Profesi Web Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Web developer merupakan sebuah pekerjaan yang banyak diincar oleh masyarakat saat ini. Jika Anda adalah salah satu dari peminat yang hendak bekerja sebagai seorang web developer, sudahkah Anda memahami betul terkait pengertian dari profesi web developer itu sendiri? Sebelum melamar, Anda harus paham betul mengenai apa saja tugas dan job deskripsi yang dilakukan oleh seorang Web Developer, sampai kualifikasi dan tanggung jawabnya.

Profesi Web developer berarti seorang yang mengembangkan sebuah web yang  ditugaskan untuk membuat, merancang, serta memelihara aplikasi dan situs web. Bisa dibilang juga seorang yang berprofesi sebagai web developer identik dengan pembuatan dari sebuah website. Pekerjaan ini umumnya dibutuhkan oleh banyak perusahaan khusus, namun tidak sedikit juga yang bekerja freelance atau tak terikat dengan perusahaan, melainkan pada klien.

Artikel ini tidak hanya akan menjelaskan pengertian dari web developer itu sendiri, namun juga mengulik lebih dalam mengenai bagaimana profesi web developer. Anda bisa mengetahui pekerjaan apa saja yang harus dilakukan, kualifikasi untuk melamar pekerjaan ini, sampai tanggung jawab apa yang harus dituntaskan. Mari simak penjelasannya dibawah ini jika Anda berniat menjadi seorang web developer dimasa datang.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Web Developer

Profesi Web Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

 

Tujuan utama dari seorang yang mengemban profesi web developer yaitu menciptakan layanan web yang efisien yang mana menjadi kewajiban bagi para pengembang web untuk memastikan kebutuhan dari para klien tercukupi. Biasanya, tugas serta pekerjaan web developer terbagi menjadi tiga dimana masing-masing mempunyai tugas yang berbeda. Inilah beberapa macam pengembang web :

 

  • Frontend Developer

    Orang yang ditugaskan pada bidang Frontend Developer biasanya memiliki job deskripsi dan tugas untuk membangun antarmuka web serta mendesain. Tidak hanya itu, sebagai Frontend Developer pun juga memiliki tanggang jawab untuk membangun interface user. Adapun terdapat beberapa bahasa pemrograman yang wajib dikuasai jika ingin menjadi seorang Frontend Developer. Bahasa pemrograman tersebut antara lain CSS, Javascript serta HTML. Bagi yang belum mengerti, demikian adalah penjelasan mengenai bahasa pemrograman tersebut :

    • HTML / Hypertext Markup Languange

      Biasa dikenal dengan sebutan atau singkatan HTML, bahasa script yang satu ini memiliki fungsi untuk membangun dan menyusun struktur di dalam sebuah website. HTML juga dapat berfungsi sebagai dasar styling dan merupakan level paling bawah teknologi frontend .

    • CSS / Cascading Style Sheets

      Cascading Style Sheets masih terkait dengan HTML, karena CSS merupakan pelengkap dari bahasa pemrograman yang pertama tersebut. Kalau HTML merupakan dasar dari sebuah styling, maka ada CSS yang berfungsi untuk menyempurnakan tampilan dari sebuah website.

    • Javascript

      Semua orang yang memiliki profesi web developer wajib untuk memahami bahasa pemrograman yang satu ini. Kegunaan dari Javascript adalah untuk membuat sebuah website menjadi lebih interaktif. Baik HTML, CCS dan Javascript ketiganya memang saling terkait. HTML adalah rangka, CSS merupakan antarmuka dan Javascript berperan sebagai fungsionalitas.

    Baca Juga :   Daftar Website Membuat Aplikasi Android Online dengan Mudah dan Gratis

  • Backend Developer

    Peran yang kedua adalah sebagai Backend Developer, dimana tugas dari seseorang yang bekerja di bagian ini adalah mengelola isi dari dalam website. Contohnya aplikasi, database dan server. Tidak hanya itu, Backend Developer juga memiliki job deskripsi untuk menghitung, menyimpan data dari para pengguna, memproses formulir pendaftaran, dan lain-lain. Sama seperti sebelumnya, seorang yang menjadi Backend Developer juga harus menguasai sejumlah bahasa pemrograman. Beberapa diantaranya adalah Python, PHP, SQL dan NodeJS dan berikut penjelasannya :

    • PHP / Hypertext Preprocessor

      PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan sering digunakan. Sebanyak lebih dari 80 persen website yang telah menggunakan teknologi backend menjadikan PHP sebagai bahasa pemrograman mereka.

