Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Untuk dapat menulis kode PHP berkualitas tinggi, Anda tentunya akan memerlukan editor PHP berkualitas tinggi yang paling sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan alur kerja pemrograman Anda. Ada banyak opsi yang tersedia di luar sana yang datang menawarkan klaim dan dukungan tersendiri yang bisa Anda coba.

Namun meskipun sekilas terlihat sama, setiap editor PHP memiliki fitur unik dan kasus penggunaan yang optimal. Pengembangan web akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki alat yang tepat untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. IDE yang solid tidak hanya akan membantu Anda menulis kode yang bagus dalam waktu yang lebih singkat, tetapi juga akan menyelamatkan Anda dari berbagai masalah sepele dan meningkatkan gaya pengkodean Anda.

Pengembang PHP sendiri menggunakan berbagai jenis editor yang berkisar dari editor teks sederhana hingga IDE yang kompleks dan kuat, dengan banyak fitur lain selain kemampuan pengeditan. Seperti yang dapat dibuktikan oleh sebagian besar pengembang profesional, IDE atau editor kode yang tepat adalah kunci untuk pengembangan dan pemeliharaan kode berkualitas tinggi. Simak rekomendasi aplikasi PHP editor terpopuler yang ramai digunakan developer berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu PHP Editor

Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer
 

Secara penggunaan teknis umum, Anda dapat mengedit file PHP dengan editor teks dasar seperti aplikasi Notepad di Windows meski itu bukanlah opsi yang mudah untuk dilakukan. Masalah utamanya adalah file kode sumber sulit dibaca tanpa penyorotan sintaks yang memungkinkan Anda melihat struktur kode yang berbeda, seperti variabel, kata kunci, dan parameter, dalam warna dan font yang berbeda. Keterbacaan kode yang rendah tidak hanya menyebabkan banyak kesalahan tetapi juga memperlambat Anda sebagai pemrogram, karena akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk melihat kode Anda dan mencari tahu langkah selanjutnya.

Sedangkan untuk mengedit file PHP secara efektif, maka Anda memerlukan editor kode sumber yang memahami sintaks PHP dan menyoroti setiap bagian kode sesuai artinya. Meskipun penyorotan sintaks adalah fitur nomor satu dari setiap editor PHP, ini bukanlah satu-satunya. Editor PHP terbaik hadir dengan beberapa fungsi tambahan yang membantu Anda menulis dan mengedit kode PHP, memahami struktur file dan proyek Anda dengan lebih sedikit kesalahan. Misalnya, jeda baris, indentasi, pelengkapan otomatis, tampilan berbeda dan mode pengeditan, penyelesaian kode, fungsi pencarian dan perbandingan, dan petunjuk kode pintar adalah fitur-fitur tersebut.

Selain fungsi pengeditan lanjutan ini, editor PHP modern juga memiliki kemampuan yang membantu Anda dengan tugas lain seperti debugging, kontrol versi, pemfaktoran ulang, dan lainnya. Perhatikan juga bahwa sebagian besar editor PHP tidak hanya untuk mengedit file PHP saja, tetapi juga editor teks umum yang dilengkapi dengan dukungan sintaks untuk banyak jenis file kode sumber lainnya. Misalnya, jika Anda telah mengedit file HTML sebelumnya dan sudah memiliki editor HTML masuk, ada kemungkinan besar akan mendukung sintaks PHP juga dan Anda dapat tetap menggunakannya jika Anda mau.

 

Baca Juga   :      Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis

 

Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik

Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer
 

Mungkin setiap developer telah mempunyai preferensinya sendiri sesuai dengan kenyamanannya. Tetapi tentu saja PHP Editor yang paling banyak digunakan adalah yang populer dan berikut diantaranya :

 

  • Visual Studio Code / VS Code

    Visual Studio Code adalah editor kode sumber terbuka dan gratis oleh Microsoft yang telah mendapatkan popularitas besar dalam beberapa tahun terakhir. Editor ini mendukung sintaks PHP secara default dan Anda dapat mengunduh ekstensi PHP lebih lanjut dari VS Code Marketplace untuk menjadikannya editor PHP tingkat lanjut yang sesuai dengan kebutuhan pengkodean spesifik Anda. Anda dapat menyesuaikan setiap aspek VS Code, mulai dari tema, pengikatan kunci, hingga integrasi dan fungsionalitas.

  • Brackets

    Brackets adalah editor open source code yang dibuat dan dikelola oleh Adobe. Seperti kebanyakan produk Adobe, fokus utamanya adalah pada pengembangan frontend, tetapi juga mendukung beberapa bahasa backend, termasuk PHP. Editor yang satu ini telah menjadi populer karena adanya fitur pengeditan inline untuk CSS yang memungkinkan Anda melihat semua pemilih yang termasuk dalam aturan CSS tertentu.
    Jika Anda melakukan pengembangan frontend dan backend, Brackets dapat menjadi editor PHP yang ideal untuk Anda, terutama jika Anda juga bekerja dengan praprosesor CSS, seperti Sass dan LESS. Meski Brackets bukanlah editor PHP paling canggih diantara editor lainnya, tetapi Brackets dapat digunakan secara gratis, ringan, dan mudah digunakan.

