Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa dengan Modal Kecil

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Di zaman digitalisasi yang serba online ini, memulai sebuah bisnis terasa lebih mudah dan praktis selain juga efisien. Kenapa begitu? Itu disebabkan digitalisasi yang dapat merambah hingga ke area yang dulunya mungkin tidak terpikirkan atau terjamah. Bersamanya, digitalisasi mempermudah komunikasi dasar manusia hingga mempermudah banyak aspek di kehidupan.

Salah satunya adalah sektor ekonomi dimana perdagangan tidak lagi hanya dilakukan secara tatap muka melainkan juga secara online. Ini membuat siapa saja mempunyai peluang untuk berdagang layaknya pebisnis besar. Tidak terkecuali mahasiswa yang ingin memulai bisnis dan menghasilkan uang tambahan selama masih menuntut ilmu.

Seringnya pula, sebagai mahasiswa yang ingin memulai bisnis pertama mereka, mereka tidak mempunyai sumber modal yang besar bahkan bisa jadi sangat terbatas. Maka dari itu, beberapa bisnis online merupakan salah satu jawaban yang baik dan mudah dilakukan. Berikut beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa dengan modal seminim mungkin.

 

Manfaat dan Cara Membangun Bisnis Online

Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa dengan Modal Kecil
 

Mendirikan bisnis Anda sendiri dan bekerja untuk diri sendiri adalah cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan di rumah tanpa harus bekerja kantoran. Tetapi untuk dapat menemukan ide dan bisnis yang tepat untuk Anda bisa jadi cukup sulit, karena pilihan bisnis Anda adalah bisnis yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda dalam menjalaninya.

Lalu bagaimana menghasilkan ide bisnis yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan Anda? Berikut hal- hal yang harus Anda pertimbangkan lebih dulu sebelum mulai melangkah :

 

  • Lakukan penelitian tentang apa yang dibutuhkan atau diinginkan orang saat ini?
  • Pikirkan permasalahan sehari-hari dan bagaimana cara mengatasinya yang sekiranya dapat Anda jadikan peluang bisnis.
  • Jika Anda dapat memberikan atau menciptakan sesuatu yang akan membuat hidup lebih mudah, lebih baik, lebih aman, lebih adil atau lebih murah, apakah itu bisa dijual?
  • Apa yang benar-benar Anda kuasai atau sukai?
  • Pikirkan tentang usaha bisnis apa yang mungkin mendukung masa depan atau pendidikan Anda.

 

Baca Juga  :     Tips Manajemen Keuangan untuk Usaha dan Bisnis

 

Adapun manfaat dan keuntungan yang jelas akan Anda dapatkan jika memulai bisnis dengan modal kecil sebagai siswa atau mahasiswa adalah :

  • Keuntungan berupa uang

    Sama seperti pebisnis lainnya, tidak terkecuali Anda yang masih belajar, tentu ingin mendapatkan keuntungan dari usaha kecil Anda. Baik itu untuk menambah dana dalam mencukupi pembelajaran Anda atau sebagai tabungan, bisnis online adalah salah satu opsi yang masuk akal untuk dilaksanakan.

  • Belajar bisnis dari usia muda

    Menjalankan bisnis memang tidak mudah karena semuanya ada trial and error, tetapi paling tidak Anda sudah mendapatkan sebuah pengalaman berarti. Bisnis membutuhkan riset, perhitungan dan langkah- langkah yang matang yang dapat membantu membangun karakter Anda di luar perkuliahan nantinya.

  • Mendapatkan jaringan pertemanan

    Agar dapat memasarkan bisnis Anda, mau tidak mau Anda harus melakukan interaksi pada klien Anda. Ini akan membantu Anda dalam membangun jaringan relasi dan pertemanan yang akan membuat cakrawala Anda lebih luas lagi. Apa pun dapat terjadi dalam jaringan pertemanan yang berarti bisa membawa dampak yang baik bagi Anda di masa depan.

 

Baca Juga  :   Peluang Bisnis Syariah yang Halal dan Aman di Indonesia

 

Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa dengan Modal Kecil

Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa dengan Modal Kecil
 

Jika Anda telah meneliti langkah dasar dalam memulai bisnis diatas, langkah berikutnya adalah memilih apa saja ide- ide bisnis yang tepat untuk seorang siswa atau mahasiswa. Berikut adalah daftar ide bisnis menguntungkan yang dapat Anda mulai dengan mudah dari rumah sekalipun.

 

  • Blogger

    Jika Anda suka menulis atau memiliki informasi penting untuk dibagikan, blogging mungkin merupakan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Meski blogging mungkin tampak seperti strategi bisnis yang ketinggalan zaman, tapi sebenarnya di zaman digital ini, orang- orang lebih memilih membaca artikel online yang mana menjadi blogger adalah pilihan yang tepat.
     
