Rekomendasi Aplikasi Text Editor untuk Programmer [GRATIS dan BERBAYAR]

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Baik Anda seorang pengembang web baru atau pelaku kode veteran, Anda memerlukan editor kode yang cukup kuat untuk menangani semua yang dapat Anda lakukan. Faktanya Anda tentu saja memerlukan dukungan text editor terbaik membuatnya mudah untuk membuat kode tanpa masalah format yang merusaknya. Terutama ketika kebanyakan orang yang baru mengenal pemrograman belajar dengan cara yang sulit bahwa pilihan pertama mereka untuk pengkodean menyebabkan masalah dengan kode itu sendiri, seperti tidak menampilkan pemformatan dengan benar.

Pada intinya, editor teks terbaik tidak hanya sederhana tetapi juga fungsional dan baik untuk digunakan. Tidak peduli apakah Anda sedang membuat kode dengan Linux, di Mac, atau PC Windows, editor teks harus mudah digunakan dan melakukan pekerjaan seperti yang dimaksudkan untuk dilakukan. Saat Anda seorang programmer atau pembuat kode, membuka editor teks favorit Anda tentunya adalah hal yang membuat pekerjaan Anda lebih lancar dan cepat.

Tidak masalah latar belakang Anda sedang mencari aplikasi untuk ditempelkan dalam snippet kode atau memerlukan editor teks yang tangguh dengan fitur gaya IDE, Anda dapat menemukannya di kumpulan editor teks terbaik yang sudah ada saat ini . Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi text editor untuk programmer baik itu berbayar maupun gratis untuk setiap jenjang programmer baru dan ahli.

 

Mengenal Apa Itu Text Editor

Rekomendasi Aplikasi Text Editor untuk Programmer [GRATIS dan BERBAYAR]
 

Text Editor adalah program komputer yang memungkinkan pengguna memasukkan, mengubah, menyimpan, dan biasanya mencetak teks (karakter dan angka, masing-masing dikodekan oleh komputer dan perangkat input dan outputnya, diatur agar memiliki arti bagi pengguna atau program lain). Biasanya, editor teks menyediakan layar tampilan kosong atau “halaman yang dapat digulir dengan panjang garis tetap dan nomor baris yang terlihat. Anda kemudian dapat mengisi baris dengan teks, baris demi baris.

Baris perintah khusus memungkinkan Anda berpindah ke halaman baru, scroll maju atau mundur, membuat perubahan global dalam dokumen, menyimpan dokumen, dan melakukan tindakan lain. Setelah menyimpan dokumen, Anda dapat mencetak atau menampilkannya. Sebelum mencetak atau menampilkannya, Anda mungkin dapat memformatnya untuk beberapa perangkat output atau kelas perangkat output tertentu. Selain itu Text editor juga dapat digunakan untuk memasukkan pernyataan sumber bahasa program atau untuk membuat dokumen seperti manual teknis.

Umumnya text editor populer di komputer besar atau mainframe IBM disebut XEDIT. Dalam sistem UNIX, dua editor teks yang paling umum digunakan adalah Emacs dan Vi. Dalam sistem komputer pribadi, pengolah kata lebih umum daripada editor teks. Namun, ada variasi editor teks mainframe dan UNIX yang tersedia untuk digunakan di komputer pribadi dan contohnya adalah KEDIT, yang pada dasarnya adalah XEDIT untuk Windows.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Algoritma Terbaik yang Harus Diketahui Setiap Programmer

 

Rekomendasi Aplikasi Text Editor Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Text Editor untuk Programmer [GRATIS dan BERBAYAR]
 

Bagi banyak programmer, text editor adalah pilihan pribadi yang didapatkan berdasarkan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka. Berikut ini beberapa rekomendasi text editor kesukaan banyak programmer yang bisa Anda pertimbangakn untuk dicoba nantinya.

 

Sublime Text

Untuk beberapa programmer, Sublime Text mengatur standar dalam hal editor teks. Sebagai Editor teks kaya fitur yang indah untuk mengedit kode yang mengutamakan pengalaman pengguna, fitur-fiturnya termasuk mode penulisan bebas gangguan, dan pengeditan terpisah, selain pintasan cepat dan pencarian. Ada banyak sekali pintasan keyboard yang memungkinkan Anda melakukan apa saja mulai dari membuka file hingga menampilkan dan menyembunyikan sidebar, menggandakan baris, membuka nomor baris tertentu, membuka pemeriksa ejaan, dan lain- lain. Sublime memiliki penyimpanan yang sangat aktif yang akan menambahkan fitur baru lama setelah Anda melakukan unduhan awal. Meski tidak gratis dan harus membayar $ 80 untuk mendapatkan lisensi penggunaan, Sublime Text dapat diandalkan karena penggunanya akan mendapatkan fitur tambahan.

