Rekomendasi Website Jurnal Terbaik dan Gratis di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di era serba digital seperti saat ini bukan sesuatu yang sulit untuk menemukan berbagai jurnal di halaman pencarian internet, ada banyak situs website yang menyediakan jurnal-jurnal terbaik dengan pencarian tertentu. Ini tentu menjadi satu kemudahan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar, peneliti, ilmuwan bahkan para akademisi, selain mencari jurnal yang dibutuhkan mereka juga bisa untuk menerbitkan secara mandiri karya ilmiah mereka secara online.

Jika Anda adalah seorang pelajar atau justru mahasiswa, pasti sudah tidak asing dengan istilah jurnal. Bahkan tak jarang beberapa guru dan dosen memberikan tugas berupa pembuatan jurnal itu sendiri, tugas-tugas yang diberikan bisa juga berupa pencarian jurnal-jurnal. Sehingga di mesin pencarian, jurnal menjadi kata kunci yang paling sering dicari. Tidak hanya untuk memenuhi tugas, jurnal juga bisa digunakan sebagai sumber referensi seseorang dalam mengerjakan project di bidangnya.

Sehingga ada banyak manfaat yang diberikan oleh jurnal-jurnal yang berada di halaman pencarian internet, akan sangat berguna jika ada situs jurnal yang berisi konten-konten terbaik. Sebab ini akan sangat membantu para mahasiswa, siswa, peneliti, akademisi untuk mendapatkan informasi yang valid dan bagus, sebab konten jurnal yang asal-asalan akan membuat informasi yang disampaikan tidak baik.

 

Fungsi dari Jurnal

Rekomendasi Website Jurnal Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Jurnal memiliki beberapa fungsi yang dibagi dalam beberapa bagian, berikut ulasannya.

  • Fungsi Mencatat, ini menjadi fungsi yang melakukan pencatatan seluruh transaksi yang ada di dalam buku jurnal.
  • Fungsi Analisis, pencatatan satu ini berisi tentang hasil analisis yang berbentuk pendebitan dan pengkreditan akun-akun yang terpengaruh serta jumlahnya.
  • Fungsi Instruktif, berisi perintah untuk melakukan pendebetan dan pengkreditan akun buku besar yang sesuai dengan catatan yang ada dalam jurnal.
  • Fungsi Informatif, berisi informasi ataupun penjelasan yang berhubungan dengan transaksi yang ada dalam pencatatan yang dilakukan.
  • Fungsi Historis, yang menjadi bukti transaksi yang dilakukan secara kronologis, urut, serta sesuai dengan tanggal terjadinya sebuah transaksi.

 

Baca Juga   :     Aplikasi Penyedia Template Instagram yang Cantik, Keren, dan Mudah Digunakan

 

Rekomendasi Website Jurnal Terbaik

Rekomendasi Website Jurnal Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Situs website yang menyediakan jurnal-jurnal terbaik sangatlah banyak, Anda bisa mencarinya dengan kata kunci tertentu. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda miliki.

 

  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

    Disingkat dengan perpusnas, merupakan salah satu rekomendasi website yang menyediakan situs e-Resources atau disebut dengan perpustakaan digital. Ia hadir dengan banyak referensi dan tentunya lengkap, seperti tersedianya e-book, jurnal, serta karya ilmiah lainnya. Anda bisa mengaksesnya jika terdaftar dan memiliki nomor keanggotaan dari Perpusnas itu sendiri, bahkan yang menarik dari situs satu ini adalah perpusnas berlangganan dengan beberapa penyedia referensi dari sumber nasional bahkan sampai internasional. Tentunya sumber tersebut adalah sumber ternama, seperti Balai Pustaka, ProQuest, Cambridge University Press, ScienceDirect, serta adanya Princeton University Press, Anda bisa mengaksesnya jika sudah terdaftar sebagai member Perpusnas.

  2. Indonesian Scientific Journal Database

    Salah satu website jurnal yang dimiliki oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau ramah dengan sebutan LIPI ini, menawarkan hingga lebih dari 15 ribu jurnal dan juga sekitar 400 artikel di dalamnya. Seluruh jurnal dan artikel yang ada diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi dan juga lembaga penelitian, jika Anda ingin mendapatkan kemudahan dalam mencari jurnal yang diinginkan jangan khawatir. Sebab di Indonesian Scientific Journal Database atau ISJD sendiri tersedia fitur pencarian, Anda bisa mencarinya dengan memasukkan nama jurnal, judul artikel, nama pengarang, bidang atau topik, penerbit, bahkan dengan memasukkan tahun penerbitannya.

