Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Sistem persediaan atau inventory merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan, terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak pada bidang distribusi barang. Pencatatan terhadap jumlah barang keluar, barang masuk, serta barang yang tersedia harus terhitung dengan benar, sedikit kesalahan yang terjadi bisa mengakibatkan kesalahan yang lebih fatal. Kesalahan yang sering terjadi berupa duplikasi data pada barang, kesulitan mencari data yang dibutuhkan, serta kurang akuratnya data yang disimpan.

Atas kepentingan inilah aplikasi gudang digunakan, hadirnya aplikasi gudang tidak serta merta memenuhi semua kebutuhan yang Anda butuhkan. Beberapa aplikasi ada yang ampuh untuk suatu gudang sehingga membantu pencatatan semua kegiatan di gudang lebih baik, sehingga secara otomatis membantu pencatatan secara keseluruhan. Menjadi keuntungan tersendiri untuk gudang milik toko Anda, menghemat biaya yang ada dengan menggunakan sedikit gudang dalam bentuk fisik.

Aplikasi gudang adalah sebuah perangkat lunak khusus yang dibuat untuk membantu dan mendukung operasi yang ada dalam gudang sebuah perusahaan. Kegiatan ini meliputi pencatatan jumlah barang keluar dan masuk gudang, menyimpan data yang berisi masa kadaluarsa dan nomor seri, serta mencatat mutasi yang terjadi antar gudang dengan stok yang ada di gudang.

 

Rekomendasi Aplikasi Gudang

Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis
 

Aplikasi-aplikasi yang tersedia ada yang bersifat gratis ada yang berbayar, namun sayangnya beberapa aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iOS. Namun jika Anda pengguna telepon pintar Android jangan khawatir, ada banyak pilihan aplikasi yang bisa membantu dalam pergudangan Anda sebagai berikut.

 

  1. Inventory Management

    Aplikasi dengan tampilan sederhana ini sangat mudah dipahami dan digunakan, cocok untuk Anda sebagai pemula yang membutuhkan aplikasi gudang gratis. Fitur utama yang dimilikinya adalah kemampuan melakukan pencatatan jumlah barang yang akan dijual dan yang dibeli, fitur lainnya berupa mengelola item yang memungkinkan Anda menambah dan menghapus stok barang sesuai kebutuhan. Fitur history digunakan untuk membantu memastikan tidak ada selisih stok dan kesalahan dalam penginputan data.

  2. NetSuite WMS

    Membantu dalam menerima, menyimpan, dan mengirim barang jadi fungsi utama dari aplikasi ini, kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini berupa scan kode QR menggunakan kamera handphone ataupun tablet. Selain itu juga bisa menambahkan foto untuk transaksi dan membaca kartu pembayaran, fitur unggulannya seperti data yang real-time, memanajemen pesanan, penagihan, manajemen inventaris, manajemen pengiriman, manajemen tenaga kerja dan beban, peta gudang, pembelian, dan lainnya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dengan tampilan yang sederhana miliknya.

  3. Fishbowl Go

    Bisa digunakan dalam semua ukuran bisnis yang ada mulai dari toko kecil, online shop milik pribadi, hingga perusahaan dalam lingkup yang besar. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membaca kode barang, mencatat beberapa pesanan sekaligus, mencetak daftar pengepakan dalam menyelesaikan proses pengemasan, bisa untuk memastikan pesanan yang dikirim ke lokasi tepat dan dalam waktu yang tepat, serta mampu melacak pergerakan produk yang berada dalam gudang dan antar gudang. Aplikasi ini memiliki fitur Cycle Count yang bisa digunakan untuk memperbarui jumlah produk yang dimiliki dengan memasukkan jumlah baru bersamaan dengan Anda menghitung stoknya secara fisik. Informasi rinci seperti nomor seri, tanggal kadaluarsa produk, suku cadang, bisa dimasukkan dalam hitungan detik menggunakan fitur part information pada aplikasinya.

  4. Sortly Pro

    Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi super sederhana yang memungkinkan Anda melacak item barang secara visual dengan cara yang lebih intuitif dalam beberapa lokasi yang berbeda. Scan kode QR, scan check-in atau check-out internal, pengaturan peringatan dan pengingat, akses multi-pengguna, bisa melacak aktivitas pengguna, serta impor dan ekspor data melalui CSV, PDF, serta Dropbox.

  5. Inventory Now

    Aplikasi ini dulunya bernama Inventory Tracker, aplikasi yang cocok untuk Anda pemilik bisnis kecil hingga menengah yang biasa menggunakannya untuk melihat stok tertentu di bagian tertentu pula kapan saja. Fitur utama yang dimilikinya adalah bisa mengecek semua stok dalam satu layar saja, menyortir, filter, dan mencari item dengan mudah. Fitur lainnya berupa cek informasi barang yang berupa tanggal, kategori, nama, kode, dan lokasi gudang itu sendiri.
     

    Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Invoice untuk UMKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

  6. Stock Controller

    Tersedia untuk pengguna iPhone, iPad, dan Mac, aplikasi inventory satu ini bisa digunakan untuk memisahkan item-item ke dalam beberapa kelompok dengan diurutkan sesuai kategori, hingga mengelola stok yang berbeda secara bersamaan. Anda juga akan mendapatkan notifikasi apabila stok barang di gudang mulai menipis dan ingin melakukan impor atau ekspor data ke bentuk CSV agar bisa digunakan di PC atau Mac.

