Rekomendasi Payment Gateway untuk UMKM Terbaik dan Murah di Indonesia

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Menjadi pemilik toko e-commerce, pasti Anda tahu pentingnya menyediakan antarmuka pengguna dan fungsionalitas yang baik di situs web atau aplikasi Anda. Tidak lupa juga pengalaman pembayaran karena jika pembayaran susah dan rumit maka pelanggan berhenti mempercayai dan penjualan serta merta akan turun. Karenanya gateway pembayaran memainkan peran penting dalam pengalaman pembelian pelanggan, gateway pembayaran yang baik harus lancar, cepat, aman, dan dapat dipercaya.

Gateway pembayaran terbaik akan memastikan keamanan dan kerahasiaan pelanggan, meninggalkan kesan yang baik dan kepercayaan di situs web atau aplikasi e-commerce. Sebuah gateway pembayaran fungsional harus memungkinkan pedagang untuk menerima beberapa fasilitas transaksi (kartu debit, kartu kredit, dompet, dll.) dengan aman di situs web serta maupun melalui aplikasi seluler.

Payment Gateaway di toko e-niaga harus disiapkan dengan cara yang benar, jika tidak berfungsi dengan baik, bisnis Anda dapat mengalami pengabaian karena masalah gerbang pembayaran yang menyebabkan hilangnya pelanggan dan penjualan. Memastikan gateway pembayaran fungsional yang disiapkan dengan berbagai bentuk opsi pembayaran (debit, kartu kredit, dompet, dll.) Dengan sertifikat dan simbol keamanan terpercaya adalah kunci keberhasilan jangka panjang toko e-commerce online Anda.

 

Mengenal Apa Itu Payment Gateway

Rekomendasi Payment Gateway untuk UMKM Terbaik dan Murah di Indonesia
 

Dengan kata sederhana, Payment Gateways adalah sarana untuk menerima atau melakukan pembayaran dengan cara mendapat pembayaran dari pelanggan Anda dan menyelesaikan hal yang sama kepada Anda. Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan transfer data transaksi dari pedagang ke bank penerima. Seluruh proses pembayaran berisi pihak latar belakang yang terlibat untuk memungkinkan transfer pembayaran.

Sebuah payment gateway dapat membuat ekosistem pembayaran terus berjalan dengan lancar, karena memungkinkan pembayaran online untuk konsumen dan bisnis. Jika Anda seorang pedagang online, Anda tidak perlu menjadi ahli gateway pembayaran, tetapi ada baiknya memahami dasar-dasar bagaimana pembayaran online mengalir dari pelanggan ke rekening bank Anda serta memilih penyedia payment gateway yang sesuai dengan kebutuhan e-commerce Anda.

Baca Juga   :     Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server UMKM yang Lebih Aman & Stabil

 

Proses Dalam Pembayaran Online

Sebelum kita mempelajari lebih dalam tentang definisi gateway pembayaran, Anda perlu mengidentifikasi siapa saja yang terlibat dalam pembayaran online. Saat pelanggan mengklik tombol Bayar di situs Anda, ini adalah proses dan apa saja yang terlibat dalam proses pembayaran :

 

  • Pedagang/merchant

    Disini adalah Anda, yaitu bisnis online yang beroperasi di semua vertikal (aplikasi perjalanan, ritel, eCommerce, permainan, Forex, dll), menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan.

  • Pelanggan

    Pelanggan, juga disebut pemegang kartu, yang ingin mengakses produk atau layanan yang dijual pedagang, dan memulai transaksi.

  • Bank penerbit

    Bank penerbit adalah bank pelanggan yang menerbitkan kartu kredit atau debit pemegang kartu atas nama skema kartu (Visa, Mastercard)

  • Pengakuisisi

    Pihak ini juga dikenal sebagai bank penerima, pengakuisisi adalah lembaga keuangan yang mengelola rekening bank pedagang (disebut sebagai akun pedagang). Bank penerima meneruskan transaksi pedagang ke bank penerbit untuk menerima pembayaran

Baca Juga  :       Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

 

Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway memproses pembayaran dari pelanggan ke merchant yang melibatkan banyak pihak backend di dalamnya sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih oleh pelanggan. Alur dan cara kerjanya seperti di bawah ini :

 

