Rekomendasi Alat/Aplikasi Untuk Membantu Meningkatkan Produktivitas Kerja Terbaik

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Para profesional di berbagai industri dan bidang pekerjaan sering kali memiliki daftar tugas yang panjang yang harus mereka lakukan. Oleh karenanya, banyak dari mereka mengandalkan lebih dari sekadar perangkat lunak internal atau pilihan perusahaan untuk dapat mengelola produktivitas mereka. Juga mengingat pekerjaan saat juga bisa berkaitan dengan banyak teknologi, jadi tidak mengherankan masyarakat modern saat ini mengandalkan berbagai bantuan aplikasi atau alat untuk membantu mereka dalam mempermudah keseharian pekerjaan.

Pekerjaan yang dilakukan dengan efisien dan tersusun akan menjadi bagian penting dari sebuah produktivitas. Sedangkan produktivitas itu sendir bersifat pribadi. Contohnya Anda dapat mendengarkan saran dari orang lain tentang cara mereka menyelesaikan sesuatu, tetapi kiat produktivitas yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk Anda dan gaya kerja Anda. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi produktivitas.

Dengan begitu banyak aplikasi dan alat yang tersedia, penting untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya Anda cari. Mungkin Anda adalah seorang suka mencatat yang efisien, tetapi Anda adalah orang yang sangat sulit untuk fokus pada tugas. Bisa saja mungkin Anda memiliki cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan rekan tim dan kontak, tetapi Anda tidak memiliki cara yang efektif untuk menjadwalkan pertemuan yang bisa sesuai dengan waktu semua orang. Setiap orang mempunyai cara berbeda, maka begitu juga aplikasi yang harus mereka pilih.

 

Mengenal Apa Itu Alat/Aplikasi Penunjang Produktivitas Kerja

Rekomendasi Alat/Aplikasi Untuk Membantu Meningkatkan Produktivitas Kerja Terbaik
 

Alat produktivitas terbaik adalah alat yang harusnya sederhana dan mudah untuk meningkatkan efisiensi di antara tim, terlepas dari apakah karyawan bekerja di kantor atau dari rumah. Fitur utama alat produktivitas akan fokus pada kolaborasi dan manajemen proyek, sehingga di mana pun individu berada, mereka dapat tetap berhubungan dengan anggota tim lainnya dan memberikan pembaruan dan informasi terbaru yang dibutuhkan semua orang. Hal ini dapat dilakukan per proyek atau berdasarkan departemen, sehingga manajer dapat memastikan bahwa orang yang tepat berada di tempat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Begitu juga alat manajemen tidak kalah penting untuk memprioritaskan jadwal dan pekerjaan hingga tenggat waktu, seperti untuk manajemen waktu dan manajemen tugas. Antarmuka alat tersebut juga sebaiknya harus sederhana dan mudah digunakan sehingga membuatnya lebih mudah dikelola dan dipahami. Selain itu, semuanya perlu disajikan dengan jelas sehingga informasi manajemen kontak mudah ditemukan dan ditindaklanjuti. Ada juga alat lain yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi, cukup dengan membuat tugas yang rumit menjadi lebih sederhana dan mudah dilakukan. Ini bisa berupa apa saja mulai dari alat untuk mengelola cadangan pekerjaan hingga pemantauan media sosial, membantu manajemen hubungan pelanggan, dan lain- lain.

 

Baca Juga :   Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien

 

Rekomendasi Alat/Aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Terbaik

Rekomendasi Alat/Aplikasi Untuk Membantu Meningkatkan Produktivitas Kerja Terbaik
 

 

Dengan kemajuan dan umumnya penggunaan aplikasi membuat ada banyak aplikasi di luar sana untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan meningkatkan produktivitas tim Anda. Banyak aplikasi mungkin terlihat sangat mirip namun detailnya adalah yang menentukan apakah dan alat mana yang cocok untuk pekerjaan Anda. Untuk membuat hidup Anda lebih mudah, berikut beberapa rekomendasi alat atau aplikasi yang dapat membuat pekerjaan Anda lebih efisien dan produktif.

 

Microsoft Office

Microsoft Office mungkin adalah platform yang paling populer dalam hal membantu produktivitas apalagi dengan Microsoft 365 yang berbasis cloud terbaru. Faktor utama yang membuat MS Office memimpin pasar global adalah karena cara komprehensif data dapat dicakup oleh aplikasi yang berbeda dan dipindahkan sehingga membuat bekerja lebih efisien dan bebas repot. Fitur terkenalnya seperti Word, Excel, Powerpoint dan Outlook yang membentuk program inti, telah mencakup banyak hal seperti membuat dokumen, presentasi, email, spreadsheet dan lain sebagainya.

