logo Reach dan Impression: Perbedaan dan Cara Mengoptimalkannya

Reach dan Impression: Perbedaan dan Cara Mengoptimalkannya

Reach dan Impression: Perbedaan dan Cara Mengoptimalkannya

Sosial media menjadi strategi pemasaran yang populer digunakan. Hampir setiap bisnis menggunakan sosial media dalam upaya mengenalkan brand, produk, dan layanannya. Oleh karena itu, melihat trend tersebut maka sosial media telah bertransformasi menjadi ajang marketing yang efektif untuk mengukur konten atau iklan yang dibagikan. 

Ketika Anda memperhatikan sosial media, apakah hanya masih terfokus dengan jumlah followers saja dan mengukur keberhasilan Instagram bisnis Anda dengan banyaknya pengikut yang Anda miliki? Padahal pada faktanya sekarang ada metrik bernama impression dan reach yang akan memudahkan Anda mengetahui jangkauan konten foto, postingan video, atau reels yang Anda bagikan. Pentingnya hal ini untuk diketahui karena dapat menjadi pertimbangan Anda dalam mengevaluasi dan mengukur keberhasilan platform sosial media

Dengan demikian, pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada Anda mengenai impression dan reach, hal yang membedakannya, dan tentu saja bagaimana cara mengoptimalkan metrik tersebut. Jika Anda penasaran, maka mari kita simak artikel berikut ini!

Apa Itu Reach?

Apa Itu Reach?

Jika Anda memiliki 2.000 followers, maka pada dasarnya Anda akan memiliki 2.000 tayangan pula pada setiap postingan. Namun, hal itu jarang terjadi karena adanya algoritma atau scrolling yang akhirnya mempengaruhi hal tersebut. Dengan demikian, banyaknya follower tidak menjamin bahwa keseluruhan followers tersebut akan mengakses atau melihat konten yang Anda bagikan. 

Oleh karena itu, reach adalah jumlah orang yang melihat konten atau iklan Anda. Lebih lanjut, dalam kenyataannya bisa saja satu orang melihat iklan lebih dari satu kali. Dengan demikian, meskipun seseorang melihat iklan tujuh kali maka reach tetap akan dihitung per pengguna yang melihat iklan tersebut bukan jumlah tayangan kepada audiens. 

Misalnya jika Anda memiliki reach sebanyak 1,000 maka artinya konten atau artikel Anda telah dilihat oleh 1.000 pengguna. Dengan demikian, matrik perhitungan ini berfokus kepada jumlah orang yang melihat konten atau artikel Anda.  

Apa Itu Impression?

Apa Itu Impression?

Tahukah Anda bahwa meskipun Anda memiliki 1.200 followers namun bisa saja Anda mendapatkan impression sebanyak 2.000 kali. Hal tersebut mengindikasikan penonton yang melihat konten yang sama secara berulang kali. Tentu saja hal ini adalah hal yang positif karena menunjukkan ketertarikan pengguna akan konten atau iklan tersebut. 

Secara sederhana impression diartikan sebagai ukuran untuk melihat seberapa sering suatu konten atau iklan ditampilkan. Lebih lanjut, impression tidak berpatokan apakah konten atau iklan tersebut di klik atau tidak, melainkan berfokus terhadap berapa kali konten atau iklan tersebut muncul kepada audiens secara keseluruhan. 

Misalnya Anda melihat jumlah impression adalah 2.000, maka artinya konten atau iklan tersebut telah tampil pada layar audiens sebanyak 2.000 kali. Tentu saja, hal ini juga memungkinkan bahwa audiens yang sama melihat konten atau iklan tersebut lebih dari satu kali

Apa Manfaat Reach dan Impression?

Apa Manfaat Reach dan Impression?

Pada dasarnya baik reach dan impression sama-sama melengkapi dan mempermudah seorang pemasar digital. Misalnya meskipun Anda bisa melihat berapa banyak pengguna yang melihat konten Anda (reach), namun tetap saja Anda ingin konten tersebut lebih sukses dengan menarik perhatian mereka (impression). 

Dengan demikian, untuk penjelasan selengkapnya, maka perhatikan manfaat reach dan impression berikut ini: 

  • Melihat tingkat keefektifan iklan

Jika Anda melakukan iklan misalnya Instagram Ads, Facebook Ads dan sebagainya maka reach dan impression dapat dijadikan langkah awal. Adanya reach maka Anda bisa melihat pengguna yang melihat iklan Anda dan adanya impression maka Anda bisa melihat jumlah tayangan iklan pada audiens dan bahkan mengidentifikasi kemungkinan ketertarikan pengguna. 

Lebih lanjut, perlu diketahui baik reach ataupun impression tidak dapat mengindikasi apakah iklan tersebut di klik atau tidak oleh pengguna atau melakukan engagement dengan konten tersebut. Meskipun demikian, hal ini masih berguna untuk Anda yang ingin mengoptimalkan konten sosial media Anda dalam upaya mencapai tujuan yang Anda inginkan. 

  • Mengukur brand awareness

Brand awareness merupakan hal yang sangat krusial untuk diperhatikan. Melalui brand awareness pada dasarnya Anda bisa melihat tingkat kepedulian masyarakat terhadap brand, produk, atau layanan Anda. Tinggi dan kecil brand awareness juga dapat menjadi media evaluasi strategi marketing bagi Anda selanjutnya. 