    Anda dapat memulai blog sebagai bisnis sangat sederhana dengan pembuat situs web seperti Blogger dan WordPress, tetapi kunci suksesnya adalah konsistensi dan kualitas. Untuk mendapatkan pengikut tetap, Anda harus terus menulis dan menghasilkan konten berkualitas tinggi yang memberikan nilai bagi pembaca Anda. Konten yang mendidik, menginformasikan, atau menghibur pembaca Anda memberi mereka alasan untuk mengikuti Anda.
     
    Setelah Anda menguasai pembuatan konten yang konsisten, Anda dapat menghasilkan uang melalui blog Anda dengan menjual produk seperti kursus online, pelatihan digital, e-book, atau webinar. Anda juga dapat menjual ruang iklan atau posting bersponsor. Strategi bisnis ini mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya untuk menghasilkan uang, tetapi pada akhirnya bisa sangat menguntungkan.

  • Membuka les dan kursus

    Tipe bisnis ini akan sesuai jika Anda mempunyai dan mendalami bidang ilmu tertentu yang bisa Anda bagikan sebagai tutor atau tenaga pengajar les. Jika Anda pandai menjelaskan sesuatu kepada seseorang dalam pengajaran satu lawan satu dan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan dalam suatu subjek, pertimbangkan untuk memulai bisnis bimbingan online di bidang itu. Anda dapat menggunakan alat obrolan video seperti Skype untuk melakukan sesi bimbingan dari jarak jauh dan menawarkan pengetahuan Anda kepada siapa pun, kapan pun, di mana pun.

  • Penjual kerajinan tangan

    Penjualan tidak lagi dilakukan dengan interaksi langsung dengan mendatangi mall, toko atau supermarket melainkan dengan hanya mengunjungi e-commerce dan pasar online lainnya. Kemudahan ini akan sangat bagus bagi Anda yang mempunyai bakat dalam kerajinan tangan dan ingin menjual serta mengembangkan potensi penjualannya lebih jauh lagi. Anda juga dapat mencoba menjual karya Anda di e-commerce khusus seperti Etsy yang didirikan untuk tujuan mengakomodasi para pengrajin.
     
    Biaya awal untuk ide bisnis ini sangat rendah jika Anda membeli bahan kreatif dalam jumlah besar dari pemasok kerajinan. Jika Anda dapat membuat dan menjual karya seni Anda dengan cepat di toko online, Anda akan mendapat untung dalam waktu singkat. Pengrajin lokal menemukan kesuksesan yang lebih tinggi ketika mereka mempromosikan bisnis mereka di media sosial.

  • Pemasaran afiliasi

    Program pemasaran afiliasi saat ini sedang trend sehingga menarik banyak minat karena kemudahannya. Sedangkan program afiliasi dipecah menjadi berbagai tingkat keterlibatan yakni tidak terikat, terkait, dan terlibat. Pemasaran afiliasi yang tidak terikat adalah kampanye dengan pembayaran per klik dasar yang memerlukan sedikit atau tanpa keterlibatan dengan produk yang Anda promosikan.
     
    Pemasaran afiliasi terkait mengharuskan Anda memiliki otoritas dan konten pada produk yang Anda pasarkan, tetapi Anda tidak secara pribadi menggunakan produk tersebut. Pemasaran afiliasi yang terlibat mungkin yang paling efektif, karena Anda akan memasarkan produk yang benar-benar Anda gunakan dan nikmati. Jika Anda memiliki situs web pribadi atau akun media sosial dengan banyak pengikut, program afiliasi mungkin merupakan pendekatan yang menguntungkan bagi Anda.

  • Dropshipping

    Berniaga adalah salah satu opsi yang sangat menarik dan mempunyai peminat yang tinggi. Tapi jika Anda ingin mulai bisnis dengan menjual produk nyata, Anda mungkin tidak begitu memahami mengenai inventaris atau kesulitan dalam menyimpan produk. Dengan dropshipping, Anda dapat menerima pesanan pelanggan di toko online dan mengirimkannya langsung ke pengecer pihak ketiga untuk pemenuhan. Selama model bisnis Anda melibatkan penjualan barang dengan harga lebih tinggi daripada yang akan Anda bayarkan ke pengecer pihak ketiga, bisnis dropshipping Anda akan sukses.

 

Baca Juga   :     Tips Mencari Ide dan Inspirasi Bisnis yang Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Memulai bisnis online bisa menjadi usaha yang mengasyikkan, tetapi itu tidak berarti selalu mudah. Misalnya, ada beberapa langkah hukum yang perlu Anda ambil untuk memulai bisnis Anda, seperti memilih nama bisnis Anda, waktu dalam mengerjakan bisnis Anda hingga target penjualan bisnis Anda. Meskipun setiap bisnis itu unik, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memaksimalkan peluang Anda dalam memulai bisnis online yang sukses.

Karenanya, pilih ide bisnis atau industri berdasarkan pengetahuan dan minat Anda. Temukan niche bisnis berdasarkan celah yang tersedia di pasar, lakukan riset pasar dan analisis persaingan untuk menilai persaingan dan kelangsungan produk Anda. lalu buat strategi pemasaran yang komprehensif mengingat ini adalah bisnis di dunia online yang berbeda dengan bisnis konvensional umumnya.

Related Post :