Rekomendasi Aplikasi Untuk Kompres Video Dengan Cepat dan Praktis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di zaman dimana semua orang menggunakan smartphone dan aplikasi untuk membantu mereka berhubungan dan terhubung secara luas dengan online. Selain situs web, aplikasi, ada juga media sosial tempat dimana orang- orang dapat berbagai apa saja seperti foto dan video. Mereka juga membagikan itu semua melalui aplikasi perpesanan maupun email.

Sayangnya, tidak semua video yang dibagikan tersebut dapat diterima dengan baik. Mulai dari menurunnya kualitas dari video tersebut hingga ukuran yang terlalu besar sehingga sulit di unduh. Untuk mengatasi masalah ini maka diperlukan adanya kompresi video dimana ini adalah proses yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi ukuran file atau mengubah format video.

Kompresi memungkinkan Anda mengurangi jumlah sumber daya penyimpanan yang diperlukan untuk menyimpan video, sehingga menghemat biaya. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengurangi jumlah bandwidth yang dibutuhkan untuk mentransfer video, menjaga dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik saat media diakses.

 

Mengenal Apa Itu Kompresi Video

Rekomendasi Aplikasi Untuk Kompres Video Dengan Cepat dan Praktis
 

Secara sederhana, kompresi video adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan metode untuk mengurangi data yang digunakan untuk mengkodekan konten video digital. Pengurangan data ini menghasilkan manfaat seperti kemampuan dalam penyimpanan yang lebih kecil dan penggunaan bandwidth transmisi yang lebih rendah, untuk klip konten video. Seringnya kompresi video biasanya melibatkan penghilangan informasi yang tidak dianggap penting untuk melihat konten video, dan codec (format) kompresi video yang efektif adalah yang memberikan manfaat utama yakni penghematan penyimpanan dan bandwidth.

Hasilnya, dengan kompresi video maka tidak ada penurunan yang signifikan dalam pengalaman visual konten video, pasca-kompresi, dan tanpa memerlukan overhead perangkat keras yang signifikan untuk mencapai kompresi. Bahkan dalam codec kompresi video tertentu, ada berbagai tingkat kompresi yang dapat diterapkan yang juga disebut profil. Semakin agresif kompresi, semakin besar penghematan ruang penyimpanan dan bandwidth transmisi, tetapi semakin rendah kualitas video terkompresi dan semakin besar daya komputasi yang dibutuhkan.

 

Memahami 2 Konsep Format Kompresi Video

Karena video bisa memakan banyak ruang penyimpanan dan karena bandwidth terbatas, kompresi video digunakan untuk mengurangi ukuran file. Kompresi ini sendiri melibatkan pengemasan informasi file ke dalam ruang yang lebih kecil. Ini bekerja melalui dua jenis kompresi yang berbeda yaitu lossy dan lossless. Untuk memahami cara kerja kompresi, ada beberapa konsep penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

 

Format Kompresi Lossy

Pertama adalah kompresi lossy yang berarti file terkompresi memiliki lebih sedikit data di dalamnya daripada file aslinya. Gambar dan suara yang berulang di seluruh video mungkin dihapus untuk memotong bagian video yang dianggap tidak perlu secara efektif. Dalam beberapa kasus, ini berarti file berkualitas lebih rendah karena informasi yang tidak dianggap penting telah dihilangkan sehingga format ini sebut lossy (hilang). Namun jenis format ini mungkin tidak untuk semua orang, selalu ada keperluan dan kebutuhan yang berbeda. Jenis kompresi video ini memang bisa menghasilkan file yang relatif kecil, tetapi format ini tidak bisa diterapkan secara umum.

Contoh, DVD yang dikompresi menggunakan format MPEG-2, yang dapat membuat file 15 hingga 30 kali lebih kecil dari aslinya, tetapi penontonnya masih menganggap DVD memiliki gambar berkualitas tinggi. Saat ini sebagian besar file video yang diunggah ke internet menggunakan kompresi lossy untuk menjaga ukuran file tetap kecil sambil memberikan produk yang relatif berkualitas tinggi. Jika video tetap pada ukuran file berkualitas sangat tinggi, tidak hanya perlu waktu lama untuk mengunggah konten, tetapi pengguna dengan koneksi internet yang lambat akan mengalami kesulitan streaming video atau mengunduhnya ke komputer.