  • Setelah pelanggan memilih produk / layanan di situs web, mereka melanjutkan ke keranjang dan memasukkan detail dasar yang diperlukan seperti Nama, Informasi Kontak, Alamat, dll untuk memungkinkan pengiriman.
  • Kemudian mereka akan melanjutkan ke halaman checkout dengan mengklik ‘Bayar Sekarang’ (atau opsi atau tombol lain yang setara sesuai situs web) dan mengisi detail yang diperlukan di sana seperti Nama, ID Email dan Nomor Kontak dan ID Pesanan dibuat di gateway pembayaran.
  • Pelanggan kemudian dapat memilih metode pembayaran dan karenanya, halaman dialihkan ke server tersebut dengan cara yang diamankan oleh gateway pembayaran. Permintaan pembayaran dikirim dengan cara yang aman ke tempat pembayaran pelanggan setelah gateway pembayaran mendapat persetujuan pembayaran.
  • Lalu permintaan otorisasi dikirim ke bank pelanggan yang berarti akan memeriksa apakah ada saldo yang tersedia dan juga menunggu otorisasi untuk memotongnya.
  • Setelah otorisasi diterima dari bank, jumlah yang sama dipotong dan ditransfer ke Gateway Pembayaran dan dalam periode waktu penyelesaian yang telah ditentukan ke rekening bank pedagang. Jika respon bank negatif maka nasabah menerima pesan kesalahan.
  • Pelanggan menerima email pemberitahuan sukses transaksi dan pesanan dilakukan.

Baca Juga  :      Apa Itu Testimonial : Fungsi, Manfaat / Kegunaannya untuk Bisnis

 

Rekomendasi Payment Gateway di Indonesia

Rekomendasi Payment Gateway untuk UMKM Terbaik dan Murah di Indonesia
 

Payment Gateway dapat diintegrasikan dengan situs web / aplikasi sebagai tombol checkout dan pembayaran. Ini adalah proses teknis yang saat ini perusahaan gateway pembayaran menyediakan Plugin, SDK, dan modul siap pakai yang membuat semuanya menjadi sangat mudah. Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki website, Anda tetap dapat memberikan pembayaran kepada pelanggan Anda melalui link pembayaran dan link master. Tautan ini adalah hal salin / tempel, dapat dikirim ke pelanggan melalui mode apa pun seperti messenger, obrolan, media sosial, dll. Berikut ini beberapa opsinya di Indonesia :

 

  • DOKU

    Sebagai salah satu penyedia jasa pembayaran atau payment gateway pertama di Indonesia yang telah bekerja sama dengan berbagai macam merchant beserta metode pembayaran yang berbeda pula. Pengguna dapat memilih jenis transaksi baik itu internet banking, transfer antar bank, e-wallet atau juga melalui minimarket. Selain itu Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini melalui iOS atau Android dengan mengunduhnya.

  • Midtrans

    Terima pembayaran dan kirim dana dengan mudah bersama Midtrans dan pengguna dapat memilih cara mudah untuk kelola semua proses pembayaran sehingga Anda dapat fokus kembangkan bisnis online Anda.

  • Kaspay

    Kaspay merupakan solusi pembayaran untuk memaksimalkan aktivitas transaksi individual hingga bisnis. Aplikasi ini terkenal beroperasi di Kaskus yang menghubungkan setiap transaksi yang terjadi.

  • Finpay

    Aplikasi payment gateway memberikan solusi transaksi berbasis digital yang praktis dan mudah, selain juga dapat digunakan untuk para pelaku UMKM yang sedang mencari cara pembayaran online untuk bensin mereka.

  • Winpay

    Penyedia jasa pembayaran online ini berdiri sejak 2018 lalu dan telah menjalin banyak kerjasama dengan berbagai toko online serta merchant yang sah. Meski relatif penyedia pembayaran baru, Winpay terbukti tangguh dengan berbagai fitur pernyataan yang menunjang bisnis online.

Baca Juga   :     Tips membuat Caption Facebook yang banyak Like dan Share untuk bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Payment Gateway terbaik adalah dengan membuat pemrosesan pembayaran online menjadi sederhana dan mudah dikelola. Gateway pembayaran memungkinkan Anda menerima pembayaran kartu secara online atau di dalam toko, yang berarti mereka dapat menawarkan pemrosesan pembayaran kartu kredit secara online dan offline, serta bekerja dengan pemrosesan Titik Penjualan atau Point of Sales (POS) di dalam toko online.

Untuk penjualan volume rendah, gateway pembayaran sederhana akan menjadi pilihan paling efektif dalam jangka pendek, karena biaya bulanan dapat memakan pendapatan lebih dari biaya pemrosesan. Namun, setelah volume penjualan mencapai ambang batas limit, membayar biaya bulanan untuk pemrosesan pedagang dengan biaya pertukaran yang menjadi lebih murah. Karena payment gateway adalah bagian penting dari bisnis e-niaga apapun, namun tidak mudah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, uji dengan gateway pembayaran yang berbeda dan pilih salah satu yang berfungsi paling baik bagi bisnis UMKM Anda.

Related Post :