logo Program Studi Soshum Terfavorit 2023 - IDCloudHost

Program Studi Soshum Terfavorit 2023

Program Studi Soshum Terfavorit 2023

Memilih program studi kuliah masih menjadi hal yang sering dilakukan bagi calon mahasiswa baru. Hal ini bertujuan agar tidak salah memilih dan sesuai dengan yang mereka inginkan. Biasanya jika pada sekolah menengah atas dikelompokkan jurusan seperti IPA,IPS serta bahasa. Jadi siswa/siswi dibebaskan memilih jurusan yang mereka inginkan dan disesuaikan dengan potensi akademiknya. Biasanya ini juga berlaku bagi siswa/siswi yang akan ikut ujian masuk bersama dalam sebuah perguruan tinggi. Lantas, apa saja ya prodi soshum terfavorit 2023 ?

Sebelum membahasnya, ada persamaan antara program studi dengan jurusan di sekolah menengah atas, pada perguruan tinggi banyak pilihan jurusan dan program studi yang bisa Anda pilih. Bedanya pilihan program studi memuat banyak sekali pilihan, dengan dua bidang utama yang dikenal dengan prodi saintek dan soshum. Didalam bidang utama tersebut terdapat program studi lagi seperti pada saintek ada Kimia,Fisika,Kedokteran dll. Akan tetapi, pada artikel ini akan dibahas secara mendalam beberapa prodi soshum terfavorit 2023!

7+ Program Studi Soshum Terfavorit Yang Wajib Anda Ketahui!

 

Prodi soshum terfavorit

Berikut ini prodi soshum yang bisa menjadi referensi Anda untuk memilih sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

1. Ilmu Komunikasi

Pertama yang masih menjadi favorit hingga saat ini adalah prodi ilmu komunikasi. Bagi Anda yang berasal dari jurusan IPS atau Bahasa pasti tidak asing lagi dengan program studi yang satu ini. Ilmu komunikasi memang menjadi incaran calon mahasiswa baru. Hal ini didukung dengan hasil survey PTN 2021 prodi ilmu komunikasi masih menjadi yang paling diminati.

Sehingga banyak perguruan tinggi populer di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjadjaran dan beberapa universitas lainnya. Masih memberikan daya tampung dengan persaingan yang ketat untuk masuk ke dalam program studi ilmu komunikasi. 

Para lulusan ilmu komunikasi nantinya akan merintis karir di bidang media yaitu dapat menjadi  reporter, presenter,jurnalis humas, marketing communication, content writer, sutradara film, fotografer, penyiar radio, dosen, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa ilmu komunikasi masih menjadi prodi paling favorit.

2. Akuntansi

Program studi favorit kedua adalah akuntansi. Biasanya prodi yang satu ini berada dibawah naungan fakultas ekonomi dan berada pada rumpun jurusan sosial dan humaniora. Akuntansi menjadi bidang yang melakukan pencatatan serta mengelola keuangan dalam suatu perusahaan dan beberapa kantor pemerintahan. Karena prospek kerjanya yang luas inilah menjadikan Akuntansi masih menjadi prodi incaran para calon mahasiswa baru.

Maka dari itu sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia masih menyediakan prodi ini. Namun persaingannya masih sangat ketat dengan rata-rata daya tampung universitas juga terbatas yaitu sekitar 40 mahasiswa saja. Berdasarkan survey PTN pada tahun 2021.

Jika Anda masuk Akuntansi ada beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari yaitu Akuntansi sektor publik,manajerial,biaya,anggaran,perpajakan dan lain sebagainya. Prospek kerja para lulusan Akuntansi juga sangat luas diantaranya: Akuntan pajak, Internal auditor, akuntan pemerintah,financial akuntan dan lainnya

3. Manajemen

Ketiga ada manajemen, berasal dari fakultas yang sama, program studi manajemen juga menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa baru. Manajemen mempelajari tentang kegiatan bisnis yang dijalankan suatu perusahaan baik itu dari segi strateginya hingga operasional yang dilakukan. Biasanya calon mahasiswa baru yang sebelumnya jurusan IPS lebih cenderung minat untuk mengambil prodi manajemen.

Jika melihat dari persaingan terhadap prodi manajemen di setiap universitas, maka Anda akan mendapatkan data rata-rata peminat mencapai di atas 3.000 orang. Ini bisa saja bertambah atau berkurang sesuai dengan daya tampung yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Hal ini membuktikan bahwa manajemen masih menjadi prodi yang tidak pernah sepi peminat tiap tahunnya.