 

Visual Studio Code by Microsoft

Visual Studio Code (atau VS Code) dengan cepat menjadi standar untuk pengembangan perangkat lunak sejak dirilis pada tahun 2015. Seperti kebanyakan produk Microsoft saat ini, VS Code tersedia di semua platform utama. Artinya, pengembang di Mac, Windows, dan Linux dapat menggunakan alat yang sangat canggih ini. Meski bukan IDE yang sebenarnya merupakan produk terpisah sama sekali, VS Code dapat melakukan sebagian besar tugas IDE dengan konfigurasi dan pustaka plugin yang tepat.

Komunitas VS Code sangat berdedikasi dan bekerja untuk keuntungan semua orang. Dengan VS Code menjadi open source, komunitas tersebut bekerja sangat keras untuk menjaga VS Code tetap kompetitif dengan bidang lainnya. Ditulis dalam Node.js dan Electron, Anda dapat yakin bahwa kodenya tidak akan menjadi usang atau ketinggalan dalam waktu dekat selain juga sepenuhnya gratis dan bisa digunakan di semua OS yang ada.

 

Baca Juga  :      Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Notepad++

Tidak diragukan lagi sebagai editor teks lanjutan paling populer di pasaran adalah Notepad ++ yang hadir dalam paket ringkas tanpa biaya dan komponen pengeditan yang kuat. Ini diberikan secara gratis dengan General Public License , yang berarti bahwa semua pengembang dan pembuat konten dapat memanfaatkan editor teks segera setelah mengunduh dengan cepat. Notepad ++ bekerjadengan baik di Microsoft Windows, dan berusaha menggunakan daya komputasi yang lebih sedikit daripada editor teks rata-rata. Salah satu hal yang membuat Notepad ++ menonjol adalah kenyataan bahwa Notepad ++ telah diterjemahkan ke lebih dari 80 bahasa, memungkinkan akses ke orang-orang di seluruh dunia. Selain itu, Anda dapat menerjemahkan Notepad ++ ke dalam bahasa asli Anda jika Anda tidak menemukan bahasa Anda dalam daftar terjemahan.

 

Espresso

Espresso adalah editor kode khusus Mac yang canggih dan mulus yang telah dikreditkan dengan membantu penggunanya mengedit CSS dalam waktu yang lebih singkat dikarenakan sebagian karena antarmuka pengeditannya. Dibuat untuk pengeditan secara real- time, editor text yang satu ini dibagi menjadi tiga kolom yang terdiri dari file Anda, editor kode dan navigator, yang memungkinkan Anda melihat berbagai bagian kode yang sedang Anda kerjakan. Spa pun yang diedit di jendela tercermin di browser -dan Anda dapat drag- and-drop konten ke antarmuka Espresso untuk melihatnya diperbarui di bagian belakang secara real-time.

 

Baca Juga  :     Algoritma Pemrograman : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Contohnya

 

Brackets

Editor open source gratis lainnya adalah Brackets yang memudahkan desain di browser. Dibuat dari awal untuk perancang web dan pengembang front-end, editor Brackets ini menawarkan berbagai alat pengkodean termasuk visualisasi real- time dari situs web yang Anda kerjakan, dengan perubahan yang tercermin secara real- time juga. Brackets dikembangkan oleh Adobe dan tentu saja memungkinkan pengguna mengekstrak informasi seperti warna, gradien, font, dan pengukuran langsung dari file PSD sebagai CSS bersih. Dengan demikian, ini adalah alat yang harus dimiliki oleh setiap desainer UI sebagai salah satu tool andalan mereka.

 

Coda 2

Telah ada sejak lama, Coda 2 sekarang dan memiliki UI yang indah yang merupakan bagian dari paket perangkat lunak yang selalu diperbarui. Seperti Atom dan Sublime Text, ia memiliki repository plugin yang berkembang pesat sehingga siapa pun dapat berkontribusi. Salah satu fitur yang bagus adalah kemampuan untuk menyinkronkan lingkungan kerja Anda termasuk klip dan konfigurasi dengan perangkat lain yang sedang Anda kerjakan, sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan proyek yang sedang Anda kerjakan. Versi Mac dari aplikasi ini dilengkapi dengan versi pendamping iOS yang memungkinkan Anda memeriksa dan mengedit kode dan menemukan masalah saat dalam perjalanan.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis

 

Kesimpulan dan Penutup

Definisi formal text editor adalah jenis program yang digunakan untuk mengedit file teks biasa. Pada dasarnya, editor teks adalah program di komputer Anda yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit berbagai file bahasa pemrograman yang juga disinilah tempat Anda menulis kode Anda. Disamping juga sebuah text editor teks akan menangani pengkodean tangan dalam berbagai bahasa, yaitu HTML, CSS, JavaScript, PHP, Ruby, Python, dan sebagainya.

Mengingat ada banyaknya penyedia text editor di luar sana, setiap programmer pasti sudah mempunyai kesukaan mereka masing- masing atau bagi programmer baru, masih sedang mencari yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Karenanya, Anda dapat berpetualang mencari text editor yang akan mempermudah pekerjaan Anda dan memenuhi kriteria Anda baik itu gratis, berbayar, mudah digunakan, bisa di kostumisasikan dan lain- lain.

Related Post :

popup image