 

Baca Juga  :    Video Marketing : Cara Kerja dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis

 

Format Kompresi Lossless

Format kedua ini cukup mumpuni karena video yang dikompres akan menghasilkan video yang terkompresi yang mendekati kualitas aslinya. Tidak ada data yang hilang dalam proses kompresi ini yang membuat format kompresi lossless hampir tidak berguna seperti kompresi lossy dalam banyak kasus karena file sering berakhir dengan ukuran yang sama seperti sebelum kompresi. Meski menggunakan kompresi video lossless mungkin tampak tidak ada bedanya, mengingat bahwa mengurangi ukuran file adalah tujuan utama kompresi. Namun, jika ukuran file tidak menjadi masalah, menggunakan kompresi lossless akan menghasilkan gambar berkualitas sempurna.

Contoh sederhananya, editor video yang mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain menggunakan hard drive eksternal mungkin memilih untuk menggunakan kompresi lossless untuk menjaga kualitas saat bekerja. Ini dikarenakan HDD eksternal memiliki cukup ruang kosong untuk menyimpan file video besar. Tetapi jika Anda ingin mengunggah video 4K berdurasi dua jam ke situs streaming video mungkin tidak akan menggunakan kompresi lossless. File akan sangat besar sehingga membutuhkan waktu lama untuk diunggah. Adapun format kompresi lossless termasuk Free Lossless Audio Codec (FLAC), Apple Lossless Audio Codec (ALAC), dan Windows Media Audio Lossless (WMAL), dan lain- lain.

 

Baca Juga  :    Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Rekomendasi Aplikasi Untuk Kompres Video Untuk Pengguna Android dan iOS

Rekomendasi Aplikasi Untuk Kompres Video Dengan Cepat dan Praktis
 

Kompresi video menjadi elemen penting dari pengeditan dan streaming video. Jenis kompresi lossy dapat menurunkan kualitas video Anda, sementara kompresi lossless akan mempertahankan kualitas tinggi dengan mengorbankan ukuran file. Saat memilih aplikasi untuk kompresor, pertama-tama tentukan tujuan dan prioritas Anda. Berikut beberapa rekomendasi untuk kompres video bagi pengguna Android dan iOS.

 

Rekomendasi Aplikasi Untuk Kompres Video Android

Toko aplikasi Android hadir dengan berbagai macam aplikasi di semua kategori, dan kompresi video tidak terkecuali. Untuk membantu Anda dengan proses pemilihan, tercantum di bawah ini adalah beberapa aplikasi kompresi video teratas untuk pengguna Android :

  • VidCompact
  • Video Compress
  • Video Transcoder
  • Videos & Movies Compressor
  • Video Dieter 2

 

Baca Juga  :   Software Editing Video Terbaik untuk Pemula di Tahun 2021

 

Rekomendasi Aplikasi Untuk Kompres Video iOs

Selanjutnya ada sejumlah aplikasi kompresor iOS yang tersedia dengan berbagai fitur dan fungsi untuk iPhone. Berikut ini beberapa aplikasi teratas yang bisa digunakan oleh pengguna iPhone.

  • Video & Photo Compressor Pro
  • Video Slimmer App
  • Video Compress – Reduce Movie Size – Shrink Video
  • Video Compressor & Merger
  • Video Compressor – Reduce the size

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Software Pemutar Video Terbaik dan Gratis untuk Laptop

 

Kesimpulan dan Penutup

Membuat video semudah mengeluarkan ponsel atau menyalakan webcam Anda, tetapi berbagi, menyimpan, dan mengkompres video itu bisa menjadi rumit karena biasanya terbentur pada ukurannya yang besar. Oleh karena itu kompresi video yang merupakan metode untuk mengubah sebuah video yang masih raw (mentah) yang besar menjadi file video yang lebih kecil. Anda juga dapat memilih dua format kompresi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Teknik video kompresi juga semakin umum dengan banyak manfaat yang meliputi ukuran file keseluruhan menjadi lebih kecil, hemat ruang penyimpanan, kebutuhan bandwidth transmisi yang lebih rendah, dan lain- lain. Hanya saja dengan mengkompres video tidak menghasilkan konten berkualitas tinggi untuk beberapa perangkat dan platform. Di situlah pengkodean video, jenis kompresi video tertentu bisa digunakan.

Related Post :