Rekomendasi Software Pemutar Video Terbaik dan Gratis untuk Laptop

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Umumnya banyak yang memilih menggunakan pemutar video gratis karena aplikasi ini sudah termasuk lengkap. Sebuah pemutar video gratis yang tepat, Anda tidak perlu khawatir harus mengunduh codec atau plugin tambahan untuk memutar film dan video Anda. Tidak seperti pemutar video yang datang sepaket dengan PC dan Mac, yang seringkali mempunyai keterbatasan.

Sayangnya pada format video tertentu dan tidak memiliki alat canggih untuk kualitas visual dan suara tertinggi yang baik. Banyak pemutar video gratis yang menawarkan banyak kelebihan yang mumpuni sehingga banyak yang lebih memilih opsi ini karena fitur- fitur yang lebih spesifik. Begitu pula ada beberapa pemutar video gratis yang bagus untuk diunduh dan Anda coba.

Meskipun begitu, ada juga pemutar musik yang menyederhanakan proses pemuatan dan menonton, dan ada juga program yang sangat canggih yang menawarkan rangkaian luas pengaturan permainan yang Anda inginkan. Jadi, apa pun jenis pengalaman yang Anda inginkan, Anda akan menemukan pemutar video yang akan menawarkannya kepada Anda tanpa dikenakan biaya sepeser pun.

 

Rekomendasi Software Pemutar Video Terbaik dan Gratis untuk Laptop

Rekomendasi Software Pemutar Video Terbaik dan Gratis untuk Laptop
 

Bagi pengguna Windows pasti sudah tidak asing dengan berbagai nama besar pemutar video seperti VLC, GOM Player, Media Player Classic Home Cinema dan lain- lain. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa segera Anda unduh :

 

  • PotPlayer

    Salah satu pemutar video gratis terbaik di luar sana, Pot Player adalah program yang sangat kuat. Datang dengansejumlah besar codec bawaan dan menawarkan dukungan tidak hanya untuk video 360 derajat dan 8K, tetapi juga video 3D. Jika Anda memberikan format file ke software ini yang belum didukung, Pot Player akan otomatis mendownload codec yang diperlukan untuk Anda. Anda tidak akan tahu jika hanya dengan melihat antarmuka pengguna, tetapi Pot Player juga berisi perekam layar gratis dan perangkat lunak pengeditan video gratis.
     
    Opsi untuk menyesuaikan pemutaran video sangat mengesankan, sementara tombol pintas memungkinkan Anda mengakses pengaturan yang paling sering digunakan tanpa hambatan. Disamping itu Pot Player adalah perangkat lunak yang sangat ringan yang mampu memuat lebih cepat daripada hampir semua pemutar video lainnya, gratis atau berbayar, dan menggunakan sumber daya komputer yang relatif sedikit bahkan saat memutar ulang film besar.

  • GOM Player

    Perangkat lunak yang satu ini dapat menangani video 360 derajat dan 8K, serta menawarkan opsi untuk memutar video Youtube di desktop Anda. Setelan untuk mengutak-atik pemutaran video tidak seluas yang akan Anda temukan di opsi perangkat lunak lainnya, tetapi jauh lebih ramah untuk digunakan saat Anda baru saja mengenal dan memakai pemutar video.
     
    GOM Player menawarkan banyak fungsi lanjutan untuk memutar video yang juga mendukung screencast, sehingga Anda dapat menyambungkan komputer ke televisi atau proyektor dan bermain di layar yang lebih besar. Di antara pemutar video gratis terbaik saat ini, GOM Player hadir dengan berbagai macam codec, tetapi juga memiliki pustaka codec yang dapat dicari sehingga Anda dapat memutar ulang hampir semua jenis klip.
     
    Pemutar ini kompatibel dengan subtitle sinkron, dan Anda bahkan dapat mengimpor seluruh daftar putar menggunakan jenis file seperti * .pls atau * .asx. Unduhan GOM Player dilengkapi dengan beberapa program tambahan yang dibundel dalam penginstal yang bisa Anda tutup jika Anda memutuskan hanya menginginkan dan menggunakannya sebagai pemutar video biasa.
     

    Baca Juga   :  Rekomendasi Software Pemutar MusikTerbaik dan Gratis untuk Laptop

  • KMPlayer

    Pertama kali dirilis pada tahun 2002, pemutar media gratis KMPlayer yang kemudian diakuisisi oleh perusahaan streaming Korea Pandora TV pada tahun 2007. KMPlayer adalah salah satu pemutar media Windows 10 terbaik dan gratis lainnya yang dapat memutar hampir semua file video dan audio mainstream. Anda dapat menambahkan codec eksternal untuk meningkatkan kompatibilitas. Dilengkapi dengan dukungan 3D, 4K, UHD, memiliki versi 64-bit, dan dapat memutar video hingga 8K 60fps pada PC dengan perangkat keras yang mumpuni.
     
    Selain juga juga dikenal dengan berbagai macam dukungan untuk format, pengguna KMPlayer memiliki banyak pilihan efek audio dan video, yang memastikan bahwa mereka tidak kekurangan fitur atau dukungan apa pun. Anda dapat memilih bagian-bagian video sebagai favorit, membuatnya berulang, memetakan ulang tombol untuk antarmuka jarak jauh, dll disamping Anda juga dapat mengedit subtitle video di dalam KMPlayer.