  3. Directory of Open Access Journals atau DOAJ

    Di dalam DOAJ tersedia sekitar 15 ribu jurnal dan 5 juta artikel yang berasal dari 134 negara, termasuk juga dari Indonesia. Website ini hadir dengan tampilan yang cukup sederhana, namun fitur pencariannya sangatlah komplit. Anda bisa mencari berbagai jurnal dengan memasukkan berupa kata kunci, judul, negara penerbit, bahasa yang digunakan, subjek hingga ke nama penerbitnya. Topik yang tersedia di DOAJ ini beragam, seperti teknologi, bahasa dan literatur, hukum, ilmu politik, pendidikan, serta subjek topik lainnya.

  4. JSTOR

    JSTOR sendiri berasal dari kata Journal Storage, yang merupakan website jurnal terpercaya yang bisa Anda gunakan. Di sini tersedia sekitar 12 juta jurnal, buku, serta referensi yang banyak dan tersedia dari berbagai negara, seluruh koleksi-koleksi tersebut tersedia dalam 75 bidang ilmu. Seperti kajian Eropa, agama, kajian tentang film, hubungan internasional, arkeologi, hingga musik. Jurnal-jurnal yang sudah dipublikasikan dalam JSTOR ini telah dilakukan review yang sangat ketat dengan kriteria tertentu, sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas dari jurnal yang ada untuk referensi Anda.
     

    Baca Juga :     Kumpulan Website Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya [Valid]

  5. Google Scholar

    Sudah tidak asing lagi dengan website satu ini, cara kerja dan fungsi yang sama membuat ia menjadi salah satu referensi. Anda akan langsung diarahkan ke berbagai koleksi referensi ilmiah seperti buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lainnya, dengan menggunakan google scholar.

  6. Microsoft Academic

    Perusahaan besar dan ternama seperti Microsoft juga menyediakan mesin pencarian serupa dengan google scholar, website yang diberi nama microsoft academic ini menyediakan lebih dari 48 ribu jurnal dengan pilihan topik yang beragam seperti ekonomi, bisnis, sejarah, hingga berbagai bidang ilmu lainnya.

  7. Sage Journals

    Situs ini telah menerbitkan lebih dari 1000 jurnal yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, seperti kriminologi, politik dan hubungan internasional, sosiologi, serta bisnis dan bidang-bidang lainnya. Tersedia fitur favorites untuk Anda, agar mudah dalam mengelompokkan daftar jurnal yang disukai.

  8. ResearchGate

    Dijadikan sebagai social networking untuk para peneliti dan ilmuwan yang ingin mempublikasikan serta mengakses jutaan karya ilmiah lain termasuk juga jurnal, tersedia berbagai fitur menarik dari ResearchGate ini sebagai social networking. Anda sangat memungkinkan untuk terkoneksi secara langsung dengan pengguna lainnya, bahkan dengan pengguna yang memiliki fokus bidang yang sama. Anda bisa melakukan diskusi, menuliskan pertanyaan secara bersama-sama.

  9. Academia(dot)edu

    Seperti halnya ResearchGate, Anda juga bisa menggunakan academia untuk keperluan social networking. Sudah lebih dari 137 juta pengguna yang membagikan dan mengakses karya ilmiah di sini, sekitar 26 juta karya ilmiah yang tersedia. Anda bisa mengakses dan mengunduhnya setelah mempunyai akun untuk platform satu ini.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari banyaknya referensi di atas yang sudah disediakan, bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal-jurnal terbaik sesuai kebutuhan Anda. Hal ini bisa memudahkan Anda sebab beberapa situs yang sudah ada tersebut memiliki kualitas yang bagus dari isi jurnal yang ditawarkan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan situs website yang mana.

Namun jika dari kesembilan rekomendasi tersebut belum Anda temui referensi yang dicari, Anda bisa mencoba untuk mencari di website lain seperti Science Open, CORE, dan juga ERIC. Sebab koleksi dari ketiganya juga tak kalah lengkap, jika Anda membutuhkan jurnal online dari universitas dalam dan luar negeri. Bisa dengan membuka Cambridge University Press, Oxford University Press, Jurnal Online Universitas Gadjah MAda, Journal UI, hingga ITB Journal, atau mengunjungi beberapa situs website jurnalistik jika ingin di bidang tersebut.

Related Post :

popup image