Di samping juga, OneDrive menawarkan penyimpanan dan pencadangan online untuk menjaga keamanan file penggunanya. Meskipun ada alternatif untuk MS Office, sebagian besar pesaing berusaha mengejar ketinggalan mereka daripada memikirkan untuk membuat fitur baru yang inovatif. MS Office masih tetap populer dalam penggunaan pekerjaan harian bagi siapa saja sehingga tidak mengherankan kalau alat ini biasanya menjadi nomor 1 dalam daftar alat penunjang produktivitas banyak orang.

 

Google Drive

Mungkin ini adalah salah satu alat yang paling umum yang biasa digunakan oleh pekerja, pelajar, profesional dan siapa saja saat ini. Google Drive sendiri adalah solusi penyimpanan cloud serbaguna, yang merupakan sumber daya yang bagus untuk digunakan saat berbagi file dan dokumen dengan tim. Cukup lengkap dan fungsional, Google hadir dengan berbagai fiturnya yang populer seperti Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Formulir. Anda tidak lagi harus melampirkan dan menyimpan file besar di komputer Anda, dengan Google Drive Anda hanya perlu membagikan tautan dengan rekan kerja Anda untuk memberikan akses baik untuk mengedit, menuliskan komentar atau sekedar meninjaunya.

 

Trello

Trello adalah layanan yang dirancang dengan cerdas dan populer untuk membantu penggunanya dalam mengelola, mengatur, dan berbagi segala sesuatu mulai dari tugas sederhana hingga tugas manajemen proyek besar. Aplikasi ini mempunyai tampilan dan fitur yang cukup mudah, mulai dari membuat kartu kerja, menambahkan tim, drag and drop, melampirkan dokumen, link maupun gambar, dan lain- lain. Ini membuat Trello memiliki banyak alat kolaborasi untuk membantu Anda mengelola proyek Anda, dan setumpuk fitur cerdas untuk memastikannya ramah pengguna.

 

Baca Juga  :   Aplikasi Webinar Online yang Murah, Mudah, dan Aman untuk digunakan

 

Proofhub

ProofHub adalah aplikasi manajemen proyek online yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Perangkat lunak ini menyediakan semua alat dasar dan lanjutan yang dibutuhkan organisasi atau tim untuk tetap fokus di pekerjaan mereka. Bekerja sebagai ruang kerja terpusat dimana manajer, tim, dan klien dapat merencanakan dan berkolaborasi, untuk mengelola, melacak, dan mengirimkan proyek dengan mulus.

Fitur ini sendiri dapat disesuaikan dan dirancang agar sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang berkembang, baik itu kecil atau besar. Anda tidak lagi harus berinvestasi dalam terlalu banyak alat yang berbeda untuk memvisualisasikan proyek dan tugas dengan dapat merampingkan komunikasi, mendistribusikan sumber daya, dan mengidentifikasi tugas yang terlambat. Selain itu, aplikasi ini membantu Anda melacak waktu, meninjau file, membuat laporan pekerjaan, dll.

 

Asana

Sejak pandemi tahun lalu, banyak pekerjaan menjadi tertunda dan harus berganti cara yakni bekerja online. Ini membuat orang mulai mencari cara terbaik untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dari jarak jauh dengan mudah serta praktis. Alat produktivitas yang satu ini menghasilkan banyak fitur yang akan membantu mengatur dan mengelola proyek dan tugas di mana pun Anda berada.

Datang dengan versi gratis yang lebih tepat ditujukan untuk pengguna individu dan freelancer, Asana menyediakan fitur kolaborasi dengan jumlah tim terbatas, penyimpanan file dan banyak lagi. Dengan versi pro premium Anda bisa bisa mendapatkan lebih banyak fitur- fitur cerdas yang bisa membantu Anda dalam membuat pekerjaan kompleks Anda menjadi lebih tertata dan efisien.

 

Baca Juga  :   Daftar Pekerjaan Online yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap individu mempunyai cara dan penerapan produktivitas yang masing- masingnya berbeda sehingga memang sedikit sulit untuk menyamaratakannya. Anda bisa saja sesuai dengan cara A tetapi ternyata rekan satu tim Anda tidak bisa menggunakan cara yang sama. Karenanya perlu ada jalan tengah yakni mencari bantuan alat atau aplikasi yang bisa membantu produktivitas kerja untuk jalan tengah yang baik bagi semua anggota tim.

Produktivitas untuk individu dan tim adalah topik pembicaraan yang sangat penting, di mana orang-orang berbagi jadwal harian, rutinitas pagi, kebiasaan pemblokiran waktu, dan banyak lagi. Alat produktivitas datang dalam berbagai bentuk dan sering kali mengambil pendekatan berbeda untuk meningkatkan alur kerja Anda. Satukan visi tim Anda dan pilihlah alat produktivitas yang dapat Anda terapkan secara individu atau dengan tim Anda untuk mengoptimalkan sistem produktivitas Anda.
 

 

Related Post :