Rekomendasi Aplikasi E-Learning Online Terbaik untuk Sekolah di Indonesia

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Sistem pembelajaran yang formal dengan bantuan elektronik dikenal sebagai e-learning, pembelajaran dengan sistem ini bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan dengan memanfaatkan komputer dan internet sebagai komponen utama. Sistem ini dinilai cukup efektif sebab kurangnya jumlah tenaga pengajar. Sejak pandemi melanda, sejumlah aktivitas yang membutuhkan pertemuan dialihkan ke dalam jaringan.

Kondisi tersebut membuat sejumlah aplikasi e-learning digunakan untuk membantu pembelajaran di dunia pendidikan. Ada beberapa dampak positif yang ditimbulkan karena penggunaan e-learning ini, diantaranya e-learning menghemat biaya, tidak menimbulkan polusi dan ramah lingkungan, e-learning tidak lagi membutuhkan buku teks pengguna bisa memanfaatkan buku digital yang lebih mudah didapat. Selain itu lingkungan belajar bisa disesuaikan dengan kondisi, mahasiswa dan pelajar bisa menggunakannya di mana saja.

Gaya belajar yang berubah ini juga menimbulkan dampak negatif, komunikasi tatap muka menjadi sangat berkurang. Menimbulkan isolasi sosial, pembelajaran lebih banyak teori daripada praktik. E-learning tidak bisa diakses bagi mereka yang tidak memiliki perangkat pendukungnya, sehingga menjadi suatu kesulitan. Keterampilan komunikasi siswa juga kurang berkembang saat menggunakan pembelajaran dalam jaringan.

 

Pengertian E-Learning

Rekomendasi Aplikasi E-Learning Online Terbaik untuk Sekolah di Indonesia
 

Pembelajaran elektronik atau pembelajaran online yang disebut E-Learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. E-Learning dilakukan dalam jaringan, siswa dan guru bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

E-Learning yang sering ada biasanya berbentuk kursus online, seminar online, dan lain sebagainya. Umumnya E-Learning dilakukan melalui perantara internet berbasis web, semua materi, kuis dan bahan ajar bisa diakses pada web tersebut. Materi yang ada bisa berupa teks yang diformat menjadi bentuk file pdf, berbentuk suara, ada juga yang berbentuk streaming YouTube. Perkembangan ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami materi yang diajarkan secara lebih detail.

 

Baca Juga    :    Apa itu E-Learning: Pengertian, Rekomendasi, Contoh, dan Cara Install-nya

 

Aplikasi E-learning

Rekomendasi Aplikasi E-Learning Online Terbaik untuk Sekolah di Indonesia
 

E-learning menjadi pilihan belajar di masa pandemi, beberapa aplikasi sudah banyak digunakan jauh sebelum pandemi melanda. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda coba dengan mempertimbangkan kebutuhan yang sesuai.

 

  1. Ruangguru

    Menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Ruangguru sudah memiliki lebih dari lima belas juta pengguna dan mengelola 300 ribu guru dan menawarkan layanan lebih dari seratus bidang pelajaran. Mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi yang meliputi layanan kelas virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, pasar les privat, dan konten pembelajaran lain yang bisa diakses melalui web maupun aplikasi Ruangguru.
     
    Aplikasi ini sudah dipercaya untuk bermitra dengan 32 dari 34 pemerintah provinsi, 326 pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Sejumlah penghargaan di dalam dan di luar negeri juga sudah banyak diterimanya, seperti Solver of MIT, Atlassian Prize, UNICEF Innovation to Watch, Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award. Pelajaran dari berbagai tingkat pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas tersedia beserta guru pembimbingnya di seluruh Indonesia, sehingga Anda sebagai pengguna bisa langsung ikut mempraktikkan materi yang sudah diajarkan.

  2. Quipper

    Merupakan perusahan penyedia konten edukasi berbasis digital yang menyediakan sistem pembelajaran daring, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan guru secara online dengan mudah. Quipper memiliki fitur bernama Quipper School, fitur ini bisa digunakan untuk guru menciptakan kelas virtual dan memberikan tugas kepada siswanya secara virtual pula. Dengan fitur ini, guru bisa memantau jumlah murid yang mengumpulkan tugas dan berapa nilai yang mereka dapatkan. Layanan ini bisa Anda dapatkan secara gratis.
     
    Selain itu fitur Quipper Video juga dimiliki oleh aplikasi ini, bedanya fitur ini bisa Anda gunakan setelah membayar sebesar Rp 890 ribu rupiah untuk jangka waktu pemakaian satu tahun. Fitur ini diperuntukan kepada Anda yang ingin belajar secara mandiri, dengan menggunakan video pembelajaran yang tersedia. Video materi yang disediakan beragam dalam berbagai bidang pelajaran. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh materi dan mengerjakan soal yang tersedia.

