Mengenal Tipe/Jenis Query dan Daftar Bahasa/Query Language

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Apakah Anda merupakan seorang back-end developer? Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan banyaknya sistem database, dari banyaknya sistem database tersebut akan mengharapkan Anda untuk membuat permintaan informasi melalui query style yang ditulis dalam bahasa kueri tertentu. Ini adalah metode yang paling rumit karena memaksa Anda untuk belajar bahasa tertentu, tetapi juga yang paling fleksibel.

Bahasa Query atau Query Language (QL) digunakan untuk membuat query/ kueri dalam database. Bahasa kueri (QL) mengacu pada bahasa pemrograman komputer apa pun yang meminta dan mengambil data dari basis data dan sistem informasi dengan mengirimkan kueri. Query Language bekerja pada permintaan berbasis perintah pemrograman terstruktur dan formal yang dimasukkan pengguna untuk menemukan dan mengekstrak data dari database host.

Selain itu bahasa kueri juga dapat disebut bahasa kueri basis data. Bahasa kueri terutama dibuat untuk membuat, mengakses, dan memodifikasi data masuk dan keluar dari sistem manajemen basis data (DBMS).

Biasanya, QL mengharuskan pengguna untuk memasukkan perintah terstruktur yang mirip dan mirip dengan konstruksi kueri bahasa Inggris. Misalnya, kueri SQL: SELECT * FROM, ini berfungsi untuk mengambil semua data dari catatan/tabel pelanggan. Ada berbagai tipe-tipe QL, Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Baca Juga: Pilih Java atau Kotlin dalam Membuat Aplikasi Android

Mengenal Tipe/Jenis Query

Mengenal Tipe/Jenis Query dan Daftar Bahasa/Query Language

Berbagai tipe query yang disediakan Access memberi Anda banyak cara berbeda untuk memilih dan menampilkan data tertentu dalam database Anda. Anda memilih tipe kueri, memilih bidang yang ingin Anda lihat, dan menentukan kriteria untuk membatasi data yang ditampilkan seperlunya. Daftar berikut akan memperlihatkan Anda tipe query/ kueri yang tersedia di Access:

  • Advanced Filter/ Sort

    Jenis kueri yang paling sederhana, Advanced Filter/ Short memungkinkan Anda menemukan dan mengurutkan informasi dari satu tabel dalam database. Opsi ini tersedia dari lembar data apa pun dengan mengklik Advanced di grup Short & Filter pada tab Home Page di Tape dan pilih Advanced Filter/ Sort.

  • Select Query

    Kueri pemilihan atau Select Query memilih data yang Anda inginkan dari satu atau beberapa tabel dan menampilkan data dalam urutan yang Anda inginkan untuk ditampilkan. Select Query dapat menyertakan kriteria yang memberi tahu Access untuk memfilter rekaman dan hanya menampilkan beberapa di antaranya.

    Select Query yang menampilkan rekaman individual disebut Summary Detail, Totals or Summary Detail yang meringkas rekaman disebut kueri Ringkasan atau Total.

  • Totals or Summary Query

    Kueri ini adalah sub kumpulan kueri pemilihan, tetapi kueri tersebut memungkinkan Anda menghitung jumlah atau beberapa agregat lainnya (seperti rata-rata) daripada menampilkan setiap rekaman individual.

    Baca Juga   :    Panduan Plugin WooCommerce Bagi Website Bisnis Online

  • Parameter Query

    Kueri yang meminta satu atau beberapa informasi sebelum menampilkan lembar data.

  • Auto Lookup Query

    Kueri yang mengisi informasi untuk Anda.

  • Action Query

    Kueri tindakan atau Action Query mengubah data Anda berdasarkan beberapa rangkaian kriteria. Action Query dapat menghapus rekaman, memperbarui data, menambahkan data dari satu atau beberapa tabel ke tabel lain, dan membuat tabel baru.

  • Crosstab Query

    Sebagian besar tabel di Access, termasuk yang dihasilkan oleh kueri, memiliki catatan di sisi bawah dan nama bidang di bagian atas. Kueri tab silang atau Crosstab Query menghasilkan tabel dengan nilai dari satu bidang di sisi bawah dan nilai dari bidang lain di bagian atas tabel. Crosstab Query melakukan penghitungan, yaitu kueri menjumlahkan, rata-rata, atau menghitung data yang dikategorikan dalam dua cara, seperti yang ditentukan oleh label baris dan kolom.

