas membangun serta mengelola teknologi yang menunjang 3 komponen backend suatu website yakni aplikasi, server dan database. Ketika menjalankan tugasnya, seorang backend developer memakai bahasa programing seperti Java, Python, Ruby dan PHP. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab memprogram server supaya bisa mengirimkan dokumen ke browser para pengguna. Backend developer juga bertugas memastikan keamanan situs yang sedang dikembangkan.

  • Full Stack Developer

    Perlu Anda ketahui bahwa full stack developer adalah website developer yang bisa bekerja secara cross-funtional antara backend dan fronted. Full stack developer bertanggung jawab pada sisi server dan sisi user interface di waktu yang bersamaan. Hal inilah yang menjadikan developer ini harus memiliki keahlian yang dikuasai oleh backend maupun fronted developer. Seorang full stack developer juga bertanggung jawab pada tampilan website dan jalan aplikasi yang dikembangkan.

 

Baca Juga :     Profesi Web Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kualifikasi Profesi Developer

Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

Bagi Anda yang tertarik dengan profesi developer website, sebaiknya ketahui beberapa kualifikasi yang perlu Anda penuhi. Berikut beberapa kualifikasi developer website :

 

  • Mempunyai pengetahuan maupun pemahaman tentang HTML/XHTML, JavaScript dan CSS.
  • Mengerti seputar Arsuitektur Server.
  • Mempunyai kemampuan mengelola tim dengan baik.
  • Mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik.
  • Mampu bermultitasking dengan batasan waktu tertentu.
  • Menguasai pengetahuan fungsional serta pengalaman pengkodean secara menyeluruh.
  • Berpengalaman dalam kerangka kerja server.
  • Mempunyai pemahaman dengan sistem basis data seperti SQL dan Oracle.

 

Baca Juga :      Kumpulan Pekerjaan Sampingan Untuk Programmer / Developer di 2020

 

Tanggung Jawab Developer

Profesi yang bertugas merancang website ini memang mempunyai tanggung jawab penuh dalam hal pengembangan sebuah website yang dimulai dari perencanaan hingga website siap dipakai. Selain itu, seorang developer juga bertanggung jawab memberikan pengalaman yang terbaik bagi para pengunjung sebuah situs. Hal inilah yang menjadikan seorang developer harus mampu mengatur tata letak halaman, gaya dari konten situs dan interaktif.

Pada beberapa perusahaan, profesi developer juga menjalin kerjasama dengan para manajer produk maupun desainer. Biasanya peran mereka akan semakin terlihat ketika website dibangun mengingat dalam membuat website pasti memerlukan ketelitian dan ide- ide yang yang harus diselaraskan. Kemudian terdapat juga tim quality assurance yang bertugas memberikan masukan bagi para developer website saat ditemukan sebuah masalah pada website.

 

Baca Juga :     Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa profesi developer merupakan seorang programmer yang telah terlatih untuk membangun suatu website sekaligus menyelesaikan masalah seputar website. Mereka melaksanakan tugas-tugas tersebut sesuai prinsip-prinsip desain serta implementasi rekayasa perangkat lunak. Namun dalam melaksanakan tugas-tugasnya, para developer juga membutuhkan kerjasama dengan pihak terkait terutama dengan tim IT perusahaan. Bagi Anda yang tertarik bergabung dengan profesi developer, sebaiknya pahami beberapa kualifikasi yang dibutuhkan.

Meskipun beberapa perusahaan mungkin tidak mempersyaratkan jenjang akademis khusus bagi profesi ini, namun sebaiknya Anda harus menguasai kualifikasi yang dibutuhkan. Biasanya kualifikasi tersebut berkaitan dengan pengetahuan seputar bahasa pemrograman dan pengalaman dalam bidang pembuatan website. Profesi developer website dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang sangat menjanjikan dimana hampir setiap perusahaan saat ini sangat membutuhkan website sebagai media branding sekaligus promosi produk. Bagi Anda yang memiliki wawasan dan keterampilan tentang bahasa pemorgraman dan pembuatan website, sebaiknya jangan ragu untuk bergabung menjadi seorang developer website sekarang juga.

Related Post :