  3. Sekolah(dot)mu

    Aplikasi sebesar empat belas Megabyte ini merupakan aplikasi sekolah dengan sistem campuran pertama di Indonesia. Sistem ini memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online, memadukan pembelajaran di mana pendidik dan peserta didik dapat melakukan pembelajaran dengan saling memberi feedback, tanya jawab meski di dua tempat yang berbeda.
     
    Sekolahmu menyediakan materi pembelajaran mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini hingga profesional. Masing-masing jenjang memiliki materi pembelajaran yang sesuai, materi disediakan dalam bentuk live streaming YouTube dan dipandu oleh guru dari berbagai sekolah. Materi yang disediakan ada yang bisa Anda akses secara gratis maupun berbayar namun dengan harga yang murah. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store, pengguna Android sudah bisa mengunduh dan mendaftarkan akun ke aplikasi tersebut. Jika Anda pengguna iOS jangan khawatir, untuk bisa mengaksesnya Anda bisa mengaksesnya melalui website Sekolahmu.
     

    Baca Juga :   Cara Mengubah Kuota Internet Ruangguru dan Ilmupedia menjadi Kuota Flash Internet Telkomsel

  4. Zenius

    PT Zona Edukasi Nusantara sudah mengeluarkan aplikasi Zenius sejak 2004 lalu, aplikasi berpengalaman ini menghadirkan beberapa fitur penunjang pembelajaran mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Fitur andalan yang ada pada aplikasi ini adalah simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
     
    Zenius juga menyediakan materi Tryout yang bisa dikerjakan dan melihat sendiri hasil akhirnya. Aplikasi Zenius dinobatkan sebagai aplikasi terbaik pada 2019 lalu versi Google Play Store. Aplikasi ini bisa ditemui di App Store dan Play Store, Anda bisa mengunduhnya dengan kapasitas tiga puluh Megabyte.

  5. Brainly

    Dengan kapasitas sepuluh Megabyte saja, Brainly bisa Anda unduh pada perangkat Android dan iOS. Selain aplikasi Brainly juga bisa diakses melalui website resminya, Brainly(dot)co(dot)id. Cara menggunakannya cukup mudah baik dengan aplikasi maupun melalui website, Anda bisa langsung mengetikan pertanyaan. Brainly akan memproses dan menampilkan jawaban sesuai dengan kata kunci yang Anda masukan, bisa berupa potongan dari kata kuncinya atau satu kalimat penuh.
     
    Brainly menyediakan pembelajaran dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, dan terdapat 25 kategori mata pelajaran. Di aplikasi ini Anda bisa memberi pertanyaan atau menjawab pertanyaan orang lain untuk membantunya. Jika menggunakan website, Anda bisa memberi pertanyaan tanpa harus login terlebih dahulu.

  6. Rumah Belajar

    Salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud) Republik Indonesia yang bisa dimiliki dengan gratis. Aplikasi ini mendukung pembelajaran dengan menggunakan video, audio, gambar, animasi yang interaktif agar tidak mudah bosan. Fitur lain yang tersedia adalah Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan sebagainya.

  7. Meja Kita

    Aplikasi satu ini memudahkan para siswa saling terhubung dengan siswa lainnya di komunitas pelajar seluruh Indonesia, sehingga mereka bisa berdiskusi seputar mata pelajaran yang tidak dipahami maupun diskusi soal dan lainnya.

 

Baca Juga    :    Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid

 

Kesimpulan dan Penutup

Di era serba digital saat ini tentu tidak sulit menemukan aplikasi untuk belajar online, banyak fitur dan kelebihan yang ditawarkan masing-masing aplikasi. Mulai dari bisa digunakan pada multiple device hingga tanpa harus memiliki aplikasi dan login terlebih dahulu. Anda bisa memilih aplikasi tersebut sesuai kebutuhan, aplikasi yang ada juga ramah dikantong dan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Untuk Anda seorang siswa atau mahasiswa yang kesulitan dengan sistem pembelajaran jarak jauh, disarankan untuk menggunakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan. Tidak perlu modal besar untuk memahami pelajaran seperti dengan menggunakan jasa les secara private, Anda bisa memanfaatkan gadget dan kuota internet untuk modal pengunduhan dan akses ke aplikasi yang diinginkan. Selain Membantu dalam akademis, Anda juga bisa mendapatkan teman dan guru untuk diskusi lebih santai.

Related Post :

popup image