Rekomendasi Open Source Terbaik 2022

Informasi, Technology / 0 | | 1

Komputer adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Dari rumah tangga, hingga kantor, dan dari sekolah hingga perguruan tinggi, semua orang telah menggunakannya di mana-mana. Berdasarkan kebutuhan individu atau perusahaan, program perangkat lunak sumber terbuka atau open source ini mencakup semuanya, mulai dari pemutar musik hingga suite kantor atau lebih dikenal dengan perangkat aplikasi yang digunakan untuk pekerjaan kantoran. Tetapi meskipun program perangkat lunak berbayar dan berpemilik misalnya Microsoft Office sangat bagus, dunia perangkat lunak sumber terbuka atau open source menawarkan banyak hal menarik.

Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan open source? Sederhananya, perangkat lunak sumber terbuka atau open source adalah sesuatu yang dapat dimodifikasi, diedit, dan didistribusikan kembali secara bebas tanpa masalah hak cipta. Dan ada beberapa kasus di mana Anda mungkin ingin menggunakan jenis program ini. Misalnya Anda mungkin memerlukan versi perangkat lunak penganalisa data yang sedikit dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Perubahan seperti itu hanya diperbolehkan saat Anda menggunakan program analisis data sumber terbuka. Anda mungkin juga ingin menggunakan program perangkat lunak sumber terbuka atau open source untuk akuntansi, pelacakan waktu di tempat kerja, atau bahkan pemulihan data.

Dengan begitu banyak yang harus dipelajari tentang perangkat lunak sumber terbuka atau open source, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai dan memutuskan program mana yang sepadan dengan waktu dan keperluan Anda. Untuk membantu mempersingkat informasi dan penjelasan, artikel ini telah berisikan definisi singkat dari program perangkat lunak atau open source serta rekomendasi open source terbaik di tahun 2022 ini untuk Anda unduh sekarang.

 

Baca Juga :  Panduan Singkat Mengenal Apa Itu Open Source

 

Mengenal Apa Itu Open Source

Rekomendasi Open Source Terbaik 2022
 

Perangkat lunak sumber terbuka atau open source adalah segala jenis program di mana pengembang di belakangnya memilih untuk merilis source code secara gratis. Setiap kali perangkat lunak memiliki lisensi sumber terbuka, itu berarti siapapun di dunia dapat mengunduh, memodifikasi, dan mendistribusikannya tanpa membayar biaya kepada pembuat aslinya. Sejak gerakan open source menjadi filosofi pengembangan perangkat lunak pada akhir 1990-an, hal ini mengubah dunia. Perkiraan bahkan menunjukkan bahwa 96% dari semua server web secara global berjalan pada beberapa bentuk sistem operasi Linux open source.

Penting untuk diingat bahwa open source tidak hanya berarti gratis. Banyak perusahaan juga yang merilis perangkat lunak mereka secara gratis tetapi mempertahankan kepemilikan hak cipta penuh atas kode mereka, sehingga pengembang lain tidak dapat memodifikasinya. Sebaliknya, inisiatif open source yang sukses dibangun di atas kerja keras ribuan kolaborator potensial yang telah secara sukarela menyerahkan waktu mereka untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Sistem pengembangan yang dapat diakses seperti itu memiliki beberapa keuntungan serius. Perangkat lunak open source seringkali lebih aman karena orang-orang dari seluruh dunia dapat meneliti rilisan baru dan bug dapat dilaporkan sehingga ditangani dengan cepat jika ada suatu masalah. Selain itu, orang-orang termotivasi juga untuk menambahkan fitur baru yang keren ke platform open source yang berarti perangkat lunak open source seringkali dianggap baik atau bagus. Meskipun perangkat lunak sumber terbuka atau open source digunakan dalam segala hal mulai dari jaringan hingga server web, di artikel ini Anda akan fokus pada perangkat lunak sumber terbuka atau open source terbaik untuk Anda unduh dan jalankan di desktop atau laptop Anda.

 

Baca Juga :  Memahami Perbedaan Closed Source dan Open Source

 

Rekomendasi Open Source Terbaik 2022

Rekomendasi Open Source Terbaik 2022
 

 

Jika Anda seorang pengembang, open source mungkin memainkan peran utama dalam pekerjaan Anda. Berikut 5 rekomendasi open source terbaik yang dapat Anda coba jalankan pada komputer Anda.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Odoo, Software Open Source untuk ERP and CRM

  1. Apache Cassandra

    Apache Cassandra adalah database terdistribusi dan terdesentralisasi yang dirancang untuk mengelola sejumlah besar data terstruktur dan tidak terstruktur di seluruh dunia. Ini dikembangkan di Facebook untuk pencarian kotak masuk dan open source pada Juli 2008. Salah satu fitur Cassandra yang paling penting adalah skalabilitasnya yang elastis dan linier, yang memungkinkan waktu respons yang cepat secara konsisten. Data secara otomatis direplikasi ke beberapa kode untuk toleransi kesalahan dan distribusi yang mudah. Beberapa penyebaran produksi terbesar proyek open source ini termasuk Apple, Netflix, dan mesin pencari Cina Easou. Ini juga digunakan di constant contact, CERN, Comcast, eBay, GitHub, Instagram, dan lebih dari 1.500 perusahaan lainnya.

  2. Renovate

    Renovate adalah alat pemeliharaan kode yang penting. Diakuisisi oleh White Source pada November 2019, Renovate dirancang untuk menghemat waktu pengembang dan mengurangi risiko keamanan dengan mengotomatiskan ketergantungan pembaruan dalam proyek perangkat lunak. Banyak pengembang yang sangat menyukai Renovate, sebagian besar karena pendekatan open first dan kemampuannya untuk mendukung strategi keamanan open source yang sangat terkoordinasi dan efisien. Salah satu manfaat utama Renovate adalah kemampuannya untuk mendukung berbagai bahasa dan jenis file untuk mendeteksi dependensi dimanapun mereka dijalankan. Renovate berjalan selalu berfungsi dengan baik untuk mendeteksi versi terbaru yang tersedia, dan menyediakan log perubahan serta riwayat yang komit dengan setiap pembaruan. Anda juga dapat menjalankan rangkaian pengujian yang ada pada setiap pembaruan untuk menghindari kesalahan regresi.

  3. Ansible

    Ansible adalah alat otomatisasi IT yang menyederhanakan pekerjaan berulang yang dibenci orang-orang. Banyak pengembang yang menyukai proyek open source ini karena menghilangkan banyak tugas yang kompleks dan berlebihan yang melekat pada pengembangan serta pengiriman aplikasi. Popularitas Ansible semakin meningkat karena bahasanya yang sederhana dan dapat dibaca serta kemampuannya untuk mengotomatisasi lingkungan aplikasi IT multi tingkat yang kompleks. Perusahaan yang mampu menghilangkan beberapa pekerjaan kasar yang dihadapi pengembang mereka akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan produktivitas dan percepatan DevOps.

  4. Django

    Django adalah kerangka kerja Web Python tingkat tinggi, dan itu sangat menyenangkan. Untuk satu hal, Django dirancang untuk membantu pengembang mencapai tujuan terpenting mereka, salah satunya adalah pengembangan yang cepat. Django disukai oleh pengembang Python karena memungkinkan pemrogram untuk mendorong aplikasi dari konsep hingga penyelesaian dengan cepat, tanpa kerumitan pengembangan web yang biasa. Selain itu Django juga membantu pengembang menghindari banyak kesalahan keamanan umum, seperti injeksi SQL, skrip lintas situs, clickjacking, dan banyak lagi. Banyak situs web telah mengadopsi Django, termasuk Mozilla, Pinterest, Instagram, Open Stack, National Geographic, MacArthur Foundation, dan lain lain.

  5. TensorFlow

    TensorFlow adalah library open source untuk komputasi numerik dan machine learning yang dibuat oleh Tim Google Brain pada tahun 2015. TensorFlow dirancang untuk memungkinkan pembuatan model machine learning sederhana untuk desktop, seluler, web, dan cloud. Salah satu manfaat terbesar proyek ini adalah abstraksi. Dengan kata lain, TensorFlow memungkinkan pengembang untuk fokus pada logika umum aplikasi. Sementara perpustakaan menangani detail penerapan algoritma di latar belakang. TensorFlow juga menyediakan jalur langsung ke produksi, baik di server, perangkat edge, atau web. TensorFlow memungkinkan Anda melatih dan menerapkan model Anda dengan mudah dalam bahasa atau platform apa pun. Beberapa perusahaan terbesar yang menggunakan TensorFlow termasuk airbnb, Coca-Cola, DeepMind, GE Healthcare, Google, Intel, dan Twitter.

 

Baca Juga :  NopCommerce, Solusi E-Commerce Open Source Berbasis ASP.NET (MVC 4)

 

Kesimpulan dan Penutup

Perangkat lunak sumber terbuka atau open source penting bagi pengembang dalam membangun karier sambil memungkinkan mereka bekerja di beberapa platform terbesar di seluruh dunia. Namun, ini juga membuka pintu bagi inovator yang suka berkontribusi pada proyek open source. Open source juga membuat kehidupan banyak individu dan bisnis lebih mudah dengan memberikan solusi yang disesuaikan. Perangkat lunak sumber terbuka atau open source biasanya gratis tanpa biaya di muka, tetapi beberapa perangkat lunak mungkin membebankan biaya untuk fitur atau unduhan tambahan.

Umumnya perangkat lunak sumber terbuka atau open source memerlukan beberapa pengetahuan tentang pemrograman komputer untuk digunakan dan mungkin lebih memakan waktu daripada menggunakan perangkat lunak jenis lain. Yang terpenting adalah memeriksa dengan perusahaan perangkat lunak untuk melihat dengan tepat apa yang Anda dapatkan dan apakah akan ada biaya. Terakhir, contoh perangkat lunak open source terbaik yang kami berikan diatas hanyalah bukti betapa bermanfaatnya perangkat lunak ini. Semoga Anda dapat menemukan open source yang tepat untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan perusahaan Anda.

Related Post :