  • Bluefish

    Bluefish adalah editor kode sumber tingkat lanjut yang mendukung banyak bahasa pemrograman. Anda dapat menggunakannya pada sistem operasi yang berbeda, tetapi juga dilengkapi dengan integrasi Gnome. Jika Anda sedang mencari editor PHP untuk distro Linux Anda, Bluefish dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda karena ada dukungan GUI-nya juga konsisten dengan Gnome Human Interface Guidelines sehingga terlihat bagus di desktop Gnome.
    Mengingat Bluefish dibuat dengan mempertimbangkan pengembang web, editor populer ini juga hadir dengan fitur-fitur berguna seperti dukungan Emmet, dialog dan wizard untuk tag HTML, peramban karakter Unicode, dan banyak lainnya. Selain juga memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat memilihnya dengan aman jika Anda seorang developer pemula atau tidak mempunyai banyak waktu untuk mempelajari cara menggunakan editor PHP.

  • Notepad ++

    Editor Notepad ++ adalah editor kode klasik dari operasi Windows yang sudah lama digunakan oleh banyak pengembang. Dibuat sebagai pengganti Notepad, editor teks default yang sudah diinstal sebelumnya dengan sistem operasi Windows. Notepad ++ menambahkan beberapa fitur ke editor Notepad yang paling dasar, oleh karena itu dengan cepat menjadi populer di kalangan pengembang yang bekerja pada perangkat Windows.
    Muncul dengan kemampuan penyorotan sintaks untuk hampir 80 bahasa pemrograman, Notepad ++ mudah dipasang, langsung berfungsi, dan memiliki fungsi pengeditan penting seperti tampilan terpisah, banyak antarmuka dokumen, dll. Jadi, jika Anda memerlukan editor PHP gratis untuk Windows yang mudah digunakan dan memuat dengan cepat, Notepad ++ layak untuk dicoba baik bagi pemula sekalipun.

  • Atom

    Awalnya Atom adalah alat internal GitHub yang kemudian mereka jadikan open source, tetapi proyek tersebut masih dikelola oleh GitHub. Dengan slogan “editor teks yang dapat diretas untuk abad ke-21” karena Anda dapat menyesuaikan setiap aspek antarmuka editor, seperti tema UI dan sintaksis, pengikatan kunci, pemformatan, setelan global dan khusus bahasa. dll.
    Selain fungsionalitas editor inti, Anda dapat mengunduh hampir 9.000 paket yang memungkinkan Anda pada dasarnya menambahkan fitur apa pun yang Anda butuhkan. Untuk mengkonfigurasi Atom sebagai editor PHP, Anda dapat menambahkan paket khusus PHP untuk debugging, refactoring, annotation, linting, dan tugas-tugas terkait pengembangan lainnya.

 

Baca Juga  :     Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Lima rekomendasi di atas adalah editor yang bisa Anda editor yang bisa Anda gunakan dengan gratis. Berikutnya adalah rekomendasi aplikasi PHP Editor berbayar yang juga sebagian besar memiliki masa uji coba atau evaluasi gratis. Adapun rekomendasinya adalah :

  • UltraEdit

    UltraEdit adalah editor kode sumber premium yang telah ada di pasar sejak 1994 silam yang cukup stabil dan teruji dengan baik dengan basis pengguna lebih dari 4 juta pelanggan. Editor PHP UltraEdit bekerja dengan unik dan menghadirkan pengalaman orientasi yang menyenangkan dan ramah pengguna. Selain UI yang dapat disesuaikan, UltraEdit juga dilengkapi dengan fitur pengembang canggih yang membantu Anda bekerja di cloud atau di server jarak jauh, mencadangkan file, mengelola proyek, mengenkripsi / mendekripsi file, dll.

  • Smultron

    Smultron adalah editor kode sumber komersial untuk perangkat macOS, dengan dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman. Dikembangkan oleh programmer asal Swedia, meski lebih spesifik untuk Mac, Smultron hadir dengan desain yang bergaya, antarmuka pengguna yang intuitif, dan waktu peluncuran yang cepat. Mencakup beberapa fitur dari editor PHP tingkat lanjut, seperti desain yang dapat disesuaikan dan pengikatan kunci, cuplikan kode, tampilan file terpisah, fungsi perbandingan file, pratinjau HTML, pelengkapan otomatis, dll.
    Editor ini juga sangat mengutamakan privasi, jadi jika Anda menginginkan editor PHP untuk Mac Anda yang tidak mengumpulkan data apa pun, maka Smultron adalah solusi yang tepat untuk Anda. Anda dapat mengunduh Smultron dari situs webnya atau Mac App Store walau ada sedikit biaya untuk lisensinya, Anda dapat mengunduh dan mencoba Smultron secara gratis sebelum melakukan pembelian.

 

Baca Juga  :     Profesi Android Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemrogram dan pengembang memiliki banyak opsi alat bantuan yang dapat mereka gunakan untuk membuat pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien. Namun hal yang terpenting bagi pengembang PHP dan semua jenis pengembang web adalah memiliki editor yang solid. Ini karena selain membuat pekerjaan lebih mudah, juga dapat meringkas waktu dan efisiensi. Selain dapat memilih salah satu PHP Editor diatas, Anda juga dapat menginstal lebih dari satu editor untuk berbagai jenis proyek.

Contohnya Anda dapat menggunakan editor PHP yang ringan dan memuat cepat untuk melihat file dengan cepat, tetapi bekerja dengan PHP IDE yang kaya fitur untuk mengembangkan, menguji, dan men-debug aplikasi yang lebih rumit. Hanya saja menemukan alat pengembangan terbaik adalah proses coba-coba, jadi jangan ragu, instal saja yang memiliki fitur yang Anda butuhkan, dan jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat menguji yang berikutnya sampai Anda menemukan editor PHP terbaik untuk Anda.

Related Post :

popup image