Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Sistem yang mampu memanajemen dan mampu untuk mengatur konten-konten yang ada pada website yang dimiliki tentu akan sangat dibutuhkan, terlebih pada website yang dari awal di plan untuk menghasilkan banyak konten yang akan di isi. Jika mie instan terdapat dalam jenis makanan, maka bisa dibilang CMS adalah alat instan yang terdapat pada website. Ia yang membantu sebuah website untuk lebih berkembang dengan baik.

CMS yang digunakan dalam sebuah situs web bisa menjadi ladang investasi yang besar bagi kemajuan usaha yang dimiliki, terlebih lagi jika usaha yang Anda miliki ini dikembangkan melalui pemasaran secara online. Hal ini akan sangat baik, mengingat Indonesia masuk dalam kategori lima terbesar negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak. Tentu akan sangat mendukung perkembangan sebuah website dengan bantuan warga lokal asli Indonesia sendiri.

Hadir dengan tampilan yang sederhana dengan kemampuan yang sangat bisa untuk diandalkan, Anda sangat bisa menggunakan CMS untuk merancang lebih dahulu seperti apa konten dalam website yang dimiliki. Ia akan membantu Anda mengatur konten tersebut dan juga bisa dilakukan pengoptimalan SEO. Jika Anda termasuk orang yang peduli akan SEO tidak perlu khawatir untuk membuka hal lain, namun dengan CMS Anda sudah bisa menggunakan plugin khusus untuk melakukan pengoptimalan SEO. Semakin baik SEO nya tentu akan semakin tinggi peringkat di atas Anda.

 

Manfaat dan Kemudahan Menggunakan CMS

Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website
 

Menggunakan CMS bisa membantu Anda dan memberikan manfaat dalam membuat halaman website yang menarik tanpa harus Anda mengerti bagaimana membuat website dari awal, perkembangannya tidak hanya pada blogger tetapi kini merambah ke dunia bisnis juga. Sehingga juga banyak CMS yang kini dikhususkan ke e-commerce, berikut ulasan kemudahan lain yang diberikan oleh CMS.

 

  1. Efisiensi

    CMS bisa jadi pilihan yang pas untuk Anda pengusaha yang tidak memiliki banyak waktu untuk membangun website dari awal namun ingin memiliki website sendiri, tentu saja Anda bisa menggunakan jasa penyedia layanan atau justru membayar perseorangan dengan alokasi dana yang sedikit harus dikeluarkan untuk pembuatan dan pengembangan website serta konten di dalamnya.

  2. Cepat dan Mudah

    Orang yang belum paham atau sama sekali tidak memahami pemrograman bisa mempelajari CMS dengan mudah, kemudahan ini didapat mulai dari proses instalasi hingga perawatan dan pembaharuan dari konten-konten yang dibutuhkan. Jika Anda membutuhkan situs web dalam keadaan yang mendesak, Anda bisa menggunakan CMS untuk membantu Anda membuatnya. Hanya dengan klik-klik saja halaman website akan tampil dan siap untuk di isi dengan konten yang sesuai.

  3. Konten yang Terpisah

    Sederhana dalam instalasi ternyata tidak menggambarkan bahwa fiturnya juga sederhana, CMS menawarkan fitur-fitur yang lengkap dan bagus. Anda bisa mengatur banyak hal dalam halaman admin, Anda juga memungkinka untk menambah fitur lain melalui fitur instalasi plugin yang sudah disediakan.

  4. Penambahan Fungsi

    Fitur pada CMS sangat fleksibel, sehingga memungkinkan Anda untuk menambahkan maupun membedah sendiri kode programnya. Sehingga tidak hanya bisa mengelola fitur tambahan yang ada, tetapi juga bisa mengubah pengaturan yang ada sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

  5. Banyak User

    Usaha yang dikerjakan oleh beberapa orang tentu membutuhkan beberapa akun yang bisa mengelola situs web dan membuat konten-konten, CMS mengabulkan hal itu. Anda bisa menambahkan user berapapun jumlahnya sesuai dengan yang Anda butuhkan, CMS juga memberikan kebebasan untuk jenis akses dengan tipe yang berbeda-beda.

  6. Mudah Saat Maintenance

    Perubahan pada situs web bisa terjadi sewaktu-waktu, tanpa CMS ini menjadi akan sangat beresiko. Mengingat situs web yang sudah lama berkembang pasti memiliki ribuan data tersimpan dan harus diubah satu persatu, namun dengan menggunakan CMS hal ini tidak perlu terjadi. Hampir semua struktur dari situs web sama dan fokus di satu bagian saja, sehingga tidak akan merusak situs yang ada saat terjadi perubahan dan pembaharuan dari situsnya.

  7. Mudah Mengubah Desain

    Tampilan situs web sangat mudah untuk diubah dengan menggunakan CMS, hanya dengan mengunggah template yang sudah ada pada halaman admin. Bahkan tak jarang ada CMS yang menyediakan template bawaan, sehingga Anda bisa langsung memilihnya sendiri.

 

Baca Juga  :     Tutorial Cara Install CMS Sekolahku untuk Website Sekolah

 

Rekomendasi CMS Laravel Terbaik

Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website
 

Ada banyak rekomendasi CMS terbaik yang bisa Anda pilih untuk dipasangkan pada website milik Anda, CMS ini tersedia gratis dan bisa langsung Anda unduh dan pakai. Berikut ulasannya.

 

  1. Maggutti CMS

    CMS satu ini dikembangkan oleh lisensi MIT atau Massachusetts Institute of Technology, Maggutti CMS ini dibuat dengan Laravel delapan. Bersifat terbuka atau open source dan juga SEO friendly sehingga memudahkan Anda untuk menaikkan peringkat website di halaman pencari, menggunakan CMS satu ini Anda bisa dapatkan manfaat berupa multi autentikasi, modular serta multilingual. Multi autentikasi berfungsi untuk memaksimalkan keamanan pada website, modular berguna dan memungkinkan Anda untuk melakukan coding pada fitur-fitur serupa, dan multilingual berguna untuk penyedia sistem dan fitur yang terdiri dari banyak bahasa asing untuk memudahkan programmer dan visitor dalam memahaminya.

  2. Lavalite

    CMS satu ini terkenal sangat kompatibel dan fleksibel pada semua jenis perangkat, mulai dari komputer, laptop, tablet, smartphone baik iOS maupun Android, sehingga banyak developer yang memilih menggunakan CMS ini untuk mengembangkan website dengan lebih praktis. Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh Lavalite yaitu gratis untuk selamanya, dilengkapi package builder online, layout yang responsif, serta adanya sistem support komunitas dan customer service selama 24 jam.

  3. Microweber

    Terdapat banyak keunggulan yang dimilikinya seperti fitur built-in yang khusus digunakan oleh bisnis online, dengan komposisi yang bisa disusun menggunakan drag and drop. Microweber juga dynamic layout, terdapat fitur live edit yang memungkinkan Anda untuk mengedit dengan tampilan yang langsung terlihat, panel-panel kerja yang dimilikinya juga sangat powerfull, tersedia lebih dari 75 template desain CMS gratis yang siap pakai.

  4. October

    Desain modern namun tidak mahir coding? Tentu saja bisa Anda lakukan dengan menggunakan CMS satu ini, Anda hanya perlu memakai editor dengan nama What You See Is What You Get atau disingkat dengan WYSIWYG. Anda bisa melakukan editing, kostumisasi, pengelolaan video, gambar, dan file untuk kebutuhan konten website.

  5. Asgard CMS

    Seperti halnya Maggutti, Asgard juga berada di bawah lisensi MIT yang membedakan terletak pada laravel yang digunakan. Pada Asgard laravel yang digunakan adalah versi lima, meski laravel nya bukan versi terbaru performanya tetap super fully responsive. Kemudahan yang diberikan bisa menjalankan instalasi dengan menggunakan clone repository, bisa digunakan pada perangkat mobile, terdapat banyak komunitas support dan pedoman pemakaian, tersedia custom widget web yang beraneka macam, serta adanya module management yang berfungsi untuk mengelola beragam data dan aset yang ada.
     

    Baca Juga :    10 Tips Meningkatkan Keamanan CMS WordPress

  6. Twill

    CMS ini termasuk yang terunik, ia memiliki keunggulan yaitu memiliki visual editor yang berfungsi untuk melihat langsung hasil dari pengerjaan yang dikerjakan. Sehingga ketika ada revisi terkait desain yang sedang berjalan, Anda bisa langsung mengubahnya tanpa perlu menunggu hasilnya rampung terlebih dahulu.

  7. Photon CMS

    Cocok digunakan untuk developer pemula, Anda bisa mengembangkan website yang kompleks dengan cara yang simpel, fitur-fiturnya lengkap untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan Anda dalam membangun website. Terdapat fitur user impersonation yang memungkinkan Anda memposisikan diri sebagai visitor dari website Anda, sehingga akan lebih mudah untuk menilai website dari sisi pengguna dan hasil yang didapat bisa lebih berkualitas.

  8. Typi CMS

    Fitur unggulan yang dimilikinya berupa manajemen user dan role serta UI yang sangat responsive, untuk bisa menggunakannya Anda harus sudah menguasai cara menulis script pemrograman. Sebab CMS satu ini lebih condong dalam penggunaan kode program.

  9. E-Commerce CMS

    CMS satu ini merupakan yang terbaik untuk membangun platform e-commerce, dengan CMS ini Anda bisa menambahkan fitur currency change atau konversi mata uang dari seluruh dunia. Terdapat fitur kalkulator online pada templatenya, banyak toko online yang menggunakan CMS ini untuk kemudahan transaksi dan pengiriman internasional. Fitur menarik lain yang ditawarkannya berupa testing demo order yang membantu konsumen dalam memantau proses pengiriman paket, fitur filter produk, pembayaran dengan PayPal, dan juga Shopping cart.

  10. Atlantis

    Menawarkan desain website dengan manajemen yang sederhana, tersedia fitur untuk memanajemen foto di website, feed postingan, juga tersedia fitur optimasi instan SEO. Dengan beragam integrated SEO tools Anda bisa dengan mudah membuat website yang ramah SEO.

 

Baca Juga  :    Mengenal CMS dan Contoh yang CMS yang Sering Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah mengenal bagaimana CMS dan banyak rekomendasi CMS yang bisa Anda gunakan, Anda bisa langsung memulai untuk membangun dan mengembangkan situs website Anda. Tidak hanya untuk kebutuhan bisnis, CMS ada juga yang digunakan pada bidang pendidikan. Hal ini mendukung kinerja website sekolah untuk lebih berkembang dan berjalan dengan baik untuk pusat informasi terkait sekolah tersebut.

Selain itu dengan menggunakan CMS Anda akan diberi kemudahan, tidak perlu memahami coding yang rumit Anda tetap bisa menggunakan CMS dengan hanya klik-klik saja. Website yang siap pakai bisa Anda dapatkan dengan mudah, sehingga hanya perlu memasukkan konten yang sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan. Untuk perawatannya pun CMS sudah membuat data yang ada menjadi lebih terstruktur, sehingga tidak perlu melakukan pembaruan data satu persatu.

Related Post :