Baca Juga  :      Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik

Daftar Bahasa Query/Query Language

Mengenal Tipe/Jenis Query dan Daftar Bahasa/Query Language

 

Konteks pemrograman yang sederhana menjadikannya salah satu bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari. Ada beberapa varian QL (Query Language) yang berbeda dan memiliki implementasi yang luas di berbagai layanan yang berpusat pada basis data seperti mengekstrak data dari basis data deduktif dan OLAP, menyediakan akses berbasis API ke aplikasi dan layanan jarak jauh dan banyak lagi. Berikut adalah daftar bahasa kueri/ query language.

  • XQuery

    XQuery adalah bahasa database yang memungkinkan Anda untuk mengekstrak dan memanipulasi data dalam format XML, XQuery merupakan cara untuk berbagi data di internet. Anda dapat menggunakan XQuery untuk mengakses dan mengambil sumber data apa pun dalam format XML. Dengan XQuery, Anda dapat membuat laporan tentang data dalam database XML, mencari dokumen teks di web untuk data dan mengekstrak data untuk digunakan secara online.

  • OQL

    OQL merupakan singkatan dari Object Query Language, OQL adalah bahasa standar untuk database berorientasi objek, tentu saja yang mewakili data sebagai variabel, fungsi, atau struktur data. Basis data ini populer di kalangan perusahaan yang ingin menyimpan data kompleks dalam jumlah besar. Sama seperti SQL dalam database relasional, OQL memberi Anda opsi untuk melakukan kueri dan mengambil data di database objek.

  • SQL/XML

    Bahasa SQL/XML adalah kombinasi SQL dan XQuery yang mendukung manipulasi dan penyimpanan data XML dalam database yang bekerja dengan SQL. Ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan pernyataan SQL pada data XML dan sebaliknya. XML sangat membantu Anda, jika Anda ingin mengekstrak konten dari dokumen XML atau jika Anda ingin memastikan kompatibilitas dengan pengoptimalan di masa mendatang atau sistem yang mungkin hanya mendukung XML.

  • GraphQL

    GraphQL adalah bahasa query yang bersifat open source, GraphQL juga bekerja dengan API, yaitu merupakan antarmuka yang dapat memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan data. Ini menyediakan cara untuk menentukan struktur data dan bagaimana sistem mengembalikan informasi untuk mencegah pelepasan jumlah data yang berlebihan. Sangat membantu bila Anda ingin mengekstrak data dari beberapa API, menggabungkan data dari sumber yang berbeda, atau menentukan data secara efisien.

  • LINQ

    LINQ atau Language Integrated Query, sebuah bahasa yang mengekstrak dan memproses data dari dokumen XML, database relasional, dan sumber pihak ketiga lainnya. Dengan LINQ, Anda dapat mengakses data melalui berbagai sumber tanpa harus menggunakan bahasa database terpisah untuk masing-masing sumber. Ini memastikan konsistensi di antara kueri untuk objek, database relasional, dan XML. LINQ memungkinkan Anda memfilter, mengurutkan, dan mengelompokkan operasi.

Baca Juga  :     Kumpulan Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pengembangan Website

Kesimpulan dan Penutup

Banyaknya sistem database juga membuat Anda harus memahami bagaimana menggunakan bahasa query atau Query Language. Query Language harus dipahami oleh seorang back-end developer, ini karena Query Language berfungsi untuk meminta dan mengambil data dari basis data dan sistem informasi dengan mengirimkan kueri.

Ada banyak tipe-tipe query language, di antaranya adalah Crosstab Query, Action Query, Auto Lookup Query, dan Parameter Query. Anda bisa memilih tipe-tipe query berdasarkan kebutuhan Anda atau sesuai yang Anda inginkan untuk menjalankan fungsi tertentu. Ketika Anda telah memilih tipe kueri, selanjutnya Anda harus memilih bidang yang ingin Anda lihat, dan menentukan kriteria untuk membatasi data yang ditampilkan seperlunya dengan memilih bahasa query atau Query Language yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :