Rekomendasi Aplikasi dan Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Business, Marketing / 0 | | 0

Dalam dunia pemasaran yang sangat kompetitif, sangat penting untuk selalu menjadi yang terdepan. Untungnya, ada banyak alat hebat di luar sana untuk membantu Anda dan tim Anda tetap berada di dalam lingkar bisnis Anda serta memainkan peran integral, membantu Anda menjadi lebih produktif, efisien, dan strategis.

Salah satu aplikasi dan tool yang bisa Anda coba untuk pemasaran digital Anda adalah dari Google. Google sendiri adalah mesin pencari paling kuat dan efektif di seluruh dunia yang menguasai banyak hal. Bisa dikatakan bahwa saat ini hampir semua hal tergantung pada Google seperti semudah memberi Anda jawaban untuk hampir semua yang ada di bawah matahari dengan satu klik.

Penelusuran Google adalah tulang punggung bisnis Google dan memproses 40.000 kueri penelusuran setiap detik. Namun, Google juga lebih dari sekadar mesin pencari biasa. Google juga menyediakan berbagai alat gratis untuk pemasar, pengembang, dan profesional lainnya untuk membantu mereka memberikan hasil terbaik di bidangnya masing-masing.

 

Rekomendasi Aplikasi dan Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Pemasar adalah salah satu bagian krusial yang bertanggung jawab atas pertumbuhan bisnis atau organisasi. Lebih dari 3,5 miliar permintaan pencarian dikirimkan ke Google setiap hari yang memberikan peluang besar bagi pemasar untuk terlibat dengan audiens mereka dengan mudah. Berikut beberapa alat Google gratis untuk pemasar digital yang dapat sangat berguna bagi mereka dan bisnis mereka.

 

Google My Business

Google My Business memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk muncul di hasil penelusuran ‘Near Me; serta di Google Maps. Klaim listingan bisnis Anda di Google mY Business agar bisnis Anda dapat ditampilkan di hasil penelusuran. Adapun fitur- fitur andalan dari tool ini adalah :

  • Membantu Anda menjaga informasi akurat yang terkait dengan perusahaan Anda sehingga orang-orang dapat mengetahui lebih banyak tentang Anda.
  • Anda dapat menampilkan nomor telepon, jam buka, dan petunjuk arah di Google Penelusuran dan Maps.
  • Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan baru dengan profil bisnis gratis Anda di Google.

 

Baca Juga  :     Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

 

Google Marketing Platform

Rekomendasi Aplikasi dan Tools Google Gratis untuk Digital Marketer
 

Google Marketing Platform adalah platform periklanan dan analitik terpadu yang membuat pemasaran lebih cepat dan lebih cerdas. Ini juga menawarkan solusi tingkat perusahaan untuk bisnis yang membutuhkan lebih banyak kekuatan dalam pemasaran. Sedangkan fitur- fitur terbaik pada tool ini adalah :

  • Alat yang mudah digunakan dengan wawasan yang kuat dapat membantu Anda menganalisis data dalam waktu yang lebih singkat.
  • Memungkinkan Anda mengakses solusi gratis dan swalayan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dengan sedikit atau tanpa biaya tambahan.

 

Google Business Solutions

Selanjutnya adalah Google Business Solutions yang akan membantu dan memberi Anda seperangkat alat lengkap untuk membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang.  Alat ini akan sangat sesuai untuk menjadi solusi bisnis Anda. Adapun fitur- fitur utama terbaik jika Anda menggunakan tool ini adalah:

  • Membantu Anda menghasilkan uang dengan menempatkan iklan di situs web Anda.
  • Membantu Anda meningkatkan kecepatan memuat situs web Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Anda dapat dengan mudah mengukur dan mempelajari kinerja situs web, iklan, dan aplikasi Anda.

 

Baca Juga  :      Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Google Input Tools

Berikutnya adalah Google Input Tools yang merupakan ekstensi yang memungkinkan Anda membuat tata letak keyboard virtual dalam berbagai bahasa. Anda dapat dengan mudah bekerja dari mana saja di seluruh dunia dalam berbagai bahasa. Fitur terbaik dari tool ini antara lain :

  • Membantu mengingat koreksi Anda dan memelihara kamus untuk kata-kata atau nama baru dan tidak begitu digunakan.
  • Membuat pengetikan Anda agar mudah dan mulus dengan lebih dari 80 bahasa serta berbagai metode masukan.
  • Anda dapat menulis pesan Anda dalam bahasa dan gaya apa pun yang Anda inginkan.
  • Tersedia juga di Google Services, Chrome, Windows, dan perangkat Android.

 

G Suite Marketplace

Alat G Suite Marketplace memungkinkan pemasar dan administrator domain menemukan aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi dengan G Suite. Anda dapat menggunakannya untuk memasang berbagai aplikasi berkualitas yang dapat menambahkan lebih banyak fitur dan fungsionalitas ke Google Cloud Apps asli Anda. sedangkan fitur- fitur terbaiknya adalah :

  • Terdaftar di G Suite Marketplace dapat membantu aplikasi Anda menjangkau lebih dari 5 juta bisnis.
  • Dapat membantu Anda mengevaluasi keamanan aplikasi dengan fitur seperti laporan keamanan yang dipersonalisasi, menekankan kebijakan perlindungan sandi, dan banyak lagi.
  • Alat ini terintegrasi dengan perangkat lunak CRM sehingga Anda dapat menerima email pelanggan langsung di akun Gmail Anda.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

 

Digital Marketing Tools from Google

Alat pemasaran Digital Marketing ini akan memungkinkan Anda meningkatkan pemasaran merek, analisis, pengalaman digital, dan banyak lagi. Alat yang disertakan di dalamnya adalah termasuk Google Trends, Consumer Barometer, Speed Scorecard, Display Benchmark, Test My Site, Market Finder, and Google Surveys. Anda dapat mengakses koleksi alat Google gratis ini untuk mengembangkan bisnis Anda. sedangkan fitur yang bisa Anda gunakan dari paket aplikasi ini adalah :

  • Anda dapat dengan mudah menguji kecepatan situs Anda dan meningkatkannya dengan bantuan tip yang disediakan.
  • Alat ini juga dapat membantu Anda membuat strategi pemasaran internasional, membuat survei untuk mengumpulkan wawasan tentang perilaku konsumen, dan mendapatkan tolok ukur untuk kampanye iklan Anda.

 

Google for Startups

Rekomendasi Aplikasi dan Tools Google Gratis untuk Digital Marketer
 

Google juga tidak melupakan perusahaan rintisan atau startup sehingga mereka juga mempunyai alat yang dinamakan Google for Startup agar dapat membantu startup berkembang di setiap sudut dunia. Alat ini menghadirkan koneksi, produk, dan praktik terbaik Google untuk memungkinkan para pemula membangun sesuatu yang hebat. Adapun fitur terbaik yang bisa digunakan oleh perusahaan startup dari tool ini adalah :

  • Google Cloud untuk Startup dapat membantu Anda membangun startup dengan alat dan infrastruktur yang digunakan oleh Google.
  • Google for Startups Campus menawarkan bimbingan dan pelatihan gratis dengan bantuan teknologi terkini.
  • Alat Google untuk pemasar ini membantu mereka mempromosikan produk dengan mudah dan menjangkau jumlah audiens maksimum.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis Online (Tips Email Marketing)

 

Google AdSense

Google AdSense adalah alat yang sangat tepat untuk membantu pemasar menghasilkan uang dari iklan yang ditempatkan di blog atau situs web. AdSense menghubungkan Anda dengan pengiklan lain yang ingin menghosting iklan di saluran yang menarik bagi audiens mereka. Jadi, jika Anda mengelola situs web, blog, atau saluran video yang cocok dengan audiens pengiklan, maka AdSense akan menempatkan iklan mereka di saluran Anda.

Anda hanya perlu menempatkan beberapa kode di header atau sidebar situs web Anda, dan Anda dapat memperoleh penghasilan ketika seseorang mengkliknya. Adapun fitur yang bisa andalkan dari tool ini seperti :

  • AdSense memberi Anda iklan berkualitas tinggi yang relevan dengan audiens atau konten Anda.
  • Anda dapat memblokir iklan yang tidak Anda sukai dan dapat menyesuaikan tempat iklan akan muncul.
  • Unit iklan memiliki desain responsif untuk menyesuaikan dengan pengguna yang melihat situs web Anda dari smartphone atau tablet dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

 

Kesimpulan dan Penutup

Google lebih dari sekedar mesin pencari karena Google menawarkan banyak alat gratis untuk digunakan dengan kemudahan mengaksesnya dengan satu login. Dengan milyaran informasi dan data yang berseliweran setiap harinya, menjadikan Google sebagai tempat bertukar informasi berukuran raksasa. Belum lagi, Google telah menjadi alat pencarian efektif secara global juga.

Mulai dari kebutuhan pencarian informasi oleh individu hingga pemasaran perusahaan, Google memberikan banyak tawaran dan tool yang fungsional. Baik Anda seorang pengusaha, pemasar atau bahkan pengembang sekalipun, alat Google gratis diatas dapat membantu Anda tetap terbarui dengan teknologi dan berita terkini, melibatkan lebih banyak orang, dan mengembangkan bisnis Anda. Pemasar digital marketing khususnya harus memanfaatkan alat-alat ini untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari mesin pencari dan pengalaman pemasaran melalui media sosial.

Related Post :