    • Python

      Bahasa pemrograman yang selanjutnya ini bisa melakukan eksekusi dari beberpa instruksi secara langsung menggunakan metode orientasi objek. Python juga seringkali menjadi bahasa pemrograman backend di luar negeri. Akan tetapi, di Indonesia juga sudah banyak yang memakai Python sebagai backend website.

    • NodeJS

      Merupakan sebuah perangkat lunak yang telah didesain guna mengembangkan aplikasi web backend, NodeJS adalah dasar dari Javascript. Karena itu, tidak heran kalau syntax dari keduanya sama.

    • SQL / Structured Query Languange

      SQL merupakan beberapa perintah khusus yang gunanya adalah mengakses data-data di dalam database relasional. Hal ini sangat berguna untuk dapat memaksimalkan kinerja database agar input dan output dari aplikasi dan website berjalan sebagaimana mestinya.

    • Fullstack Developer

      Pengembang web di bidang ini memiliki tugas untuk membuat sisi luar serta dalam website. Bisa dibilang, Fullstack Developer wajib menguasai baik frontend dan backend. Tidak mudah untuk bekerja di Fullstack Developer. Namun, dengan bantuan NodeJS pekerjaan ini menjadi sedikit lebih mudah selain Javascript juga sering digunakan untuk Fullstack Developer

Baca Juga :    Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Kualifikasi dan Job Deskripsi Web Developer

Profesi Web Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya
 

Ketika ingin melamar pekerjaan dengan profesi web developer, Anda harus siap untuk belajar informasi terkait pekerjaan tersebut. Untuk kualifikasi yang dibutuhkan dari web developer sendiri adalah sebagai berikut :

 

  • Kemampuan dan Pengetahuan

    Bagi seorang pengembang web, penting untuk mempunyai baik kemampuan dan pengetahuan yang luar biasa. Kedua hal ini wajib dikuasai, terutama mengenai sistem informasi dan komputer. Selain itu, Anda juga wajib memiliki kemampuan yang kuat dalam pengembangan teknologi sebaiknya, Anda juga menguasai teknologi baru serta mengikuti tren mengenai industri.

  • Teliti

    Karena sedikit saja kesalahan dapat mengacaukan situs website, maka penting untuk memiliki tingkat ketelitian yang tinggi bagi seorang pengembang web. Tidak hanya itu, kemampuan untuk memecahkan masalah juga dibutuhkan karena, web developer harus mengenali serta menyelesaikan kesalahan dan masalah dengan tepat waktu.

  • Tanggung Jawab

    Memiliki profesi web developer memang diharuskan untuk bisa bertanggung jawab dan bisa mencapai target sesuai tenggat waktu yang diberikan. Bertanggung jawab tidak hanya pada tugas saja, namun juga dalam bekerja baik itu mandiri ataupun berkelompok, Anda diwajibkan untuk mampu memberi informasi di dalam sebuah tim atau kelompok.

  • Kemampuan Untuk Multitasking dan Komunikasi

    Kualifikasi yang dibutuhkan seorang pengembang web berikutnya adalah kemampuan untuk menangani sejumlah masalah sekaligus atau mengerjakan beberapa proyek. Multitasking sangat dibutuhkan oleh para web developer. Selain itu, penting juga mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi baik dengan atasan atau juga rekan kerja karena Anda akan bekerja sama untuk memecahkan masalah yang ada atau memberi informasi.

Baca Juga :    Cara Membuat Website GRATIS dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Menjadi seorang pengembang web memang bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dijalani. Namun pekerjaan ini begitu dibutuhkan di era digital seperti sekarang sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk menguasai kemampuan yang dibutuhkan agar bisa diterima menjadi seorang web developer. Sebelum melamar pekerjaan, memang sebaiknya mengetahui apa saja tugas serta tanggung jawab yang perlu dituntaskan dalam pekerjaan tersebut dan juga kualifikasi yang dibutuhkan.

Dengan mengerti kualifikasi dan skill apa saja yang diperlukan, maka Anda bisa mempersiapkan diri sehingga peluang untuk diterima dalam bidang tersebut semakin besar. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai profesi web developer sebelum mencoba untuk melamar di pekerjaan tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi terkait pekerjaan dari seorang pengembang web.

Related Post :