Lebih lanjut, semakin besar brand awareness maka semakin tinggi kemungkin pengguna untuk melakukan transaksi. Selain itu, mereka juga mungkin teredukasi akan brand, produk atau layanan yang ditawari dan sangat berpotensi untuk memberikan promosi kepada yang lainnya. Dengan demikian, mengetahui data brand awareness adalah hal yang penting untuk dianalisis dan ditarik kesimpulannya. 

Dengan mengkombinasikan antara reach dan impression maka bisa saja memberikan gambaran brand awareness yang Anda dapat melalui sosial media. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan mencari rasio antara reach dan impression. Lebih lanjut, semakin besar rasio maka memungkinkan semakin tinggi pula brand awareness masyarakat yang tercipta melalui konten atau iklan yang dilakukan. 

Cara Mengoptimalkan Reach dan Impression

Cara Mengoptimalkan Reach dan Impression

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengoptimalkan reach dan impression, yakni sebagai berikut:

  • Maksimalkan sosial media marketing

Sosial media merupakan sarana dunia maya yang hampir digunakan oleh semua orang di dunia. Oleh karena itu, ketika Anda memaksimalkan sosial media Anda maka akan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk mendatangi akun profil Anda dan melihat postingan atau bahkan menghidupkan notifikasi setiap Anda membagikan sebuah konten baru. 

Lebih lanjut, beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengoptimalkan sosial media seperti melakukan evaluasi target followers Anda, memaksimalkan copywriting, menggunakan call to action (CTA), dan sebagainya. 

  • Memaksimalkan konten

Memaksimalkan setiap konten yang Anda bagikan adalah hal yang penting karena dapat merepresentasikan sosial media dan bisnis Anda. Tentunya ketika Anda memanajemen konten dengan baik, maka hal tersebut akan menunjukkan profesionalitas Anda dalam berbisnis. 

Lebih lanjut, dalam memaksimalkan konten maka Anda bisa memasukkan konten informatif sehingga konsumen akan merasa akun sosial media Anda bermanfaat untuk diikuti setiap postingannya. Lebih lanjut, Anda bisa menambahkan hiburan seperti meme atau lelucon lainnya. Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur sosial media layaknya reels, siaran langsung, atau bahkan memperbaiki visual konten Anda

Tentunya ketika Anda memaksimalkan konten maka akan menjadi daya magnet bagi target konsumen atau pengguna. Bahkan, bukan tidak mungkin para pengguna kembali lagi ke akun Anda dan merefresh postingan terbaru Anda. Tentunya hal ini akan meningkatkan reach dan impression. Dengan demikian, pastikan Anda memanajemen konten sosial media dengan baik. 

  • Menggunakan Hashtag

Hashtag adalah suatu label yang digunakan dalam sosial media untuk mencari informasi atau post tertentu. Lebih lanjut, hastag juga memungkinkan pengguna lebih mudah mencari suatu konten yang mereka ingin. Dengan demikian, tentu saja penggunaan hastag akan menambah reach maupun impression dari suatu sosial media. 

Dengan demikian, Anda perlu memperhatikan penggunaan hastag setiap kali mempublikasikan postingan. Hal tersebut dapat berupa cara penggunaan hashtag yang baik seperti penggunaan kata-kata unik dan intensitas penggunaan hashtag yang mencerminkan produk, brand, atau layanan Anda.  

  • Pay-Per-Click Advertising (PPC)

Layanan ini merupakan jenis iklan yang akan dibayar ketika adanya klik yang dilakukan. Pada dasarnya, PPC akan dimunculkan kepada konsumen potensial dan tentu saja hal tersebut akan menambah tingkat reach dan impression. Lebih lanjut, pengguna juga tidak perlu melakukan pencarian melainkan algoritma akan meletakkan iklan  tersebut berdasarkan kemungkinan ketertarikan konsumen. 

Selain bermanfaat untuk meningkatkan reach dan impression, PPC juga bermanfaat sebagai salah satu strategi digital marketing khususnya dalam upaya meningkatkan trafik dan penjualan. Strategi ini merupakan strategi yang layak Anda coba khususnya dengan maraknya penggunaan sosial media. 

Penutup

Mengetahui reach dan impression dapat dijadikan sebuah metrik dalam mengukur keberhasilan Anda dalam mengoptimalkan setiap konten yang dibagikan. Tentu saja hal ini juga dapat menjadi evaluasi bagi Anda melalui data jangkauan konten yang ditampilkan atau data pengguna yang melihat konten. Dengan demikian, mempelajari reach dan impression merupakan langkah optimasi strategi sosial media marketing yang tepat untuk Anda lakukan. 

Saat ini strategi bisnis media sosial bisa langsung ditautkan dengan website bisnis. Tentunya memiliki website dengan keamanan tinggi dari cloud provider terpercaya adalah hal yang perlu dipertimbangakan. Anda bisa menggunakan Bare Metal Server yang merupakan server pendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi.

Dengan demikian, pastikan Anda memaksimalkan sosial media namun juga memaksimalkan website bisnis dalam upaya memperlancar operasional pemasaran Anda ya!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image