  7. Goods Order Inventory

    Aplikasi ini terhubung dengan bisnis Anda dan stok barang yang ada di gudang kapan dan di mana saja, aplikasi ini bisa digunakan pada telepon pintar, desktop, maupun web. Goods Order Inventory tersedia secara gratis di Google Play dan App Store, aplikasi ini mampu melakukan sinkronisasi stok barang secara real time. Fitur yang ada seperti menambahkan stok, mengelola stok, dan melacak lokasi penyimpanan hingga pengiriman, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang ramah pengguna dengan navigasi yang mudah serta tersedianya fitur scan QR melalui kamera smartphone atau tablet.

  8. Business Inventory

    Aplikasi ini bisa melacak tingkat produk, pesanan, pengiriman barang, hingga penjualan. Sayangnya aplikasi ini hanya didesain untuk pengguna iPhone dan iPad, jika Anda pengguna salah satu perangkat tersebut bisa menggunakannya untuk melacak lokasi barang yang diangkut ke lokasi penerima atau gudang yang berbeda, menerima barang dari lokasi dan gudang lain, hingga mengelola stok barang untuk diambil, dikemas, dan dikirimkan.

  9. Vladovsoft Sklad

    Aplikasi manajemen gudang ini juga mudah digunakan, bisa membantu Anda melacak produk dan juga pelanggan, menyederhanakan proses pengiriman, penjualan dan faktur, serta bisa digunakan untuk membuat pengelolaan dan kontrol di gudang Anda dengan lebih mudah dari sebelumnya.

  10. Bhansali Inventory

    Aplikasi terakhir yang direkomendasikan untuk Anda ini merupakan aplikasi gudang yang cocok untuk Anda yang memiliki jumlah pelanggan dalam jumlah banyak. Fitur yang dimilikinya berupa mengelola dan mengatur stok barang, membuat laporan, serta mengelola pajak toko atau perusahaan.

 

Baca Juga   :   Rekomendasi Website E-Commerce Terbaik dan Teraman untuk Berjualan di Indonesia

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Gudang

Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Bisnis
 

Setelah mengetahui rekomendasi aplikasi yang ada, manfaat dari memilikinya bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakannya berikut.

 

  • Pengaturan Saldo

    Keuntungan ini bisa Anda dapatkan yang memudahkan untuk pengaturan saldo, fitur khususnya membantu Anda untuk rekaman atau laporan dari keuangan yang dimiliki perusahaan. Pengaturan keuangan Anda menjadi lebih mudah untuk memastikan stok barang menjadi lebih teratur sehingga tidak perlu khawatir kekurangan saldo, sehingga perusahaan menjadi lebih sehat dalam menjalankannya.

  • Akurat dan Efisien

    Manfaat paling mendasar dari pelacakan inventaris ini adalah mampu mengurangi jumlah inventaris yang dimiliki oleh perusahaan sehingga meningkatkan akurasi dalam pesanan. Mengurangi persediaan yang tersimpan, mampu membuat perusahaan untuk menghemat banyak biaya dan juga tenaga. Dengan menggunakan aplikasi gudang, perusahaan bisa untuk menutup gudang di satu lokasi tertentu untuk menghemat uang. Aplikasi juga mampu membantu Anda untuk melacak persediaan barang secara cermat, termasuk dalam mendata barang apa saja yang ada dan berapa banyak yang dibutuhkan dalam jangka waktu terdekat.

  • Memangkas Biaya

    Kesalahan yang lebih minim bisa meminimalisir sumber daya yang dihabiskan untuk memperbaikinya, akurasi yang tinggi membuat tingkat kesalahannya lebih sedikit sehingga lebih sedikit pengeluaran untuk mengendalikan kerusakan yang ada. Sistem akan mengidentifikasi jumlah produk tertentu dengan tepat dan hal-hal penting diperbarui secara otomatis.

  • Mencegah Kelebihan Stok

    Keseimbangan persediaan barang harus terus dijaga, karena inventaris yang terus berjalan tanpa pemeriksaan yang rutin bisa berakibat pada kelebihan stok yang ada. Salah satu akibat buruk lainnya saat produk yang dipesan pelanggan ternyata tidak tersedia, hingga membuat pelanggan Anda marah. Menggunakan aplikasi ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang menakutkan terkait dengan stok di gudang.

  • Hemat Waktu

    Pemindaian barang dengan bantuan scan kode QR memudahkan Anda untuk tidak lagi memeriksanya secara manual, hal ini bisa menghemat waktu pengerjaannya sehingga kelebihan waktu yang dimiliki bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain di gudang.

 

Baca Juga  :   Ide Bisnis Online dan Offline Untuk Tambahan Penghasilan di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Fitur yang disediakan oleh beberapa aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, beberapa aplikasi memiliki fitur serupa dan ada juga yang memiliki fitur yang sedikit berbeda. Jika fitur-fitur pada kesepuluh aplikasi kurang lengkap untuk kebutuhan Anda, mempertimbangkan untuk membuat aplikasi gudang milik sendiri tentu ide yang menarik. Tapi tentu saja perlu diingat, untuk mendapatkannya Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar dibandingkan memakai aplikasi instan yang tersedia. Kendati demikian, untuk mendapatkan kualitas yang baik diperlukan pengeluaran yang lebih.

Untuk mengenal lebih jauh bagaimana proses yang terjadi di gudang di tata dengan aplikasi, Anda bisa mencoba salah satu aplikasi yang tersedia untuk mengatur stok gudang toko kecil milik sendiri. Aplikasi ini tidak hanya membantu dalam pencatatan stok barang yang sudah ada tetapi juga bisa mencatat barang yang baru masuk kemudian. Hal ini bisa membuat Anda menghemat waktu dalam mengerjakannya, proses cepat dan otomatis membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lainnya namun tetap tertata di tempatnya semula.

Related Post :