  • VLC Media Player

    Berhasil mempertahankan reputasinya sebagai pemutar video terbaik dari tahun ke tahun, VLC datang menawarkan banyak fitur, skin kustom, dan opsi kustomisasi yang bermanfaat lainnya. VLC Media Player adalah pemutar media open-source dan gratis yang tersedia untuk semua platform populer. Dibuat oleh proyek VideoLAN, VLC Media Player mendukung banyak metode kompresi audio dan video serta format file.
     
    Mendapatkan reputasi yang serba bisa, pemutar video ini bahkan mampu memutar video 3D juga dapat mengambil tangkapan layar atau screen capture dari desktop Anda. VLC adalah salah satu pemutar media PC terbaik karena sifatnya yang cepat dan sederhana yang tidak melibatkan langkah-langkah yang rumit. Selain memutar konten lokal, Anda juga dapat menggunakan VLC untuk streaming konten dari situs online seperti YouTube. Selalu melakukan pembaruan dan memiliki komunitas pengguna yang besar, VLC dapat digunakan di semua versi Windows, dari Windows 10 hingga Windows XP SP3.

  • MediaMonkey

    Sedikit berbeda karena perangkat lunak freemium bisa menjadi pilihan utama Anda jika Anda ingin menjaga agar media Anda tetap teratur. Sama seperti pemutar film terkenal lainnya, MediaMonkey untuk PC Windows hadir dengan kemampuan untuk memperluas fungsionalitas dengan bantuan plugin. Anda dapat menggunakannya untuk membuat tampilan pemutar lebih menarik, meningkatkan dukungan dan pemutaran perangkat, dan fitur penemuan musik yang lebih baru. Hadir juga dengan mode pesta dan dapat disinkronkan dengan perangkat Android maupun iOS, membuat MediaMonkey menjadi pilihan yang serba bisa.
     

    Baca Juga  :  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

  • DivX Player

    Hadir sebagai penggagas pertama pertama dari jenis media player yang menawarkan pemutaran HEVC gratis, tak perlu dikatakan bahwa pemutar DivX dioptimalkan untuk memutar file video dalam format paling populer seperti MP4, MKV, DivX, dan AVI. Anda juga dapat menikmati pemutaran UltraHD (4K) dengan pemutar media yang populer yang hebat ini. DivX juga bertindak sebagai pemutar media streaming yang memungkinkan Anda mengalirkan musik, video, dan foto ke perangkat apa pun yang kompatibel dengan DLNA.
     
    Selain itu, pemutar DivX hadir dengan fitur-fitur canggih seperti Trick Play, yang memungkinkan Anda beralih ke adegan favorit dengan mudah. Bahkan dengan dukungan untuk Poin Bab, Anda dapat dengan mudah memainkan adegan yang berbeda. Pustaka medianya yang cerdas melacak konten video pribadi serta dukungan untuk beberapa audio berarti Anda dapat beralih di antara berbagai soundtrack tanpa kesulitan. Dengan fitur Resume Play, Anda dapat melompat ke titik terakhir video yang Anda tinggalkan sebelumnya.

  • Media Player Classic – Black Edition

    Media Player Classic – Black Edition adalah bagian MPC yang masih melanjutkan warisan dari pemutar media Windows 10 yang telah berhenti beroperasi. MPC-BE juga didasarkan pada edisi MPC – Home Cinema yang dihentikan sebelumnya. Bagaimanapun, MPC-BE sendiri adalah pemutar video yang ringan namun kuat untuk Windows 10 dan juga untuk versi yang lebih lama.
     
    Mengusung UI bertema gelap dengan sedikit kemiripan dengan tampilan dan nuansa Windows Media Player, pemutar media open source pertama kali hadir pada tahun 2012 lalu. Media Player ini juga telah mendapat dukungan untuk decoding perangkat keras, deinterlacing, pembaruan perangkat lunak tepat waktu, dan mendukung berbagai format audio dan video. Di antara fitur lainnya, MPC-BE memiliki pencarian subtitle bawaan, pratinjau seekbar, dan Anda dapat menyesuaikan semuanya mulai dari logo, jendela, dan koreksi warna video, dll. Dapat digunakan melalui Windows Command Prompt dan menyertakan dukungan bawaan untuk youtube-dl untuk mengambil konten dari situs berbagi video.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi Burning CD Terbaik dan Gratis untuk Laptop

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat ini ada banyak sekali software yang tersedia untuk platform Windows dan karenanya memilih salah satu yang tepat untuk komputer Anda bukanlah tugas yang mudah. Dengan meningkatnya jumlah format media yang lebih baru, tidak semua pemutar media gratis dapat menjalankan semua format file populer seperti MKV, FLV, AVI, MP4, MOV, dll.

Selain sebagai perangkat lunak yang kaya fitur, pemutar media yang hebat juga harus sederhana, intuitif, dan ringan. Beberapa kriteria ini wajar mengingat semua orang ingin mendapatkan hasil pemutaran video yang bagus lagi penuh dukungan fitur terbaik. Jadi, pemutar media gratis mana yang terbaik menurut Anda? Manakah yang Anda gunakan untuk menikmati film dan konten media lainnya?

Related Post :