Kemudian untuk prospek kerja para lulusan manajemen antara lain: konsultan bisnis, manajer SDM, manajer keuangan, akuntan,pengusaha, dosen, banker,staff keuangan dan masih banyak lagi.

4. Psikologi

Masih pada rumpun jurusan sosial dan humaniora, ada program studi yang tidak pernah sepi peminatnya dari tahun ke tahun, yaitu Psikologi. Psikologi mempelajari perilaku dan mental manusia dengan analisis dan tahapan ilmiah. Bagi anak jurusan IPS maupun IPA prodi ini menjadi pilihan yang seringkali mereka inginkan. Sehingga masuk dalam prodi terfavorit tahun 2023.

Persaingannya pun sama ketatnya dengan beberapa prodi diatas, dimana daya tampungnya mencapai 2.000 orang, dengan daya tampung bisa saja 84 orang,60 orang atau lainnya. Ini disesuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Kemudian melihat peluang kerja para lulusan psikologi juga tidak perlu diragukan lagi, mereka dapat menjadi psikolog,dosen psikologi,human resources,konsultan karir maupun pendidikan, psikiater serta profesi lainnya.

5. Hubungan Internasional

Selanjutnya adalah hubungan internasional yang masuk kedalam list prodi terfavorit bagi calon mahasiswa baru. Seperti namanya hubungan internasional mempelajari tentang hubungan antar suatu negara dari sisi diplomasinya, kemudian pemerintahannya hingga semua peraturan dalam dunia internasional.

Persaingan untuk masuk ke dalam prodi hubungan internasional bisa dibilang cukup ketat. Hal ini didukung dengan rata-rata peminatnya mencapai hingga 1.000 orang. Biasanya perguruan tinggi membatasi dengan daya tampung masing-masing sesuai dengan kesanggupan tenaga pengajar dan fasilitas. Jika Anda ingin masuk program studi hubungan internasional. Nantinya peluang kerjanya Anda dapat menjadi: Duta besar, diplomat, staf kedutaan, konsultan internasional, staf ahli,politisi,pengamat dan bidang kerja lainnya. 

6. Sastra Inggris

Ada sastra inggris yang juga menjadi program studi terfavorit. Hal ini didasari pada kebutuhan akan penguasaan bahasa asing yang sudah ada pada segala bidang, baik itu teknologi hingga bisnis. Sehingga banyak dari calon mahasiswa baru yang tertarik dengan prodi yang satu ini.

Sama seperti 5 prodi diatas, persaingan untuk masuk dalam sastra inggris juga cukup ketat. Daya tampung tiap perguruan tinggi juga bisa saja banyak atau sedikit tergantung dari ketetapan atau peraturan kampus tersebut. Tentunya prospek kerja yang nantinya menjadi profesi jika Anda memilih prodi sastra inggris adalah: penerjemah, editor bahasa asing,pengajar,tutor hingga menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata.

7. Ilmu Administrasi Negara

Kemudian, program studi yang menjadi favorit adalah ilmu administrasi negara, prodi ini berasal dari fakultas ekonomi. Ilmu administrasi negara mempelajari tentang bagaimana cara mengelola berbagai hal pada bidang pemerintahan. 

Berbeda dengan beberapa prodi diatas, persaingan yang ingin masuk pada prodi Ilmu administrasi negara bisa dikatakan tidak begitu ketat. Meskipun begitu peminatnya tetaplah banyak. Kemudian untuk prospek kerja lulusan prodi ini antara lain: staf pemerintah,admin, bagian tata usaha dan masih banyak lagi.

8. Ilmu Hukum

Kemudian, prodi soshum terfavorit 2023 adalah ilmu hukum. Prodi yang satu ini mempelajari tentang hukum negara baik itu secara teori maupun prakteknya antara lain: hukum pidana,perdata,tata negara,hukum dagang dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik ingin masuk kedalam prodi ini Anda harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Tentunya, prospek kerja lulusan hukum umumnya adalah menjadi seorang pengacara ataupun advokat.

Penutup

Itulah beberapa prodi soshum terfavorit yang tidak pernah sepi peminatnya. Jika Anda tertarik untuk kuliah pada prodi soshum,pastikan untuk teliti dalam hal melihat ilmu apa saja yang akan dipelajari,berapa daya tampung setiap perguruan tinggi serta peluang kerja yang terbuka saat sudah lulus nanti. Pertimbangkan program studi yang ingin Anda pilih, sebelum nantinya menjalani dunia perkuliahan sesungguhnya ya!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image